ART THERAPY IDEAS | INKTOBER , CARA EFEKTIF MENGATASI ARTBLOCK !

by - October 06, 2018


Inktober Official Logo 


Meningkatkan skill menggambar dengan ikutan challenge Inktober 2018. Emang bisa ? gimana caranya ? Apa sich Inktober sebenarnya ? Kayaknya rame banget tiap bulan Oktober. Hehe.. Kalian punya pertanyaan seperti itu ?, baiklah akan saya bantu menjawabnya. hahaha... 

INKTOBER

Inktober adalah event tahunan yang dilakulan setiap bulan Oktober. Kegiatan ini diprakarsai oleh seorang illustrator bernama JAKE PARKER. Jake memulai challenge ini pada bulan Oktober tahun 2009. Pada saat itu tujuan Jake adalah untuk meningkatkan skill menggambarnya .

Jake memperkenalkan eventnya melalui sosial media dan menjadi viral. Semenjak itu jutaan artist (seniman) didunia ikut andil dalam event tahunan ini. Inktober jugalah yang memprakarsai beberapa artist atau seniman untuk membuat challenge serupa menggunakan Prompt list sebagai idenya. Hanya saja mereka menggunakan challenge tersebut tiap bulan. Diantanya ada Ello lovey, ada Furry Little Peach dll.

BAGAIMANA CARA IKUTAN INKTOBER ?


Gampang banget caranya. Setiap tahun, Jake sebagai pemrakarsa Inktober mengeluarkan prompt list (ide-ide atau tema gambar ) yang kita jadikan acuan untuk menggambar setiap harinya selama 31 hari mendatang. Setiap hari kita akan diberikan tema yang berbeda-beda dan menchallenge diri kita sendiri untuk membuat illustrasi sesuai dengan prompt yang sudah diberikan.


Berdasarkan halaman website Jake Parker , aturan main  Inktober adalah berikut ini : 

  • Buat gambar atau illustrasi dengan menggunakan ink atau pensil.
  • Posting hasil karya kamu ke sosial media.
  • Gunakan Hashtag #inktober atau #inktober2018.
  • Repeat.

Mudah kan caranya ?, Setiap hari kalian bisa memposting hasil karya kalian di Sosial Media dengan hashtag yang sudah saya tulis diatas.


Panduan cara ikutan inktober


MANFAAT MENGIKUTI INKTOBER 


Ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan jika kita mengikuti challenge ini gaes, diantaranya : 


  • Karya kita bisa lebih dikenal orang.
  • Meningkatkan skill kita dalam hal menggambar atau membuat illustrasi.
  • Dengan adanya tema yang sudah ditentukan, setidaknya dalam 31 hari dibulan Oktober kita punya stock ide untuk membuat gambar, jadi.. Bye-Bye Artblock.
  • Makin produktiv dan kreatif donk tentunya.
  • Bisa mengtrack progress perkembangan kita seperti apa.
  • Saling terinspirasi dengan peserta lainnya.
  • Bisa bereksperimen dengan gaya baru, karakter baru, dan teknik baru.
  • Tiap hari punya konten yang bisa kalian posting di Sosial media kalian. 
  • Bisa lebih memahami kelebihan dan kekurangan kita dalam menggambar.
  • Jumlah karya makin bertambah donk, hihi.. 
  • Bisa menjadi salah satu cara untuk menerapkan art therapy (kalian bisa mwmbuat Zentangle)

Lumayan kan manfaatnya ? hehe.. Tapi, sejujurnya sayapun tak ikutan Inktober tahun ini, Walaupun 2 tahun lalu pernah mengikutinya. Awal saya menciptakan Bowgel, sayapun mengikuti konsep yang sama seperti Inktober. Yaitu melatih dan menantang diri sendiri untuk menggambar setiap hari menggunakan Prompt List. Pengalaman ini juga pernah saya posting di Doodle Journal dan Sejarah Ewafebri Art .


Prompt List Official Inktober 2018


Tahun ini karena saya sedang disibukkan untuk mengoptimalkan Blog ini, saya berasa gak sanggup ikutan Inktober. Walaupun sesekali juga ikutan, karena penasaran sama temanya. Hahaha.. Saya pribadi membuat Weekly Challenge yang saya gunakan untuk bereksperimen dan melatih kemampuan saya menggambar. Kenapa Weekly ? karena saya gak sanggup jika harus membuatnya setiap hari. Hahaha..

ACRYLIC ON WATERCOLOR PAPER BY EWAFEBRI 2018


Meskipun tahun ini saya gak ikut andil dalam Inktober, tapi saya tetep produktif bikin illustrasi loh.. hihi.. Ya gak tiap hari bikin sih, tapi sekalinya bikin kalo pas ada waktu bisa langsung 2 . hahaha.. Melatih tangan kita untuk terus menggambar itu bagus. Karena kalo dalam waktu tertentu kita berhenti, kadang tangan kita jadi kaku lagi pas memulainya. Dan yang pasti mempertahankan produktifitas tetap dijalurnya. hahaha..

Bahan - bahan yang saya gunakan untuk membuat gambar di atas adalah : 


  • Watercolor paper merek arto 300 gsm ukuran A3 yang saya potong menjadi A6.
  • Acrylic merk Amsterdam dan maries.
  • Watercolor merk Van Gogh dari Talens.
  • Watercolor pencil merk Faber Castle.
  • Snowman Drawing pen ukuran 0.6 dan 0.3.
  • Koi Brush pen splender. 

Gak ada inknya ya ? hahaha.. Ya memang ini bukan untuk Inktober, cuma buat seneng-senengan saya aja, hahaha.. Ya masa saya posting tentang inktober tapi gak punya hasil karya yang bisa saya posting. iya kan.. ? Nanti saya disangka Hoax. hihihi.. 



ILLUSTRATION USING WATERCOLOR BY EWAFEBRI 2018


Dari beberapa proses membuat gambar di atas, hal - hal yang saya pelajari adalah :



  • Cat Acrylic mudah sekali mengering apabila kita aplikasikan di atas kertas.
  • Belajar memberikan shading pada cat air dengan sistem layering. 
  • Untuk mendapatkan hasil pencampuran warna natural pada cat air, kertas sebaikknya dibasahi terlebih dahulu.
  • Gunakan pen atau drawing pen yang waterproof setelah kering untuk line atau garis pada obyek gambar.
  • Pertebal line / garis gambar jika proses pengaplikasian acrylic sudah selesai.  
  • Bangga sama hasil sendiri juga boleh kok, asal jangan keblabasan hahaha... 


Jika dibandingan dengan gambar-gambar saya terdahulu ( Baca di Doodle Journal ) , hasil karya saya yang sekarang sudah mengalami banyak perubahan. Mulai dari karakternya, cara mewarnai, detail gambarnya bahkan goresannyapun mengalami peningkatan. Jadi meskipun orang lain melihatnya seolah-olah saya buang-buang waktu dengan corat=coret di  atas kertas, saya tetap bahagia dan bersyukur menikmati proses belajar ini.

Berikut Beberapa hasil Weekly Challenge saya yang lain , yang pernah saya posting sebelumnya : 


Buat teman-teman yang ikutan Inktober, kira-kira alasannya karena apa sih ? dan apa hal yang pernah kalian pelajari setelah ikutan Inktober ? Yuk share pengalaman kalian dikolom komentar. hehe..


You May Also Like

2 comments

  1. Tahun lalu saya sempet ikut #InkTober2017 walaupun ga sampe beres, ada sekitar 20 gambar pakai goresan pensil sampai saya niat banget beli beberapa pensil dengan ketebalan tertentu. Saya post di fb saja. Saya ngerasa agak beban juga sih sehari harus beres 1 sketsa, hahaha... Tapi toh akhirnya beres juga...

    Untuk penulis, bisa pakai prompt InkTober untuk bikin cerita or tulisan dengan hashtag #AuthoBer deh kalau ga salah. Melatih produktivitas menulis juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. makasih mbak.. saya baru tahu tentang Authober. Yang paling sulit emang konsistensi ya.. hahaha..

      Delete

Hi Gaes.. Jika kalian tak menemukan kolom komentar, mohon untuk mencari artikel yang ingin dikomentari melalui Home , atau pilih label, kemudian klik " Link Komentar " , yang berwarna salmon (peach pastel). Akan muncul kolom komentar baru. Mohon maaf ketidaknyamanannya.. 🙏