BOOK REVIEW | GRETCHEN RUBIN - THE HAPPINESS PROJECT

Book Review The Happiness Project oleh ewafebri


Mumpung banget akhir tahun dan barangkali ada yang lagi ancang-ancang mau bikin project di tahun depan ? Bisa mencoba The Happiness Project. Buku praktikal karya Gretchen ini bisa memberikan perspektif lain tentang menjalani hidup. Hihi.. 

THE HAPPINESS PROJECT 


Buku the happiness project karya Gretchen Rubin

⭐⭐⭐⭐⭐




JUDUL : THE HAPPINESS PROJECT
PENULIS : GRETCHEN RUBIN
GENRE : SELF-HELP BOOK
TAHUN PENERBITAN : 2009
ISBN :    9780061583254
JUMLAH HALAMAN : 301
BAHASA : INGGRIS


BLURB 


Gretchen Rubin had an epiphany one rainy afternoon in the unlikeliest of places: a city bus. “The days are long, but the years are short,” she realized. “Time is passing, and I’m not focusing enough on the things that really matter.” In that moment, she decided to dedicate a year to her happiness project.

In this lively and compelling account, Rubin chronicles her adventures during the twelve months she spent test-driving the wisdom of the ages, current scientific research, and lessons from popular culture about how to be happier. Among other things, she found that novelty and challenge are powerful sources of happiness; that money can help buy happiness, when spent wisely; that outer order contributes to inner calm; and that the very smallest of changes can make the biggest difference.

THE REASON I READ


Pertama kali saya mengetahui buku ini adalah karena pemberian teman. Hihi.. saat itu saya diberi Buku dengan Cover Paperback. Saya lupa kapan tepatnya, yang pasti bukunya sudah saya serahkan ke orang lain lagi. Hihi.. semoga bermanfaat buatnya. 

MY IMPRESSION


Pertama kali membaca buku ini, jujur rasanya sangat membosankan. Terutama karena saya kurang terlalu suka dengan buku-buku Non Fiction saat itu. Rasanya tuh kayak lagi dipaksa untuk baca buku pelajaran. Hahaha..

Beruntungnya nie buku walaupun gak saya baca langsung, tapi tetap saya simpan baik-baik. Hingga suatu hari saya punya keinginan untuk membaca buku Non Fiksi. Terutama yang berhubungan dengan Self Development

Setelah saya buka chapter demi chapter, buku ini lumayan juga. Selain memberikan perspektif baru dalam hidup, buku ini juga sangat praktikal. Gretchen memberikan clue tentang bagaimana menjalani hidup.

Clue-clue ini bisa kita praktikkan dalam kehidupan nyata. Karena itulah saya merekomendasikan buku ini untuk dibaca sekaligus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.




Setiap Bulan ada tema khusus yang digunakan Gretchen untuk menjalani hidup. Saya rasa ini dimaksudkan untuk membantu kita lebih fokus pada tema yang disebutkan tadi. Misalnya : 

  • JANUARY : BOOST ENERGY (VITALITY)
  • FEBRUARY : REMEMBER LOVE (MARRIED)
  • MARCH : AIM HIGHER (WORK)
  • APRIL : LIGHTEN UP (PARENTHOOD)
  • MAY : BE SERIOUS ABOUT PLAY (LEISURE)
  • JUNE : MAKE TIME FOR FRIENDS (FRIENDSHIP)
  • JULY: BUY SOME HAPPINESS (MONEY)
  • AUGUST : CONTEMPLATE THE HEAVEN (ETERNITY)
  • SEPTEMBER : PURSUE A PASSION (BOOK)
  • OCTOBER : PAY ATTENTION (MINDFULNESS)
  • NOVEMBER : KEEP A CONTENTED HEART (ATTITUDE)
  • DECEMBER : BOOT CAMP PERFECT (HAPPINESS) 

Selain melabeli dengan tema atau nama tertentu, juga ada challenge praktikal atau semacam tuntunan seperti apa hal yang harus kamu jalani saat itu. Seperti contoh berikut ini. 

Contoh ebook The Happiness Project


Perhatikan Highlight Bulan Januari. Gretchen memberikan kita clue atau highlight yang harus kita fokuskan selama bulan Januari seperti :

  • GO TO SLEEP EARLIER 
  • EXERCISE BETTER
  • TOSS, RESTORE, ORGANIZE
  • TACKLE A NAGGING TASK
  • ACT MORE ENERGETIC 

Segitu gregetnya manfaat tidur, sampai dia masukkan ke Bulan Januari loh. Hahha.. apa kabar saya yang 3 bulan terakhir tidur tengah malam terus. Huhuhu... 

Owh iya buku ini juga sudah pernah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia kalo gak salah. Jika kalian ingin mendapatkannya, bisa langsung meluncur ke Toko Buku Gramedia atau sejenisnya. 


WHAT I LEARN 


Membaca bukunya membuat saya sadar bahwa setiap bulan, setidaknya kita memiliki fokus tentang apa yang ingin kita kerjakan. Ini juga bisa kita jadikan Monthly Goal kita. Misalnya Bulan Januari, goal saya harus bisa mengatur waktu tidur, olah raga, belajar lebih disiplin dalam hal hal mengerjakan sesuatu, dst. 

Salah satu hal yang saya praktekkan setelah membaca buku tersebut adalah dengan mulai serius untuk mengelola Blog ini. Pada bukunya di Bulan ke 3, kalo tidak salah Gretchen memberikan saran untuk membuat sebuah Blog. 

Buku ini sangat membantu terutama bagi yang ingin mengembangkan diri menjadi lebih baik dan bahagia. Apalagi kan kita kadang bingung memulainya dari mana. Nah Buku ini bisa kita jadikan sebagai guidenya. Dengan cara mengikuti challenge tentang apa saja yang harus kamu lakukan di bulan ini. 

FAVORITE QUOTE



Favorite Quote by ewafebri


Ada banyak saran dan cara bagaimana mendapatkan kebahagian , tapi carilah kebahagian itu dalam dirimu sendiri. Terkadang sumber kebahagian yang dimiliki oleh orang lain tak sama dengan sumber kebahagiaan yang kita rasakan. 

"Cara terbaik mendapatkan kebahagian diawali dengan Be Yourself ! Jika kamu menjadi dirimu sendiri, kebahagianmu terasa murni, tetapi jika kamu menjadi bayang-bayang seperti orang lain, bahagiamu terasa semu."

Lelah atuh kita ngikutin hidup orang mulu ya ? Hahhaa..  Banggalah menjadi diri sendiri. Terinspirasi Boleh ! Menjadi Copycat ? Jangan !. Tetaplah percaya diri karena kita semua memiliki kesempatan yang sama. 

Baca juga Book Review yang lainnya, siapa tahu bisa kalian jadikan Reading Challenge untuk tahun 2019. Hihi.. 

Boleh Share juga, kira-kira rekomendasi buku apa saja yang menurut teman-teman asyik untuk dibaca di tahun depan ? 

HAPPY READING !