SELF DEVELOPMENT | PENTINGKAH MENGIKUTI TEST TIPE KEPRIBADIAN ?

by - October 09, 2018

ewafebri quote
Quote about personality 


Gara-gara nonton All The Buttler episode 38 saya jadi penasaran sama tipe kepribadian saya sendiri ? Dan lebih penasaran lagi tentang " bagaimana saya sebenarnya ?" . Apakah kamu juga.. ? Yuk Baca Selengkapnya ! 

Saya bukan tipikal orang yang suka nonton TV tapi saya adalah tipikal orang yang suka nonton streaming di Viu. Bukan tanpa sebab, lawung dapet gratisan tiap ngisi kuota Simpati, masak iya gak dipergunakan. Iya tho.. hahaa.. (ini hubungannya apa mbak sama judulnya ?) Duh.. 

MEMAHAMI DIRI DENGAN TEST TIPE KEPRIBADIAN ( PERSONALITY TEST)


Salah satu hal yang saya perjuangkan sampai saat ini , demi hidup yang lebih damai dan bahagia adalah dengan memberikan asupan informasi positif pada otak saya. Sayang kan ya kalo tiap hari kita jejali dengan informasi jelek apalagi yang hoax. Duh.. Kadang tanpa kita pilih aja, hoax tetep mengintai. Kalo gak kena ke diri kita ya yang kena orang sekitar kita. Hihi.. 

Untuk itu, supaya hidup saya lebih imbang, saya memilih acara (TV atau Streaming) yang berdampak positif terhadap hidup, terutama otak saya. Biar selalu bisa mengenali hal positif dari setiap peristiwa terburuk sekalipun. Hihihi... 

All The Buttler adalah Reality Show dari Korea Selatan yang tak hanya menghibur tapi juga informatif dan berfaedah. Ada nilai-nilai moral yang selalu mereka suguhkan dalam setiap episodenya. Termasuk pada episode 38 kemarin, saat mereka syuting di Amerika. Dalam program acara tersebut , ada 4 laki-laki yaitu Lee Seung Gie, Lee Sang Yung, Yang Se-hyung dan anggota Kpop BTOB (Yook Sung Jae), mereka berpetualang dan belajar tentang pengalaman hidup dari Majikan mereka. Majikan adalah Bintang tamu special dalam acara tersebut dan merupakan para ahli dibidangnya. Para majikan biasanya memberikan ilmu tentang pengalaman hidupnya kepada para anggota All The Butler. 

Hari itu, Sang Majikan meminta para anggota untuk melakukan test kepribadian. Yang bertujuan untuk mengenali diri sendiri dan juga memahami kepribadian anggota lainnya.

Dari sini kemudian saya jadi penasaran tentang banyak hal. Sebenarnya saya ini bagaimana sih ?, kok saya gak bisa seperti yang lainnya ya..? Padahal saya udah berusaha dengan cara serupa. Dan akihirnya saya pun penasaran tentang hal berikut : 

Apa Sih Manfaat Atau Keuntungan Yang Kita Dapat Dengan Mengikuti Test Kepribadian ? 


  • Mengenal dan Memahami karakter diri sendiri.
  • Memahami karakter orang lain. 
  • Mengenali kelebihan dan kelemahan diri.
  • Sebagai panduan untuk meniti karir yang cocok.
  • Bisa lebih mencintai diri sendiri.  


Test Tipe Kepribadian



TIPE MELANKOLIS DAN PLEGMATIS


Test Kepribadian yang saya ikuti adalah test kepribadian menurut Socrates. Ada 4 Kepribadian manusia menurut Socrates. yaitu Melankolis, Koleris, Plegmatis,  Dari test yang saya ikuti secara online dari beberapa sumber, selalu menyebutkan bahwa Tipe kepribadian saya adalah Melankolis dan Plegmatis. Karena ada beberapa test serupa yang saya ikuti tapi dari berbeda sumbernya, saya hanya akan membahas tentang hasil yang saya dapatkan.

MELANKOLIS


Seorang Melankolis memiliki rasa seni yang tinggi, kemampuan analistis yang kiat, perfeksionis, sensitif, berbakat, dan rela berkorban. Ia adalah orang yang introvert tapi bisa menjadi ekstrovert apabila sedang merasa sangat bahagia. Pribadinya yang perfeksionis cenderung membuatnya meyalahkan diri sendiri dan menjadi rendah diri. Padahal, ia memiliki daya analisis yang hebat dan mampu memperhitungkan bahaya ataupun halangan dalam setiap proyek dengan akurat. Perasaan mereka yang peka membuat mereka lebih sensitif dan murung jika mengalami hal yang tidak mengenakkan. Seorang melankolis seringkali memilih pekerjaan yang membutuhkan pengorbanan dan ketekunan, dan sekalinya mereka memilih pekerjaan yang mereka sukai, mereka akan setia terhadapnya.

Dari penjelasan diatas, saya bisa mencocokkan apa yang terjadi dalam diri saya sendiri. Dan benar saya lebih menyukai hal yang berkaitan dengan bidang Seni, walaupun kemampuan saya dibidang seni belum tinggi ( ini juga ciri-ciri orang melankolis nie, hahaha.. pesimis).  Saya suka menyendiri , meskipun kalo diajak bareng-bareng juga oke-oke saja. Tapi jangan berharap saya jadi orang yang rame. hahaha.. Satu hal lagi yang mencirikan saya sebagai Melankolis sejati, saya adalah tipe orang yang setia. apalagi terhadap pekerjaan. hahaha..


Test Tipe Kepribadian


PLEGMATIS 


Seorang Plegmatis merupakan seseorang yang memiliki sifat alamiah pendamai, tidak suka kekerasan. Merupakan orang yang mudah diajak bergaul, ramah dan menyenangkan. Ia adalah orang yang bisa membuat sekelompok orang tertawa terbahak-bahak oleh humornya yang garing (kriuk), meskipun ia sendiri tidak suka tertawa.  Merupakan pribadi yang konsisten, tenang dan  jarang sekali  terpengaruh oleh lingkungannya. Karena sifatnya yang menyukai perdamaian, ia cenderung sering menarik diri dari segala macam keterlibatan. Hal ini juga yang akhirnya membuat mejadi orang yang pasif dan pemalas.

Dari penjelasan diatas ada beberapa hal yang memang " itu saya banget ". hahaha.. Dianataranya saya adalah orang yang benci banget kekerasan. Mudah diajak ngobrol tapi tidak bisa fokus dalam pembicaraan jika dalam percakapan itu lebih dari 3 orang. Karena itu saya kurang sering terlibat dalam komunitas secara langsung atau kegiatan Reuni. Karena saya sulit sekali berbaur dengan banyak orang dan banyak topik. hahaha.. Saya lebih menikmati berbicara antara dua orang atau maksimal 3 orang, lebih dari itu saya lebih menjadi anak pasif. hahaha..

KESIMPULAN 

Dari pengertian melankolis dan plegmatis, saya bisa menarik kesimpulan bahwasannya hal yang saya anggap sebagai kekuatan saya dan yang perlu saya syukuri adalah :

  • Saya tipe orang setia ( cieeeeee... )
  • Saya tipe orang yang suka menganalisa ( bisa terlihat dari postingan saya ya.. ? hahaha)
  • Saya Menyukai seni ( ini juga sudah bisa terdeteksi dari blog saya ini dan juga ewafebriart)
  • Saya cinta damai sekali. hehehe... 
  • Saya bisa melucu, meskipun terdengar garing. hahaha..
  • Jangan takut menyapa saya kalo ketemu, karena saya ramah kok anaknya. 
  • Saya anaknya suka intropeksi, jadi jangan takut memberikan saran dan pesan. walaupun kadang juga emosional. heuheu.

Kekurangan saya diantaranya : 

  • Cenderung pendiam dan tertutup
  • Tidak suka terlibat dalam banyak hal alias pasif
  • Cenderung Pesimis 
  • Gak suka tantangan 
  • Sering berpikir negatif
  • Skeptis.

Everyone has a sense of humor, if you don't laugh at jokes probably you laugh at opinions



Setelah mengetahui apa saja kekuatan dan kelemahan kita saya jadi sadar satu hal. Se-berusaha apapun saya untuk tampak terlihat rame, tetap membuat saya jadi orang yang tenang. Saya seringkali terhalang dalam hal mengekspresikan diri dengan gerak tubuh. Karena itu seni dan tulisan menjadi salah satu media yang saya pilih untuk mengekspresikan diri. Kalo teman-teman liat di Feed Instagram saya, jangan heran kalo disana jarang ada photo selfie saya. Mungkin karena saya adalah Melankolis Plegmatis. hihihi...

Memahami Kepribadian kita juga bisa membuat kita bisa lebih menerima diri kita apa adanya, mensyukuri apa yang melekat pada diri kita dan bisa lebih mencintai diri sendiri. Amin..

Jika kalian juga tertarik untuk ikutan test, kalian bisa  ikutan test ini : Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

Kalian juga bisa sharing dikolom komentar tentang apa sih yang kalian rasakan setelah mengetahui tipe kepribadian kalian melalui test tipe kepribadian.


You May Also Like

14 comments

  1. Mbaaaaaak aku juga suka nonton All the Butlers soalnya ada Seung Gi wkwkwk
    mengenal kepribadian dlu aku pernah tes online katanya aku INTJ hehe, tesnya banyak banget sampe bosen ga selesai-selesai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyiiik ya acaranya.. seru dan banyak pesan moralnya. Hihi..

      Iya males ikutan test itu karena soalnya bisa mencapai 100 pertanyaan. Hahaha.. Tapi hasilnya, kadang emang sesuai pribadi sih.. beberapa kali ikut test hasilnya ya gitu2 aja.. hihi.. saya jadi paham kenapa saya begitu, kenapa saya begini. Hahahaha..

      Delete
  2. Halo salam.kenal...kepribadianmu mirip aq banget..yah aq juga tipe melankolis plegmatis...malah aq ada bukunya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, sama kita mbak.. hihi... ! kita anak-anak yang tenang dan cinta damai ya ? hehehe.. Wah seru juga kalo punya bukunya, Mbak Rezky Anak psikologi kah ?

      Delete
  3. Belum pernah tes kepribadian :p qiqiqiq. Tapi kayaknya saya ini tipe ... tipe 4 x 6 dengan dua kamar mandi, sis :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... Mbaaaak.. ini bukan lapaak real estate mbaaak.. 😂😂😂😂😂

      Delete
  4. Replies
    1. Hi mbaaaak.. hihi.. ❤️❤️❤️

      Delete
  5. Kalau sbelum ikutan tes yg bahasa Indonesia, yang Mbaknya paparkan diatasa, plegmatis dan melankolis itu udah aku banget pokoknya
    Namun, begitu udah nyobain tesnya, jadinya Koleris, xoxoxxooxo,
    Sedangkan utk bahasa inggrisnya samaan sprti tes dulu yg udah pernah aku cobain mbk, xixiixii (INFP-t) akutt wkwkwk
    TFS utk sharingnya ya mbak
    Salam kenal dari Bumi Jember
    ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama.. hihi.. salam kenal juga dari Laros yang terdampar di jekardaaah 😁😁😁😁

      Delete
  6. Replies
    1. Ikutan nyoba mbak.. hihi.. seru loh jawab pertanyaan, berasa kayak lagi ujian hehhe

      Delete
  7. All The Buttler apaan sih mbak? Jadi pengen nonton.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Reality show mbak.. tapi bagus.. haha.. banyak pelajaran yang bisa kita ambil disana.. ❤️

      Delete

Hi Gaes.. Jika kalian tak menemukan kolom komentar, mohon untuk mencari artikel yang ingin dikomentari melalui Home , atau pilih label, kemudian klik " Link Komentar " , yang berwarna salmon (peach pastel). Akan muncul kolom komentar baru. Mohon maaf ketidaknyamanannya.. 🙏