BLOGGING | 5 TIPS MEMBUAT BLOG BULLET JOURNAL

by - August 03, 2018


5 tips membuat blog
Credit : Canva

5 Tips Membuat Blog. Apakah kamu saat ini tertarik membuat Blog untuk Hobbi atau usahamu ? Apakah kamu merasa bingung ingin memulai dari mana ? Berikut ini saya akan membagikan tips, supaya kalian terhindar dari kesalahan yang pernah saya lakukan dulu. Apa saja tips membuat Blognya ? Ini dia ulasannya !

5 TIPS MEMBUAT BLOG BULLET JOURNAL



tips membuat blog untuk pemula

Membuat Blog bagi sebagian orang merupakan hobbi. Ada juga yang menggunakannya sebagai terapi, penyebar informasi bahkan untuk monetasi.

HAL YANG HARUS KAMU KETAHUI SOAL BLOGGING


Apapun tujuan kamu dalam membuat Blog, kalian harus mengetahui hal berikut ini :


  • Blogging adalah aktifitas yang berkelanjutan dan berkesinambungan. Pada perjalanannya nanti, akan banyak hal yang harus dipelajari. Jangan sampai tidak, kecuali kamu ingin Blog kamu, gitu-gitu aja. 
  • Aktifitas blogging banyak menyita waktu. Dari mulai membangun branding, tampilan hingga konten.
  • Blogging tak hanya tentang menulis semata, tapi perlu juga mempertimbangkan tentang target audience yang ingin di sasar.
  • Kegiatan ngeblog bisa berpotensi menjadi profesi. Tapi perlu usaha yang tinggi juga. Jadi tentukan niatmu sekarang. Hahhaa..


Hari ini saya ingin berbagi pengalaman tentang bagaimana saya membuat blog, dan apa saja kesalahan saya saat mengawali membuat blog ini.

Semoga beberapa informasi yang saya sampaikan di bawah ini bisa membantu teman-teman yang ingin membangun sebuah blog.

MENENTUKAN PLATFORM


Hal pertama yang perlu kalian pikirkan sebelum membuat Blog adalah menentukan Platform yang akan digunakan. Apakah kalian ingin membuat Blog di Blogspot, Wordpress, Wix atau memanfaatkan Joomla ? Apapun itu, tentukan platform di awal. Kenapa ?

Menentukan penggunaan Platform di awal, akan berguna untuk jangka panjang ke depan. Misalnya saja :


  • Jika suatu hari kalian ingin memiliki nama domain sendiri, dan ingin harga terjangkau, pilihlah Blogspot. Karena dengan Blogspot kita hanya membutuhkan domain saja, tak perlu hosting. Domain adalah alamat rumah, sementara Hosting adalah rumahnya. 
  • Jika kalian ingin memiliki privacy penuh, dan ingin benar-benar memiliki Blog seutuhnya, gunakan Wordpress. Hanya saja, suatu hari kalian membutuhkan membeli Hosting untuk tempat tinggal rumah maya kalian. 


Penting mengetahui platform mana yang ingin digunakan, apalagi untuk proses jangka panjang. Supaya ke depannya nanti kalian tidak perlu ribet tranfer artikel, dll. 

MEMILIKI NICHE 


Ini adalah salah satu kesalahan yang saya lakukan saat pertama kali membuat blog. Karena tidak adanya tema khusus dalam blog ini, walhasil kontennya semacam nasi rames. hihi.. rame ! (kenapa anologinya makanan ? karena bikinnya saat jam makan siang ! hahaha.. ). 

Niche memiliki peranan penting dalam meningkatkan traffik dan performa blog, karena dengan adanya niche, blog akan bisa lebih menarik minat pembaca untuk mengunjungi kembali, dan bisa memberikan informasi yang konsisten terhadap pembacanya. 

Niche sendiri menurut Urban Dictionary adalah : 

A position or activity that particularly suits somebody's talents and personality or that somebody can make his or her own. "

Dengan kata lain ( bahasa sendiri.. hihi.. ) niche dalam blog adalah :

Tema khusus dalam blog yang memperlihatkan kecintaan kita terhadap sesuatu dan juga merupakan refleksi dari kepribadian kita sehari-hari. 

Meskipun niche bisa berupa apa saja, akan lebih menyenangkan dan memudahkan jika kita membuatnya yang berhubungan dengan kepribadian, hobbi, tingkah laku ataupun kecintaan kita.

Dengan begitu kita lebih mudah mencari ide-ide di masa mendatang. Seperti blog saya ini, saya sedang berusaha membangun kontennya yang berhubungan dengan therapy dan produktifitas.

BACA JUGA : 6 CARA MENENTUKAN NICHE BLOG

KONTEN BLOG


Mendedikasikan diri menjadi blogger itu artinya kita juga harus konsisten dalam membuat sebuah postingan. Nah, ini yang kadang menjadi masalah bagi sebagian blogger ( terutama saya , hihi.. ).

Mendapatkan ide untuk membuat sebuah konten itu susah-susah gampang. Apalagi kita harus mensinergikan dengan niche blog kita ! iya kan.. ?.

Tapi inilah tantangan menjadi blogger, kita sebisa mungkin menampilkan konten yang menarik sekaligus informatif bagi pembaca blog kita. Terutama memberikan kesan otentik bisa menambah nilai lebih untuk blog kita.

" CONTENT IS THE KING "

Membaca buku ataupun artikel yang berhubungan dengan niche blog ini, yang paling sering saya lakukan untuk mendapatkan ide. Selain menambah wawasan, kegiatan ini juga membantu kita untuk memperbaiki dan mengembangkan kemampuan kita dalam hal menulis konten. Biar bahasanya lebih rapi dikit dan mudah dipahami pembaca. hehe..

Di sinilah peranan niche dalam blog. Jika kita sudah mengetahui tentang niche blog kita, akan lebih mudah bagi kita untuk mencari ide-ide dalam pembuatan konten blog.

Baca Juga : 

Browsing blog lain yang berhubungan dengan niche blog kita juga bisa merangsang ide untuk membuat sebuah postingan. Yang perlu diingat adalah " Jangan Copas Tanpa Kredit " guys.

Biasakan membuat postingan dengan gaya bahasa sendiri, karena kita sedang membagikan kisah kita ke pembaca. Tsaaah elaah..  

OPTIMALKAN SEO  


Yang satu ini, baru saya pahami 2 tahun belakangan ini. Betapa pentingnya peranan SEO dalam menungkatkan traffic di blog kita. ( kemana aja eike selama ini... ? hiks.. )

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Adalah suatu proses atau cara yang mempengaruhi  dikenal tidaknya blog kita pada mesin pencarian. Nah kalo yang materi ini adalah materi teknis nih, saya sendiri agak sulit menjelaskannya. haha.. 

Cara bagaimana saya mengoptimalkan SEO adalah :


  • menggunakan webmaster tool ( search console ), kalian bisa mencoba mencari artikelnya di google tentang hal ini. 
  • custome permalink membuat judul link yang memudahkan mesin pencari menampilkan blog kita pada saat di browsing. usahakan saat membuat judul linknya yang berhubungan dengan niche kita, jadi mesin pencarian lebih mudah mengenalinya. 
  • bikin search description pada postingan yang kita publish

Kalo yang metode ini, teman-teman bisa mencarinya di google ya, karena ada banyak cara lainnya untuk mengoptimalkan SEO ini. 


KONSISTEN 


KONSISTEN adalah salah satu kunci utama yang harus dimiliki oleh seorang blogger ( halaaaah... hahaha.. ). Karena 1 postingan konten baru akan bisa memberikan traffic ke blog kita. iya kan ?. kalo yang di share itu-itu aja, pasti orang jadi bosen, mau ga mau harus keep posting !

Meskipun hanya 1 minggu sekali, disaat awal membangun blog usahakan selalu mengupdate postingan , dengan begitu pembaca dan mesin pencari mudah mengcrawl atau mengindex blog kita, sehingga bisa masuk ke mesin pencari dengan mudah. Selain itu, mesin pencari juga bisa dengan mudah mengindex bahwa blog kita adalah blog aktif. 


Tampilan sebuah blog juga menjadi hal penting yang harus dipertimbangkan. Kemudahan akses melalui desktop, tablet maupun telpon genggam bisa meningkatkan traffic yang signifikan pada blog kita. Selain itu tampilan blog juga diharapkan memudahkan pembaca untuk mengakses informasi yang disampaikan.

Dalam postingan saya tentang REDESIGN BLOG, ada beberapa hal yang saya masukkan ke dalam tampilan blog, diantaranya beberapa widget dibawah ini :


  • About Me : salah satu laman yang bisa mendeskripsikan dan memberikan informasi kepada pembaca tentang blog kita.
  • Slogan/logo    :   slogan atau logo bisa memberikan identitas dan ciri khas blog kita. 
  • Personal Mission Statement : sebenernya ini optional aja sich, tapi bagi saya mission statement ini akan melindungi niat kita dalam membangun blog. 
  • Gallery Widget : supaya memudah kan pembaca untuk melihat gallery photo yang saya miliki. Widget ini saya sambungkan (link) dengan instagram menggunakan snapwidget.com.
  • Follow Me dan Share Button : untuk memudahkan pembaca mengenal lebih jauh tentang blog ini dan membagikan kepada orang lain. 
  • Adsense Marketing : langkah awal untuk membuat blog ini menjadi blog yang menghasilkan uang.. hihi.. 


CARA MEMBUAT BLOG (BLOGGER)


Karena saya menggunakan platform blogger, maka kali ini saya akan berbagi informasi tentang tata cara membuat blog menggunakan blogger platform. 

  • Sign in dengan google account kamu (Jika kalian belum punya, maka buat accout google terlebih dahulu).

Halaman depan blogger


  • Setup account untuk profil blog, biasanya kita diarahkan ke account google plus. Buat profile sesuai dengan identitas kalian. 



Buat Profil untuk blog kalian.

  • Setup nama blog, nama domain (Namapilihan.blogspot.com). Dan setup tema yang akan digunakan. Ada beberapa pilihan tema yang disediakan oleh blogger. Kalian bisa memilih salah satunya.



Setup Nama dan Tema

  • Masuk ke dashboard, and taraaaaa... Kalian sudah bisa membuat postingan di blog. 

Dashboard blog

Nah kalian sudah bisa masuk ke halaman dimana proses postingan kalian akan dibuat yang dinamakan dashboard. Dari sini kalian bisa mengeksplorasi semua menu yang disediakan. Jika kalian bingung menggunakan bahasa Inggris, kalian bisa merubah setting bahasa ke Bahasa Indonesia.

Jika kalian ingin membuat postingan pertama kali, kalian tinggal masuk ke menu Post yang berada di sebelah kiri dan klik tombol New Post. 

Halaman untuk membuat postingan 


Jika kalian ingin merubah dan membuat tampilan blog lebih personal, kalian bisa mengutak-atik menu layout ataupun tema. 

Halaman layout yang bisa kalian otak-atik biar lebih personal.

Mudah bukan membuatnya.. ? Hihi.. yang terpenting adalah niat dan usaha yang sudah saya sebutkan diatas tadi. Hihi.. Dan jangan lupa sebarkan informasi positif ! Supaya dunia lebih indah dan berwarna. Jangan lupa subscribe guys ! Biar tetap update dengan postinga-postingan saya lainnya. Sampai jumpa lagi di postingan berikutnya..


Happy Blogging ! 


You May Also Like

0 comments

OTHER ARTICLES :