TIPS MEMBUAT SITELINK MENGGUNAKAN PAGE BLOG

by - September 06, 2019

tips membuat sitelink menggunakan page blog


[Start Your Day With Ewafebri] Apakah kalian pernah mendengar istilah sitelink ? Apa hubungannya sitelink dengan page blog kita ? Hmm.. penasaran atau tidak ? Kalo kalian penasaran, lanjut baca ya ? Karena hal yang akan kita pelajari untuk tips blogging kali ini adalah tentang peranan Page Blog, pengertian sitelink dan tips membuatnya.

TIPS MEMBUAT SITELINK MENGGUNAKAN PAGE BLOG


Mendapatkan sitelink adalah salah satu bonus yang tak bisa diprediksi dari Google. Semacam mendapatkan privilege gitu. Hihihi..

Jaman dulu, ketika search console masih menggunakan tipe lama, sitelink ternyata bisa di-apply melalui setting khusus. Namun, kebijakan itu kemudian dihilangkan karena dianggap tidak efektif, sehingga saat ini hanya Blog tertentu yang masih bisa mendapatkan  privilege sitelink sesuai kehendak Google.

APA SIH SITELINK


contoh sitelink versi desktop


Sitelink adalah kumpulan link otomatis yang diberikan oleh Google yang bisa berfungsi sebagai alat promosi untuk Blog kita. Biasanya Google menempatkan sitelink di bawah nama Blog kita di mesin pencarian.

Manfaat lainnya dari sitelink adalah : 


  • Meningkatkan jumlah traffic Blog, mengingat pengunjung bisa lebih tertarik dengan judul sitelink kita.
  • Blog bisa dianggap lebih kompeten karena memiliki banyak informasi di dalamnya.
  • Sebuah penghargaan dari Google karena dianggap informatif dan direkomendasikan.

Meskipun begitu, bukan berarti yang tak memiliki sitelink tidak kompeten loh. Hanya saja, karena fitur lebih lengkap, seolah Blog kita menawarkan informasi yang lebih.

Tapi asyik kan kalo ada sitelinknya ? bayangkan Blog kita berada di antara Blog lainnya yang memiliki niche serupa. Namun karena Blog kita memiliki sitelink, calon pembaca akan lebih tertarik untuk mengunjunginya.




SIAPA SAJA YANG BISA MENDAPATKANNYA ?


Sayangnya tak semua Blog bisa mendapatkan Sitelink dari Google. Saya juga kurang paham apa alasannya. Menurut beberapa artikel yang saya baca, Google memberikan Sitelink pada Blog yang bermanfaat untuk orang lain, atau yang fokus pada kata kunci tertentu.

Jika benar alasannya seperti itu, sekarang saya bisa menyimpulkan bahwa alasan Google memberikan Sitelink pada ewafebri.com adalah karena penggunaan kata kunci Bullet Journal yang konsisten.

Dengan begitu, teman-teman yang belum memfokuskan pada kata kunci tertentu, bisa menggunakan trik ini untuk mendapatkan sitelink dari Google.

BAGAIMANA CARA MENDAPATKANNYA ?


Seperti yang sudah saya bahas di atas, Tak ada cara khusus untuk mendapatkan sitelink. Memang dulu, saat search console masih menggunakan tipe lama, ada setting khusus untuk membuat sitelink. Namun belakangan ini, fitur tersebut telah ditiadakan oleh Google.

Jadi kita para narablog tak bisa berbuat apa-apa kecuali memaksimalkan dan mengembangkan Blog kita sebaik-baiknya.

Namun dari pengalaman saya pribadi, saya mendapatkan sitelink setelah saya melalui beberapa tahapan berikut ini : 



  • Menggunakan template yang SEO Friendly.
  • Navigasi Blog yang dikelompokkan sesuai jenis kategori tertentu, dan jelas penempatannya. 
  • Aktif posting Blog dengan menggunakan kata kunci yang konsisten.
  • Dalam satu kategori memiliki lebih dari 10 artikel dengan kata kunci yang sama


Selebihnya adalah misteri Google. Pun dulu saya juga tidak begitu mengetahui dengan pasti kapan mendapatkan sitelink pada Blog. Yang saya tahu bahwa Page yang sering kita abaikan pada Blog, ternyata berpotensi menjadi sitelink untuk Blog kita.


APA HUBUNGAN PAGE DAN SITELINK ?



contoh sitelink versi mobile


Nah ini dia materi yang ingin saya bagikan buat teman-teman semua. Hampir semua sitelink yang saya dapatkan justru berasal dari page Blog. Dari mulai Bullet Journal, Blogging Corner, hingga Art Therapy Ideas.

Ada juga sebenarnya artikel tunggal (bukan page) yang menjadi sitelink. Namun hanya 1, itupun datang dan pergi alias kadang muncul, kadang tenggelam. hahaha..

Dari sinilah saya meyakini bahwa Page yang kita buat sedemikan informatif, lengkap dan terstruktur bisa menjadi sitelink untuk Blog kita.

Lantas, bagaimana cara membuat Page Blog supaya menjadi sitelink ? Ini dia tips blogging versi ewafebri, hihihi..


  • Buat postingan di Page. 
  • Berikan judul yang sesuai dengan kata kunci. Mohon diperhatikan saat kalian membuat judulnya ! Berbeda dengan postingan Blog yang Url (permalinknya) bisa kita buat sendiri alias kustom, pada Page Blog, url langsung di-generate sesuai dengan judul yang kita buat.
  • Jadi jangan sampai salah buat judul ya ? Pastikan mengandung kata kunci utama yang sering kamu gunakan untuk membuat postingan di Blogmu. Misalnya saja Blog kamu sering banget membahas tentang Traveling, buat Page dengan judul Travel ataupun Journey. Boleh juga jalan-jalan. hihihi..
  • Manfaatkan Round up post, di mana di dalam postingan Page, terdiri dari banyak internal link dari artikel yang pernah kamu posting sebelumnya. 
  • Update Page setiap kali ada postingan baru pada Blog. 
  • Jangan lupa untuk request indexing Blog
  • Tunggulah hingga sitelink muncul di bawah pencarian nama Blog kamu. Hihihi.. Semangat ya !

Itulah peranan page untuk sitelink pada Blog kita. Menurut saya, Page lebih mudah muncul di mesin pencarian dibandingkan artikel kita, karena memiliki banyak saingan.

Hayoo.. yang belum memanfaatkan halaman pagenya, boleh dicoba trik ini loh. hehe.. Siapa tahu kelak akan menjadi sitelink untuk Blog tercinta kamu.

Ngomong-ngomong, jika kalian ingin mendapatkan tips Blogging, artikel dan Freebies langsung ke inbox kamu ? Caranya gampang, kalian bisa langsung daftar disini

Credit : slothilda.com


Happy Blogging !




You May Also Like

0 comments