SELF DEVELOPMENT | 11 MANFAAT MEMILIKI KEBIASAAN BAIK ( GOOD HABITS )

by - September 19, 2018


Advantages of Good Habits


Salah satu cara efektif dalam meningkatkan produktifitas kita adalah dengan membangun kebiasaan baik atau Habit. Tentu perlu niat dan usaha untuk bisa menjadikan suatu aktivitas sebagai kebiasaan hidup kita. 

Hal pertama yang saya lakukan setelah memutuskan untuk berkompetisi dengan diri sendiri adalah mengubah mindset dan berjuang menciptakan kebiasaan dan pola hidup yang lebih baik dari sebelumnya. Setelah Browsing sana-sini tentang beberapa hal berkaitan dengan self development dan produtivitas, akhirnya saya menemukan sebuah buku karya Charles Duhigg. 

MEMBANGUN GOOD HABIT ATAU RUTINITAS (THE POWER OF HABIT)


The power of habits


The Power Of Habit adalah buku personal development yang saya rekomendasikan untuk dibaca, terutama bagi yang ingin dan berjuang untuk menciptakan rutinitas yang berfaedah. Di dalam bukunya, Charles mengillustrasikan betapa habit atau kebiasaan (rutinitas) berpengaruh besar pada keberhasilan kita dalam mencapai sesuatu. Strategi kebiasaan atau rutinitas tak hanya diimplementasikan pada perusahaan tapi juga untuk personal.

Menurut Charles, untuk mengganti kebiasaan buruk atau rutinitas yang kurang baik, hanya perlu menggantinya dengan rutinitas baru atau pengganti ( yang lebih berfaedah tentunya). Misalnya, Hobbi julid-in orang di kolom komentar atau twitter ( pengalaman pribadi, hihi.. ), bisa dihilangkan dengan membuat rutinitas baru, yaitu journaling (julid-in diri sendiri, hihihi...)

The power of Habits 


Ada 3 elemen penting dalam membuat Habit : 



  • Cue (isyarat, sinyal atau tanda)
  • Reward (hadiah, ganjaran, atau penghargaan)
  • Routine (Rutin, sesuatu yang dilakukan berulang-ulang)


CUE 


Cue adalah isyarat, tanda atau hal yang berpengaruh terhadap kebiasaan yang ingin kalian raih. misalnya : 

Menjadi Blogger Profesional >> Cuenya : Menciptakan Konten yang blog yang berkualitas , Belajar SEO  , Tampilan Blog kekinian tapi juga SEO friendly dan user friendly , mengikuti komunitas , Blog Planning Routine dll  

Semakin banyak menemukan deretan cue yang bisa kita coba, akan semakin memudahkan kita mengetahui jalan mana yang akan mampu mengantarkan kita untuk menjadi seorang Blogger Profesional. 

REWARD 


Reward adalah hadiah atau penghargaan yang ingin kita raih atau hal yang memotivasi kamu untuk bisa menjadi Blogger Profesional . Misalnya : menjadi salah satu kontributor majalah ternama, memenangi lomba blog, tulisan kita menjadi viral, bisa menjadi pembicara di seminar blog. menjadi blogger ternama dll.

ROUTINE


Routine ini adalah rutinitas atau aktivitas yang bisa menyebabkan kita menjadi seorang Blogger Profesional. Berdasarkan Cue yang kita miliki, misal kita ambil contoh Menciptakan Konten Yang Berkualitas akan mampu Mengantarkan kita menjadi Blogger Ternama. Nah Fokus kita untuk menciptakan routine itu berdasarkan dari menciptakan konten yang berkualitas. 

Bagaimana cara menciptakan konten yang berkualitas ? 

  • Menentukan tema sesuai niche blog
  • lakukan research sebelum membuat draft blog
  • kumpulkan data sebanyak-banyakny
  • buat draft blog 
  • edit tulisan
  • schedule
  • publish
  • review
Setelah melakukan serangkaian kegiatan yang kita buat menjadi rangkaian good habit dalam membuat blog, kemudian kita kembali lagi mencari Cue, menentukan Reward dan Membuat Routine baru. Dengan aktifitas yang berulang , bukan tidak mungkin suatu hari nanti kalian akan menjadi Blogger Ternama. Hehe.. Ada nasehat dari seorang bijak mengatakan :

" Daripada kamu gelisah dan ragu memilih untuk melakukan hal yang mana yang akan kamu lakukan terlebih dulu untuk bisa mencapai kesuksesan, lakukan saja hal yang mampu kamu lakukan terlebih dahulu. Kalo kamu tulus, tekun dan ikhlas, 5 - 10 tahun mendatang kesuksesan akan menghampirimu tanpa perlu kamu cari. "

Dulu saya orang yang kebanyakan mikir dan pesimis. Seperti saat menentukan ingin memonetasi blog (yang butuh 4 tahun mikirnya) gak berani langsung melakukan sebuah tindakan karena pesimis gak akan bisa. Nyerah sebelum berperang ibaratnya, hihi.. Karena seringnya ragu mengambil tindakan, malah gak melakukan apa-apa, waktu jadi terbuang sia-sia.

Nah setelah saya membaca buku The Power Of Habit, saya jadi lebih percaya diri bawah kesuksesan kita itu juga bisa tercapai dengan membangun rutinitas yang kita buat atas dasar motivasi atau Reward. Misal , Rewardnya Diterima adsense, Cuenya harus meningkatkan Traffic Blog, Routinenya , ya menciptakan konten yang berkualitas bagi pembaca setiap hari. Dan Alhamdulilah, saya merasakan manfaatnya. Dalam kurun waktu 1 bulan, pageview saya bertambah pesat. Prosentase naiknya bisa 200%. 

Aktifitas membangun routine ini bisa kalian terapkan ke aktivitas lainnya. Misal Reward Punya Karakter Gambar sendiri ( kayak si Bowgel), Cue nya Melatih tangan supaya luwes menggambar, Routinenya, membuat doodle page atau membuat doodle journal setiap hari. Seperti cerita saya dalam SEJARAH EWAFEBRI ART.   

Otak manusia memang di desain untuk merekam suatu kegiatan atau aktivitas yang jika dilakukan secara berulang akan membentuk suatu habit atau kebiasaan , dan kelebihan ini, bisa  membantu manusia untuk melakukan aktifitasnya secara otomatis dan efektif tanpa perlu diperintah lagi oleh otak.  

Manfaat memiliki Good Habit diantaranya :


  • Hemat waktu
  • Meningkatkan keakuratan 
  • lebih efektif
  • lebih efisien
  • Bisa membangkitkan kesadaran (awareness) terhadap pikiran dan aksi kita.
  • Bisa menjadi acuan dalam mencapai tujuanmu (goal)
  • lebih fokus
  • lebih terjadwal dalam melakukan aktivitas (karena secara tak sadar kita otomatis melakukannya )
  • Bisa lebih mengontrol kehidupan kita
  • Meningkatkan kepercayaan diri
  • lebih Mahir dan ahli dalam melakukan sesuatu.
  • Meningkatkan produktifitas

Dan masih banyak yang lainnya. Jika kalian membaca bukunya (The Power Of Habit) , akan lebih banyak illustrasi yang disampaikan oleh Charles , yang bisa kita ambil sebagai contoh dalam kehidupan kita. Nah, karena Habit ada yang baik dan buruk, serta otak mudah merekam kejadian yang berulang, maka berhati-hatilah dalam menciptakan sebuah habit baru. Jangan sampai Habit kalian merugikan diri kalian sendiri nantinya.

" Sudah siapkah kalian membuat Good Habit hari ini ? "

Saya ewafebri, terima kasih sudah membaca postingan ini. hihi... 

You May Also Like

8 comments

  1. Keren nih, suka banget baca artikel kayak gini :)
    Auranya jadi penuh positif banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe... Terima kasih mbak.. ❤️ , Biar hidup kitaakin sumringah

      Delete
  2. Penting banget nih membangun Good Habit.
    Terima kasih sharingnya <3

    ReplyDelete
  3. Hi mba salam kenal, saya suka sekali hal diatas semoga hidup kita makin berfaedah yah. Btw follback blog saya dongs

    ReplyDelete
  4. Waaaahhh thanks lot for sharing ya
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete

Hi Gaes.. Jika kalian tak menemukan kolom komentar, mohon untuk mencari artikel yang ingin dikomentari melalui Home , atau pilih label, kemudian klik " Link Komentar " , yang berwarna salmon (peach pastel). Akan muncul kolom komentar baru. Mohon maaf ketidaknyamanannya.. 🙏