TIPS MEMBELI NAMA DOMAIN BARU

by - August 16, 2019

tips membeli nama domain baru


[Start Your Day With Ewafebri] Apakah kalian sudah memiliki Top Level Domain tapi tergiur untuk membeli domain baru lagi ? Sebelum membeli domain, perhatikan hal ini dulu. Jangan sampai kalian salah mengambil keputusan dan bingung bagaimana cara memperbaikinya. Tulisan kali ini merupakan tips sekaligus curhatan, dan gambaran kenapa strategi memilih nama domain itu penting. 

TIPS MEMBELI NAMA DOMAIN BARU


happy birthday ewafebri


" Happy Birthday Blog Ewafebri Yang Ke 2 "

Yess.. sebelum saya mulai membahas tentang materi hari ini, saya ingin menyampaikan bahwa Blog ewafebri hari ini genap berusia 2 tahun. Hihihi...

Pada tanggal 16 Agustus 2017 untuk pertama kalinya saya memberanikan diri membeli domain (TLD), setelah banyak pertimbangan. Salah satu karena Blog ini dikenal dan bermanfaat untuk yang lainnya. 

Masih terlalu muda memang, tapi semoga diumur balita ini bisa memberikan warna baru di blantika Blogger Indonesia. Hahaha... 

ALASAN MEMBELI NAMA DOMAIN BARU


Entah apa namanya ini, maruk atau serakah, mendadak saya punya ide untuk membeli nama domain baru yang berhubungan dengan art blog. Yes, saya memisahkan Blog art therapy ideas menjadi blog khusus yang saya beri nama ewafebriart

Awal saya memutuskan untuk membeli domain baru adalah karena saya juga ingin dikenal sebagai Art Blogger. Selain itu supaya memudahkan saya mengelompokkan artikel yang berhubungan dengan art dalam satu Blog khusus. 

Setelah dipikir-pikir, ternyata makin kesini artikel yang ada dalam Blog ewafebri itu makin berkembang, terlebih yang berhubungan dengan Journaling, personal development maupun Blogging tips.

Sementara art therapy ideas rasanya sudah kurang cocok bersanding dengan teman-teman yang lainnya. Oleh karena itu saya berinisiatif untuk membeli TLD yang akan saya fokuskan untuk Art Blog.

Namun pemberian nama ini sedikit menjadi ganjalan saat ini. Sayangnya perasaan ini timbul justru setelah saya membayar nama domain barunya. KZL banget jadinya. 

MASALAH YANG TIMBUL 

slothilda.com


Tadinya saya pikir nama ewafebriart ini akan menjadi sumber branding baru terhadap nama ewafebri. Memang sih, kadang nama ewafebriart muncul jika saya mengetikkan kata kunci di mesin pencarian. Sayangnya apa yang saya harapkan tak sebanding lurus dengan yang Google mau. 

Google sepertinya memiliki pendapat yang lain tentang masalah ini. Bagi Google, nama ewafebriart ini seperti nama kloning, terlebih kan isinya hampir sama dengan blog ewafebri ini. Di dalamnya ada pembahasan tentang art dan juga si Bowgel.

Mereka pikir, ewafebriart ini semacam plagiator gitu, padahal kan aktor intelektualnya memang sama, yaitu ewafebri. 🤣🤣🤣🤣 *Wadezig.

Permasalahan lainnya adalah, sebelum saya mengganti Art Blog saya menjadi Top Level Domain, sebenarnya adsense pun lancar jaya. Namun setelah saya menggunakan top level domain, adsensepun mulai memberikan peringatan. 

Meskipun menggunakan judul dan keyword yang berbeda dari tulisan yang pernah saya publish di ewafebri, ternyata trik ini belum mampu mengelabui Google, hahaha.. Terbukti dia masih tetap memberikan teguran. 

Adapun masalah yang timbul jika kalian tak berhati-hati memilih nama adalah : 


  • Nama yang serupa dikuatirkan akan disangka plagiator, apalagi jika isi kontennya serupa.
  • Sulit mendapatkan traffic organik karena yang muncul terlebih daghulu pasti blog kita yang lainnya.
  • Kemungkinan besar tidak mudah disetujui oleh adsense, karena di anggrap kurang unik.
  • Branding kurang  maksimal karena dibayang-bayangi nama Blog sebelumnya (halaaah, hahaha.. )


Nah supaya ke depannya saya tak rancu membuat postingan Blog yang berhubungan dengan art, mulai saat ini dan seterusnya tulisan yang berhubungan dengan art hanya akan saya posting di ewafebriart saja. 

TIPS MEMBELI TLD


Belajar dari pengalaman ini, tahun depan rasanya saya ingin mengganti nama domainnya lagi saja. Menggunakan nama yang tidak ada hubungannya dengan nama ewafebri. hahaha..

Jadi teman-temanku, jika kalian memiliki rencana atau keinginan untuk membuat blog lain dan ingin kustom nama TLD, hindari melakukan kesalahan saya ini. Supaya tak dianggap plagiator oleh Google. 

  • Hindari menggunakan nama yang serupa. Pilihlah nama yang berbeda dari Blog yang lainnya. 
  • Cobalah menggunakan format penulisan maupun blog yang berbeda dari Blog sebelumnya. Kasus yang terjadi pada saya nie, penggunaan format karakter yang sama. Hihihi.. 
  • Jangan copas dari Blog sebelah deh pokoknya, atau kita dianggap blog berpenyakit oleh Google karena isinya tidak otentik dan unik. 

KESIMPULAN


Tak ada salahnya kita memiliki 2 Blog atau lebih, asalkan ketika membeli nama TLDnya dipikirnya yang benar. Jangan sampai menimbulkan kekecewaan di kemudian hari, seperti yang saya alami. Hihihi. Berhubung sekarang sudah terlanjur, ya sudah tak masalah ! saya tetap fokus memperbaiki kontennya saja. hahaha.. 

Itulah sekelumit curhatan sekaligus peringatan buat teman-teman yang ingin membeli top level domain baru. Eh kok beli sih, nyewa maksudnya.. Hahaha.. Jangan sampai kejadian cerobah dan tanpa pengetahuan seperti saya terjadi ke kamu. 

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga pengalaman saya ini bermanfaat untuk kita semua. Jika ingin mengetahui tentang tips Blogging lainnya, kalian bisa mencarinya di Blogging Corner.




HAPPY BLOGGING !


You May Also Like

0 comments