BULLET JOURNAL INDONESIA | BULLET JOURNAL EXAMPLES FOR BLOGGER

by - October 01, 2018


Bullet Journal For Blogger Ideas
BULLET JOURNAL FOR BLOGGER IDEAS


Kalo yang sering mampir dimari dan yang sudah subscribe, mungkin udah tahu kalo bulan September kemarin adalah bulan terproduktif dalam hal ngeblog sepanjang tahun 2018 (maaf notifikasinya seperti spam ya ?).  Karena hampir setiap hari artikel baru saya menghiasi halaman depan Blog ini.  Hihi...

Hmmm.. kira-kira bulan Oktober  ini akan tetap produktif gak ya.. ? Kita lihat saja.. hahhaa.. 

BULLET JOURNAL EXAMPLES FOR BLOGGER


Hari ini saya akan membagikan resep  rahasia tentang gimana caranya kok saya bisa seproduktif itu ya. Hihi.. 

Yang membuat saya produktif, tak lain dan tak bukan adalah Bullet Journal. (Itu laaaaagiiiiii.. !, Hahhahaa... pastinya.. ). Tapi beneran Gaes, Bullet Journal menjadi alat produktifitasku yang belum tergantikan oleh yang lain, sekalipun yang lebih canggih !. Gak percaya... ? Akan saya jabarkan. Hahhaa..

MONTHLY LOG 


Yang udah belajar Bullet Journal, udah pasti tahu donk kalo komponen ini tak terpisahkan dari Bujo. Semacam Komponen utama gitu, Nah yang belum tahu Bullet Journal itu apa, kalian bisa belajar tentang Bujo DISINI

Yes... Monthly log menjadi Tool atau alat luar biasa yang membantu saya fokus dalam hal blogging. Dalam Monthly log, biasanya saya tulis tentang jadwal materi atau konten yang akan saya terbitkan dalam blog ini. Dengan begitu, setiap saya membuka Monthly Log, saya jadi ingat tentang materi apa yang harus saya publish hari itu.

Keuntungan menggunakan analog (manual atau buku) adalah ketika gadget kita mengalami masalah, informasi itu masih tetap terselamatkan dalam Bullet Journal kita. Itulah alasannya kenapa Bullet Journal tetep lebih sakti dibandingan digital planner (masa iyaaaaa... ?).


Monthly log for Bullet Journal Blogger Ideas


Apa Saja yang bisa kita isikan dalam Monthly Log ? 


Mengisi Monthly Log itu sebenernya tergantung kita sebagai user, tapi jika teman-teman masih bingung memulainya darimana , beberapa ide berikut ini bisa kalian gunakan untuk acuan.

  • Ide konten yang akan dibahas. (Selain menjadi tempat penjadwalan atau perencanaan, monthly log bisa kalian gunakan untuk brainstorming ide-ide yang ingin kalian bahas).
  • Schedule Publish. (Kalian juga bisa menggunakan Monthly Log untuk menempatkan schedule konten yang akan diposting).
  • Project yang berhubungan dengan Blog. (Misalnya penjadwalan tentang membenahi tampilan, deadline postingan sponsor post, penjadwalan tentang giveaway project dll).
  • Schedulle / penjadwalan event yang akan dihadiri yang berhubungan dengan blog/klien.
  • Reminder pembayaran bill domain atau hosting. 
  • Tracking progress goal.
  • Jadwal Submit Blog untuk Komunitas Blogger.
  • Tracking pageview.
  • Penjadwalan Submit lomba blog yang diikuti. Dll.

Bagi yang memiliki bullet journal campur dengan kegiatan lainnya (General), penjadwalan yang sudah kalian tulis dalam Monthly Log, selanjutnya bisa kalian isi ke Weekly atau Daily log untuk dieksekusi / dijalankan.

Misalnya pada Monthly Log tanggal 5 tertulis Submit Blog Community, pada weekly atau daily (tergantung kalian pakenya yang mana), tulis Task tersebut sebagai pengingat bahwa tanggal 5 tersebut adalah jadwal kalian memposting di Blogger Community. 

Saya pribadi hanya menggunakan Monthly saja untuk urusan blog, karena bullet journal general dan blog saya pisah. Itulah alasannya saya gak menggunakan weekly dan daily spread untuk bulan September kemarin. 

COLLECTION


Buat para Blogger, komponen ini sih yang bakalan banyak menghiasi Bullet Journalnya. Dan ini beberapa contoh collection yang bisa kalian gunakan atau sekedar buat referensi saja.

BRAINSTORMING 


Brainstorming ideas


Kayaknya mau Bullet Journal yang sifatnya General atau khusus Blogger, collection Brainstorming ini gak pernah ketinggalan ya. Karena emang disini letak jantungnya Blog saya.. hahaha.. kalo bagian ini gak terisi berarti saya bener-bener sedang krisis ide sodara-sodara. Hahahha.. 

SCHEDULED POST  


Collection pertama yang saya pilih adalah tentang Scheduled Post. Scheduled Post adalah Collection tentang judul-judul post yang sudah masuk ke dalam tahapan schedulling. 

Sesaat setelah saya memutuskan untuk mengoptimalkan Blog Ewafebri, saya mulai bergerilya mencari cara bagaimana Blog ini tak hanya menjadi ajang curhat saya tapi juga menjadi Blog yang informatif bagi orang lain. Saking giatnya merombak Blog ini, hampir setiap hari saya mencari tutorial di Internet tentang Blogging Tips. Hingga kemudian saya menemukan artikel yang menyatakan bahwa, Cara Untuk Mengoptimalkan Blog Anda Adalah Dengan Menentukan Scheduled Post.


Schedulle Post For Bullet Journal 


Awalnya saya menyepelekan nasehat ini, karena belum mencobanya. Hihi.. Setelah saya mencobanya, ternyata membuat Schedule untuk Publish Blog itu cara yang cukup efektif dan efisien. Apalagi untuk Blog yang punya beberapa tema yang bisa dibahas. Seperti Blog saya yang banyak banget tema bahasannya. Hahhaa. 

Keuntungan menggunakan Schedule dalam mempublish Post : 

  • Mudah mengatur jadwal penerbitan artikel, apalagi jika kalian memiliki jadwal khusus misalnya Senin untuk Produktivitas, Selasa untuk Bullet Journal, Minggu untuk review dll.
  • Gak takut dan terburu-buru dengan Deadline. Karena sambil kita menulis draft yang baru, sudah ada tema blog yang lainnya yang siap untuk di luncurkan dalam radar schedule kita.
  • Mudah mengeksekusi ide yang ada. Kalo tiba-tiba punya ide, langsung tulis didraft, biarkan disana untuk beberapa waktu yang lama, apalagi kan kita harus research konten dulu. Nah, lagi-lagi.. karena sudah ada schedule post, kita jadi gak was-was mikirin mana yang harus diposting.

Lah.. trus keuntungannya mempunyai Bullet Journal tentang Schedule buat apa ? Sebenarnya ini penting gak penting (lah piye sih mbak, mau ngasih tips opo ora ?) Hihi..

Beberapa alasan berikut ini menjadikan collection " Schedule Post " special : 

  • Dengan Schedule post kita jadi bisa melihat dengan jelas, kapan saja blog yang sudah siap kita publish. Maleskan kalo bolak-balik ngecek Dashboard Blog cuma buat memastikan mana yang udah masuk schedule, mana yang masih dalam draft.
  • Bisa buat ngecek " saya pernah bikin judul blog serupa gak ya.. ? Walaupun tema dan materi serupa ? ". Biar gak double Gaes.
  • Arsip buat kita juga sih, mungkin suatu hari nanti kalian kangen ngintip Blog apa aja yang udah pernah di publish, dll.

Sekali lagi, Bullet Journal itu fleksible, kalo menurut kalian gak penting dan terlalu bertele-tele jangan digunakan. Okay ?!? . (Maybe Okay will be our Always - John Green) 🙄🙄🙄🙄🙄 .

DRAFT POST


Draft Collection Ideas



Collection ini berisi tentang judul-judul post yang ada di Draft Blog saya. Ada banyak Judul di draft saya meskipun belum ada isi kontennya. Cara ini saya lakukan supaya saya gak lupa tentang ide yang ingin saya jadikan sebagai materi konten. 

Beberapa keuntungan membuat Collection Draft Blog pada Bullet Journal : 

  • Kita jadi tahu tentang tema dan materi apa saja yang menanti untuk diedit dan dibuatkan schedule untuk konten blog selanjutnya. 
  • Kita jadi tahu berapa banyak stock ide yang sudah kita miliki untuk postingan-postingan selanjutnya. 
  • Kita jadi tahu mana stock tema (kategori) yang menipis dan perlu dicari untuk postingan mendatang.
  • Menjadi arsip tentunya. Hahaha.. 
  • Menjadikannya sebagai Idea Bank atau penyimpan ide-ide untuk Blog kita. 

Lumayan kan manfaat dari memiliki daftar draft collection di Bullet Journal kita. Hihi.  

PROJECT BLOG IDEAS


Project List Ideas 



Kalo yang ini isinya tentang list task yang akan kalian lakukan, yang berhubungan dengan pekerjaan Blog. Misalnya project tentang Redesign Blog, project tentang membuat atau melengkapi struktur Blog, membuat logo, Mereview Adsense, mereview pageview dll. Intiya project yang ingin kalian selesaikan yang berhubungan dengan Blog kalian.

BLOGGER COMMUNITY SUBMIT'S TRACKER


Sudah tahu kalo saya bergabung dengan beberapa komunitas blogger ? ( emang penting mbaaaakk.. ?, Penting banget !, Kalian juga harus ikutan biar makin semangat ngeblognya).

Bergabung dengan Komunitas Blogger tentu ada syarat dan ketentuannya. Atau bisa juga menjadi sarana kita untuk memperkenalkan Blog kita atau sekedar membagikan informasi yang sudah kita miliki.


Submit Collections


Sebagai contoh, ketika saya daftar menjadi membernya 1 Minggu 1 Cerita , syarat utamanya adalah setor tulisan walaupun 1 minggu hanya cukup satu kali saja. Boleh lebih sih.. hahhaa.. 


Blogger Perempuan Submit Blog ideas


Atau ketika saya gabung dengan Blogger Perempuan dan Kumpulan Emak Blogger , saya bisa menaruh link tulisan saya pada web community mereka. Manfaatnya kita bisa mendapatkan backlink. 

Dan... Berikut ini adalah manfaat dan alasan kenapa saya membuat spread tentang Blogger Community Submit's Tracker : 

  • Alasan utamanya adalah untuk menghindari memposting artikel yang sama pada web community tersebut. 
  • Men-tracking kapan terakhir kita membagi tulisan kita pada web community. (Terutama untuk komunitas 1 Minggu 1 Cerita nie, kita jadi tahu berapa banyak kita bolos, dan minggu keberapa saja kita pernah bolos. Pantang di Kick Out Sebelum Congkak Di Grup Gaesss... ! ) Hahaha.. 
  • Menjadikan motivasi kita untuk selalu mengisi tracker dengan membuat postingan baru lagi. Hihi.. (kalo listnya kelihatan penuh jadi seneng gimana gitu.. hihi..). Jadi berasa produktif banget kan ?

Asyik kan.. ? Kita jadi tahu sudah berada di zona nyaman komunitas atau zona eleminasi. Hihi.. jangan sampe ditendang kakak Admin deh pokoknya. 

MONTHLY REVIEW 


Monthly Review adalah Membuat Review bulanan tentang apa yang sudah kita capai di Blog, tentang apa yang harus diperbaiki di Blog, tentang apa yang harus di eleminasi dari blog, dan tentang apa saja yang akan dicoba untuk mengoptimalkan Blog kita.


Monthly Review


Dalam membuat review bulanan kalian bisa melakukannya per kategori atau secara umum (general). Saya pribadi menggunakan dua-duanya. Per Kategori misalnya, Section tentang kontennya bagaimana, apa yang harus diperbaiki, mana yang paling diminati, berapa banyak yang sudah sanggup dipublish, dsb. Section tentang Tampilan atau Layout misalnya, bagaimana tampilan Blognya, enak dipandang mata apa gak ? , Apa yang perlu diperbaiki dsb. Intinya sih mereview tentan apa saja yang sudah terjadi pada Blog kita. (Ribet banget ya.. hahhaa..)

Itulah beberapa Collection yang bisa kalian gunakan untuk menyemarakkan Bullet Journal kalian. Kalian bisa menggabungkannya dengan Bujo sehari-hari atau bikin bujo khusus untuk blog kalian. Pilihan tetap ada ditangan kalian, saya mah apa atuh ?!?Hihihi.. 

Berikut ini juga ada beberapa ide lainnya (yang secara kebetulan ada yang saya terapkan pada Bujo saya dan ada yang gak) : 


Notetaking on Bujo


  • Tracker Pageview / stats.
  • Tracker Adsense.
  • List Keyword idea yang bisa kalian gunakan untuk setiap postingan.
  • List Ad units yang kalian miliki.
  • List Blogger community yang kalian ikuti. 
  • Ide DIY project untuk blog kamu.
  • Note tentang SEO. 
  • Jadwal postingan Komunitas yang kalian ikuti.
  • Tata tertib Komunitas sebagai reminder.
  • List Widget yang kalian miliki dan perlukan.
  • List tentang email subscriber untuk newsletter.
  • List tentang email dan password yang kalian miliki.
  • List Kategori/Label yang kalian miliki sebagai panduan melabeli postingan

Jadwal postingan komunitas


Dan masih banyak ide yang lainnya saya rasa. Hahhaha.. Saat ini hanya itu saja yang mampu saya berikan karena  ide saya udah mentok gaes... Maafkeun  ?!?

Bagi teman-teman Blogger yang bingung dan penasaran tentang apa sih Bullet Journal ?, Kalian bisa memulainya dari Postingan ini.

BULLET JOURNAL SUPPLIES 


Buat teman-teman yang penasaran tentang Essensial Bullet Journal Supplies yang saya gunakan (GR banget va..), kali ini  saya menggunakan buku catatan atau notebook yang saya beli di Miniso. Ukuran buku adalah B6 (cocok untuk dibawa-bawa pergi nih), Terdapat Monthly log dan juga kertas bercorak kotak-kotak ( Grid ) yang bisa kita gunakan untuk catatan.

Sementara penanya, saya menggunakan Snowman Drawing Pen dan Sarasa (warna-warni) ukuran 0.5. Tapi jika kalian tidak punya, gak masalah. Kalian bisa menggunakan buku tulis biasa atau yang lainnya.

Kesimpulannya, sebenarnya ini.. hihi.. Masalah mau produktif atau gak, TIDAK ditentukan oleh Bullet Journal ! Tapi niat kita sendiri. Masalah Fokus atau Gak, Bullet Journal bisa menjadi solusinya (alat bantu). Hihihi.. 

Baiklah... itu tadi ide Bullet Journal untuk para blogger kali ini, hihi.. kalian bisa menggunakan collection ideas yang sudah saya siapkan, atau membuat layout sendiri sesuai kebutuhan kalian. Terima kasih sudah mampir dan membaca blog ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa subscribe untuk informasi terupdate lainnya.


(CREDIT PIC BY CANVA & EWAFEBRI) 

HAPPY BUJOING ! 

You May Also Like

19 comments

  1. Hi Ewa, salam kenal. Aku Shinta.
    Aku juga suka banget bullet journaling. it helped a lot to scheduled and managed pekerjaan untuk nantinya dibuat to do list di setiap harinya. Look forward for your next blogpost about bullets journalling..

    Cheers,
    Shinta

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal shinta , loveee.. semoga saya punya ide untuk bujo selanjutnya ya.. hihi

      Delete
  2. WOW!!! terjadwal dan terstruktur sekali ya ngeblog dengan cara seperti ini. Boleh contek ah metodenya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan kak.. biar makin produktif dan fokus ya kak..

      Delete
  3. Salut! Rajin banget mba, saya ngedraft n ngeblog ngandelin hape hheheh, keep it up ya, kamu kerwreeen

    ReplyDelete
  4. aku jadi tertarik mencoba bikin bullet journal deh. Biar lebih fokus sama target-target yang ada di kepala, dan gak gampang terlupakan.

    ReplyDelete
  5. Lengkap banget mbak Ewa, aku selama ini cuma mengandalkan blogspotnya aja buat nulis judul draft tapi waktunya masih belum konsisten. Emang harus dibikin jadwal tayang ya biar bikin aku rajin nulis dan terstruktur.

    Btw, jadi terinspirasi bikin bujo khusus blog, semoga sempet bikinnya ditengah kerjaan ahensi life ini :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoo dibikin Nesaaa.. gak sempet bikin layout cantik, gpp... yang penting bisa bikin makin fokuuuus !

      Delete
  6. Hai mbak Ewa, salam kenal.
    Aku Dini.
    Aku juga terbantu banget dengan bikin bullet journal. Aku masih pake bujo utk general sih, termasuk utk nge-blog jg bujo-nya jd satu. Tp seru jg ya biki. Bujo khusus buat blogging, nanti aku coba ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Dini... Salam bullet journalist.. halaaah.. hahaha.. seru ya.. dijadiin satu juga gak masalah kok din.. tinggal nambahin collection khusus bujo aja.. biar seru dan informatif..

      Delete
  7. Selama ini bikin BuJo general aja, kebanyakan urusan domestik. Kayanya kalau bikin BuJo khusus blogging bakal lebih fokus yaa, mumpung lagi semangat naikin DA & GA :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak.. biar makin fokus ngejar target.. hihi.. saya juga nie.. lagi pingin ningkatin DA dan GA. Hehehe..

      Delete
  8. Aku tuh sering coba, tapi selalu ke skip aja:"} Sedih jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak pa pa.. kamu gak sendiri.. saya pun dulu begitu, sampai akhirnya saya bisa merasakan manfaat Bullet Journal, terutama sebagai ladang informasi dikemudian hari. Hehehe.. Semangat Rizki ! ❤️

      Delete
  9. dear evva ..sambil baca pelan2..sepertinya saya harus mulai mengenal dan mencoba bullet journal dgn lbh tertata rapih, fokus. selama ini juga selalu ada catatan buku untuk menuangkan ide2 konten blog, dgn tulisan berantakan dan isinya campur aduk ,well..jadi tercerahkan..pelan2 saya belajar, sepertinya hrs lbh fokus lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di cobaa mbak.. biar makin fokus kita tuh.. hahaha.. dari biar jadi arsip kita juga nantinya . ❤️❤️❤️

      Delete
  10. sepertinya aku harus segera sepertimu kak biar terarah. Mulai coba buat list juga deh.

    ReplyDelete

Hi Gaes.. Jika kalian tak menemukan kolom komentar, mohon untuk mencari artikel yang ingin dikomentari melalui Home , atau pilih label, kemudian klik " Link Komentar " , yang berwarna salmon (peach pastel). Akan muncul kolom komentar baru. Mohon maaf ketidaknyamanannya.. 🙏