TIPS AMAN MENGUBAH NAMA DAN ALAMAT BLOG TANPA KEHILANGAN TRAFFIC

by - January 16, 2019

TIPS AMAN MENGUBAH NAMA DAN ALAMAT BLOG BY EWAFEBRI


Mengubah Nama dan Alamat Blog pada Blogspot memang mudah. Tetapi perlu banyak pertimbangan. Sebelum kalian memutuskan untuk mengubahnya, lebih baik pikirkan dengan matang resikonya. Banyak hal akan mempengaruhi perubahan Nama dan Alamat Blog kamu. Tetapi, jika kalian masih tetap ingin mengubahnya. Berikut ini adalah  tips aman mengubah nama dan alamat blog tanpa kehilangan traffic pada Blogspot.

TIPS AMAN MENGUBAH NAMA DAN ALAMAT BLOG PADA BLOGSPOT





Dalam dunia Blogging, memang tak disarankan untuk berganti nama dan alamat url. Karena akan mempengaruhi performa Blog itu sendiri. Oleh karena itu, sebaiknya nama Blog benar-benar dipikirkan sebelum membuatnya. Ini sangat penting, terutama jika kalian ingin mengelola Blognya dengan serius. 

Pada November lalu, tepatnya tanggal 22, saya pernah membuat postingan tentang 7 TIPS MEMILIH NAMA BLOG SUPAYA DIREKOMENDASIKAN OLEH GOOGLE. Dalam postingan tersebut ada alasan kenapa saya memilih nama Ewafebri pada Blog ini, dan bagaimana pengaruhnya pada mesin pencarian. Sayangnya saat itu saya tidak memberitahukan Tips aman mengubah nama  dan alamat blog.


PENGERTIAN NAMA DAN ALAMAT BLOG


Karena ada yang pernah mengganti Blog setelah membaca artikel tersebut, saya juga ingin membuat artikel bagaimana tips aman mengubah nama dan alamat Blog tanpa kehilangan traffik sebelumnya. Mari kita awali dengan pengertian Nama dan Alamat Blog itu sendiri.

Nama dan Alamat Blog adalah dua hal yang berbeda. Meski orang sering kali mengenalinya dengan maksud yang sama. Kita buat contoh, Misalnya sebuah toko. Nama Tokonya adalah THE E PROJECT, sementara alamatnya berada di Jalan. Imajinasiku No. 1 , kecamatan Dotcom, Kota Blogspot.



Illustrasi tips aman mengubah nama dan alamat Blog



Nah begitupun dengan Blog kita. Nama Blog atau Judul adalah Nama yang kita sematkan pada Blog kita supaya orang mudah mengenalinya. Misalnya The E Project/ewafebri. Sementara Alamat Blog adalah Nama Domain yang kita gunakan. Misalnya : https://www.ewafebri.com.  Dengan begitu pengunjung mudah menemukan Blog kita.


FAKTOR PENENTU PERUBAHAN NAMA DAN ALAMAT BLOG



Sebelum kita mengubah nama Blog menjadi nama baru. Ada banyak pertimbangan yang perlu kita pikirkan. Terutama menyangkut tentang alasan dan resiko perubahan. Tujuannya supaya kita tidak menyesal setelah melakukannya.

Beberapa pertanyaan berikut ini, bisa kita jadikan sebagai patokan atau alasan kita mengubah Nama dan Alamat Blog. Apa sajakah ?



Faktor penentu perlu tidaknya Nama dan Alamat Blog diganti : 


  • Apakah Blog kita saat ini memiliki banyak pageview setiap harinya ?
  • Apakah Blog kita namanya terlalu panjang ?
  • Apakah nama Blog kita sulit dihafalkan ? 
  • Apakah Blog kita memiliki banyak pengunjung Uniknya ? 
  • Apakah Blog kita sudah lama atau baru ?
  • Apakah isi Blog kita relevan dengan namanya ? 
  • Apakah ada nama Blog lain yang mirip dengan nama Blog kita ?

RESIKO MENGUBAH NAMA DAN ALAMAT BLOG


Jika kita sudah mendapatkan jawaban dan alasannya, barulah membuat keputusan perlu tidaknya kita melakukan perubahan tersebut.

Perubahan nama dan alamat Blog akan mempengaruhi beberapa hal berikut ini :



  • Alamat Blog (baru) akan dianggap oleh Google sebagai Blog yang baru dibuat. Jadi isi Blog belum dikenali oleh Google.
  • Alamat Blog baru belum terindex oleh Google meski nama sebelumnya sudah. 
  • Karena belum terindex, mengakibatkan Traffik atau pageview kita akan anjlog.
  • Mempengaruhi Backlink yang sudah kita tanamkan pada komentar saat Blogwalking.
  • Urusan internal link juga akan berpengaruh karena alamat Blog kita berubah
  • Mempengaruhi Backlink yang kita dapatkan dari traffic orang lain, dll.

CARA AMAN MENGUBAH NAMA DAN ALAMAT BLOG PADA BLOGSPOT


Setelah kita mengetahui apa saja resiko yang kita dapatkan, saatnya kita mengubah nama Blog kita menjadi nama Baru. Yang perlu diperhatikan dalam mengganti nama url adalah membackup data terlebih dahulu. Untuk meminimalisir kesalahan atau hilangnya artikel.

Caranya sangat mudah. Tinggal mengikuti langkah berikut ini : 


  • Masuk ke Dashboard pada Blogspot
  • Masuk Setting 


  • Pilih Basic 
  • Jika ingin mengganti Nama Blog, ada pada pilihan Title, save


  • Jika ingin mengganti Alamat blog, pada pilihan Blog Address, pilih save



Setelah kalian melakukan perubahan, jangan lupa untuk menyematkan atau mensetup 301 Redirect.

SETUP 301 REDIRECT 


Langkah terakhir dalam proses mengubah nama dan alamat blog adalah proses redirect. Apa sih 301 Redirect ? 301 Redirect adalah cara untuk menyelamatkan alamat Url kita pada mesin pencarian dengan mengalihkan alamatnya. Maksudnya dengan cara mengalihkan alamat baru ke alamat lama kita. 





Konsep kerjanya seperti ini :



  • Alamat lama kita sudah dikenal lebih dulu oleh mesin pencarian, nah kita ingin mencoba memasukan alamat baru ke mesin pencari. 
  • Karena alamat baru kita belum terindex, otomatis hasilnya 0. Tetapi jika kita sudah mensetup Redirect, otomatis mesin pencari akan mengarahkan pada alamat lama Blog kita. 
  • Misalnya Blog ini, sebelum menjadi TLD nama Blog lama saya adalah ewafebri.blogspot.com. Meski gak banyak pengunjung, dulu lumayanlah yang dateng mah. Hahaha. 


  • Supaya pengunjung terdahulu gak kehilangan jejak, alamat www.ewafebri.com juga saya setup redirect ke ewafebri.blogspot.com
  • Sehingga saat orang mencari www.ewafebri.com, dia akan dialihkan ke alamat blog yang lama. 
  • Dan meski orang menggunakan alamat lama pada mesin pencarian, tapi hasilnya tetap mengarah ke ewafebri.com juga. 
  • Untuk cara mensetup redirect, kalian bisa mencarinya di Google. 

Biasanya kalo kita membeli TLD, kita harus mensetup Cpanel dan Cname. Cpanel adalah area yang kita dapatkan saat kita menyewa domain, gunanya untuk mengontrol DNS management. Cname adalah kode dari Blogspot yang harus kita setup ke dalam area Cpanel, gunanya untuk sinkronisasi antara Blog dan nama domain. 

Intinya setup Redirect ini berguna sebagai penyambung Blog lama dan Blog baru. Tujuannya supaya aman saat pindahan. hihi.. Biar pengunjung mudah mencari jejak kita, hehehe..

Setup redirect sendiri bisa dilakukan beberapa cara. Bisa menyematkan kode script pada edit html, atau juga lewat konfigurasi Cpanel pada saat pindahan TLD. Persisnya seperti apa ? Kalian bisa mencarinya di Google.

Satu hal lagi nie Gaes, jika page view dan artikel belum terlalu banyak, mengubah nama Blog dan alamatnya tak menjadi masalah. Tapi jika sudah dikenal. Hmmm.. pertimbangkan masak-masak resikonya. Owh iya jangan lupa, teknik Setup Redirect ini juga digunakan saat kalian merubah Blog menjadi TLD ya. Hihi..

Selain itu ada hal lain yang harus kalian lakukan jika sudah melalukan migrasi alamat Domain. Yaitu :


  • Daftarkan alamat baru pada webmaster kembali supaya mudah terindex oleh Google. 
  • Submit Sitemap-nya. Supaya artikel kita mudah dicrawl oleh robot Google. 


Itulah Tips aman mengubah nama dan alamat blog versi ewafebri.com. Semoga setelah kalian pindahan, jejak pengunjung tetap terjaga.


HAPPY BLOGGING ! 

You May Also Like

32 comments

ANNOUNCEMENT



Untuk menyambut Ultah Blog Ewafebri yang ke 2 tanggal 16 Agustus 2019, ikuti kesempatan memenangkan giveaway yuk. Ada Tottebag Mingce, Watercolor Pad Ring 300 gsm, dan juga macem - macem sticker.

Caranya gampang banget kok, kalian cukup subscribe Blog ini aja.

Selain kesempatan menang Giveaway, nantinya setiap Minggu inbox kamu dapet update dari ewafebri.com

Periode subscribe per tanggal 1 Agustus - 31 Agustus 2019 ya ! Pemenang akan diinformasikan melalui email secara langsung.

Giveaway hanya berlaku untuk wilayah Indonesia saja. Hihi..