APA ITU WEEKLY LOG ?



weekly log bullet journal


[ewafebri.com] APA ITU WEEKLY LOG ? Kalo kamu mencari jawaban ini ? Pasti lagi belajar Bullet Journal kan ? Hehehe...  Yuk kita bahas apa itu Weekly Log ? 

APA ITU WEEKLY LOG ?




Dalam Bullet Journal / Bujo banyak istilah asing yang kita dengar. Apalagi kita tahu istilah tersebut menggunakan bahasa Inggris. Tapi sebenarnya, istilah tersebut gak serumit bayangan kita kok. Hehehe.. 

PENGERTIAN WEEKLY LOG


WEEKLY LOG adalah proses kita merekam kegiatan (Rapid Logging) dalam buku/digital selama kurun waktu seminggu. Template yang kita gunakan untuk menulis Rapid Logging tersebut dinamakan Weekly Layout atau orang menyebutnya Weekly Spread juga. 

Jika kalian mengikuti perkembangan Bullet Journal, tentu tak asing dengan yang namanya layout, dekorasi, dll. Yup ! Setiap orang yang menggunakan Bullet Journal, bebas membuat layout/template/spread untuk rapid logging sesuai kebutuhannya. 

Dari kegiatan inilah kemudian dikenal dengan Weekly Log. Jadi kalo menurut saya istilah weekly log dan weekly layout bisa saja berarti sama, walaupun pada kenyataannya salah satunya merupakan bentuk kegiatan/rutinitasnya.

Baca juga : PANDUAN DASAR MONTHLY LOG

PERLUKAH MENGGUNAKAN WEEKLY LOG ? 


Ini merupakan pertanyaan yang paling sering saya terima, " kalo sudah ada Monthly Log kenapa harus pake Weekly Log lagi kak ?

Setiap orang tentu memiliki cara yang berbeda. Ada yang mudah fokus meski hanya memperhatikan sepintas lewat, ada juga yang perlu bantuan khusus supaya bisa lebih fokus. 

Weekly berfungsi sebagai alat bantu untuk lebih fokus lagi. Karena apa yang ditulis dan ingin diraih merupakan hal yang harus dilakukan pada saat minggu tersebut. 

Contoh kasus: 


Dalam Monthly Log kalian sudah ditulis goal "Bulan ini harus menerbitkan 6 - 8 judul artikel di Blog

  • Dari task di atas, ada yang bisa dengan mudah mengingatnya, ada juga yang butuh reminder supaya ingat untuk mencapainya. Walhasil, ada yang membuat sub task mingguan dan mensetup target, " setiap minggu harus ada 2 artikel yang dipublish " 
  • Dari target yang sudah ditetapkan, kemudian kita membagi sub-sub task lainnya, misalnya saja tentang aktivitas brainstorming, research materi konten, drafting konten, editting hingga memutuskan kapan publish. 
  • Setiap sub task tersebut disebarkan dalam bentuk key bullet pada weekly log kita. 


Itulah peranan penting Weekly Log, yaitu sebagai wadah/alat bantu untuk menuliskan sub-task supaya mampu mencapai target yang telah ditentukan. 

Bagi sebagian orang, Weekly Log penting karena bisa menjadi data apabila kita butuh tracking progress. Bagi sebagian yang lainnya, mungkin hanya membuang-buang waktu saja. 

Jadi, perlu tidaknya Weekly log tergantung kebutuhan masing-masing Bullet Journalist


APAKAH JIKA TIDAK ADA WEEKLY LOG, BUKAN DISEBUT BULLET JOURNAL ? 



Ah Tidak Juga ! Bullet Journal merupakan sistem yang sangat fleksible dan merupakan sistem yang saling berkesinambunngan satu sama lainnya, jadi bukan sistem yang berdiri sendiri. 


FUNGSI WEEKLY LOG 


Tahun 2019 lalu, hampir satu tahun penuh saya menggunakan Weekly Spread/Weekly Layout, di mana setiap awal minggu saya melakukan weekly log (menuliskan target mingguan) dan pada akhir minggu membuat reviewnya. 

Dengan cara itu, saya bisa melihat seberapa banyak target yang bisa saya capai, progres target yang berlangsung atau menghilangkan salah satunya dan menggantinya dengan yang baru. 

CONTOH WEEKLY LOG DALAM VIDEO


Dan berikut ini saya telah membuat video Flipthrough contoh layout weekly Log yang pernah saya setup. 




Untuk contoh-contoh layoutnya kalian bisa melihat-lihat di Setup Ideas


KESIMPULAN 



Ada dan tidak adanya weekly log tak menjadi soal. Meski mungkin, kalo dipikir-pikir, yang kalian butuhkan adalah bukan Bullet Jourbal, tapi sistem lainnya. Hahahaha.. Karena Soul-nya Bullet Journal itu ya pada bagian Rapid Loggingnya. Hihihi...