7 TIPS PRODUKTIF MENULIS BLOG

by - January 24, 2019

7 TIPS PRODUKTIF MENULIS BLOG BY EWAFEBRI


Dalam metode produktifitas, Multitasking tidak disarankan. Lalu bagaimana solusi bagi pekerja fulltime, tetapi ia juga ingin menjadi Blogger ? Tentu tidak mudah. Terutama dalam hal membagi waktu. Dan, hari ini saya ingin berbagi 7 tips produktif menulis Blog.

Menciptakan rutinitas (habit) baik tentu perlu proses panjang, serta konsisten. Begitupun jika kita ingin rutin dan produktif dalam menulis. Seringkali kebiasaan akan luruh apabila kita ada jeda waktu tidak melakukannya. Supaya rutinitas tetap terjaga, kita harus memiliki strategi.

7 TIPS PRODUKTIF MENULIS BLOG


Menjaga habit lebih sulit dibandingkan saat menciptakannya. Karena itu, meskipun memakan waktu singkat. Sebisa mungkin rutinitas jangan ditinggalkan. Termasuk dalam hal menulis Blogpost. Berikut ini 7 tips produktif menulis Blog yang tetap saya lakukan meski hanya sebentar.

1. MEMBUAT DRAFT BLOG 


Meski hanya berupa draft, saya rutin membuat tulisan. Khususnya pokok pikiran. Selain sebagai Bank Ide, draft juga bisa melatih kita dalam hal  merangkai tulisan. Entah itu hanya satu paragraf setiap hari atau lebih.


COLLECTION BULLET JOURNAL FOR BLOGGER - DRAFT LIST


Memang sih, kadang saya memaksakan diri untuk bisa menulis. Sesingkat apapun itu tak masalah. Atau seruwet apapun gaya bahasanya juga gak perduli. Toh nanti masih ada tahapan edit.

Untuk memudahkan mengtrack apa saja yang pernah saya tulis, biasanya saya mencatat judulnya di dalam Bullet Journal. Biar punya Collection khusus aja sih. Hihihi..

2. MENGEDIT POSTINGAN LAMA


Jika saya tak memiliki ide baru, biasanya saya tetap terus menulis. Dengan cara merapikan tulisan (postingan) yang lama. Terkadang, tulisan lama kita memiliki nilai, tetapi karena sulit dipahami jadi malah kurang informatif.

Untuk meningkatkan nilai tersebut, tak ada salahnya kita membenahi kembali. Dengan begitu bisa melatih kemampuan kita dalam menulis.  Selain itu kita juga bisa menambahkan informasi baru untuk melengkapi data yang ada. Atau mungkin memperbaiki struktur tulisan. Pada intinya mah tetep menulis di Blog. Hihi..

Ngomong-ngomong, mengedit konten lama juga ada kelebihannya loh. Bukan sekedar "kurang kerjaan, pake di edit 🤭". Tentang hal ini saya pernah membuat postingan tentang Pentingnya Mengedit Konten Lama.

3. MEMILIKI TARGET (GOAL) PUBLISH TULISAN



Memiliki Target atau Goal dalam membuat Tulisan. Misalnya dalam 1 Bulan harus membuat 4 tulisan. Yang artinya setiap minggu bisa dieksekusi 1 tulisan. Atau bisa juga mengikuti Challenge seperti 30 Days Challenge. Yang artinya setiap hari harus menghasilkan 1 tulisan.

Dengan memiliki target atau goal, kita jadi bisa lebih fokus dalam membuat tulisan. Dan kita juga jadi sadar bahwa kita sedang dikejar Deadline. Hihi... (Emang deadline bisa ngejar ? 🤣🤣)

Target ini juga bisa berupa finansial ya Gaes. Misalnya satu bulan harus dapet penghasilan dari ngeBlog. Nah kan jadi semangat tuh nulisnya. Karena uang ada dalam bayangan kita. Jadi termotivasi ngejar setoran. Hihihi..


CONTOH EDITORIAL CALENDAR PADA BULLET JOURNAL


4. MENGGUNAKAN EDITORIAL CALENDAR


Target udah, saatnya penjadwalan nie. Editorial Calendar adalah jadwal publish Blog atau Media Sosial kita. Misalnya nie kita punya beberapa kategori dalam Blog kita. Kita bisa menjadwalkan kategori tersebut pada hari-hari tertentu. Contohnya :


  • Senin : Blogpost yang berhubungan dengan Bullet Journal dan Produktifitas
  • Rabu : Blogpost yang berhubungan dengan digital dan Blogging Tips
  • Jumat : Blogpost yang berhubungan dengan Review atau inspiring people. Dll. Kita bisa membuat jadwal sesuai dengan kebutuhan kita sendiri. 

Pun berlaku dengan Media Sosial kita. Kita bisa membuat penjadwalan apa saja yang ingin diposting ke beranda Misalnya : 

  • Senin : Review Produk 
  • Selasa : Quote
  • Rabu : Giveaway 
  • Kamis : Produk Knowledge, dll


Dengan Editorial Calendar kita jadi tahu kapan jadwal untuk memposting kategori tertentu. Sehingga kita bisa lebih fokus untuk menyelesaikan draft Blogpost, dan memilih kategori mana yang harus didahulukan.


5. MANFAATKAN PLANNER ATAU JOURNAL


" Buku catatan adalah teman sepenanggungan. " 
-ewafebri-

Planner dan Journal juga memiliki peran penting dalam hal postingan Gaes. Kita bisa memanfaatkannya untuk mencatat ide-ide atau mengatur task yang kita perlukan. Misalnya :

  • Dalam editorial calendar, hari Kamis, 24 Januari 2019 adalah postingan tentang Blogging Tips
  • Hari-hari sebelumnya kita sudah harus menggali ide. Atau mengeksekusi tabungan ide dalam Draft Blog kita. Contoh : saya mendapatkan ide tentang 7 Tips Produktif Menulis Blog ini. Meski sebenarnya ide ini sudah saya dapatkan 2 Minggu lalu. 
  • Senin kita sudah bisa membangun paragraf tulisan atau membuat draft tulisan. 
  • Selasa kita bisa melakukan pengeditan tulisan hingga schedule publish tulisan. 
  • Step by step tentang membuat Blogpost ini bisa kita tuangkan pada Planner kita. Atau saya menggunakan Bullet Journal.

Dengan adanya Planner dan Journal, ide yang kita miliki ini jadi gak menguap begitu saja. Pun kita jadi gak stres memikirkan harus memproduksi tulisan. Karena kita sudah mengatur task-task yang kita perlukan. 

6. MENGGALI IDE-IDE BARU


30 Days Blog Challenge Prompt List Ideas


Yang namanya ngeBlog artinya kita memang dituntut untuk menyuguhkan informasi. Entah yang bersifat personal atau informatif. Dan itu mengharuskan kita untuk terus menggali ide kreatif. Mendapatkan ide kreatif baru juga bisa dilakukan dengan banyak cara. Diantaranya :

  • Membaca buku dan artikel. 
  • Mengamati sekeliling kita, dan menuliskan hal-hal yang menarik.
  • Menuliskan pengalaman hidup kita ataupun orang lain. 
  • Mengikuti lomba atau challenge dengan tema tertentu.
  • Membuat list ide kita dalam buku atau draft Blog.
  • Memanfaatkan Blog Generator Idea. 
  • Mereview sebuah produk yang pernah kita coba. Dll

Apapun yang menarik bagi kita, bisa kita jadikan sebuah ide dalam membuat tulisan. Kemudian kita bisa menambahkan konten pendukung lainnya, seperti data, images, infografik maupun video.


7. SEDIAKAN WAKTU KHUSUS MENULIS


Menyediakan waktu khusus untuk menulis. Bisa hanya 30 Menit sehari, atau bahkan beberapa jam dalam sehari. Tergantung waktu yang kita miliki. Misalnya pada Weekend kita bisa menyelesaikan draft tulisan lebih dari 2 artikel. Kemudian kita buat schedule tulisan tersebut untuk minggu berikutnya.


Planning Time - ewafebri


Dengan begitu, kita tidak perlu banyak memikirkan kapan harus publish tulisan pada saat weekdays. Karena semuanya sudah kita schedule di hari sebelumnya.

Pada intinya, 7 tips produktif menulis Blog yang saya bagikan ini saling berkesinambungan satu sama lain. Manajeman waktu menjadi hal yang sangat penting untuk urusan produktivitas. Jika kita mampu memanfaatkan waktu dengan baik, pasti bisa lebih produktif dalam hal menulis.

Itulah ke 7 Tips Produktif Menulis Blog kali ini. Semoga tips ini bisa membantu teman-teman yang sedang bingung mencari cara memotivasi diri dalam hal menulis.

Apakah teman-teman yang lain memiliki tips produktif menulis ? Yuk bagi di kolom komentar. Biar kita makin produktif menulis.

You May Also Like

42 comments

ANNOUNCEMENT



Untuk menyambut Ultah Blog Ewafebri yang ke 2 tanggal 16 Agustus 2019, ikuti kesempatan memenangkan giveaway yuk. Ada Tottebag Mingce, Watercolor Pad Ring 300 gsm, dan juga macem - macem sticker.

Caranya gampang banget kok, kalian cukup subscribe Blog ini aja.

Selain kesempatan menang Giveaway, nantinya setiap Minggu inbox kamu dapet update dari ewafebri.com

Periode subscribe per tanggal 1 Agustus - 31 Agustus 2019 ya ! Pemenang akan diinformasikan melalui email secara langsung.

Giveaway hanya berlaku untuk wilayah Indonesia saja. Hihi..