DOTTED NOTEBOOK MURAH UNTUK BULLET JOURNAL, REVIEW JOYKO !

Dotted Notebook Murah Joyko

[ewafebri.com] | DOTTED NOTEBOOK MURAH UNTUK BULLET JOURNAL, JOYKO !

Ingin mencari buku yang murah untuk Bullet Journal, tetapi di dalamnya menggunakan dotted paper ? Tenang ! kita nggak perlu beli buku yang mahal seperti Leuchtrumn atau Moleskine, ada satu produk murah meriah yang bisa kita gunakan untuk Minimalis Bullet Journal. yakni merk Joyko ! Seperti apa reviewnya ? Baca sampai habis ya ? 

DOTTED NOTEBOOK MURAH UNTUK BULLET JOURNAL, JOYKO !

review joyko dotted notebook

Cover : Hard Cover (Leather)
Size : 13 cm x 21 cm
Pages : 196 Pages
Type Of Paper : Dotted
Price : < Rp. 50.000


Siapa yang sudah mempersiapkan diri untuk mensetup Bullet Journal di tahun 2024 ? Alhamdulillah saya sudah membeli perlengkapan untuk BuJo 2024. Bulan Desember 2023 ini rencananya saya akan mulai mensetup Bullet Journal. Pada dasarnya saya masih menggunakan metode tahun 2023 di mana saya hanya membuat 4 bagian besar dalam BuJo. The Index, The Monthly Log, Weekly Spread dan Collection. Untuk area The Index dan Weekly Spread saya akan setup sekarang, sementara Collection cukup dinamis, tergantung kebutuhan. 

COVER 

Joyko Dotted Paper NB Review

Di lihat dari covernya, Joyko meski harga sangat murah tetapi secara kualitas bisa saya anggap lumayan. Karena Bullet Journal 2023 pun saya sudah menggunakan notebook ini. Sejauh ini covernya cukup kuat dan tidak mudah rusak. Agak berbeda dengan notebook yang pernah saya beli merk POD beberapa tahun lalu. 

Buku ini merupakan buku ketiga yang saya beli merk Joyko. Karena menurut saya, dengan harga yang murah meriah, secara kualitas produk tidak mengecewakan kok. Kalo saya lihat dari catatan toko yang menjualnya, Joyko Notebook ini ada juga Soft Cover dan Cover yang dari kainnya. Tapi bagi saya, model (sintetis) leather cukup keren dan awet ketika disimpan. 

FRONT PAGE

Joyko Front Page (halaman depan)

Pada bagian halaman depannya ada area yang bisa kita gunakan untuk menuliskan informasi. Ada 3 informasi yang bisa kita tuliskan di sini. Yang pertama Nama kita, Alamat dan email. Hal ini sangat bermanfaat jika suatu hari kira kehilangan atau ketinggalan di suatu tempat. Siapa tahu orang yang menemukannya akan menghubungi kita kembali. 

Biasanya di area ini, saya tidak hanya menuliskan tentang informasi dan contact person aja, tetapi juga menambahkan dekorasi atau quote penyemangat. Sehingga setiap kali membuka bukunya, saya akan ingat tentang quote penyemangat tersebut. 

TYPE OF PAPER (DOTTED)

joyko dotted paper

Kita masuk pada bagian halaman dalamnya, di mana kita akan mendapati corak kertas yang kita hendaki. Dotted merupakan tipe yang memanfaatkan titik untuk alat bantu garisnya. Sementara grid merupakan corak kertas kotak-kotak. Dan ruled merupakan tipe corak kertas bergaris yang umum kita temui.

Pada halaman Joyko, kita tidak akan mendapati nomor halaman, sehingga kita perlu membuatnya sendiri. Bagi saya nomor halaman cukup penting karena nanti akan saya input pada the Index agar ke depannya mudah dicari saat dibutuhkan. 

Selain itu kertas Joyko cukup tipis dan mudah tembus, terutama untuk tinta dari oil/alcohol based. Tetapi untuk pulpen biasa atau gell, cukup aman kok digunakan. Menurut saya sih, notebook ini cocok digunakan untuk minimalis Bullet Journal. Sementara untuk decorative, saya rasa kurang pas, meski bisa juga dengan menggunakan mode collage atau stiker tempel. 

ACCESORIES DOTTED JOYKO

review buku joyko dotted nb 701

Salah satu aksesoris bawaan yang disediakan dalam notebook ini adalah Ribbon Divider atau pita pembatas. Meski jumlahnya hanya satu, pita ini cukup berguna ketika kita ingin menandai bagian yang kita inginkan. Selain itu, notebook ini dilengkapi dengan pocket di bagian belakang yang bisa kita gunakan untuk menyimpan kertas atau sticker. 

review joyko notebook nb 701 (dotted)

Paling terakhir ada pita stripe yang berguna sebagai pengunci saat notebook tidak digunakan. Selain itu tali ini berguna juga untuk menghindari buku yang terlalu tebal (membengkak) setelah kita gunakan dalam waktu yang cukup lama. Umumnya notebook seperti ini akan menebal apabila dia sudah digunakan terutama jika sering didekorasi dengan sistem collage. Tali stripe ini berfungsi untuk menahan notebook sehingga bisa lebih ramping dari sebelumnya. 

RANGKUMAN

Secara umum saya ingin merekomendasikan notebook ini bagi teman-teman yang ingin membuat minimalis Bullet Journal. Meski begitu, bagi penyuka decorative Bullet Journal pun tidak masalah juga karena notebook ini memiliki karakteristik :
  • Ekonomis dan mudah di dapatkan di Tokopedia dengan harga yang sangat terjangkau. 
  • Memiliki varian tipe kertas dari mulai dotted, grid dan ruled. 
  • Cocok untuk Bullet Journal terutama ketika kita ingin membuat layout berupa garis-garis. 
  • Ukurannya juga ramping menyerupai Moleskine (14 cm x 21 cm), sementara joyko 13 cm x 21 cm. 
  • Memiliki ragam aksesoris seperti pita divider, pocket, tali stripe dan area untuk mengisi data pribadi. 
  • Hard Cover, meski halamannya tidak ada nomornya. 
Itulah beberapa poin yang bisa saya sampaikan terkait review produk saat ini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi teman-teman yang membutuhkan referensi notebook untuk kegiatan journaling mereka. Terima kasih sudah membaca review produk ini, dan jangan lupa disebarkan di antara komunitas kalian atau teman-teman yang lain siapa tahu bisa membantu mereka yang membutuhkan informasi. 

Post a Comment

0 Comments