DIGITAL | BLOGGER EXPECTATION VS REALITY


Blogging tips for beginner
Blogging Tips For Beginner


Membuat sebuah Blog itu mudah ! tapi mempertahankannya itu perlu usaha ekstra. Saat saya memulai membuat Blog ini , banyak mimpi-mimpi yang bersarang di kepala. Apalagi pas ngeliat beberapa Blogger yang akhirnya terkenal dan menjadi influencer. Wah makin menjadi besar-lah mimpi saya untuk menjadi seorang Blogger profesional. 

BLOGGER EXPECTATION VS REALITY


Gak heran donk, awal-awal saat kita mulai membuat Blog, postingan kita lancar banget. Bahkan dalam seminggu bisa posting setiap hari secara berturut-turut saking semangatnya. Nah, pertanyaannya, apakah rasa ini akan berlangsung selamanya ? atau hanya di awal-awal saja. hehehe.. Saya pribadi  semangatnya naik turun, tapi Alhamdulillah masih bisa bertahan. Tapi saya juga banyak kehilangan para Blogger yang dulu sempet saya idolakan. Untuk mencari jawaban kemana para Blogger terdahulu menghilang, mungkin beberapa hal berikut ini bisa menjadi alasannya. 

EXPECTATIONS


Blogger Expectations


Melihat konten Blogger-blogger yang sukses tentu kita termotivasi untuk melakukan hal yang sama. Apalagi banyak banget materi konten yang mengiming-imingi kita bahwa menjadi Blogger itu enak banget. Diantaranya : 

  • Blogger itu kerjanya bisa kapan aja, alias " suka-suka gw ! "
  • Apa aja bisa dijadiin materi ngeblog.
  • Bisa dikerjain di rumah , gak harus punya kantor.
  • Uang mengalir tanpa henti hanya dengan membuat postingan di Blog dan yang pasti udah pasang Adsense dan Affiliate.
  • Gak perlu susah payah kalo bepergian karena pasti banyak Endorsean.
  • Gak perlu mikirin SEO dll, karena otomatis udah pasti mudah dikenali oleh mesin pencari.
  • Bakalan banyak Page Viewnya setiap bikin postingan.
  • Dikenal banyak orang dan jadi selebritis.
  • Tinggal Browsing Informasi pasti bisa bikin konten.
  • Gak perlu ngurusin elemen seperti layout dll, asal konten bagus pasti langsung banyak pengunjungnya. 

Hayoo ngaku ! siapa yang dulu mikir jadi Blogger itu adalah cara gampang dapetin uang. hahaha.. Asal bisa daftar Adsense, udah pasti duit ngalir dengan keras. Uppss.. Tapi kenyataan tak semudah yang kita bayangkan gaes, iya kan ? karena realitas menjadi seorang Blogger itu adalah seperti dibawah ini. 

REALITY


Blogger Reality


Realitas menjadi seorang Blogger setelah Satu Bulan berlalu dari masa pembuatan blog, tidaklah semudah dan sesederhana saat awal-awal membuatnya. Supaya gak kaget tentang rutinitas saat kalian nyemplung menjadi Blogger, beberapa informasi ini semoga bisa menjadi  Blogging Tips untuk kalian. 

Berikut ini realitas menjadi seorang Blogger :  


  • Dituntut untuk membuat Blog dengan konten yang berkualitas supaya banyak yang baca ( atau setidaknya ada yang mau baca, hahaha.. ).
  • Punya tujuan dan visi misi yang jelas, supaya tidak terlena dengan ekspektasi belaka.
  • Sedikit banyak harus memahami bahasa pemrograman atau Html supaya mudah mengutak-atik tampilan Blog.
  • Belajar SEO supaya Blog mudah dikenali mesin pencari dan menjadikan Blog kita direkomendasikan oleh Google.
  • Mengerti dan memahami cara meningkatkan Page Authority dan Domain Authority. Ini penting untuk menempatkan Blog kita menjadi Blog informatif bagi Google.
  • Memahami dan Mengerti tentang SEO tools, seperti Google Analytic, Google Trends, Webmaster  dll
  • Paham tentang Keywords dan penempatannya.
  • Tampilan Layout dituntut untuk User Friendly supaya mudah diakses oleh pembaca.
  • Konsisten membuat konten. Nyawa Blog terletak disini.
  • Mengoptimalkan pembuatan konten seperti penulisan Heading, Sub Heading bahkan jumlah kata dalam membuat Artikel. 
  • Paham tentang Copyright dan pemberian kredit pada sumber yang seharusnya.
  • Memberikan informasi dari sudut pandang yang berbeda dari orang lain meskipun bersumber dari informasi yang sama. Supaya orang bisa mendapatkan informasi yang berbeda dan tertarik membaca artikel kita. 
  • Jangan asal membuat konten, karena Konten diharapkan bisa bersifat informatif sekaligus menghibur juga. ( Masa sih ? hihi.. ).
  • Memahami konten yang sedang bahas, jangan asal copas tanpa mengetahui apa yang disampaikan. Bahkan kalo bisa, melakukan research data sebelum dibuat postingan.
  • Belajar penulisan yang benar ( ini yang sedang saya pelajari ).  
  • Belajar ngedit foto atau info grafik supaya menarik minat pembaca.
  • Musti sering-sering baca, menganalisa, mengobservasi bahkan praktek tentang hal-hal yang akan dibahas, supaya kalo ditanya pembaca paham apa yang disampaikan.
  • Berburu Ide dan mengolahnya menjadi informasi. (Biar mudah bisa membuat list ide seperti dalam Brainstorming Bullet Journal).
  • Perlu proses branding atau membuat Niche Blog supaya banyak dikenal orang dan bisa memiliki pembaca setia. 

Ternyata menjadi seorang Blogger itu memang perlu kerja keras dan usaha ekstra. Gak seperti mimpi saya sebelumnya, yang duduk-duduk trus dapet uang gitu. hahaha.. Buat yang ingin menjadi seorang Blogger, barangkali postingan ini bisa menjadi sebuah gambaran apa yang harus dilakukan oleh seorang Blogger supaya tulisannya dibaca dan direkomendasikan oleh Google

Meskipun begitu jangan patah semangat menjadi seorang Blogger Gaes, karena kalian bisa mempelajari dan beradaptasi sambil berblogging ria. Yang terpenting menjaga semangat kita menulis jangan sampai luntur. hehehe.. Buat teman-teman yang punya pengalaman tentang ekspektasi dan realitas menjadi Blogger, bisa berbagi kisahnya di kolom komentar.

(Credit Picture by Canva)

HAPPY BLOGGING !

Post a Comment

17 Comments

  1. :D Aku nggak berekspektasi apa-apa waktu mulai ngeblog. Lempeng aja kayak jalan tol. Bikin blog juga karena disuruh editorku. Tapi lama2 jatuh cinta juga sama blog :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. kece mbak.. hahaha.. dulu saya terlalu bermimpi kayaknya ya.. hahhaa.. dooooh.. By the way, karyanya juga udah banyak.. makin bermimpi bisa kayak mbak Triani nih.. ❤️❤️❤️

      Delete
  2. hahaha, iya sih, ngeblog tuh gak gampang
    apalagi kalau ekspektasinya duit

    aku juga awal ngeblog ya lempeng-lempeng aja. hanya untuk terapi diri, dengan cara menulis uneg2 yang ada di pikiran. supaya gak kepikiran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu saya juga mikirnya, ngeblog itu yang penting ada tulisan sama minimal ada foto. Hihi.. hingga berkali-kali mantengin pageview kok rasanya yang baca gak meningkat. Statnya setiap hari dibawah 50 viewer. Dari situ kemudian panik. Hahahhaaha..

      Delete
  3. Awal ngeblog hanya buat nyari aktivitas belaka, iseng2 lama2 asik juga. Aku suka banget tampilan blognya mba, jadi faham setelah baca konten ini..semoga bisa jaga semangat buat ngeblog ♥️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kak.. betul semoga semangat nulisku gak luntur, harus dipepet terus nie jangan sampai kendor. Hahahha..

      Delete
  4. zaman awal-awal ngeblog dan nggak tahu bisa menghasilkan uang memang kesannya nyantai banget ngeblog itu, mbak. sekarang pas blognya mulai menghasilkan jadi wajib banyak belajar biar jadi profesional. heu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mbak.. masa bodo ya dengan SEO dll.. eh ternyata, ngaruh juga heu.. heu.. apalagi kalo tujuan kita informatif. Banyak PR nya.

      Delete
  5. Kalau aku ngeblog for fun ajah sih. Kalau bisa menghasilkan rupiah, alhamdulillah.
    Karena passion aku dr kecil adalah menuls diary! Hahahaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. Dulu saya terlalu mengganggap remeh nulis diary mbak.. huhu.. padahal fungsi dan manfaatnya luar biasa ya.. kegiatan sepele yang kalo dilakukan jangka panjang, ternyata luar biasa keuntungannya.

      Delete
  6. Bener banget mbak. GK semudah yg dibayangkan mah jadi blogger itu. Tapi klo memang dr hati ya GK akan surut hehe. Salam, muthihauradotcom

    ReplyDelete
  7. Menjadi blogger pro memang tidak mudah, banyak yang harus dilakukan, banyak musim yang telah dilewati, melalui proses try eror kemudian try success dan lain sebagainya. Kenyataan yang dihadapi blogger, terutama yang bertujun untuk memperoleh penghasilan dari blog, tidak sesuai harapan, memang terjadi, dan jangan cepat menyerah karena perjuangan ... kelak ... pasti berbuah :D

    Busyet ini komentar saya ngeri :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaa... *Harus tetap dilanjutkan* ya kak.. 😁😁😁😁

      Delete
  8. haha semua ekspektasinya sesuai kayak ekspekatasiku, cuma ya itu tadi terkadang (sering malah) semua nggak sesuai ekspektasi. pengen belajar SEO tapikok sepertinya susah ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belajar pelan-pelan saya.. mulai dari mengoptimalkan postingan (penulisan heading dll).. baru berlanjut ke lainnya.. hihi. Saya dulu mengawalinya begitu juga.. hihi..

      Delete
  9. huahh bener banget , apalagi pas beralih ke selfhosted blog wordpress.org. dulu make gratisan mikirnya cuma nulis,posting.beres. awal2 jungkir balik..belajar coding dikit2 apalagi share hosting pula, ada plugin yang suka ngadat, kalau update kudu make file zilla, pernah juga blog ga bs di komenin sama sekali, bolak balik masuk forum, kontak email pihak jetpack, kobtak pihak theme crativenya, nge email İT orang hostingnya..sampe lelah hayati..mau nyerah..tapi skrg hikmahnya jd bs belajar banyak dunia perbloggan yang ga sesimpel yang dibayangkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi.. makin kita kulik makin banyak hal yang bisa dipelajari ya kak.. ? Alhamdulilah.. ❤️❤️

      Delete

Hi Gaes.. Jika kalian tak menemukan kolom komentar, mohon untuk mencari artikel yang ingin dikomentari melalui Home , atau pilih label, kemudian klik " Link Komentar " , yang berwarna salmon (peach pastel). Akan muncul kolom komentar baru. Mohon maaf ketidaknyamanannya.. 🙏