4 TYPES OF JOURNAL THERAPY

by - October 07, 2019

terapi journal adalah


[Start Your Day With Ewafebri] Pernah mendengar istilah terapi journal atau journal therapy ? Mungkin terdengar sangat asing di telinga ya ? Mengingat saat ini yang paling heboh adalah tentang Bullet Journal. Apa sih terapi journal ? Dan apa manfaatnya bagi kita ? Baca yuk ! 

4 TYPES OF JOURNAL THERAPY


Terapi Journal / Journal Therapy adalah segala jenis journal yang berfungsi sebagai alat terapi. Pada dasarnya ada banyak jenis journal yang bisa kita gunakan untuk media terapi. 

Masa terapi bisa menggunakan journal ?

Bisa ! Dan saya merasakan manfaatnya. Journaling bisa menjadi cara paling sederhana dan murah untuk mengenali diri kita sendiri. Tanpa kita sadari, kita bahkan sulit mengenali potensi diri sendiri karena terlalu banyak hal yang ada dalam pikiran kita. 

Journaling membantu kita untuk mengurai pikiran yang rumit tersebut,  dan membuatnya lebih jelas dan jernih. 

Bisa dibilang journaling adalah salah satu cara membuang pikiran kita yang  sudah tertimbun dengan informasi yang terbaru. Padahal pikiran yang tertimbun tersebut merupakan akar atau informasi dasar tentang diri kita sendiri yang tak kita sadari. 

Ada beberapa terapi journal yang bisa kalian gunakan. Di antaranya : 


Ada yang pernah membuat Quran Journaling atau Bible Journal ? Mungkin ada ya ... ? Hihi.. 

Sejujurnya saya membuat Quran Journaling, karena terinspirasi dengan Bible Journal yang sudah populer sebelumnya. 

Pada dasarnya Quran Journaling adalah kegiatan journal yang berkaitan erat dari sudut pandang keyakinan atau bersifat spiritual. Journal ini bisa kalian gunakan sesuat kepercayaan masing-masing. Tak harus selalu menggunakan Quran ( Ya kali, kalo orang Budha atau Hindu menggunakan patokan yang sama ? Yekan ?).

BACA JUGA : 4 TYPE BULLET JOURNAL

Kalian bisa memanfaatkan buku pedoman yang kalian yakini. Dan buatlah journal yang berkaitang dengan kehidupan sehari-hari dan sinkronisasi dengan pedoman dalam kitab suci yang kalian miliki. 

Jadi namanya pun gak harus Quran Journaling, bisa saja Bible Journal, Wedha Journal, Tripitaka Journal dll. Cukup disesuaikan dengan kebutuhan kalian saja. 


Morning journal ini sebetulnya menulis bebas tanpa berpikir. Mengeluarkan semua hal yang terlintas dipikiran kamu yang terjadi pada saat pagi hari. 

Entah itu tentang brainstorming ide, kekuatiran, keresahan, memori, ataupun kenangan. Bebaslah pokoknya. 

Pada intinya kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi beban pikiran di kepala. Sehingga kita bisa menghadapi hari lebih fokus dan ringan tak terbebani banyak pikiran. 


Menggunakan prompt list ala Blogging Challenge ataupun Inktober merupakan cara efektif bagi yang baru memulai journaling.

Seorang pemula kadang sulit sekali mengungkap tentang memori atau pikirannya dalam sebuah tulisan. Ini dulu juga terjadi pada saat belum serius mengelola Blog.


contoh prompt list journal


Journaling membantu saya untuk lancar bercerita. Dan tentu saja ini sangat bermanfaat buat yang hobbi ngeblog kayak saya ini. Hihihi.. Tanpa disadari, sekarang tuh cerita bisa mengalir dengan sendirinya.

Bahkan dalam satu hari saya bisa menyelesaikan lebih dari 2 postingan Blog sekaligus. Kalo jaman dulu, boro-boro. Untuk bisa menyelesaikan 1 paragraf saja, saya butuh hampir satu jam. 🤣🤣

Buat kalian yang ingin mencoba memperlancar cara menulis, cobalah membuat journaling. Mungkin kalo langsung bikin postingan Blog kan kurang percaya diri, nah journaling bisa sebagai pemanasan.

BACA JUGA : 9 TYPE OF JOURNALING 

Bingung bagaimana cara journal ? Coba gunakan prompt list berikut ini. Semoga pertanyaan-pertanyaan ini bisa merangsang pikiran kita untuk membuat cerita yang lebih banyak dan detail.

Peraturannya hanya satu ! Jawablah pertanyaan ini dengan jujur disertai cara bercerita. Supaya kita bisa lebih lancar dalam membuat tulisan.

GRATITUDE JOURNAL 



gratitude journal adalah


Journal yang satu ini bisa menjadi cara jitu untuk melatih pikiran positif. Jika kamu lebih banyak memikirkan hal negatif terhadap hidup ini, cobalah sesekali mencatat rasa syukur yang terjadi hari itu.

Jangan dikira berpikir dan berperilaku positif itu mudah, terutama bagi yang dulunya menjadi orang negatif dan pesimis (seperti saya ini.. 🤭🤭). Butuh waktu cukup lama untuk bisa melihat segala sesuatu dari sisi positifnya.

Biar makin lengkap lagi, jangan lupa ikutan gabung bareng teman-teman lainnya untuk mendapatkan informasi melalui newsletter tiap bulan.

Gak cuma tentang update artikel, tapi juga ada freebie dan tips lainnya. Caranya dengan mengklik tombol gabung berikut ini !.


Mungkin karena sebelumnya pikiran kita dipenuhi hal negatif, membuat kita menjadi orang yang selalu pesimis. Nah, gratitude journal berpotensi mengubah mindset tersebut jika dilakukan secara rutin.

Itulah beberapa contoh terapi journal yang bisa kalian gunakan. Untuk mendapatkan tips journaling lainnya, kalian bisa mendaftar di sini.

Semoga postingan tentang journaling kali ini bermanfaat untuk kita semua, jika ada ide atau saran tentang journal yang ingin dibahas, boleh banget meninggalkan pesan di kolom komentar. Terima kasih.

HAPPY JOURNALING !

You May Also Like

0 comments