12 MONTHS BULLET JOURNAL CHALLENGE IDEAS

by - December 31, 2018

12 Months Bullet Journal challenge by ewafebri.com


12 Months Bullet Journal Challenge adalah tantangan BuJo yang saya buat selama tahun 2018. Sayangnya sebagai Host saya kurang konsisten untuk mengawal challengenya. (Maafkan saya Gaes !). Salah satu goal yang setengah jalan saja di Tahun 2018.

[Table of Content]




Nah supaya Challenge ini bisa digunakan selamanya, bukan cuma tahun tertentu. Saya akan lebih membuat detail cara mainnya. Kenapa harus ada challenge kalo sebenarnya bisa langsung all out di awal tahun ?. Ya... Gak apa-apa, hihi.. karena tujuan chalenge ini sebenarnya untuk mempermudah praktek Bullet Journal dan melatih konsistensinya aja. Biar gak lelah dari awal menggunakan.

12 MONTHS BUJO CHALLENGE BY BULLET JOURNALIST INDONESIA




Untuk memenuhi rasa penasaran tentang challenge ini saya akan bahas lebih dulu tentang What, When, Who, Where dan Why-nya. Supaya lebih jelas tentang 12 Months BuJo Challenge ini.

Selain untuk update konten terkini, juga untuk menyelamatkan duplikat postingan yang sudah dilakukan oleh pemilik Blog tak bertanggung jawab


PENGENALAN 12 MONTHS BUJO CHALLENGE 


What ?

Apa itu 12 Months Bujo Challenge ?

12 Months Bujo Challenge adalah challenge / tantangan bullet journal selama 12 bulan berturut - turut.

Why ?

Kenapa harus ada 12 bulan challenge.. ?

Nah, ini adalah alasan kenapa saya membuat challenge ini. Sering kali saya mendapatkan pertanyaan dari teman-teman yang belajar atau baru mau belajar Bullet Journal. Pertanyaan yang sering saya dapatkan adalah bagaimana memulai Bullet journal ? Apa saja yang harus disetup pertama kali ? Saya harus mulai darimana ?.


12 Months Bullet Journal challenge by ewafebri


Dari pertanyaan - pertanyaan ini kemudian saya mencari cara bagaimana menyampaikan informasi kepada teman-teman dengan cara lebih mudah dan dipahami. Muncul ide membuat suatu permainan yang tidak hanya memberikan informasi tapi juga langsung dipraktekkan secara berkala, pun saya juga bisa ikut terlibat didalamnya. Tujuannya biar kita semangat dan tidak lelah memulai Bullet journal. Jadi kita bisa bersama-sama membuat, membangun dan memperkuat sistem bullet journal.

Who ?


Siapa aja yang bisa terlibat ? Kita semuaaa. Hihi.. Siapa aja boleh ikutaaan ! Bebas dan tidak dikenai biayaaa !

When ? 

Dimulai di awal tahun. Per tanggal 1 Januari hingga Desember.

Where ? 


Dimanapun kalian berada, hihi.. Jadi siapapun, dimanapun, profesi apapun, kapanpun bisa ikutan challenge ini. Panduannya akan saya posting di blog ini.



How ? 

Bagaimana caranya ?


  1. Dalam 12 Bulan Ke depan kita akan melakukan challenge bersama-sama dengan tema dan level yang berbeda-beda setiap bulannya.
  2. Siapkan peralatan tulis menulis kalian. Notebook kosong dan pulpen atau alat menulis yang lainnya (pensil). Jenisnya, ukuran, brand, ataupun corak kertas bisa apa aja.. Ring binder boleh, disc bound boleh, moleskine boleh, midori insert, sinar dunia, atau apa saja yang penting nyaman dan kalian sukai.. !!! Ini penting.. ! Yang udah ada template boleh, mau bikin template juga boleh. Bebaaaass.. Yang penting notebook yang belum terisi tulisan. Hihi.
  3. Mengikuti panduan atau langkah-langkah challenge sebegai berikut :

JANUARI


12 Months Bujo challenge January by ewafebri


Membuat setup Bullet Journal  basic versi Ryder Caroll. Karena kita memulai dari awal dan melengkapi Bullet Journal, maka setup up yang perlu kita gunakan adalah yang paling mudah.


CARA MEMBUAT BULLET JOURNAL BAGI PEMULA 


  • Menentukan key bullet journal ( Simbol)
  • Pastikan selalu membuat judul dan nomor halaman. 
  • Membuat modul/komponen : Future log (kalendar tahunan) dan The Index (Daftar Isi)
  • Setup yang akan dibuat setiap bulannya, Monthly log (kalendar bulanan)
  • Rapid log / planning (untuk memudahkan, gunakan daily basis ala Ryder Caroll. Kalian bisa mengisinya dengan jadwal belajar, to do list, notes, appoinment dan segala hal yang kalian tulis/catat/record)

Untuk yang bingung bagaimana memulainya ada 6 cara mudah membuat bullet journal 

And.. Let's do this... ! And Engage

FEBRUARI



12 Months Bujo challenge February by ewafebri


Setelah di Bulan Pertama kita menggunakan Basic Bullet Journal dan membiasakan diri dengan sistemnya, Saatnya kita menambahkan elemen Collection dan bereksperimen dengan membuat daily rapid loggingnya

Bagaimana caranya : 

Tambahkan Collection pada Bullet Journal kalian 


Collection sendiri adalah komponen pada Bullet Journal yang bisa berdiri sendiri atau terlepas dari Rapid Logging. Dan biasanya Collection adalah kumpulan informasi yang sejenis atau sama. Bisalnya buku yang ingin dibaca, film yang ingin dilihat, wishlist, braindump dll.

Eksplorasi rapid logging yang berbasis harian (daily basis/weekly basis).


Di Bulan ini kita juga bisa bereksperimen dengan Rapid Logging. Eksperimen di sini bisa berupa mengganti-ganti contoh layout, tambahan materi yang dicatat dalam rapid logging, misal food/meal tracker, mood tracker, doodle, quote, time frame, lettering, warna dll. Bebaas.. Haha.. 

Layoutnya sendiri bisa tiap hari ganti atau tiap minggu baru ganti. Kalo yang ingin menggunakan layout yang sama seperti bulan lalu juga gak masalah. Eksplorasi ini gunanya untuk menstimulasi pikiran kita dalam mendapatkan ide baru.


MARET


12 Months Bujo challenge March by ewafebri


Memasuki Bulan Maret, kita tambahkan pola yang agak rumit ya ? Biar terasa gregetnya. Owh iya, tapi challenge Bulan sebelumnya bisa tetep digunakan loh gaes. Hahha.. Sebenarnya Challenge bulan ini adalah tentang mengeksplorasi Collection, hanya saja Collection ini kita buat berdasarkan rapid logging kita. 

Misalnya di Bulan Februari lalu kalian membuat to do list yang berulang pada rapid logging, di bulan ini kita memisahkan kegiatan yang berulang  tersebut pada tabel komponen baru dan membentuk satu collection. Tujuannya supaya kita bisa membuat collection secara mandiri atau sesuai kebutuhan kita sendiri.

Bagaimana caranya ? 


  • Perhatikan Rapid Logging di bulan Februari, perlukah kalian membuat modul atau komponen khusus yang terpisah dari daily log.. ?. Misal habit tracker , time log, memories log, gratitude, doodle page, meal tracker.
  • Buat setup khusus untuk hal tersebut (terpisah dari daily log). Jika kalian ingin mencoba sesuatu yang baru, tapi merasa setup daily yang sebelumnya tidak perlu diganti, kalian bisa menambahkan collection yang lainnya. Misal expense tracker dll.
  • Bulan ini cobalah menggunakan weekly spread untuk rapid logging kalian. Bentuk, dekorasi, materi sesuaikan kebutuhan kalian. Hihi.. Bebaaaas.. !

APRIL


12 Months Bujo challenge April by ewafebri


Jika kalian sudah mulai mensetup  di bulan April, artinya kalian sudah melewati masa kritis ! Selamaaaat ! Hihi.. Tri semester pertama yang paling sulit dalam Bullet Journal. Ibaratnya tuh Struggle is Real ! And that's normal.

Rapid logging ataupun recording memang kegiatan yang monoton, jadi gak heran kadang bikin males. Nah supaya bulan ini kalian makin semangat. Let's build another level to your Bullet Journal. Haha..

Bagaimana caranya ? 


  • Tambahkan Goal pada Bullet Journal kalian. Tentang apa saja ! Bebaaaas.. !
  • Buat list langkah-langkah apa saja yang bisa kalian ingin tempuh untuk mencapai goal itu.
  • Eksekusi Goal tersebut di Rapid Logging kamu.

Untuk memudahkan level ini, tips dari saya adalah buatlah maksimal 3 Goal bulanan dulu. Berdasarkan ke 3 goal tersebut, pecah kembali dengan membuat goal yang lebih detail untuk diraih dalam setiap minggunya. Baru kemudian masukkan tasknya pada Rapid Logging.

Misalnya : 

• Goal April 
  • 8 Postingan Di Blog
  • 4 Design illustrasi 
  • 4 Deadline projects

Berdasarkan 3 Goal bulanan tersebut, kalian bisa memecahkan Goal tiap minggunya menjadi seperti ini.


Weekly Goal in Bullet Journal by ewafebri
Contoh Weekly Goal yang saya setup dipinggiran weekly layout.


• week 1
  • 2 postingan Blog
  • 1 design illustrasi
  • 1 deadline project

week 2
  • 2 postingan Blog
  • 1 design illustrasi
  • 1 deadline project
Dst.

Dengan begitu, kita bisa fokus untuk menyelesaikan Goal mingguannya dan mencapai target yang sudah ditentukan.

MAY


12 Months Bujo challenge May by ewafebri


Jika bulan April kalian sudah menambahkan Goal, bulan ini boleh menambahkan challenge untuk Self development. Misal :  

  • Pingin bisa ngedoodle, buatlah challenge untuk doodle.  
  • Pingin konsisten menulis Blog, ikutan challenge 30 Days Blog Challenge.
  • Pingin belajar nabung (kayak saya.. hihi) buatlah Saving Challenge untuk 1 Bulan ke depan. Misalnya tiap hari berusaha konsisten mengumpulkan uang Rp. 1.000,-. Hihi.. Kan lumayan 30 hari jadi Rp. 30.000,-
  • Pingin konsisten Baca, buat Reading Challenge
  • Atau bisa menambahkan goal yang lain lagi seperti Level 10 of life, dll.
Nah makin makin lengkap kan Bullet Journalnya ? Hihi.. 

JUNE


12 Months Bujo challenge June by ewafebri


Hoooaaaa.. Kalian sudah hampir setengah tahun ber-Bullet Journal Gaes ! Bagaimana rasanya ? Hahaha.. kalo masih lanjut, saya ingin mengucapkan Selamaaaat ! Kalian luar biasa. 

Nah, Berarti isi BuJonya udah makin banyak kan ya ? Haha.. Yuk kita review dulu, apa saja yang sudah kita buat selama 6 bulan ini. 

Berarti dalam Bullet Journal kalian sudah ada komponen berikut ini : 

  1. The Index
  2. Future log
  3. Monthly log
  4. Rapid log
  5. Collection
  6. Goal
  7. Self Improvement Challenge

Nah yang berikutnya sudah saatnya menambahkan Monthly review di Bullet Journal kalian. Buat list hal yang berhasil dilakukan, hal yang gagal dilakukan dan cari tahu alasannya, dan ide-ide baru yang ingin dicoba bulan depan.



Share your Monthly Review. And embrace your failure ! Gagal itu normal. Biar kita bisa belajaaaar.. ❤ iye kan.. ?

JULY


12 Months Bujo challenge July by ewafebri


Ekplorasi Monthly Log kalian. Bandingkan dengan Monthly Review bulan lalu. Dan saatnya mereview planning system kalian.

Bagaimana Membuat Planning System ? 


Planning System adalah cara kalian untuk mengatur waktu. Jika dalam 6 bulan kemarin sudah menggunakan Bullet Journal, akan ketahuan polanya. Misalnya saja setiap pagi yang sering kalian lakukan apa, siang hari hari akti kalian apa dan sore hari kegiatan yang sering dilakukan apa.

Berdasarkan rapid logging yang kalian lakukan setiap harinya, akan lebih mudah mengetahui bagaimana kalian memanfaatkan waktu sehari-hari. Nah dari sini kemudian kita bisa menciptakan Morning Routine dan Evening Routine. Kegiatan yang selalu kita lakukan secara berulang tiap pagi dan sore.

Selain itu planning system juga bisa kita gunakan untuk menentukan apa yang perlu dipertahankan, apa yang perlu diubah dan diperbaiki, dan yang perlu di hilangkan atau diganti dengan yang baru.

Pada dasarnya setelas 6 Bulan berlalu,  format Bullet Journal kalian sudah lengkap loh. Hihi.. Tinggal fokus pada perbaikan sistemnya. Semoga kalian juga sudah mulai bisa mendapatkan layout rapid logging yang cocok.


AUGUST



12 Months Bujo challenge August by ewafebri


Apakah kalian semua masih semangat membuat Bullet Journal ? Haha.. Saat nya sekarang membuat Bullet Journal kalian agak lebih rumit dan njlimet.




Bulan ini kita mulai bisa memadukan sistem Bullet Journal kalian dengan Sistem Produktifitas. Bisa menggunakan GTD (Getting Things Done), Pomodoro, Seinfeld System, Eat That Frog, atau Hybrid System, Pilih salah satu.


SEPTEMBER




12 Months Bujo challenge September by ewafebri


Sudah bulan ke 9 kan ya.. ? Haha.. Sudah saatnya mereview kembali sistem planning kalian. Perlukah menambahkan Sistem Produktifitas ? Atau mengganti dan mencoba sistem Produktifitas lainnya. Atau bahkan cukup menggunakan Bullet Journal saja.

Pada tahap ini seharusnya, kita sudah mulai memahami ritme Bullet Journalnya seperti apa. Apa cukup dengan Basic Bullet Journal atau ingin mencoba pad padan dengan sistem produktifitas lainnya. 

OCTOBER




12 Months Bujo challenge October by ewafebri


Kembangkan sistem yang udah kalian pelajari. Dan cobalah gunakan Time management untuk melatih kita menjadi lebih disiplin.

Time management ini bisa dengan berbagai cara. Misalnya :


  • Menciptakan Morning dan Evening Routine
  • Membuat batasan waktu bekerja agar tidak terganggu hal lainnya (blocking time)
  • Time Tracker dll.

NOVEMBER



12 Months Bujo challenge November by ewafebri


Review sistem produktifitas kamu, coba yang lain atau perbaiki dengan mengoreksi yang sudah kalian lakukan.
Jika kalian sudah menggunakan Bullet Journal hingga Bulan Juni, sebenarnya bagian ini sudah gak perlu dikuatirkan lagi. Karena dalam 6 Bulan dan dilakukan terus menerus, saya yakin kalian sudah mahir dalam berbullet Journal.  Atau gunakan sistem yang sudah dimiliki. 

DECEMBER




12 Months Bujo challenge December bye ewafebri


CONGRATULATIONS.. !

Ini adalah Challenge terakhir kalian. Hihihi.. Kali ini cukup membuat review Tahunan saja. Kalian bisa menggunakan promt berikut ini sebagai acuan reviewnya : 

  • Share bagaimana sistem planning kalian selama 1 tahun menggunakan Buller Journal !
  • Achivement apa saja yang sudah kalian capai dalam 1 tahun terakhir. 
  • Hal apa saja yang ingin diperbaiki
  • Hal apa saja yang ingin diganti atau dicoba
  • Tanyakan pada diri sendiri, apa kalian memerlukan Bullet Journal dalam hidup kalian ?
  • List hal atau project yang masih ingin dilakukan di tahun depan sebagai Migrasi. Yes.. Akhir tahun dalam Bullet Journal memang identik dengan Migrasi. Hal yang belum selesai di tahun sebelumnya, dan ingin dilanjutkan di tahun berikutnya. 
  • Jika iya.. Sudah saatnya menyiapkan buku baru dan buatlah Goal diawal tahun.. Hehe.. You are officially BUJOIST Now !! Haha.. SELAMAAAAT.. !!!

Dan 12 Months BuJo Challenge pun sudah berhasil. Bagi yang sudah menemukan caranya BerBuJo tentu tahun depan bukanlah menjadi kesulitan. Semangat semoga tahun selanjutnya lebih fokus dan produktif lagi. Jika kalian merasa lelah dengan sistem yang sedang kalian gunakan, jangan lupa untuk kembali ke Basic Bullet Journal. 

Dan kalian juga bisa menyimak video berikut ini :




12 Months Bujo Challenge


Ps : jika ditengah perjalanan nanti kalian merasa lelah, it's okay.. ! Normal ! Dan tidak perlu dipaksakan melakukan semua challenge. Pada dasarnya saat challenge bulan 1 - 6 sudah membentuk bullet journal yang lengkap.. Bulan selanjutnya adalah memperkuat dan mengembangkan produktifitas yang sasarannya lebih kepada mindset. Bukan platform Bujonya. So.. Kalian tidak perlu merasa terbebani.. !

Postingan ini adalah postingan yang saya update kembali setelah 2018 ada yang mencoba mengkloning tulisannya Gaes. Jadi sebagian besar tulisannya saya hapus dan saya lengkapi.

Sedih banget ! Pas tahu ada orang lain yang mengkloning postingan ini dan puluhan artikel lainnya dari Blog Ewafebri. Orang yang dengan tega mengambil keuntungan dari usaha keras orang lain. Seandainya dengan mudah di Report Spam ! 

Tapi inilah tantangan menjadi Blogger. Full Time Blogger ataupun Part Time Blogger. Menghadapi orang-orang yang gak bertanggung jawab. 

You May Also Like

17 comments