TIPS MENGHADAPI PERUBAHAN ALGORITMA MOZ RANK !

by - March 13, 2019

tips menghadapi perubahan algoritma moz rank



5 Maret 2019, bagi sebagian Blogger dan pemilik website merupakan mimpi buruk. Bagaimana tidak, ada perubahan besar yang terjadi pada jumlah metrik Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA). Yang menjadi kepanikan adalah jumlah DA yang turun drastis dari jumlah semula. Lalu adakah Tips menghadapi perubahan algoritma Moz Rank (DA dan PA) ? Perlukah kita merasa panik ? 

TIPS MENGHADAPI PERUBAHAN ALGORITMA MOZ RANK 


Blogger yang tinggal di Indonesia justru mengalami dampak perubahan algoritma Moz Rank pada tanggal 6 Maret, dikarenakan perbedaan waktu yang ada. Dari WA grup komunitas 1 Minggu 1 Cerita, saya tahu bahwa sedang ada gunjang ganjing tentang perubahan nilai DA/PA.

Reaksi pertama yang saya berikan ?  tentu saja tidak panik, hahaha.. Karena memang sejak awal meski saya berusaha keras untuk memajukan Blog ini, DA/PA saya stuck dinilai yang itu-itu lagi. Makanya saya tidak terlalu mengkuatirkan DA/PA.

Sebelum terjadi perubahan pada algoritma Moz, jumlah DA/PA saya memang gak terlalu tinggi. Hanya berkisar pada 20/27 saja. Dan ketika ada perubahan nilai kemarin, DA/PA saya hanya turun 4 poin menjadi 16/27. Gak terlalu signifikan ya ?.


domain authority dan page authority




Untuk mengetahui nilai DA/PA kalian bisa mengecek ke beberapa situs yang menyediakan jasa gratis untuk menghitung. Ada beberapa layanan situs yang menyediakan alat ukur metrik DA/PA selain Moz. Diantaranya kalian bisa mengecek di Seoreviewtolls atau Smallseotools.

Mungkin sebagian teman-teman asing dengan istilah DA/PA, supaya gak terlalu bingung tentang bahasan ini, saya akan menjelaskan secara umum saja ya ? hahaha.. Karena sebenarnya saya juga bukan ahli tentang masalah ini. Ya tapi paling tidak sedikit ngerti.

PENGERTIAN DA/PA


DA adalah kepanjangan dari Domain Authority adalah nilai metrik yang diberikan oleh pihak Moz.com kepada keseluruhan performa domain blog kita. Nilai ini diambil dari banyak tidaknya link sehat (outbound/inbound link yang terjalin)  yang ada dalam Blog kita. Score nilai yang kita dapatkan antara 0 - 100.

PA adalah singkatan dari Page Authority yaitu nilai metrik yang diberikan oleh pihak Moz terhadap page (halaman) tertentu pada web kita. PA bisa memprediksi seberapa bagus halaman tertentu dari web kita muncul di Search Engine (mesin pencarian). Score nilai yang diberikan 0 - 100.

PENGARUH DA/PA 


Perubahan algoritma DA/PA membuat  beberapa kalangan menjadi panik. Ini bisa terlihat dari beberapa orang yang mengajukan pertanyaan kepada @JohnMu melalui akun twitternya.


klarifikasi google tentang perubahan domain authority

Ada yang perlu kita pahami di sini. Bahwa, urusan DA/PA ini sebenarnya tak sepelik bayangan kita. Terlebih setelah membaca hal berikut ini :



  • DA / PA tidak mempengaruhi Rank Web/Blog kita pada mesin pencari Google. Jadi gak ada hubungannya sama penempatan Blog kita di mesin pencari. Karena Google tidak menggunakan algoritma dari pihak  ke 3.

klarifikasi moz tentang domain authority

  • DA / PA merupakan nilai dari beberapa faktor. Jadi tak bisa berdiri sendiri. Misal penilaiannya meliputi sehat tidaknya link yang ke luar masuk Blog kita. Umur Blog kita, dll. 
  • DA / PA tidak memiliki nilai bagus dan jelek. Karena unsur yang poin nomor 2 tadi. Nilai 20 bukan berarti Blog kamu jelek, pun nilai 70 bukan berarti Blog kamu bagus. Karena nilai tersebut dihasilkan dari banyak faktor yang saling berhubungan.
  • DA / PA berfungsi dengan baik sebagai nilai pembanding dengan kompetitor kita. Sekali lagi bukan sebagai penentu baik buruknya Blog kita di mesin pencari Google. 


percakapan moz dan analyst google


TIPS MENGHADAPI PERUBAHAN DA/PA 


Hal pertama yang bisa saya sarankan adalah dengan tidak panik ! 🤭 Karena Ngeblog itu gak melulu tentang mengejar nilai metrik DA/PA. Ada banyak hal yang kita harus pertimbangkan. Seperti konten Blog, menjaga hubungan yang sehat dengan Blog lain , dll.

Yang perlu kita lakukan untuk menghadapi perubahan ini adalah : 


  • Keep Calm dan tetaplah menulis. Karena Blog kita akan memiliki performa baik, salah satu caranya dengan sering kita update. 
  • Perbanyak konten pilar, karena itu yang bisa menyumbang banyak traffic di Blog kita. 
  • Sedikit banyak belajar SEO. Tentang Keyword, membangun eksternal dan internal link, mengoptimasi image, dll .
  • Tulislah materi konten yang unik dan original. Karena Google gak suka konten curian.
  • Ciptakan tulisan yang terstruktur dan mudah dipahami. 
  • Buatlah navigasi yang mudah dan jelas di Blog kita. Sehingga pembaca tidak bingung mencari informasi yang tersedia. 
  • Jangan lupa untuk memberikan postingan yang informatif, sehingga pembaca terbantu oleh tulisan kita. 

Beberapa hal di atas adalah tips menghadapi perubahan DA/PA. Gak ada yang istimewa memang. Hahahaha.. Karena DA/PA sama halnya dengan PageRank Google yang sulit ditebak. Dengar-dengar sih, kenapa diubah algoritmanya karena banyak yang menggunakan cara curang. Diantaraya jual beli backlink ? Emang ada ? Entahlah.. Hahhaa.. 

Jangan lupa untuk tetap menulis ya Gaes ! Dengan tetap mengupdate Blog kita, DA/PA juga makin membaik loh. 😁😁😁 Kalo didiemin nanti malah anjlok. Fokus, fokus, dan fokus ! Apakah kalian memiliki tips lain soal DA/PA ? Share di kolom komentar yuk !


You May Also Like

30 comments

  1. Thanks tips nya mbak...
    I will...stay calm... terus menulis...perbanyak konten pilar...
    dan saya harus belajar tentang SEO juga ni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak. Yang terpenting tetap harus menulis. hihihi..

      Delete
  2. Aku dari 24 ke 15 wkwkk
    Mayan signifikan mbaa
    Yes
    Walau g trlalu ngefek kok buatku
    Rezeki mah g trgantung da pa hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mbaaak.. haha.. Gak perlu mikirin DA/PA, nulis mah nulis aja ya.. hihihi..

      Delete
  3. Tetap fokus dan semangat menulis ya kuncinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuul. Hihi.. Ada ide ditulis, dapet ilmu dibagikan ! Biar makin bermanfaat hidup kita 🤭

      Delete
  4. skor DA/PA blog saya aja masih di bawah 10... entah mau ngapain juga, asal tetap nulis. gitu sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Gak usah dipikirin juga Bang. Asal rajin nulis, lama-lama juga ningkat dengan sendirinya.

      Delete
  5. Konten pilar itu yg kek mna mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang kayak dilinknya mbak 🤭🤭🤭 . Saya udah sertakan internal link, bisa langsung diklik 😁

      Delete
  6. Aku malah jatuh 9 angka mbak. hihi.
    Juga terima kasih udahmemperkenalkan John Mu pada saya, hehe.
    Oya, apakah lomba blog sama dengan jual beli backlink? HMMM

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah itu saya juga gak tahu, hahahaha.. apakah masuk ranah jual beli atau bukan 🤭. Tapi jual beli disini lebih mengacu kepada memanipulasi backlink secara instant kayaknya.

      Delete
  7. Tipsnya bagus dan sangat bermanfaat Gan. Masih tidak terlalu memusingkan DA dan PA Gan. Krn pasti di bawa 10. Sy hanya fokus untuk menulis, menulis dan menulis. Tentunya sy berusaha menghasikan tulisan yg berkualitas Gan. Terima kasih

    Salam kenal dari Taliwang, Sumbawa Barat, NTB www.abdulmajid.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga kakak.. semangat menulis !

      Delete
  8. Saya turun 11 poin huhuhu agak nyesek juga sih tapi gak papa, yang penting semangat ngeblog nggak ikut anjlok. Btw thanks tipsnya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tips ngeblog paling unggul ya kualitas Konten ya mbak. Hahha.. yang lain sebagai pendukung. Semangat, semoga setelah ini DA/PA makin merajalela

      Delete
  9. DA blogku anjlok banget mba.. Tapi tetep nulis terus lah pokoknya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat terus mbak ! Jangan kasih kendor ! Hahaha..

      Delete
  10. Kemarin2 saya juga bahas ini karena nilai DA terjun bebas 10 angka, tapi PA malah naik 1 angka, heran saya tapi tetep aja meringis hehe 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.. saya juga mbak, tapi ya santai aja. Kadang kalo berpatokan sama yang terlalu teknis, saya jadi pusing sendiri. Tapi sesekali paham gak ada aalahnya juga.

      Delete
  11. DA/PA, saya tidak terlalu mempermasalahkannya selama ini, Mak Bowgel. Yang penting menulis a.k.a. terus ngeblog wkwkwkw 😂 betul itu, perbanyak konten pilar. Mantab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat Kakaaaak ! Haha.. apapun permasalahannya Content Is The King ya.. ! Loveee ❤️

      Delete
  12. Halo mba Evva, salam kenal. Aku newbie blogger sekarang lagi fokus nulis banyakin konten dulu jadi PA/DA kecil banget. Apakah utk blogger pemula kebanyakan casenya seperti saya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mbak Cinta. Sepertinya begitu DA/PA tergantung umur domain kita juga. Kalo domainnya lama dan linknya oke, mungkin bisa tinggi.

      Delete
  13. duh, aku DA/PA emboh wes, iso nulis 2 kali seminggu ae keser-keser. hahahah
    sementara ini fokus nulis sik, berbagi info. nek bermanfaat & banyak pengunjung yo alhamdulillah, nek belum yo tetep nulis terus. hihihi

    ReplyDelete
  14. Udah 25 eh anjlok gede banget tapi pa naik sih

    ReplyDelete
  15. Terakhir cek di bulan Februari, DA/PA 9/9, cek awal Maret sebelum ada perubahan algoritma, kadi 13/19. Sekarang mah tak tahu berapa, tak cek. Malas, takut semangat ngeblog anjlok padahal maunya saya semangat isi blog dan tak terlalu musingin nilai.
    Yang penting fokus dan konsisten, ya, Mbak.

    ReplyDelete
  16. Salam kenal..buat yang masih baru ngeblog, postingan baru 7 biji, penting gak DA/PA buat blog saya?hehe

    ReplyDelete
  17. Yang paling utama dan paling penting menurut saya adalah kualitas konten, long tail keyword, internal link, referring domain. Apalagi sekarang Google menggunakan Rank Brain yg me
    rupakan bagian dari algoritma Hummingbird. Yang penting tetap semangat ngeblog...:)

    ReplyDelete

Hi Gaes.. Jika kalian tak menemukan kolom komentar, mohon untuk mencari artikel yang ingin dikomentari melalui Home , atau pilih label, kemudian klik " Link Komentar " , yang berwarna salmon (peach pastel). Akan muncul kolom komentar baru. Mohon maaf ketidaknyamanannya.. 🙏