CERITA SORE HARI | BUKA INSPIRASI DENGAN BLOGGING

by - September 03, 2018


BUKA INSPIRASI DENGAN BLOGGING



Cerita Sore Hari kali ini berhubungan dengan Buka Inspirasi. Tema Blog yang sedang dilombakan di Buka Lapak. Awalnya saya ragu mau ikutan lomba ini, apalah aku tuh.. Tapi Member 1 Minggu 1 Cerita menyemangati. Hihi.. Bismilah mari kita mulai. Tadinya sempet bingung nyari ide tentang #BukaInspirasi. Mau nulis tentang apa, peristiwa siapa, kejadian yang seperti apa ? , akhirnya mendapatkan ide untuk bikin tulisan yang berhubungan dengan diri sendiri. " Kalo bukan saat ini , mau kapan lagi ?", Pertanyaan itu yang memberiku keberanian dan menginspirasi untuk ikutan lomba Blog " Buka Inspirasi " pertama kali. Bukankah Blog memang menjadi media berekspresi bagi pemiliknya ? , Itulah yang saat ini sedang saya jalani. Bercerita tentang hal yang menginspirasiku untuk melakukan sesuatu dengan berani.



ARTI BLOG BAGI EWAFEBRI ?



Menjadi blogger dan penulis adalah salah satu impian yang masih saya pegang saat ini. Bayangkan saya sudah membuat blog dari tahun 2011, tapi baru memahami manfaatnya 8 tahun setelahnya. Hahaha.. Saya pasti sudah gila. haha.. dan bagi setiap blogger, peranan dan arti sebuah blog dalam kehidupannya tentu berbeda-beda ya ? lalu,  Apa yang saya pahami tentang Arti Sebuah Blog pada diri saya sendiri ?

BLOG SUMBER INSPIRASI 


Banyaknya Blog dengan Niche yang berbeda, tentu menjadi salah satu keuntungan bagi pembacanya. Mereka bisa mencari ide dan inspirasi dengan membaca artikel-artikel menarik yang disampaikan sang pemilik Blog. Mereka juga bisa belajar dari kisah atau pengetahuan yang disampaikan oleh pemiliknya. Pengalaman saya pribadi, bahkan saya seringkali terinspirasi untuk melakukan sesuatu atau membuat sesuatu setelah membaca sebuah artikel atau kisah yang dipaparkan dalam sebuah Blog. Yang awalnya gak kepikiran, jadi mulai dipelajari gara-gara baca informasi di Blog. Kayak ikutan lomba Buka Inspirasi ini misalnya, hihi.. Hal yang belum pernah saya pikirkan sebelumnya, tapi berani saya coba 

Arti Blog sebagai media informasi

BLOG MEDIA BEREKSPRESI


Bagi sang pemilik, Blog menjadi media luar biasa untuk menyampaIkan ide-idenya, menyampaikan ceritanya, kisahnya bahkan menunjukkan karyanya. Tak hanya berupa tulisan, tapi juga bisa menjadi porto folio karya yang lainnya. Bagi saya blog semacam kanvas yang siap saya eksekusi dengan berbagai macam ide gambar atau lukisan. Hihi.. 

BLOG MEDIA KOMUNIKASI


Seorang Blogger, menggunakan karya dan tulisannya untuk berkomunikasi dengan pembaca. Bayangkan saja , ada jutaan pengguna Internet yang tidak kita kenal tapi bisa berkomunikasi lewat tulisan. Ya Barangkali yang membaca memang tidak sampai 1 juta orang (kecuali Blog yang udah Super Kece), tapi dari sekian banyak pengguna internet yang tidak kita kenal didunia nyata, bisa saling berkomunikasi lewat tulisan kita itu sangat luar biasa. Semisal memberikan tanggapan atas tulisan kita, atau sekedar menyampaikan apresiasi atas tulisan kita, atau mereka berargumentasi karena tulisan kita. hehehe.. 


BLOG MEDIA BERKREASI


Jika tadi Blog menjadi media berekspresi bagi pemiliknya, Blog juga bisa menjadi media berkreasi. Ada begitu banyak desainer web atau Blog yang karyanya mencuri perhatian karena proses kreatifnya dalam membuat sebuah layout atau mendesain tampilan Blog. Bahkan ada web khusus yang membuat kontes tentang desain tampilan Blog. Gak cuma keindahan layoutnya tentunya, tapi sistemnya pun menjadi pertimbangan tersendiri. Apalagi kemudahan berinteraksi dengan pembacanya juga. Entah berapa kali saya gonta-ganti template blog supaya terlihat caem, tapi pada akhirnya mampunya ya segini-gini aja. Hihi.. Namanya juga usaha ya Gaes.. 


fungsi Blog Sebagai Media Kreasi

BLOG MEDIA PROMOSI 


Kalo yang ini sedang saya jalani saat ini.. hehe.. Sebagai Newbie dalam hal illustrasi , impian terbesar saya adalah memperkenalkan ke khalayak tentang kreasi saya sendiri. Selain berbagi proses belajar dalam membuat illustrasi, saya juga ingin karya saya diminati dan dikenal banyak orang. Hihi.. Bowgel versi chibi yang menjadi salah satu maskot dalam Cerita Sore Hari. 

BLOG MEDIA INFORMASI 


Kalo yang ini sudah tidak perlu diragukan lagi ya Gaes, Blog memang sumber inspirasi dan informasi. Saat saya memulai debut untuk meningkatkan pengembangan diri, salah satu tempat yang memberikan banyak informasi adalah Blog dan Website selain buku tentunya. Ada banyak artikel yang bisa saya gunakan untuk referensi dalam pengembangan diri. Seperti Blog psychologytoday.com atau wikihow.com


BLOG TEMPAT BELAJAR MANDIRI 


Sebagai orang awam yang gak begitu paham tentang dunia digital, mendesain tampilan Blog sendiri itu merupakan tantangan yang luar bisa. Saya harus bolak balik mengedit html untuk mendapatkan tampilan seperti yang saya inginkan. Proses ini gak akan terjadi jika saya gak mencari tahu dan belajar dari berbagai sumber Blog yang memberikan informasinya secara gratis. Sepertinya mustahil sekali saya bisa mengotak-ngatik html sendiri. Hihi.. Alhamdulilah karena nekat, akhirnya bisa juga.. hehehe.. 

BLOG LADANG REJEKI


Nah.. Kalo yang ini saya baru pahami belakangan ini. Hahaha.. Ternyata Blog juga bisa menjadi ladang rezeki, seperti yang saya lakukan saat ini. Syukur-syukur bisa menjadi salah satu pemenang lomba Blog Buka Inspirasi. Hihi.. Mensetup Google Adsense juga menjadi salah satu usaha saya dalam mendulang pundi-pundi, disamping kerja setiap hari tentunya. 😁 .. 

Tak kenal putus asa, meski sudah 2 kali ditolak adsense, saya tetap berusaha untuk mendapatkan ijin memasang iklannya di Blog Ewafebri. Hihihi... Kalo tadi kita membicarakan arti blog dan manfaatnya. Sekarang mari kita bicarakan tentang bagaimana membangun fungsi blog untuk bisa menjadi yang paling dicari dan diminati. Hihi... 

Nah ini adalah tantangan sesungguhnya dari seorang blogger yang ingin mendedikasikan hidupnya supaya lebih berarti dan membuka inspirasi untuk yang lain.  


LOMBA BLOGGING BUKA INSPIRASI



KONSISTENSI 


Konsistensi menjadi salah satu pilar seorang blogger untuk terus dicari dan diminati. Hihi.. Konsisten dalam memberikan informasi kepada pembaca melalui tulisannya bisa berdampak positif bagi kelangsungan Blognya. Karena konsistensi juga, yang membuat Blog saya jadi banyak dicari (selain isi konten tentunya). Awal tahun 2011 saya membuat blog, saya sudah sangat bahagia ada yang menengok blog saya meskipun hanya 80 viewer dalam sebulan (((dalam sebulan))) 😁 , jika dibandingan sekarang , entah berapa ratus persen kenaikkannya. Selain karena teknik SEO, juga karena konsistensi saya dalam berbagi informasi di blog ini. Hihi..  


EKSISTENSI 


Konsistensi tentunya akan mempertahankan eksistensi kita di dunia Blog Gaes.. Semakin kita sering membuat postingan tentu semakin kita memperlihatkan keberadaan kita di Search Engine (mesin pencari), sehingga jika ada orang yang mencari informasi yang berkaitan dengan Niche kita, Mesin pencari akan menunjukkan keberadaan kita. Mungkin sudah banyak blogger yang saya kagumi beberapa tahun lalu sedang hiatus, padahal tulisan-tulisan mereka menginspirasi banget. Bahkan membuat orang lain ikut bermimpi menjadi sukses seperti mereka. Karena konsistensinya memudar, membuat mereka menghilang begitu saja. Seperti tak pernah ada. Hehe.. 


DEDIKASI 


Nah, tantangan terberat adalah pilar yang ini. Berdedikasi artinya mengerahkan kemampuan sepenuh hati. Tak hanya memberikan sekedar informasi , tapi juga rela mengorbankan waktu , tenaga dan pikiran atas apa yang ditulis. Tak jarang , sebelum menulis sebuah artikel, saya terlebih dulu melakukan research tentang apa yang sedang saya tulis, menyampaikan pengalaman apa yang pernah saya alami, bahkan membaca buku demi mendapatkan informasi yang baik dan benar. Seiring berjalannya waktu, pandangan saya tentang seorang blogger pun berubah. 

Menjadi seorang Blogger ternyata tak semudah yang dulu saya pikirkan. Ada banyak hal yang harus saya pelajari dan pahami, dari mulai tentang kode html, layout yang cantik tapi fungsional, membuat performa blog mampu loading dengan cepat, belajar tentang google analystic , SEO , Adsense, paham tentang keyword, gaya bahasa penulisan dan yang terakhir belajar menyampaikan informasi kepada pembaca dengan konten yang positif dan menginspirasi. Banyak PR nya ternyata.. haha.. gak cukup membubuhkan gambar dengan caption doank. 

Buat teman-teman yang memiliki kemampuan menulis dan ingin berdedikasi terhadap informasi positif, bisa memulai membuat blog personal sendiri , Cara membuat Blog platform Blogger, saya sudah menulisnya disini. Yang terpenting dalam membuat blog , kalian memahami tujuan blog kalian itu untuk apa.  Dengan begitu akan memudahkan kalian nanti dalam mengembangkan blog kalian. Dan jangan lupa, buat tulisan sesuai passion dan minat kalian. Supaya tidak merasa terbebani saat kalian merangkai tulisan untuk membuat konten nantinya. 

HAPPY BLOGGING !

You May Also Like

8 comments

  1. Blog media berekspresi itu relate banget sm sayaa. Juga konsistensi itu emang hal mendasar yang tersulit bagi blogger pemula (contohnya saya). Karena melawan diri sendiri...hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget kak.. 😁 .. kalo di amati hampir 18 jam otak saya gak bisa berhenti berpikir. Isinya macam-macam, kadang imajinasi , kadang memori, kadang2 juga ide-ide. Jika sebagian gak dituangkan dalam salah satu media (dalam hal ini , untungnya saya punya Blog) , kepala saya udah membara rasanya.. hahaha.. mbludak.. saking penuhnya. Karena itu Blog bisa menjadi salah satu media berekspresi dan berkreasi.

      Delete
  2. Betul banget poin di atas. Blog sebagai tempat eksistensi juga. Apalagi buat ibu rumah tangga yang uda gabisa ngeksis macam saya. Hehe

    ReplyDelete
  3. Betuuul.. blogging is my lifestyle hehe udah dari 2013 aktif ngeblog, tapi baru fokus share2, dan jadi momblogger skrg2 ini hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeay.. sama kita mbak..hahha.. semoga postingan kita bisa membantu dan menginspirasi orang lain ya ? ❤️

      Delete
  4. Sangat menginspirasi sekali kak artikelnya, saya juga pengguna Bukalapak. Ya penjual, ya pembeli juga. Tapi saya terus berusaha supaya kiat sukses berwirausaha biar kelak masa depan bisa baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks kak.. artikel kakak lebih menginspirasi.. ❤️

      Delete

Hi Gaes.. Jika kalian tak menemukan kolom komentar, mohon untuk mencari artikel yang ingin dikomentari melalui Home , atau pilih label, kemudian klik " Link Komentar " , yang berwarna salmon (peach pastel). Akan muncul kolom komentar baru. Mohon maaf ketidaknyamanannya.. 🙏