7 TIPS PRODUKTIF MENULIS BLOG

by - January 24, 2019

7 TIPS PRODUKTIF MENULIS BLOG BY EWAFEBRI


Dalam metode produktifitas, Multitasking tidak disarankan. Lalu bagaimana solusi bagi pekerja fulltime, tetapi ia juga ingin menjadi Blogger ? Tentu tidak mudah. Terutama dalam hal membagi waktu. Dan, hari ini saya ingin berbagi 7 tips produktif menulis Blog.

Menciptakan rutinitas (habit) baik tentu perlu proses panjang, serta konsisten. Begitupun jika kita ingin rutin dan produktif dalam menulis. Seringkali kebiasaan akan luruh apabila kita ada jeda waktu tidak melakukannya. Supaya rutinitas tetap terjaga, kita harus memiliki strategi.

7 TIPS PRODUKTIF MENULIS BLOG


Menjaga habit lebih sulit dibandingkan saat menciptakannya. Karena itu, meskipun memakan waktu singkat. Sebisa mungkin rutinitas jangan ditinggalkan. Termasuk dalam hal menulis Blogpost. Berikut ini 7 tips produktif menulis Blog yang tetap saya lakukan meski hanya sebentar.

1. MEMBUAT DRAFT BLOG 


Meski hanya berupa draft, saya rutin membuat tulisan. Khususnya pokok pikiran. Selain sebagai Bank Ide, draft juga bisa melatih kita dalam hal  merangkai tulisan. Entah itu hanya satu paragraf setiap hari atau lebih.


COLLECTION BULLET JOURNAL FOR BLOGGER - DRAFT LIST


Memang sih, kadang saya memaksakan diri untuk bisa menulis. Sesingkat apapun itu tak masalah. Atau seruwet apapun gaya bahasanya juga gak perduli. Toh nanti masih ada tahapan edit.

Untuk memudahkan mengtrack apa saja yang pernah saya tulis, biasanya saya mencatat judulnya di dalam Bullet Journal. Biar punya Collection khusus aja sih. Hihihi..

2. MENGEDIT POSTINGAN LAMA


Jika saya tak memiliki ide baru, biasanya saya tetap terus menulis. Dengan cara merapikan tulisan (postingan) yang lama. Terkadang, tulisan lama kita memiliki nilai, tetapi karena sulit dipahami jadi malah kurang informatif.

Untuk meningkatkan nilai tersebut, tak ada salahnya kita membenahi kembali. Dengan begitu bisa melatih kemampuan kita dalam menulis.  Selain itu kita juga bisa menambahkan informasi baru untuk melengkapi data yang ada. Atau mungkin memperbaiki struktur tulisan. Pada intinya mah tetep menulis di Blog. Hihi..

Ngomong-ngomong, mengedit konten lama juga ada kelebihannya loh. Bukan sekedar "kurang kerjaan, pake di edit 🤭". Tentang hal ini saya pernah membuat postingan tentang Pentingnya Mengedit Konten Lama.

3. MEMILIKI TARGET (GOAL) PUBLISH TULISAN



Memiliki Target atau Goal dalam membuat Tulisan. Misalnya dalam 1 Bulan harus membuat 4 tulisan. Yang artinya setiap minggu bisa dieksekusi 1 tulisan. Atau bisa juga mengikuti Challenge seperti 30 Days Challenge. Yang artinya setiap hari harus menghasilkan 1 tulisan.

Dengan memiliki target atau goal, kita jadi bisa lebih fokus dalam membuat tulisan. Dan kita juga jadi sadar bahwa kita sedang dikejar Deadline. Hihi... (Emang deadline bisa ngejar ? 🤣🤣)

Target ini juga bisa berupa finansial ya Gaes. Misalnya satu bulan harus dapet penghasilan dari ngeBlog. Nah kan jadi semangat tuh nulisnya. Karena uang ada dalam bayangan kita. Jadi termotivasi ngejar setoran. Hihihi..


CONTOH EDITORIAL CALENDAR PADA BULLET JOURNAL


4. MENGGUNAKAN EDITORIAL CALENDAR


Target udah, saatnya penjadwalan nie. Editorial Calendar adalah jadwal publish Blog atau Media Sosial kita. Misalnya nie kita punya beberapa kategori dalam Blog kita. Kita bisa menjadwalkan kategori tersebut pada hari-hari tertentu. Contohnya :


  • Senin : Blogpost yang berhubungan dengan Bullet Journal dan Produktifitas
  • Rabu : Blogpost yang berhubungan dengan digital dan Blogging Tips
  • Jumat : Blogpost yang berhubungan dengan Review atau inspiring people. Dll. Kita bisa membuat jadwal sesuai dengan kebutuhan kita sendiri. 

Pun berlaku dengan Media Sosial kita. Kita bisa membuat penjadwalan apa saja yang ingin diposting ke beranda Misalnya : 

  • Senin : Review Produk 
  • Selasa : Quote
  • Rabu : Giveaway 
  • Kamis : Produk Knowledge, dll


Dengan Editorial Calendar kita jadi tahu kapan jadwal untuk memposting kategori tertentu. Sehingga kita bisa lebih fokus untuk menyelesaikan draft Blogpost, dan memilih kategori mana yang harus didahulukan.


5. MANFAATKAN PLANNER ATAU JOURNAL


" Buku catatan adalah teman sepenanggungan. " 
-ewafebri-

Planner dan Journal juga memiliki peran penting dalam hal postingan Gaes. Kita bisa memanfaatkannya untuk mencatat ide-ide atau mengatur task yang kita perlukan. Misalnya :

  • Dalam editorial calendar, hari Kamis, 24 Januari 2019 adalah postingan tentang Blogging Tips
  • Hari-hari sebelumnya kita sudah harus menggali ide. Atau mengeksekusi tabungan ide dalam Draft Blog kita. Contoh : saya mendapatkan ide tentang 7 Tips Produktif Menulis Blog ini. Meski sebenarnya ide ini sudah saya dapatkan 2 Minggu lalu. 
  • Senin kita sudah bisa membangun paragraf tulisan atau membuat draft tulisan. 
  • Selasa kita bisa melakukan pengeditan tulisan hingga schedule publish tulisan. 
  • Step by step tentang membuat Blogpost ini bisa kita tuangkan pada Planner kita. Atau saya menggunakan Bullet Journal.

Dengan adanya Planner dan Journal, ide yang kita miliki ini jadi gak menguap begitu saja. Pun kita jadi gak stres memikirkan harus memproduksi tulisan. Karena kita sudah mengatur task-task yang kita perlukan. 

6. MENGGALI IDE-IDE BARU


30 Days Blog Challenge Prompt List Ideas


Yang namanya ngeBlog artinya kita memang dituntut untuk menyuguhkan informasi. Entah yang bersifat personal atau informatif. Dan itu mengharuskan kita untuk terus menggali ide kreatif. Mendapatkan ide kreatif baru juga bisa dilakukan dengan banyak cara. Diantaranya :

  • Membaca buku dan artikel. 
  • Mengamati sekeliling kita, dan menuliskan hal-hal yang menarik.
  • Menuliskan pengalaman hidup kita ataupun orang lain. 
  • Mengikuti lomba atau challenge dengan tema tertentu.
  • Membuat list ide kita dalam buku atau draft Blog.
  • Memanfaatkan Blog Generator Idea. 
  • Mereview sebuah produk yang pernah kita coba. Dll

Apapun yang menarik bagi kita, bisa kita jadikan sebuah ide dalam membuat tulisan. Kemudian kita bisa menambahkan konten pendukung lainnya, seperti data, images, infografik maupun video.


7. SEDIAKAN WAKTU KHUSUS MENULIS


Menyediakan waktu khusus untuk menulis. Bisa hanya 30 Menit sehari, atau bahkan beberapa jam dalam sehari. Tergantung waktu yang kita miliki. Misalnya pada Weekend kita bisa menyelesaikan draft tulisan lebih dari 2 artikel. Kemudian kita buat schedule tulisan tersebut untuk minggu berikutnya.


Planning Time - ewafebri


Dengan begitu, kita tidak perlu banyak memikirkan kapan harus publish tulisan pada saat weekdays. Karena semuanya sudah kita schedule di hari sebelumnya.

Pada intinya, 7 tips produktif menulis Blog yang saya bagikan ini saling berkesinambungan satu sama lain. Manajeman waktu menjadi hal yang sangat penting untuk urusan produktivitas. Jika kita mampu memanfaatkan waktu dengan baik, pasti bisa lebih produktif dalam hal menulis.

Itulah ke 7 Tips Produktif Menulis Blog kali ini. Semoga tips ini bisa membantu teman-teman yang sedang bingung mencari cara memotivasi diri dalam hal menulis.

Apakah teman-teman yang lain memiliki tips produktif menulis ? Yuk bagi di kolom komentar. Biar kita makin produktif menulis.

You May Also Like

42 comments

  1. duh PR banget iki rek,
    tema wes berhamburan tapi nulis gedabrusane macet. hahhahaha

    tapi moco iki garai aku semangat nulis blog..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangaat kakak ! Ayo diluncurkan satu per satu idenya 😁 . Biar gak ngilang gitu aja.

      Delete
  2. kalau saya sih dengan blog walking ke para blogger biasanya dapat ide-ide baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Blogwalking biasanya bisa nambah ide baru. Hihi...

      Delete
  3. Kalau aku bikin list blogging mba, soalnya kadang ide nulis Dateng tiba tiba kalau Ndak langsung ditulis bisa langsung hilang. Dan aku rajin ngedraf sekarang bisa sampai 4 tema, kadang lagi nulis tema 1 tiba tiba stuck dan ada ide untuk tema 2, lumayan bisa bikin produktif nulis hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul. Saya juga rajin ngedraft hahahaha.. meski kadang banyak yang terbengkalai 🤭 . Tapi lumayan buat tabungan tulisan kalo pas gak ada ide sama sekali.

      Delete
  4. suka nemu ide pas BW mbak, tapi seringnya lupa mencatat dalam buku dan akhirnya lupa..hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga mbak. Kadang kalo pas pegang Hp saya buru2 catat idenya di draft. Hihihi.. biar gak ilang gitu aja.

      Delete
  5. Inspiratif kak. Tapi saya kok galfok sama tulisannya yang bagus dan rapi. Wah keren ya bisa terorganisir gitu nulis blognya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar pas nulis lebih mudah mengalir Bunda. Hihihi.. saya orang yang mudah lupa dan "rakus" pengetahuan. Ditulis menjadi salah satu solusi untuk menampung informasi lainnya di kepala. Hahhaa..

      Delete
  6. Alhamdulillah Mbak semuanya udah aku terapin. Yhaa walaupun tulisan di bujo nggak serapi punya Mbak. Yg penting semangat nulisnya tuh tetep ada krn berasa punya tugas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.. Iya, tugas buat diri sendiri ya.. ? Semoga semangat menulisnya membara terus. ❤️

      Delete
  7. saya kadang kehilangan kata-kata untuk diungkapkan *ciyee* kalau buat nulis blog, jadi ujung-ujungnya curhat. Kagum lihat mbak dan blogger lain yang selalu konsisten bikin tulisan tiap minggu, huhu :"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Etapi kalo saya main ke rumah maya-mu , selalu membuat saya rindu makanan rumah 😭🍜🤭

      Delete
  8. Skrg nulis tiap mau tidur atau mau tidur pake pure writer. Asal tulis aja, tp kalo kepikiran trs yg ada kek smlm begadang demi menyelesaikan tulisan, meski Ujung2nya ada yg error. *malah curhat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Kalo ngantuk jangan dipaksain mbak. Proses saya membuat postingan itu jarang banget sekali jadi (kecuali pas challenge kemarin). Minimal 2 - 3 hari baru selesai satu postingan. Hahhaa..

      Delete
  9. Wahhh tipsnya harus sering dibaca nih, bermanfaat banget. Soalnya saya jarang sekali sekarang nulis, baru tadi update :D dan itupun karena banyak request dari temen terkait masalah yang ada.. heumh

    ReplyDelete
    Replies
    1. 🤭🤭🤭 semangat kak.. ! Semoga semangat nulisnya kembali lagi.

      Delete
  10. makkk
    aku nyoba bikin bullet journal kan
    maksudnya biar lebih tertata gitu
    eh malah mbuletttt
    piyeeee ikiiii
    apa kadung random yaaa otak ini :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. 🤣🤣🤣🤣 ... Bikin to do list dulu aja. Sing peting prioritas dikerjakan. Kalo sudah biasa nanti lama-lama bisa. Semangaaaat ❤️❤️❤️

      Delete
  11. Bermanfaat Mbak. Sudah lama pengin nyoba, terutama bagian editorial calendar. Biar nggak bingung mau posting apa lagi ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.. paling tidak kita jadi bisa fokus ke tema tulisan tersebut. Semangaat mbak.. semoga bisa mengurangi kepenatan. ❤️

      Delete
  12. Sejauh ini nge-draft di blogger itu sendiri atau di notepad, membuat editorial calendar, dan banyak baca ini itu, yang sudah saya lakukan setiap hari. Draft itu penting ya, Mak Bowgel, sebelum idenya meluap haha. Terima kasih untuk semua tips di pos ini. Super bermanfaat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama kak.. kadang kita perlu media sebagai wadah ya 🤭

      Delete
  13. Artikel ini jadi pengingat buat aku.
    Sejauh ini, aku baru berhasil nulisin ide apa aja yang terlintas untuk kemudian harusnya ditulis.
    Trus nulisnya masih suka-suka.
    Kudu diberesin nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokoknya jangan sampai ide kita terbang tak kembali kak.. ! Hahaha.. mari kkita sambut setiap ide yang datang dengan gembira.

      Delete
  14. 2 minggu ini mandek nulis karena merasa ide mampet. ya alasan aja, padahal kalau mau effort dikit ide tu ada kok di daftar. thanks for sharing mbak, nanti coba ngikutin tips ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat mbak Andita. Memang kadang " males mencari " itu jadi musuh produktifitas kita..

      Delete
  15. Setuju! Saya biasanya nulis ide n draft gercep di hp biar ga lupa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamatkan ide sebelum kabur ya mbak Sandra 🤭

      Delete
  16. Mantap banget mbak. Aku juga selalu bikin draft list blog. Aku ga pernah ngupdate tulisan lama. bisa nih dicoba tipsnya mbak. Makasih sharing nya. Salam, muthihauradotcom

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya update, karena kadang tulisan lama, kalo dibaca terdengar basi. Tapi sering saya jadiin internal link. Mau gak mau harus diupdate infonya 🤭

      Delete
  17. aku yg no satu sih , Draft udah banyak numpuk , penyelesaiannya yg belom kesampean , tiap ada ide ngedraft mulu .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Musti bikin target berarti kak. Seminggu 2 tulisan. Dan disiplin sama jadwal. Hahahha..

      Delete
  18. Semenjak ada kesibukan baru memang produktifitas saya untuk menghasilkan blog post jadi menurun. Untuk pengingat saya, biasanya saya pakai target seperti tips yang mbak tuliskan. Skg jadi tambah terinspirasi nih mau cobain tips yang lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangaat kak. Semoga tips yang lain membantu.

      Delete
  19. Kalo aku seringnya tema ada, tapi menuangkannya dalam bentuk tulisan itu yang sering macet hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. 🤭🤭🤭 harus pake ilmu paksa sedikit mbak. Hahaha.. menulislah meski hanya 15 menit sehari, tanpa editing. Bagian edit sendiri aja. Hahaha..

      Delete
  20. Kalau saya paling ngaruh itu bikin target (goal), misalnya 8 postingan perbulan. Jadi di bulan itu saya akan sibuk mencari ide dan membagi waktu (maklum emak-emak) untuk menulis. Di akhir bulan gini kalau target tercapai alangkah senangnya rasa hati #Eaaak

    ReplyDelete
  21. Saya seringnya ikutan lomba blog sih buat konsisten nulis tiap bulannya.

    ReplyDelete
  22. Wah mbak, jadi semangat buat ngeblog aku terjadwal gini ya. Saya gak ada jadwal sih, tapi kali ini mau mencoba untuk menjadwalkan tulisan saya. Semoga tetap konsisten hehe

    ReplyDelete
  23. Huwaa ... sangat menginspirasi. Jadi tambah ilmu.

    ReplyDelete

Hi Gaes.. Jika kalian tak menemukan kolom komentar, mohon untuk mencari artikel yang ingin dikomentari melalui Home , atau pilih label, kemudian klik " Link Komentar " , yang berwarna salmon (peach pastel). Akan muncul kolom komentar baru. Mohon maaf ketidaknyamanannya.. 🙏