BLOGGING | CARA MENGGANTI TEMPLATE BLOG (BLOGSPOT)

Cara mengganti template blog


Cara Mengganti Template Blogspot Supaya Adsense tetap aman. Mempercantik tampilan blog bisa menjadi salah satu alternatif untuk mendatangkan banyak traffik. Apalagi jika template tersebut mengandung 2 unsur utama yaitu User-friendly dan SEO friendly. Akhir bulan lalu saya sempet me-redesign tampilan blog supaya lebih kekinian. Lebih user friendly sehingga lebih mudah diakses pembaca di mana berada.

CARA MENGGANTI TEMPLATE BLOGSPOT


Mengutak-atik kode html menjadi pelajaran baru bagi saya dalam mempercantik tampilan blog. Berburu kode dan mengimplementasikannya kedalam template blog menjadi pengalaman yang berharga. Dan semakin saya belajar, semakin saya menjadi tahu banyak hal. 

Ada beberapa point pelajaran yang saya terima selama perburuan kode html berlangsung. Diantaranya :


  • Blog yang banyak pengunjung adalah blog dengan tema responsive. Yang artinya bisa diakses dengan berbagai ukuran layar dari beberapa media gadget. Laptop, tablet ataupun mobile phone (yang sekarang banyak ukuran layarnya)
  • Sebuah blog tak cukup hanya user friendly saja, tapi juga SEO friendly.
  • Sebuah blog harus memiliki template atau tema blog yang mudah diakses informasinya oleh user. Karena sayang banget jika pembaca susah menemukan artikel kita yang justru mungkin lebih bermanfaat untuk orang lain.
  • Tema Blog kekinian adalah yang minimalist dan clean, yang membuat pemandangan mata lebih nyaman.

Dari beberapa point diatas, saya sadar bahwa selain  user friendly, blog saya belum mendukung semua point diatas.

ALASAN REDESIGN TEMPLATE BLOG


Redesign Blog yang saya lakukan kemarin hanya sebatas, mudahnya pengaksesan informasi di-mobile version dan web version saja. Saya lupa bahwa ada tablet dengan ukuran layar  yang berbeda.

Karena saya tidak memiliki tablet , saya belum tahu tampilannya seperti apa. Jangan-jangan acak adul. Hahaha..  Setelah membaca banyak artikel akhirnya saya menyadari bahwa, template responsive adalah satu-satunya jawaban dari semua itu. Hahahha..




Berburu html responsive, demi memaksimalkan tampilan blog menjadi pengalaman seru juga. Banyak sebenernya informasi yang diberikan terkait kode dan caranya.

Tapi kemudian mikir, ini kayaknya bakalan nguprek-nguprek html yang bejibun nie. Awalnya menyenangkan, lama-lama bikin mules. Hahhaa.. Akhirnya saya menyerah dan mencari template yang siap digunakan saja. Hihi..

BACA JUGA : MENAMPILKAN WIDGET DI MOBILE VERSION 

PERSIAPAN SEBELUM MENGGANTI TEMPLATE


Lalu timbul masalah, salah satu alasan kenapa adsense saya di-banned kemarin adalah ganti template yang lama menjadi template yang baru. Duh, gimana nie.. .. Browsing lagi nie guys.. dan sepertinya jawaban yang saya cari gak ada. 

Dari beberapa artikel yang saya baca, hampir semuanya menjelaskan bahwa kemungkinan besar memang Adsense akan bermasalah jika kita mengganti template, bahkan bisa ter-suspend tanpa kita sadari dan tanpa pemberitahuan. Duh jadi vanick eike.. Baru di-approval masak mau di-banned lagi. Hiks..

Setelah mikir lama dan menimbang tujuan saya membuat blog, akhirnya saya memutuskan untuk mengganti templatenya. Jikalau harus di-suspended, ya sudahlah !

Tujuan awal saya membuat blog ini adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca, bukan sekedar ingin mendapatkan pendapatan dari iklan. 

Jadi bagaimanapun, kepentingan dan kemudahan pembaca harus diprioritaskan. Seandainya iklan adsense menghilang, ya sudahlah ya.. diikhlaskan dan bikin baru lagi aja. Hahaha.

MENENTUKAN JENIS TEMPLATE






Petualangan mencari template-pun dimulai ! 

Dan akhirnya saya menemukan template di gooyaabitemplates.com. Di Website ini, banyak menyediakan pilihan template dengan berbagai macam tipe dan kategori untuk blogger.

Kalian bisa memilih sendiri  template seperti apa yang ingin digunakan. Setelah mendapatkan template dambaan (((whaaat.. ?))). Kalian bisa langsung mendownloadnya.

Yang menjadi fokus saya kali ini adalah :


  • User Friendly 
  • SEO Friendly 
  • Ads Ready
  • Minimalist
  • Clean



Gooyaabitemplates.com


File yang di-download berupa extension .zip . Jadi kalian harus mengekstraknya terlebih dahulu sebelum menguploadnya di Blog. 

Cara mengekstrak juga mudah :


  • Klik kanan mouse.
  • Cari menu extract  (ada extract here, extract all) pilih salah satu (klik), akan muncul instruksi dan klik ok.
  • Buka folder yang sudah diekstrak, cari file yang belakangnya ada ekstension .xml . File inilah nanti yang akan kita gunakan. 

Bagi yang memiliki adsense, ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan sebelum mengupload file template baru.

CARA MENGGANTI TEMPLATE BLOG


Jika kalian sudah mendownload templatenya. Saatnya kita mengganti template yang lama menjadi template baru. Sebagai reminder, "Pastikan untuk selalu mem-back up data terlebih dahulu sebelum menggantinya."

Langkah-langkah Mengganti Template Pada Blogspot : 



  • Sign in ke Dashboard Blogspot kamu.
  • Pilih menu Theme > Edit html.  
  • Cari kode Adsense kalian dan Google Analytics pada Edit Html. Biasanya terletak di antara kode .
  • Setelah ketemu Copas pada Notepad dan save. Jangan menutup Notepad dulu cukup di-minimize
  • Save theme dan lihat pojok atas. Ada tulisan Backup/Restore kan.. ? Klik pilihan tersebut dan backup terlebih dahulu theme yang lama. (Buat jaga-jaga) hihi.. 
  • Setelah Backup kemudian saatnya kita mengupload theme baru. Masih pada pilihan yang sama Backup/Restore. Kali ini kalian pilih yang Restore dan Choose File. 


  • Buka folder template yang sudah kita download dan ekstrak tadi. Masukkan file dengan kode .xml yang sudah diekstrak ke blogspot. Upload, tunggu sampe selesai. 
  • Jika sudah selesai, artinya template kamu sudah sukses terinstall. Nah saatnya merapikan tampilan. 
  • Sebelum kita masuk ke pengaturan layout, buka menu Edit Html yang baru.  Ini penting banget gaes.. Copas kode Adsense dan google analytic dari Notepad ke Edit Html. Letakkan di antara .  > Save Theme. Kalo gak kalian masukkan lagi, walhasil adsense kalian gak akan muncul lagi. 
  • Nah saatnya masuk menu Layout, yang terletak di atas Theme, dan atur tampilan seperti yang kalian inginkan. 


  • Pengalaman saya, setelah template saya upload, hasil tampilan Blognya agak acak adul. Jadi saya mengatur tampilannya pada layout, dan menghilangkan beberapa widget yang serupa atau double. Misalnya Recent Post dll. 
  • Atur sesuai keinginan kalian. Ada beberapa widget yang harus mensetup ulang lagi dari awal. Misalnya tentang Follow Me, kalian tinggal memasukkan link sosmed kalian lagi. 
  • Setelah edit layout, saatnya mempreview tampilan blog kalian. Jika sudah puas dengan tata letaknya, jangan lupa kalian save dan selesai !. 


Yes.. ! Kalian baru saja berhasil memasukkan template baru ke blog kalian. Lega kan ya.. ? Hahaha.. untuk mengedit warna pilihan dan lainnya, kalian bisa memilih menu customize pada theme. Kalian bisa mengatur font , hover dll.

WARNING !


Ada beberapa template yang tidak bisa diganti-ganti kecuali dengan mengubah kode htmlnya

Nah yang ini, akan jadi PR banget nie.. hihi.. Kalo yang satu ini saya juga kurang bisa membantu. Haha.. Mungkin kalian bisa bertanya pada ahlinya atau di forum khusus blogging. 

Seperti yang sedang saya alami nie, haha.. Margin di mobile version sebelah kanan sedikit memotong tulisan dan share iconnya. Saya sudah mencoba mengutak-atik kode Cssnya. Tapi belum berhasil. Hahaha.. PR banget ini..

Belum lagi soal kolom komentar, yang akhirnya saya ganti dengan disquss. Kalo kalian mendapati tata letaknya yang acak adul, jangan panik ! Itu memang sudah normal terjadi. 

Baiklah.. Itu tadi cara bagaimana mengganti template blogspot dengan template baru. Semoga pengalaman saya bisa membantu kalian yang ingin mengganti templatenya. Jangan lupa subscribe untuk tips lainnya. Hihihi..


Biar makin lengkap lagi, jangan lupa ikutan gabung bareng teman-teman lainnya untuk mendapatkan informasi melalui newsletter tiap bulan.

Gak cuma tentang update artikel, tapi juga ada freebie dan tips lainnya. Caranya dengan mengklik tombol gabung berikut ini !.




HAPPY BLOGGING !