CARA MEMBUAT ABOUT ME PAGE UNTUK PEMULA DAN FUNGSINYA !

by - July 05, 2019

cara membuat about me page untuk pemula


[Start Your Day With Ewafebri] About Me Page merupakan halaman yang terkadang terlihat sepele tapi memiliki peranan penting, terutama bagi yang ingin memonetasi Blognya. Coba cek, apakah kamu sudah memilikinya di widget ? atau justru belum ? atau malah menyianyiakannya ? Hihihi..

Jangan kuatir saya pun dulu begitu. Sampai akhirnya saya tahu, apa pentingnya About Me Page bagi seorang Blogger. Buat yang belum punya, yuk kita bikin, bagi yang kurang maksimal, mari diperbaiki. 

CARA MEMBUAT ABOUT ME PAGE UNTUK PEMULA DAN FUNGSINYA !


Setelah beberapa tahun ngeblog, saya baru sadar bahwa About Me Page adalah widget penting bagi seorang yang bercita-cita mendapatkan penghasilan dari Blog.

About Me Page merupakan halaman pertama yang akan dituju oleh calon klien jika ingin bekerja sama dengan kita. Oleh karena itu manfaatkan menu About Page dengan sebaik-baiknya. 

Dulu, cara saya membuat About Page memang tergolong ngasal aja. Pengantar bahasanya aja agak alay keknya. Hahaha.. Namun kemudian saya ubah menjadi lebih singkat, padat dan informatif. 

Terutama About Me page pada halaman Widget. Karena halaman tersebut merupakan pintu informasi tentang siapa sih kita, membahas tentang apa sih Blog kita, dan bagaimana cara menghubungi kita untuk bekerja sama.

Namun saya juga membuat Page khusus pada bagian Menu Navigasi dengan informasi yang lebih lengkap. Misalnya saja ada tambahan latar belakang pekerjaan saya, hobbi saya atau tentang record kerja sama yang pernah saya lakukan sebagai portofolio.

Alasan saya memberikan gambaran tentang latar belakang adalah supaya saat ada calon klien ingin mengajak bekerja sama, mereka bisa menyesuaikan dengan kebutuhannya juga.

Setelah mempelajari cara membaca Google Analytic, saya jadi lebih paham kenapa " About Me Page " bisa menjadi sitelink. Salah satu alasannya karena halaman tersebut memang paling dikunjungi pembaca.

ALASAN HARUS MEMILIKI ABOUT ME PAGE


about me page ideas


Buat teman-teman yang belum memaksimalkan About Me Page, hari ini saya akan memberikan beberapa alasan kenapa halaman tersebut penting untuk Blog kita :


  • About Me Page merupakan halaman yang berpotensi untuk mempromosikan dirimu, bisnismu dan juga websitemu.
  • Menjadi salah satu acuan klien untuk mendapatkan informasi singkat tentang dirimu.
  • Bisa menjadi pintu branding produkmu.
  • Memudahkan calon klien untuk menghubungi dan bekerja sama denganmu. 

Sebenarnya 4 poin di atas mirip-mirip ya ? yang pasti sih memang untuk tujuan promosi kita. Hihihi.. 

CARA MEMBUAT ABOUT ME PAGE


Pernah gak sih merasa bingung bagaimana membuat About Me Page ? tenang kalian tak sendiri. Saya pun dulu juga begitu, akhirnya saya menemukan cara bagaimana membuat About Me Page ala ewafebri. 

Mengingat ada 2 About Me (meski keduanya isinya sama), saya menggunakan 2 versi yang berbeda. Yang pertama saya tulis untuk Widget, yang kedua versi lengkapnya.

Alasannya supaya pembaca yang mengunjungi Blog ini tidak terganggu dengan kolom About Me yang terlalu panjang. Sementara, bagi yang ingin bekerja sama, bisa membaca versi lebih lengkapnya lagi. Hihihi.. 

WIDGET ABOUT ME


Bagian pertama adalah widget About Me yang saya taruh pada bagian sidebar samping. Widget saya letakkan tepat di atas setelah banner. Kalo versi HP, ada di bagian bawah setelah artikel. Tepatnya di bawah Disquss.

Berikut ini adalah cara saya membuat About Me untuk Widget  :


  • Nama Panggilan atau nama sebenarnya. Meski nama Blog ini Ewafebri, nama saya adalah Evva Febri. Hihihi.. Panggilannya sih Evva, tapi dipanggil ewa juga gak masalah.
  • Niche Blog. Supaya pembaca dan calon klien mengetahui apa yang akan dijelajah di sini, saya menampilkan Niche Blog di bawah foto.
  • Foto (karakter). Kenapa saya memilih foto karakter pada bagian widgetnya ? Supaya gak bikin mata pengunjung langsung shock kalo lihat muka selfie saya. Hahaha... Bagi  yang serius ingin bekerja sama, saya yakin mereka akan berusaha membaca di Read More About Me.
  • Tagline Blog. Supaya terlihat lebih profesional saya menggunakan Tagline yang sekaligus menjadi motto hidup saya juga. 

"Compete With My Self, Encourage Other !". 

  • Contact mail. Ya kali aja ada yang males ngeklik Read More About Me, jadi bisa langsung tahu alamat emailnya. Padahal saya punya alamat email info@ewafebri.com, tapi saya jarang periksa. HIhihi.. Saya lebih sering  update ewafebri@gmail.com
  • Penjelasan singkat tentang siapa saya, dan apa yang bisa kalian dapatkan apabila membaca Blog ini. Yang pasti berhubungan dengan productive dan kreatif.  

Setelah About Me bagian widget yang singkat, padat dan jelas, saya juga membuat About Me yang lebih lengkap jika ada yang mengenal saya lebih jauh lagi, yaitu About Me bagian navigasi.

ABOUT ME NAVIGASI


panduan membuat about me page pada blog


Supaya lebih terstruktur dan rapih, pada bagian About Me navigasi saya juga menambahkan sub kategori lainnya, yaitu Disclaimer, Contact, My Privacy Policy, dan tentu saja My Profile. Alasannya biar gampang dan gak tercecer aja, hahahaha..

Pada bagian My Profile, saya menyusun About Me-nya seperti berikut ini :


  • Foto penyambutan selamat datang di ewafebri.com.
  • Keterangan tentang Blog ewafebri. Membahas tentang apa sih Blog ini. 
  • Image dan tagline Blog.
  • Cerita sedikit tentang siapa saya beserta fotonya.
  • Alasan kenapa saya ngeblog
  • Penjelasan tentang apa saja yang saya tawarkan di Blog ini.
  • Tata cara kerja sama dengan ewafebri. 
  • Artikel kerja sama.
  • Disclaimer Bahasa Indonesia.

Kurang lebih seperti itulah tatanan saya dalam membuat About Page. Jika teman-teman ingin membuatnya lebih singkat, ya gak masalah.

Ada alasan kenapa saya juga mencantumkan tata cara untuk berkerja sama dengan ewafebri. Alasan utamanya adalah supaya calon klien bisa lebih mudah mengetahui kerja sama seperti apa yang saya bisa lakukan. 

KESIMPULAN 


cara membuat about me page pada blog


Jujur saya berusaha untuk tetap mempertahankan ciri khas Blog ini, oleh karena itu perihal kerja sama memang saya hanya bisa memenuhi untuk kategori tertentu saja, supaya Blog ini gak kehilangan karakternya. Hahahha ( gaya Vva... ). 

Blog ini saya buat memang tak semata-mata tentang mendapatkan uang saja, tapi lebih kepada  memberikan informasi yang lengkap dan detail seputar produktifitas dan kreatifitas dengan memanfaatkan Journaling.

Mengingat beberapa kali saya ditawari untuk kerja sama namun tak sesuai dengan niche, maka saya membuat tata cara kerja sama tersebut. Dengan begini calon klien juga bisa lebih efisien dalam bertanya. Dan mereka bisa mencari partner kerja yang lebih tepat. 

Itulah ulasan tentang About Me Page kali ini. Semoga teman-teman yang bingung bagaimana caranya menyusun halaman ini (kayak saya dulu), bisa lebih mudah mendapatkan ide dan gambaran cara membuatnya. 

Untuk tips-tips Blogging lainnya, kalian bisa juga mencarinya di Blogging Corner, atau bisa langsung klik menu navigasinya. 

Ngomong-ngomong, menurut kalian penting gak sih about me page ini ? apa alasannya ? jangan lupa share ide kalian di kolom komentar ya ?


HAPPY BLOGGING !

You May Also Like

0 comments