REKOMENDASI BUKU TENTANG IDE KREATIF

by - July 15, 2019

rekomendasi buku tentang ide kreatif


[Start Your Day With Ewafebri] Ingin lebih kreatif tapi bingung dari mana memulainya ? Bisa dengan membaca buku dulu kok Gaes. Dan berikut ini ada ada beberapa buku yang saya rekomendasikan untuk dibaca, terutama yang berhubungan dengan ide kreatifitas. 

REKOMENDASI BUKU TENTANG IDE KREATIF


Memahami darimana datangnya ide dan bagaimana kita memperlakukan sebuah ide itu penting loh Gaes. Karena ide itu sifatnya seperti permainan jaelangkung *lhaaa... ? Datang tak diundang, Pulang tak diantar.

Masalahnya kan kadang kita itu tidak sadar bahwa sebenarnya kita sedang diserang ide, atau justru kita sedang disebelin sama si " Ide ". Untuk tahu bagaimana memperlakukan dengan baik ide yang datang ini, saya merekomendasikan beberapa buku yang wajib dibaca.

BIG MAGIC - ELIZABETH GILBERT


credit : amazon.com


Yang pernah baca atau nonton film Eat, Pray And Love, mungkin sudah tak asing dengan pengarang yang satu ini.

Elizabeth Gilbert ternyata tak hanya menulis tentang Novel percintaan saja , tapi juga tentang motivational.

Big Magic ini adalah buku tentang bagaimana cara mendapatkan ide kreatif, bagaimana cara memperlakukan ide kreatif, dan bagaimana cara menyikapi jika ide itu tak pernah kunjung datang 🤭.

Dengan format cerita storytelling dan humornya, meski bahasannya serius tapi terasa ringan untuk dibaca. Dan untuk pertama kalinya dalam hidup saya membaca buku Self-Help tanpa merasa terbebani sama sekali. Hahhaa.. 

STEAL LIKE AN ARTIST - AUSTIN KLEON

credit : austinkleon.com


Kalo yang satu ini adalah buku karya Austin Kleon. Seorang Blogger sekaligus penulis kreatif yang berasal dari Amerika.

Buku ini berisi beberapa highlight tips bagaimana cara kita menemukan potensi dan mengembangkan kreativitas.

Dengan penjelasan yang mudah namun cenderung sedikit sarkas, Austin Kleon memberikan tips-tipsnya bagaimana kita bisa menjadi orang kreatif.


Contohnya adalah petikan buku di atas. Bagi sebagian orang mungkin penjelasannya terasa, " kok gini amat !". Tapi sebenarnya dia hanya memperlihatkan kejujuran yang sering di alami oleh sebagian kreator. Hihihi..

Jangan terburu-buru naik pitam, mendingan beli bukunya lalu dibaca. Biar bisa paham maknanya. Hahahha..


SKETCHNOTING - MIKE ROHDE


credit amazone.com



Pernah mendengar istilah Sketchnote ? Sketchnote adalah metode pencatatan yang menggunakan visual dan text sekaligus. Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan jika kita menggunakan metode ini.

Apalagi nie buat yang hobbi doodle tapi gak pingin ketahuan gurunya kalo lagi gambar. Hihihi.. Kalian bisa menggunakan metode pencatatan sketchnote nie. Hobbi jalan, pelajaran sekolah juga tetep jalan.

Dalam bukunya karya Mike Rohde, kita diberikan banyak tips bagaimana memulai sketchnote. Buat yang gak bisa gambar jangan kuatir karena dalam sketchnote kita tak membutuhkan gambar yang rumit kok. Cukup mengetahui 5 elemen dasar saja.

HOW TO BE INTERESTING - JESSICA HAGY





Buku adalah karya Jesicca Hagy, berisi tentang tips bagaimana menjadi menarik dan tentu saja tertarik pada hal baru (hihi.. ditambahin). Mungking tak secara langsung berhubungan dengan ide kreatif, tapi buku ini memberikan banyak tips untuk personal Development kita. 

Menurut saya pribadi, jika kita ingin menjadi lebih kreatif, kita harus mengubah dan mau menerimak informasi dari zona nyaman kita. Kadang informasi itu yang membuat kita akhirnya berfikir out of the box. 

Tips pertama yang diberikan dalam buku ini adalah Go Exploring !. Ini mengingatkan kita bahwa ide kreatif itu bisa didapatkan dengan seringnya kita mencoba dan bereksplorasi terhadap banyak hal. Misalnya saja, ngobrol dengan dengan orang asing, Kadang dari obrolan ringan, ide bisa mendadak datang. 

CREATIVE BLOCK - DANIELLE KRYSA






Creative Block adalah buku karangan Danielle Krysa. Buku ini berisi tentang nasehat dan pengalaman project yang disampaikan kurang lebih 50 orang yang berkerja dibidang kreatif.

Mereka memberikan tips bagaimana menghadapi permasalahan yang berhubungan dengan kreatifitas. Format bukunya sendiri berbentuk seperti wawancara, karena memang sang pengarang merupakan Blogger yang memiliki personal Blog dengan nama The Jealous Curator.

Tak hanya tentang tanya jawab seputar ide kreatif, masing-masing nara sumber juga memberikan project ideas ketika mereka sedang mengalami creative block.

Project idea ini sifatnya praktikal, jadi kita juga bisa ikutan seru-seruan. Bayangkan kalo dalam satu buku ada 50 orang yang berbagi project ideas, otomatis kalo kita mengikutinya jadi kaya pengalaman. Hihihi..


V IS FOR VULNERABLE - SETH GODIN





Selanjutnya adalah buku V for Vulnerable karya Seth Godin. Ada satu buku lagi karya beliau yang belum saya tuntaskan. Judul bukunya adalah The Dip. 

Dibandingkan The Dip yang membahas masalah kreativitas dengan serius, buku V is for Vulnerable justru merupakan kumpulan quote dari A sampai Z yang berhubungan dengan kreatifitas. 

Penyajiannya cukup unik, karena selain quote atau definisi dari berbagai istilah kreatifitas, buku ini juga dilengkapi illustrasi lucu berupa abjad. 

Dibandingkan 5 buku di atasnya, buku ini memang terlihat biasa aja. Tidak banyak memberikan detail informasi. Hanya semacam Glossary aja keknya. Hihihi.. 

Itulah beberapa rekomendasi buku yang bisa kalian baca yang berhubungan dengan ide kreatif. Semoga saja kalian bisa mengatasi creative block yang dialami setelah membaca buku-buku ini.

Nah, kalo kalian punya rekomendasi buku tentang ide kreatif, boleh di share di kolom komentar juga loh. Siapa tahu teman-teman yang lainnya membutuhkannya. Hihi..

Terima kasih sudah membaca, semoga postingan kali ini bermanfaat buat kita semua. Sampai jumpa di rekomendasi buku lainnya.


HAPPY READING !

You May Also Like

0 comments

ANNOUNCEMENT



Untuk menyambut Ultah Blog Ewafebri yang ke 2 tanggal 16 Agustus 2019, ikuti kesempatan memenangkan giveaway yuk. Ada Tottebag Mingce, Watercolor Pad Ring 300 gsm, dan juga macem - macem sticker.

Caranya gampang banget kok, kalian cukup subscribe Blog ini aja.

Selain kesempatan menang Giveaway, nantinya setiap Minggu inbox kamu dapet update dari ewafebri.com

Periode subscribe per tanggal 1 Agustus - 31 Agustus 2019 ya ! Pemenang akan diinformasikan melalui email secara langsung.

Giveaway hanya berlaku untuk wilayah Indonesia saja. Hihi..