BOOK REVIEW | RAINBOW ROWELL - ELEANOR AND PARK

by - October 11, 2018

review buku eleanor and park


Eleanor and Park. Buku yang membawa saya terhanyut dalam imajinasi tentang cinta pertama, tentang masa remaja, tentang mencari jati diri, tentang rasanya dibully, dan tentang meraih mimpi. Buku ini seperti menggambarkan bagaimana kehidupan kita dimasa remaja.

BOOK REVIEW | RAINBOW ROWELL - ELEANOR AND PARK



book review rainbow rowell eleanor and park

⭐⭐⭐⭐




JUDUL : ELEANOR AND PARK
PENULIS : RAINBOW ROWELL
GENRE : YOUNG ADULT
TAHUN PENERBITAN : 2013
ISBN :  1250012570  
JUMLAH HALAMAN : 333
BAHASA : INGGRIS


BLURB 


Two misfits.
One extraordinary love.

Eleanor... Red hair, wrong clothes. Standing behind him until he turns his head. Lying beside him until he wakes up. Making everyone else seem drabber and flatter and never good enough... Eleanor.

Park... He knows she'll love a song before he plays it for her. He laughs at her jokes before she ever gets to the punch line. There's a place on his chest, just below his throat, that makes her want to keep promises... Park.

Set over the course of one school year, this is the story of two star-crossed sixteen-year-olds—smart enough to know that first love almost never lasts, but brave and desperate enough to try.

"Eleanor is the new girl in a town, and she never felt more alone. All mismatched clothes, mad red hair, and chaotic home life, she couldn't stick out more if she tried. She fell in love with Asian kid named Park. aAboy who sit next to her on the bus."


THE REASON I READ


Alasan saya membaca buku ini awalnya  karena rekomendasi dari GOODREADS , karena saya pernah membaca karya dengan genre yang serupa. Dan karena penasaran juga dengan sampul bukunya yang menggunakan grafis warna ciamik, akhirnya saya membaca buku ini. 

Kadang Cover buku itu bisa membuat kita ingin membaca atau tidak. Apalagi saya suka banget dengan sampul buku yang menggunakan illustrasi grafis atau gambar, bukan yang menggunakan foto (gimana sih ini maksudnya, pokoknya seperti contoh covernya Eleanor and Park inilah yang saya suka, hihihi..)


CHARACTER


Eleanor gadis berambut merah dan keriting yang tinggal bersama Ayah Tiri, Ibu dan Adik-adiknya. Hampir setiap hari dia mengunakan pakaian yang sama. Dia adalah remaja yang kurang memperhatikan penampilan dan sering dihindari oleh teman-teman sebayanya. Bisa dipastikan Eleanor tak memiliki banyak teman.

Dalam kehidupan keluarganya, Eleanor bukanlah anak yang bahagia. Masalah datang silih berganti, hingga kemudian dia memutuskan untuk lari mengejar jati diri.

Park adalah laki-laki yang terlahir dari keluarga campuran. Ayahnya orang Amerika sementara Ibunya adalah orang Korea. Dibandingan dengan keluarga Eleanor yang sering kali bermasalah, Keluarga Park termasuk keluarga yang harmonis, bahagia dan penuh cinta kasih. 


THE ENDING


Layaknya cinta pertama dalam kehidupan nyata. Seribu satu yang mampu bersama selamanya. Pun yang terjadi di dalam buku ini.

Endingnya cukup masuk akal, meskipun gak sesuai harapan. Maklum kadang imajinasi pembaca sama pengarang kan beda ? Iya kan.. ?  Hihihi.. 

Menurut saya, buku ini menjadi salah satu contoh novel yang endingnya tak terlalu penting. Karena alur ceritanya justru lebih menonjol dan membuat kita betah untuk menuntaskannya. 


MY IMPRESSION


Awalnya saya mengira kalo Park ini adalah sebuat tempat (parkir). Hihi.. bukan nama orang. Pas baca judulnya dalam hati saya, " ini pasti ada peristiwa ditempat parkir yang terjadi pada Eleanor ".  Tapi nyatanya salah besar. Hahaha.. 

Isu ras diangkat dalam cerita ini, ada juga tentang isu-isu sosial seperti bullying yang sering terjadi dilingkungan sekolah atau lingkungan rumah pada anak-anak yang menurut mereka cenderung aneh atau tidak populer. Jangan lupa, yang paling menyakitkan membaca buku ini adalah isu sex abuse.

Dibandingkan kisah cinta yang saya baca dibuku-buku sebelumnya, Eleanor and Park ini lebih menggambarkan kehidupan nyata seperti yang terjadi di sekitar kita. Cerita yang mengharu biru, dan kisah cinta yang "so sweet" adalah hal yang bisa saya rasakan dalam buku ini.


i just want to break that song into pieces and love them all to death
ELEANOR AND PARK QUOTE 


Beberapa pendapat menyatakan bahwa buku ini akan mengingatkan kita tentang kisah cinta pertama kita. dan bener juga, setelah saya membaca buku ini, saya jadi mengingat kisah cinta pertama yang entah terjadi kapan.. hahahhaha..

Ada kisah yang paling saya ingat dari cerita Eleanor dan Park ini. Ketika mereka sama-sama mendengarkan lagu lewat walkman setiap kali berada dalam bus sekolah. Mungkin itu hal teromantis yang pernah ada pada jamannya. Kalo jaman now.. ehmm.. Beda kali yaaaa... ?!? Hahaha..

Format alur cerita buku ini juga cukup unik. Beda dengan The Perk of being Wallflower yang menggunakan format surat menyurat untuk mengantarkan ceritanya, Eleanor and Park menggunakan narasi yang disampaikan oleh tokoh / karakter yang ada dalam buku tersebut.

WHAT I LEARN


ewa sad emotion


Bahwa kita sudah seharusnya mengedukasi diri, terutama berkenaan dengan diri kita sendiri. Kita harus lebih memahami dan mencintai diri kita sendiri, sehingga jangan sampai membuat orang lain seenaknya memperlakukan hidup kita, apalagi sampai mengintimidasi kita.

Kita harus berani melakukan sesuatu , terlebih ketika kita merasa terancam dan tersakiti, jangan membiarkan orang lain mengambil alih kehidupan kita. Kitalah yang berhak menentukan apa yang terbaik untuk diri kita. 

FAV. QUOTE



Art wasn't supposed to look nice, it was supposed to make you feel something
MY FAV QUOTE OF ELEANOR AND PARK


Berhubung saya anak Melankolis yang suka terhadap Seni, jangan heran kalo Quote Favorite sayapun berhubungan dengan seni. Halaaaah... hahaha... 

Pun kesan saya pada buku ini. Bukan endingnya yang menjadi perhatian saya, tapi justru jalan ceritanya yang membuat saya betah membaca sampai akhir. 

RECOMMENDATION


Meski ceritanya tentang kisah cinta, tapi bukan kategori picisan 🤭. Membaca buku ini juga membuat kita terhanyut dalam nostalgia. Belum lagi cara Rainbow Rowell bercerita membuat pikiran kita ikutan berkelana. 

Buat kalian yang ingin membaca buku ini, saya sarankan untuk menyiapkan tisu sebanyak-banyaknya. Hahhaa.. Jangan salahkan saya kalo habis baca buku ini mata kalian membengkak, karena saya sudah mengingatkannya. Hihihi.. 

Ingin membaca buku review lainnya ? Kalian bisa mencari di halaman ini. Ingin belajar cara mereview buku ? Bisa baca postingan saya tentang tips membuat review buku untuk Blog


(CREDIT PICTURE BY CANVA)


HAPPY READING !

You May Also Like

4 comments