9 TYPE JOURNALING YANG BISA KAMU COBA !

by - January 29, 2019

9 Type Of Journaling


Journaling tak selalu tentang Bullet Journal. Jauh sebelum Bullet Journal ada, aktivitas journaling sudah sering dilakukan. Ada banyak jenis journal yang berkembang. Layaknya Blog berniche, Journalingpun bisa diterapkan pada jenis tertentu saja. Termasuk 9 type journaling yang bisa kamu coba berikut ini.




9 TYPE JOURNALING YANG BISA KAMU COBA !


Hobbi menulis saat ini bisa diterapkan lewat macam-macam media. Blogging, Sosial Media bahkan yang analog sekalipun. Yaitu Journaling. Journaling sendiri tak hanya sebatas Bullet Journal. Karena ada type journaling lainnya yang bisa kamu coba.



Selain sebagai media tulis, ada 15 Manfaat Journal lainnya yang bisa kalian dapatkan. Tentunya tidak secara instant. Karena butuh waktu dalam pelaksanaanya. 

Saya sendiri mencoba berbagai macam type journaling. Meski pada akhirnya hanya sanggup konsisten dengan Bullet Journal. Selebihnya saya jadikan journal pendamping. 

Apa saja 9 type Journaling yang layak kamu coba ? 


ART JOURNAL 


Bagi yang suka dan hobbi dengan segala macam bentuk Art. Art Journal bisa menjadi pilihan journaling. Art Journal sendiri identik dengan spread atau halaman yang penuh dengan nuansa seni. Salah satu idola saya tentang Art Journal adalah Vicky Papaioannou.

Art Journal Ideas



Atau kalian juga bisa menggunakan journalnya sebagai metode belajar cat air atau sketching. Seperti contohnya instagram Othersasha yang di dalam journalnya terdapat step by step bagaimana dia menciptakan sebuah lukisan. Termasuk penjelasan warna, bentuk bunga atau cerita dibaliknya.

DOODLE JOURNAL


Doodle Journal Ideas
Doodle Journal by Juanitaronns


Hampir sama seperti Art Journal yang didominasi gambar. Bedanya berbentuk Doodle. Saya sendiri sebelum akhirnya bisa menciptakan si Bowgel, terlebih dahulu saya membuat Doodle Journal.

Doodle Journal bisa menjadi salah satu media yang cocok untuk melatih ketrampilan menggambar atau doodle. Dulu saya terinspirasi membuat Doodle Journal gara-gara Instragramnya Amidwinters.

Jika ingin terinspirasi Doodle Journal seperti apa, coba tengok linimasa kak Juanitaronns. Halamannya dipenuhi dengan Doodle yang cantik dan lucu. Juga tentang bagaimana dia menempatakan kisahnya dengan membuat illustrasi.

MORNING JOURNAL


Morning Journal ini adalah terinspirasi oleh Morning Page. Saya membuat Morning Journal saat itu, untuk mengurai kekusutan pikiran saya. Hahaha.. (dikira benang apa Vva ?).

9 type of journaling by ewafebri


Morning Journal membantu saya untuk mengeluarkan ide pikiran, masalah yang tertimbun, ataupun keluhan hidup. Yang menarik dalam morning journal itu, saya gak harus mikir tentang apa yang saya tulis. Apakah benar atau tidak. Karena tujuannya hanya ingin mengeluarkan keruwetan pikiran.

IDEAS JOURNAL


Jika Morning Journal menulis bebas tanpa perduli isinya. Beda dengan Ideas Journal. Ideas Journal adalah journal yang berisi tentang ide-ide yang kita miliki. Entah itu ide tentang project terbaru atau bahkan tentang ide materi Blog.

Ideas journal
Salah satu isi Ideas Journal


Saya sering membuat list tentang ide materi Blog. Biasanya saya bagi sesuai kategori Blog yang ada. Supaya kalo pas kehabisan ide, saya bisa mengintip materi apa yang belum pernah saya bahas. Hahaha..

GRATITUDE JOURNAL 


Kalo yang ini, sebenarnya hampir mirip seperti Morning Journal. Hanya saja isinya adalah hal-hal yang kita syukuri setiap hari. Sementara Morning Journal isinya lebih bebas.


Gratitude journal


Gratitude Journal bisa diterapkan pada salah satu Collection Bullet Journal, atau bisa juga menggunakan buku khusus untuk Gratitude Journal.

QURAN JOURNAL 



Quran Journaling by ewafebri


Beberapa waktu lalu saya juga sudah pernah membahas tentang Quran Journaling. Quran Journaling ini bisa diterapkan pada banyak hal. Diantaranya :


  • Sebagai journal/diary tentang kehidupan kita. Misalnya, ada hal yang sedang menimpa kita, kemudian kita mencari ayat-ayat dalam AlQuran yang bisa kita jadikan pedoman solusinya. 
  • Sebagai media belajar tentang AlQuran. Misalnya, belajar tentang bahasa Arab. Atau mencatat pemahaman setiap ayat yang ada dalam AlQuran yang kita dapatkan dari Buku dan para Ahli.
  • Sebagai Media belajar Kaligrafi tulisan AlQuran. Dll. 

Umumnya Quran Journaling memang untuk Diary atau journal kehidupan kita sehari-hari. Tapi bisa juga diimplementasikan pada hal yang masih berhubungan dengan AlQuran. Dan karena AlQuran adalah Kitab Suci, maka penggunaannya pun lakukan dengan penuh tanggung jawab. 

BULLET JOURNAL


Bahasan yang ini tentu sudah tak asing lagi ya .. ? Hahhaa... Karena hampir setiap minggu, saya bahas yang berhubungan dengan Bullet Journal. Bullet Journal sendiri, selain bisa digunakan untuk media journaling, juga bisa digunakan untuk proses perencanaan, atau Planner. 

Bagi teman-teman yang masih asing dengan Bullet Journal, kalian bisa membacanya Di Sini

TRADITIONAL JOURNAL


Traditional Journal adalah Journal yang paling umum digunakan, tanpa ada spesifik apapun. Isinya macam-macem. Ada kejadian baik ataupun buruk. Semacam Morning Journal , tapi lebih kepada mereview kehidupan.


Journaling ideas


Jika Morning Journal lebih banyak tentang brainstorming pikiran, Traditional Journal lebih kepada menulia kilas balik hidup kita. Tentang apa yang terjadi hari ini, minggu lalu, bulan lalu atau kehidupan masa lalu.


Promptlist by Texasweettea.com


Pada Traditional Journal, seringkali menggunakan Promptlist untuk mendapatkan temanya. Traditional Journal cocok bagi yang belum pernah membuat Journal dan ingin mencobanya. Terkadang, jika tak biasa membuatnya, Journaling terasa sangat sulit. Dan seringkali kita bingung bagaimana memulainya. Dengan bantuan Promptlist, kita akan lebih mudah membuatnya. 

JUNK JOURNAL 


Junk Journal adalah Journal yang berisi tentang kumpulan barang atau hal yang sudah terpakai tapi memiliki historis bagi pemiliknya. Junk Journal umumnya bergaya Vintage dan menggunakan sistem Scrapbooking

Ada banyak material yang bisa digunakan, misalnya pita, bunga-bunga kering, kain, bungkus kue ataupun premen, kertas yang sudah lama atau apapun yang bagi pembuatnya memiliki nilai sejarah ataupun keindahan.

Junk Journal Ideas



Jika Journal lainnya menitikberatkan pada isi tulisan atau kenangan, Junk Journal lebih menitikberatkan pada benda-benda yang dianggap memiliki makna dan ingin diabadikan. Itulah kenapa Junk Journal umumnya bergaya Vintage.



Itulah 9 Type Journaling yang bisa kalian coba. Masih banyak contoh journaling lainnya, yang bisa kita gunakan. Atau kalo perlu kalian bisa membuat jenisnya sendiri. Seperti Ideas Journal yang saya buat sendiri karena saya butuh tempat khusus untuk merekam ide-ide saya. Hahhaa. 

Baiklah.. Terima kasih sudah membaca tulisan ini. Maafkan jika beberapa hari ini, Blognya gak terupdate dengan lancar. Huhu.. Mendadak Bulan ini hectic dengan pekerjaan utama. Selamat Membaca dan Happy Journaling ! 

You May Also Like

22 comments