5 HAL YANG HARUS DIPELAJARI SEBELUM TERJUN MENJADI FULL TIME BLOGGER

by - December 11, 2018

Part Time Blogger ewafebri


Part Time Blogger menjadi pilihan utama saya saat ini. Karena belum memungkinkan untuk menjadi Full Time Blogger. Ada banyak alasan yang belum memungkinkan saya menjadi Full Time Blogger. Dan berikut ini alasannya. 

HAL YANG HARUS SAYA PELAJARI SEBELUM MENJADI FULL TIME BLOGGER 


Menjadi Full Time Blogger tentu bukan perkara mudah. Ada banyak proses yang harus dilewati hingga bisa menyandang predikat Full Time Blogger. Untuk bisa mencapai titik itu, saya harus mempelajari hal-hal berikut ini.



KONSISTEN


Modal utama menjadi Full Time Blogger tentu harus konsisten donk ya.. Dan paling gak setiap hari harus punya bahan materi yang bisa digunakan sebagai konten. Sementara saya ? Masih jauh dari hal ini.

Mungkin saat ini saya memang rajin membuat postingan, karena sedang mengikuti challenge. Hahha.. Saya sih berharap semangat ini bisa terus terjaga meski challenge sudah berakhir. Saya juga ingin tahu, ke depannya nanti saya bisa tetap seperti saat ini atau tidak. We'll see ya Gaes.. !

BUSSINESS


Menjadi Full Time Blogger tentu harus berfikir tentang Business juga donk ya.. ?. Gak bisa hanya untuk bersenang-senang kayak saya sekarang ini. Karena ada banyak kontribusi yang harus dilakukan untuk menjadi Full Time Blogger.  Harus investasi waktu, tenaga, pikiran bahkan strategi. Nah yang ini saya belum mampu maksimal.

Gak bisa dipungkiri, menjadi Full Time Blogger sudah pasti menjadikan kegiatan Ngeblog sebagai profesi juga, yang juga menjadikan pendapatan sebagai tujuan utama. Paling tidak kan kerja keras kita terbayarkan, iya kan.. ?.

Nah saya sendiri belum bisa mencapai level seperti ini. Saya masih menggunakan pekerjaan saya yang utama (karyawan) sebagai prioritas pendapatan bulanan. Intinya mah hati saya masih bercabang. Hahhaa..

Blogging masih sekedar menjadi hobbi dan yang penting bermanfaat untuk orang lain, syukur-syukur kalo ada yang apresiasi dan mau menggunakan jasa Blog ini. Hehhee.. Kira-kira bentuk jasa apa saja yang bisa menggunakan Blog ini  ? Bisa dibaca DI SINI.




ALL OUT


Kalo memilih menjadi Full Time Blogger artinya gak boleh setengah-setengah donk ya.. ? Seperti yang saya lakukan sekarang ini. Hahhaa.. Paling tidak, kita harus benar-benar fokus tentang strategi, konten, pengelolaan, waktu dll.

Ya.. kan ibaratnya tuh, Ngeblog gak cuma buat Hobbi saja, tapi juga pekerjaan. Nah, tanggung jawabnya kan  pasti juga lebih besar. Nah ini.. yang belum saya sanggup. Haha.. perhatian saya masih terpecah ke pekerjaan utama. Belum benar-benar fokus ke Blog saja. Ya meskipun udah TDL, tapi saya merasa belum maksimal dan belum bisa menjadikan Blog sebagai pendapatan utama. Hihihi..

NETWORK


Nah ini juga nie, saya belum memiliki kapasitas yang baik soal Network, meski sudah bergabung dengan komunitas. Hihihi..

Menjadi Full Time Blogger tentu gak bisa lepas dari yang namanya Network atau jaringan. Entah berbentuk komunitas ataupun dengan Client atau pengguna jasa kita. Nah ini juga memerlukan strategi dan usaha yang gak main-main.

Semisal, Client yang ingin menggunakan jasa kita, membutuhkan rekam data Domain Authority atau Page Authority yang bagus. Minimal 30 misalnya, sementara saya baru dikisaran 15an. Ini kan kita perlu usaha untuk meningkatkan DA dan PA kita sesuai yang dibutuhkan oleh Client. Hal yang seperti juga harus diperhatikan.

KEGAGALAN


Gak semua hal lancar-lancar aja kan ya.. ? Bagaimanapun saya juga harus belajar tentang kegagalan. Harus siap jika menerima kegagalan. Bukan masalah pasrahnya, tapi harus belajar bagaimana merespon kegagalan itu supaya bisa bangkit kembali.

Blogger kan semacam bisnis mandiri juga, bagaimana membranding diri supaya Client mempercayai kualitas kerja kita. Atau syukur-syukur kita bisa mendapatkan pundi-pundi dari hasil produksi kita sendiri.. hahaha..



Jadi, kenapa saat ini saya masih memilih menjadi part time Blogger, karena belum sanggup memenuhi kriteria hal-hal di atas yang saya sebutkan. Haha.. Perjalanan saya masih panjang. Saya masih harus belajar banyak hal yang mendasar. Seperti cara penulisan, mengolah ide pikiran, menerapkan SEO, bahkan hanya sekedar membuat judul yang Clickable pun saya harus belajar lagi. Hihi..

Nah.. Adakah pertimbangan kalian (yang lainnya) dalam hal menjadi Full Time Blogger ? Share yuk.. !



You May Also Like

22 comments

ANNOUNCEMENT


Hi Gaes ! Pengumuman Singkat aja nie.. !

Berhubung sekarang saya memiliki Blog khusus tentang Art, maka Art Therapy Idea gak akan saya posting di sini lagi. Saya akan membuat postingannya ewafebriart.com.

Blog ini khusus untuk Journaling, Buku Dan Self Development saja. Terima kasih atas perhatiannya.