DIGITAL | CARA CEPAT MENDAPATKAN MATCHED CONTENT DARI GOOGLE ADSENSE

by - October 24, 2018

Cara Cepat Mendapatkan Matched Content Adsense


" Bagaimana cara mendapatkan Matched Content hanya dalam kurun waktu kurang dari 3 Bulan ?. Saya akan berbagi Pengalaman dan tips tentang bagaimana Adsense memberikan Hadiah Matched Content yang relatif cepat.  "

----------***----------

Bagi yang berencana untuk memonetize Blognya, Adsense menjadi salah satu pilihan utama. Selain karena praktis , ada beberapa pilihan unit konten yang bisa digunakan. Diantaranya Auto ads, Ads between Articles dan juga Matched Contents.

Dan beberapa point penting  yang akan kita bahas hari ini adalah : 


MATCHED CONTENT 


Salah satu kelebihan menjadi Publisher Google Adsense adalah dengan dipercaya Google untuk menampilkan iklan-iklannya. Bukan cuma itu saja, tapi juga di beri Hadiah berupa Matched Contents.

PENGERTIAN MATCHED CONTENT


Apa sih sebenarnya Matched Content ? 


Matched Content adalah layanan Adsense yang diberikan secara gratis bagi anggotanya yang bertujuan untuk mempromosikan materi konten kita kepada visitor blog kita. Bahasa lainnya, Matched Content ini semacam hadiah dari Google Adsense yang diberikan kepada kita dengan menampilkan materi konten kita bersamaan dengan iklan mereka pada 1 unit iklan. Misalnya , Dalam Matched Content kita ada 9 iklan, maka 3 iklan berasal dari Google Adsense dan 6 lainnya adalah materi konten kita yang diiklankan oleh Google. 

MANFAAT MATCHED CONTENT


Sudah pasti Matched Content ini diciptakan untuk sesuatu yang bermanfaat. Bukan cuma buat Google Adsense, tapi juga bagi kita sebagai Publisher. 

Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa Matched Content bermanfaat untuk blog kita : 


  • Mempromosikan materi konten kita terhadap pembaca atau visitor blog kita. 
  • Meningkatkan pendapatan Adsense kita (karena ada kemungkinan besar visitor akan mengklik iklan yang kita pasang pada Matched Content).
  • Mengurangi Bounce Rate , karena visitor disajikan konten rekomendasi supay lebih betah mengeksplorasi blog kita.
  • Layanan Gratis untuk mempromosikan konten kita kepada pembaca blog kita. Hihihi.. 
  • Membantu Google Crawl mengenali materi konten kita secara keseluruhan.
  • Membantu mengoptimalkan proses pencarian Blog kita pada mesin pencari. 
  • Meringankan loading web kita dibandingkan menambahkan plugin. Interfacenya lebih ringan dibandingan plugin yang lainnya (seperti Linkwithin dll). 

Matched Content ini juga berfungsi semacam " You May Also Like " (versi widget tambahan). Hanya saja , layanan ini adalah buatan Google.



CARA MENDAPATKAN MATCHED CONTENT 


Pada dasarnya tidak semua publisher Adsense diberikan layanan cuma-cuma semacam  Matched Content. Hanya web-web tertentu yang diberikan privilage mendapatkan layanan ini secara gratis. Meskipun begitu, bukan berarti kita tidak bisa mengusahakannya loh. Kalo kita mau berusaha pasti bisa !.

Masih ingat artikel yang pernah saya posting tentang bagaimana mendapatkan adsense setelah ditolak dan di suspend ?. Nah, meskipun saya pernah ditolak apply sama Adsense, ternyata saya masih punya kesempatan diberi Matched Content oleh Adsense loh. Setelah saya amati dan pelajari, beberapa hal berikut ini menjadi hal-hal yang dipertimbangkan oleh Adsense untuk bisa mempublish Matched Content. 

Contoh Matched Content pada Blog Ewafebri

Berikut ini syarat dan ketentuan mendapatkan Matched Content menurut pengalaman saya pribadi : 


  • Memiliki Akun Google Adsense Aktif. Yang ini sih, udah pasti jelas harus ada Gaes, kalo gak punya , gimana kita mau dapetnya.. iya kan . Jika kalian berencana ingin membuat Adsense , bisa baca postingan saya tentang Adsense. 
  • Memiliki peningkatan Traffic secara konstan dan stabil. Ada beberapa Blog yang membahas soal batasan traffic ini Gaes. Mereka menyebutkan kalo minimal traffic viewer adalah 1000 per hari. Kenyataannya tidak seluruhnya benar. Saya mendapatkan Matched Content saat viewer saya hanya 300 per hari. 
  • Akun Adsense aktif lebih dari 3 bulan. Informasi ini juga tidak seratus persen benar, karena saya mendapatkan Matched Content disaat umur Adsense aktif saya baru 1.5 bulan. Barangkali rata-rata orang mendapatkan Matched Content ketika umur Adsense di Blog mereka mencapai 3 bulan.
  • Rutin dan Konsisten menulis artikel. Saya mendapatkan Matched Content di Bulan September lalu. Jika saya perhatikan, pada bulan September lalu, hampir setiap hari saya membuat konten. Ada sekitar 25 tulisan yang sudah saya publish di Blog. Saya rasa ini juga menjadi salah satu pertimbangan google adsense. 
  • Perbanyak Konten Pilar atau Tutorial dalam Blog kita (Buat yang punya Niche Blog, Konten-konten seperti ini sering dibuat). Konten pilar adalah konten dimana materinya yang paling banyak dicari oleh pembaca di blog kita, seperti tentang Tutorial (How To.. ), atau konten yang ada list-listnya dan fungsional ( Tips ). Dan yang gak musiman. Maksudnya, konten tersebut materinya relevan sepanjang waktu bukan yang booming sesaat saja. Misalnya Bahasan tentang Asian Para Games adalah contoh konten musiman, sedangkan tentang Blogging Tips adalah bahasan yang paling sering dicari orang. 
  • Optimalkan SEO. Mengoptimalkan fungsi SEO seperti pemberian keyword bisa meningkatkan traffic blog dan berujung pada pemberian Matched Content pada blog kita. (Jadi serba berhubungan ya Gaes.. ) hehhe.. 
  • Optimalkan cara penulisan. Meskipun kita dituntut secara rutin posting, bukan berarti materi konten kita sembarangan loh Gaes. Paling tidak minimal 300 kata atau kalian bisa membaca tentang 4 langkah membuat konten yang berkualitas. Dan usahakan memanfaatkan Heading, Subheading dan Minor Headingnya. Supaya mudah dikenali Google Crawl. 
Itulah tadi beberapa tips bagaimana mendapatkan Matched Content. Jika masih penasaran, Matched Content ini sebenarnya seperti apa sih ? Kalian bisa melihat bagian Footer Blog ini (bagian bawah), dimana Matched Content saya pasang. 

Terima kasih sudah bertandang ke Blog ini, semoga ulasan kali ini bermanfaat ya Gaes.. Sampai jumpa ke postingan selanjutnya. 

HAPPY BLOGGING ! 




You May Also Like

7 comments

  1. Mbak eva, ini tulisan yang saya tunggu-tunggu bagaimana bisa dapat matched content ads. Kayaknya saya belum bisa dapat nih soalnya visitor blog imut banget belum pernah menginjak 100 *nangis di pojokan tembok*

    keren banget mbak matched content, nantinya kalau saya sudah punya matched content mau dipasang di footer juga biar kece. akan kutunggu waktu itu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaakk.. thank you.. jangan lupa bagian setup matched content di Adsensenya diaktifin. Biar pas udah muncul adsense, langsung ke autosetup

      Delete
  2. Wah boleh nih coba ngatur yang matched content di GA. Makasih ilmunyaaa selalu dapat ilmu baru tiap kali ke sini. GBU!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga sudah datang kemari kak.. ❤️❤️❤️ .. semoga ilmunya bermanfaat buat kita semua.

      Delete
  3. Keren mba, manfaat banget nih :)

    Mau utak atik lagi nih, settingnya :D

    Btw visitor saya masih kayak roller coaster nih, kadang sampai 1000, tapi kadang paling rendah 500 hiks.

    Lagi kencangin action macem-macem biar kenaikannya menerus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.. ternyata datengin traffic juga butuh strategi ya ?. Huhuhu.. tak kirain.. hmmm..

      Delete
  4. Wahhhh terima kasih mbak buat infonya. Bagi saya yang baru belajar blogging serius, info dari mbak mudah banget dipahami.sukaaa :D

    ReplyDelete

Hi Gaes.. Jika kalian tak menemukan kolom komentar, mohon untuk mencari artikel yang ingin dikomentari melalui Home , atau pilih label, kemudian klik " Link Komentar " , yang berwarna salmon (peach pastel). Akan muncul kolom komentar baru. Mohon maaf ketidaknyamanannya.. 🙏