CERITA SORE HARI | FAKTA-FAKTA 3 KOMUNITAS BLOGGER INDONESIA TERBAIK 2018

by - November 11, 2018

3 Best Indonesian Blogger Community


Ternyata Komunitas Blogger itu banyak macamnya dan rupa-rupa karakternya, hihi.. Belakangan memang saya berniat untuk belajar ke beberapa komunitas Blogger untuk memperkaya Ilmu yang berbeda-beda. Ada beberapa komunitas yang memang harus memiliki persyaratan tertentu untuk menjadi membernya. Ada juga yang hanya menampung para anggotanya saja tanpa memiliki visi atau misi tertentu. Terutama komunitas grup-grup di Facebook. 

3 KOMUNITAS BLOGGER TERBAIK INDONESIA 


Content :



Ewafebri art



Ada 5 komunitas grup di facebook yang saya ikuti. 2 Diantaranya sangat bermanfaat dan berfaedah sekali, sementara yang lain ya gitu deh.. hihihi..  Komunitas Blogger campuran (gak spesifik), beberapa diantaranya yang menjadi fokus utama mereka justru bukan pada masalah Blog atau Kontennya. Tapi pada Adsense ! . Banyak akun-akun yang melakukan transksi jual beli akun adsense atau bahkan akun Blognya.

Penasaran juga sebenarnya, kenapa mereka memperjualbelikan Blognya ? atau karena sudah gak berniat mengurusnya atau memang untuk bisnis jual beli ? . Jujur agak kaget melihat fenomena jualan artikel, jualan akun GA, jualan Blog. Saya kira cuma jualan kursus-kursus yang berhubungan dengan ilmunya gitu. Entah ilmu SEO atau ilmu tentang tata cara penulisan konten. Eh ternyata ada yang model begini juga toh. Ealaaah.



3 Komunitas Blogger Indonesia Terbaik


Bukan hanya itu, ada beberapa postingan di Grup yang memprovokasi orang lain untuk menghancurkan Blog orang lain. Yang bikin miris lagi, ini PPnya mbak-mbak..(semoga PPnya aja).. Oalaah mbak.. kurang piknik apa yak.. ? Duh Gusti.. ! Kok ya ada yang model begini, gara-gara Blognya kalah saing sama Blog hosted, dia rela ngajakin yang lain buat ngehancurin Blog orang lain. Bukannya fokus memperbaiki Blog sendiri aja mbak, daripada jadi provokator.


3 Komunitas Blogger Indonesia Terbaik


Nah tapi beda banget dengan anggota-anggota 3 Komunitas yang saya ikuti ini. Sebelumnya memang saya pernah membuat postingan tentang masing-masing komunitas ini. Kali ini saya ingin membuat list komunitas yang saya rekomendasikan dan terbaik menurut saya. 3 Komunitas yang ikhlas membantu anggotanya makin maju dan berkibar. Hehhee..


BLOGGER PEREMPUAN 





Dari namanya saja sudah terlihat bahwa sebagian besar anggotanya adalah perempuan. Para kontributor dan foundernya pun perempuan semua (barangkali ada bapak admin juga, saya belum tahu) karena yang saya temui, mayoritas perempuan semua. Hihi..  kenapa Blogger Perempuan itu masuk komunitas Terbaik ? Karena :

  • Komunitas Blogger Perempuan menyediakan wadah bagi para Blogger Newbie untuk belajar dengan memberikan ilmu-ilmunya melalui grups whatsapp. (Saya sih gak ikutan, karena untuk masuk ke dalam grupnya, maksimal akun Blog adalah 1 tahun, sementara Blogku beberapa tahun.. hiks.. 9 tahun akunnya , yang 8 tahun jadi sarang laba-laba.. huhuhu..)
  • Komunitas Blogger Perempuan sering mengadakan lomba (berpartner dengan media lain), dan itu memacu anggotanya untuk membuat postingan yang tak hanya menarik tapi juga memiliki nilai.
  • Komunitas Blogger Perempuan sering banget memberikan kesempatan anggotanya untuk mengikuti event-event besar yang diadakan lembaga tertentu atau media tertentu.
  • Komunitas Blogger Perempuan memiliki program-program tertentu seperti affiliate yang memberikan kesempatan anggotanya untuk bisa mengoptimalkan Blognya dalam hal menambah pendapatan. 
  • Kegiatan Blogwalking lebih mudah karena setiap hari mereka menyediakan postingan khusus untuk berbagi link Blog dengan tema yang berbeda-beda setiap harinya. 
  • Soal Giveaway.. ? Jangan ditanya ! Banyak dan sering. 
  • Karena anggotanya dari beberapa kalangan dan memiliki jenis dan gaya Blog yang berbeda-beda membuat orang yang kepo akan ilmu perblogging mudah terpenuhi. 
  • Bisa meningkatkan Backlink tentu saja. Hihi.. Terima Kasih Blogger Perempuan. 

Cara gabungnya gimana ? Saya pernah membahasnya DISINI.

KUMPULAN EMAK-EMAK BLOGGER





Kumpulan Emak-Emak Blogger ini juga komunitas Blogger yang kece banget. Sama halnya dengan Blogger Perempuan yang menyemangati dan membagikan ilmunya ke para anggotanya. Kenapa saya mengkategorikan menjadi komunitas terbaik : 

  • Kumpulan Emak-Emak Blogger terdengar merakyat di telinga (apa deh nie.. ? Hahaha) serasa lekat di hati kalo dipanggil dengan sebutan " Emak ".
  • Menyediakan wadah untuk para membernya saling berbagi link tulisannya di beranda grup.
  • Sering memberikan kesempatan anggotanya untuk mengikuti event-event besar. 
  • Bahkan mereka menciptakan Buku untuk para emak-emak Blogger loh. Buku yang sangat menginspirasi (saya belum punya tapi, baru sekedar baca ulasannya aja #jujur saya mah).
  • Nah ini bagian yang paling saya suka selama menjadi anggotanya. Setiap hari Senin dan Rabu malam, emak mimin di Twitternya selalu membagi ilmu tentang Blogging Gaes. Saya jadi banyak tau tentang masalah jenis-jenis konten, Cara membuat konten bahkan soal menghasilkan uang dari Blog. Sangaaat Berfaedah pake Banget. 
  • Bonus lainnya udah pasti mendatangkan traffic buat Blog kita, lawung Makmin gak pelit soal ngeretweet kok. Luaar biasa... 

Gimana cara gabungnya ? Kalian bisa membacanya DISINI

1 MINGGU 1 CERITA





Nah.. Berbeda dengan 2 Komunitas yang sudah saya sebutkan di atas, yang mayoritas anggotanya cewek-cewek, komunitas yang satu ini anggotanya campur. Karena memang bukan Komunitas Blogger yang spesifik.

Kalian males nulis ? Butuh motivasi ? Mendingan gabung di komunitas ini deh !. Komunitas ini mewajibkan anggotanya menulis minimal 1 artikel dalam kurun waktu satu 1 minggu. Gak sulit kok, yang sulit komitmen kitanya. Hahhaa.. Karena ada begitu banyak alasan kita buat ngeles gak bikin artikel ? Iya kan.. ? Nah.. Kenapa 1 Minggu 1 Cerita masuk kategori terbaik : 

  • 1 Minggu 1 Cerita mengubahmu menjadi Blogger yang produktif. Ya, paling gak punya 1 tulisan yang tiap minggu bisa disetorin sih. Hihihi..
  • Kak miminnya aktif ngoprak-ngoprak anggotanya buat bikin tulisan gitu. Hihi.. ini kadang yang kita butuhkan ! Ada yang Noa'in ( dari kata Toa 😁😁 ) Telinga supaya lekas-lekas setor.
  • Banyak ilmunya mah udah pasti. Karena tulisan membernya dari berbagai macam latar belakang. 
  • Eh.. ada polling tulisan favorite juga Gaes. Hihi.. ini yang bikin semangat buat artikel. Mood Booster kerennya, nyahahaha.. Kalo masuk nominasinya setidaknya saya yakin ada ada yang baca tulisannya. Hahhaa.. Saya udah pernah di nominasiin tapi belum pernah kepilih hahaha.. Tapi semangat aja gitu, kali aja suatu hari menang. Hahaha.. 
  • Soal setor tulisan, jangan kuatir ! Komunitas ini udah punya aplikasi sendiri. Kyaaaa... ! Keceeee banget !
  • Yang bikin chalenging ( menantang 🤣) nie , ada 1 minggu dalam 1 bulan yang menggunakan tema khusus untuk postingannya. Buat saya yang agak ngawur dalam menulis, tantangan ini sangat menguras tenaga dan pikiran, apalagi yang gak ada aaubungannya dengan Niche. Hahha.. Seperti Minggu ini, temanya Ikhlas ! Percayalah.. saya juga ikhlas menulis ini semua. Hahha..
  • Saking cintanya saya sama komunitas ini, saya ampe punya menu khusus Cerita Sore Hari yang saya dedikasikan untuk komunitas ini. Hahaha. 

Cara gabung komunitasnya, kalian bisa membaca DISINI.

Itulah tadi 3 Komunitas terbaik versi saya beserta fakta-fakta tentang mereka. Hahhaa.. Sebagai Blogger baru kita harus banyak belajar dari sumber manapun, oleh karena itu, gabung dengan komunitas yang kece bisa menambah ilmu kita loh !. Dan bisa menjadikan kita lebih baik lagi secara harifiah (dalam dunia nyata) ataupun di dunia maya. 

Apakah kalian memiliki rekomendasi komunitas Blog berfaedah lainnya ? Boleh share di kolom komentar ya Gaes, siapa tahu saya bisa gabung dan ikutan juga. Biar makin nambah ilmu. 


HAPPY BLOGGING !

You May Also Like

22 comments

  1. paragraph 2 dan 3, ini saya baru tau loh mba. paragraph 4, wihh sampe ada yang seperti itu mba ?? kalah saing piye mba ? (( halahh kepo )) ya ampun saya yo baru tau juga..hahaha..duhaiii..smoga hamba dijauhkan hal-hal seperti tsb :)), kalau saya gabung di komunitas 1 dan 2 mba Ewa heheh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.. pas gabung sama komunitas itu saya agak kaget, walhasil jadi silent reader aja wes, kalo yang sekiranya ngeshare bagus, ya saya baca. Tak kirain kayak kita gtu mbak.. bikin konten sendiri, dan menikmati proses menulisnya. Paling tidak itu salah satu alasan saya ngeblog. Proses nulisnya. Hihi..

      Delete
  2. Kalo aq, yg belum gabung yg 1 minggu 1 cerita itu wkwkwk... Belum sanggup rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi.. Ngeri-ngeri sedap tiap minggu di suruh setir tulisan ya mbak.. ? Hahha..

      Delete
  3. Jadi penasaran mbak .. saya baru gabung di blogger perempuan. Kalau yg emak emak dlu pernah mau gabung tp blm d konfirmasi..apa mgkin saya belum jd emak emak ya?xixixi
    Yg seminggu satu cerita .jadi pengenn.. biar ada alarm untuk produktif nulis ..
    Saya mau coba .
    Alhamdulillah mksih emak sdh bagi ilmu . Saya yg masih newby Alhamdulillah sedikit terbantu .
    Salam kenal y mak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak.. waktu itu saya di konfirmasi emang 1 mingguan gitu sih mbak.. sudah coba colek miminnya ditwitter juga belum.. ?

      Delete
  4. langsung pengen gabung di KEB meski bukan emak-emak. hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. saya belum emak-emak, meski tampang udah emak-emak.. hahaha.. seru mbak.. apalagi twitternya banyak sharing tips ngeblog

      Delete
  5. Kayanya seru gabung di 1 minggu 1 cerita...bikin penasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru banget mbak ninin.. lebih seru kalo di oprak-oprak suruh nyetor. Hahha.. hari senin itu kadang bikin deg2an.. takut ditendang.. hahaha..

      Delete
  6. Dari 3 itu saya cm gabung di BP pengen jg join yg 2 itu bermanfaat sekali ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kaak.. hihi. Biar semangat kita nulisnya.. ❤️❤️❤️

      Delete
  7. Yang grup ke-3 itu sempet pengen gabung tapi tak gak jadi, takut belum sanggup. Tapi pas diingetin dengan postingan ini jadi pengen ngintip-ngintip lagi hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi... Ikutan mbak, biar merasakan di oprak-oprak admin suruh nyetor tulisan. hehehe..

      Delete
  8. Aku dah join Blogger Perempuan dan KEB, tapi yang 1 Minggu 1 Cerita belum nih. Baru tahu aku...

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mbak.. biar makin rajin nulisnya, kalo rajin nulis ntar banyak traffic loh, kalo banyak traffic ntar blog kita jadi sering dikunjungi. hehehe...

      Delete
  9. Mbaaakkkk, saya kepoooo hahahaha.
    Ada gitu yang kayak gitu?
    Seriusss??
    Saya gak gabung komunitas itu kayaknya, belum pernah baca dan tau sih :D
    Btw baru tau yang 1 minggu 1 cerita, mau deh gabung, biar ilmunya nambah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adaa mbak.. seru.. bisa jadi motivator kalo males nulis ini.. hahhaha.. ada alarm " kapan setor ?"

      Delete
  10. hahahaha kocak yak ampe segitunya. aku aja udh lama buat blog tapi aktif lagi tahun 2017 hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya.. saya juga agak shock baca status mereka.. akupun kak.. gpplah ya.. yang penting semangat buat bikin tulisan.. kyaaa..

      Delete
  11. hai mbak,,, salam kenal...

    lucu banget ilustrasinya..

    yang udah join masih BP aja nih,,,
    penasaran yang 1 minggu 1 cerita,, jadi pengen ikutan,, tapi takut nanti serasa dikejar - kejar debt collector,, kalau nggak ngasih setoran cerita :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhaa.. i feel you mbaak.. kayak kita punya hutang gtu deh.. hihi. Tapi seru loooh.. kita berasa lari kr pantai lalu ke hutan 🤣🤣

      Delete

Hi Gaes.. Jika kalian tak menemukan kolom komentar, mohon untuk mencari artikel yang ingin dikomentari melalui Home , atau pilih label, kemudian klik " Link Komentar " , yang berwarna salmon (peach pastel). Akan muncul kolom komentar baru. Mohon maaf ketidaknyamanannya.. 🙏