JUMLAH IDEAL KATEGORI / LABEL PADA BLOG

by - September 20, 2019

jumlah ideal label blog


[Start Your Day With Ewafebri] Berapa jumlah kategori yang perlu kita miliki dalam Blog kita ? Tentu jawabannya tergantung pemiliknya ya ? Hihi.. Tapi penting untuk diketahui bahwa kategori yang terlalu banyak, tidak akan efektif untuk Blog kita. Jadi berapa idealnya ? Hmmm...

JUMLAH IDEAL KATEGORI / LABEL PADA BLOG


Beberapa waktu lalu saya memangkas beberapa kategori di Blog ini. Dari jumlah di atas 30, saya pangkas menjadi 20 saja. 20 label tersebut juga sama dengan jumlah kategori dalam menu navigasi.

Pernah gak sih kalian berada pada masa di mana setiap membuat artikel baru, maka akan ada jenis kategori atau label baru ? Well, i've been there.

Hingga suatu hari saya baca thread dari Langit Amaravati, dan mulailah merapikan menu navigasi. Dan berakhir bingung dengan jumlah label yang saya miliki.

PENGERTIAN KATEGORI / LABEL


Label adalah fitur Blog yang berfungsi untuk mengelompokkan artikel sesuai dengan kategori tertentu.

Dengan begitu pembaca lebih mudah mencari informasi yang memiliki tema maupun materi konten yang saling berhubungan satu sama lain.

FUNGSI KATEGORI / LABEL


Dengan adanya kategori dan label tertentu, Blog kita bisa lebih rapi dan terstruktur dengan baik. Selain itu ada beberapa fungsi label yang bisa kita dapatkan, di antaranya :


  • Mengelompokkan artikel sesuai dengan tema dan materi yang sama. 
  • Sumber link widget untuk memunculkan related post, you may also like, artikel terkait dll. 
  • Memudahkan pembaca untuk mencari artikel dengan tema spesifik.
  • Melengkapi dan faktor estetika untuk tampilan Blog kita. 
  • Bisa meningkatkan trafik Blog, karena membuka kesempatan pembaca untuk melihat artikel lainnya. 
  • Mengurangi Bounce Rate, karena berpotensi membuat betah pembaca berlama-lama di Blog kita. 
  • Mendatangkan pembaca setia, apalagi jika mereka jatuh cinta dengan salah satu topik yang sering kita bahas.


PERBEDAAN KATEGORI DAN LABEL ? 


Pada dasarnya kategori dan label ini ya sama saja. Hanya saja istilah category sering digunakan pada platform Wordpress, sementara Label adalah istilah kategori dalam Blogspot.

Ada beberapa yang mengatakan bahwa kategori adalah pengelompokkan artikel secara umum yang biasanya diletakkan di menu navigasi bar. Sementara label, penggunaannya bisa lebih spesifik lagi. 

KESIMPULAN 


Bagi ewafebri sendiri, kategori dan label memiliki peranan yang sama saja. Sama-sama fitur yabg digunakan untuk mengelompok artikel berdasarkan topik dan tema yang sama.

Untuk jumlahnya sendiri, mengingat ini bukan portal berita tapi Blog personal, saya lebih menggunakan label dan kategori dengan jumlah sedikit saja.

Selain biar rapi dan terorganisir, juga supaya saya mudah dalam menentukan ide dan schedule postnya. 🤭🤭🤭

Bagaimana dengan kalian, teman-teman ? Biasanya kalian menentukkan kategori/label di Blog berdasarkan pertimbangan apa ? Share ide dan opini kalian di kolom komentar yuk ? Siapa tahu bisa menjadi pertimbangan pembaca lainnya.

Ngomong-ngomong soal schedule post, kalian juga bisa membuat planning tulisan supaya gak lupa loh. Biar gampang, saya juga  menyiapkan Blogging Planner yang bisa kalian printout sendiri.


free printable blog planning


Caranya gampang, kalian tinggal klik gambar di atas dan masukkan email supaya bisa dikirimkan ke inbox kamu. Tak hanya freebies, kalian juga bisa mendapatkan tips dan informasi terkini dari Blog ewafebri loh. Hihi..

HAPPY BLOGGING 


You May Also Like

0 comments

OTHER ARTICLES :