---------------------------------------------------------------------------------------------------- advertisement --------------------------------------------------------------------------------------------------------

BULLET JOURNAL INDONESIA : STRUGGLE IN BULLET JOURNAL IS REAL !

WHOAAA.....  Rasanya udah lama banget gak update blog ini. Maafkan guys, bulan April kemarin bulan yang menguras tenaga dan pikiran. Tapi jangan kuatir karena saya sudah kembali semangat menebar informasi tentang bullet journal. 

Pernahkah kalian merasa lelah dan berhenti menggunakan bullet journal

Saya rasa kita semua mengalami hal yang sama. Istilah STRUGGLE IS REAL itu memang nyata terjadi. gak cuma tentang masalah kehidupan, bahkan bisa terjadi dalam bullet journal juga. hihi...

Ada beberapa tips dari saya bagaimana saya menghadapi rasa lelah dan putus asa dalam bullet journal. Cara ini memang tidak mutlak akan berhasil tapi setidaknya cara ini bisa menjadi solusi tentang keputusasaan kita. hahaha... 😁

1. MAKSIMALKAN BULLET JOURNAL KALIAN SEBAGAI PLANNER.


Tak bisa dipungkiri bahwa daya tarik bullet journal adalah layout-layoutnya. Tapi jangan lupakan bahwa fungsi utama bullet journal adalah sebagai alat yang membantu kita untuk lebih fokus dalam menjalankan kegiatan kita sehari-hari. 
Dengan mengedepankan fungsi bullet journal sebagai planner kita akan lebih mudah fokus dalam menyelesaikan tugas kita sehari-hari.


MEMAKSIMALKAN FUNGSI BULLET JOURNAL SEBAGAI PLANNER


Meskipun kalian ingin menampilkan kecantikan bullet journal kalian, jangan lupa fungsi utamanya ! dengan begitu kita bisa merasakan manfaat bullet journal itu sendiri.


FUNGSI YANG UTAMA !


Baca juga : 6 Cara Mudah Membuat Bullet journal 


2. BUAT BULLET JOURNAL KALIAN SEINFORMATIF MUNGKIN !


Isi bujo kita tak hanya sekedar planning ataupun macam-macam tracker. Tapi kita juga bisa mengisinya dengan hal-hal yang sifatnya informatif. Seperti contoh gambar dibawah ini :



Beberapa waktu lalu saya mengikuti sebuat test secara Online tentang bagaimana saya mencari dan memahami karakter saya lebih detail lagi. Hasilnya saya tulis dalam bullet journal saya sebagai reminder tentang kemampuan dan kekuatan apa saja yang saya miliki dan bisa saya jadikan sebagai referensi dalam mengambil tindakan dikemudian hari. Ada kurang lebih 100 pertanyaan yang harus saya jawab untuk mendapatkan hasilnya. Dan kesemuanya hampir berhubungan dengan psikologi.


Gambar di atas adalah lanjutan dari informasi tentang hasil test yang saya terima.

3. BEREKSPERIMEN DENGAN HAL YANG BARU


Tentu kita akan merasa bosan kalo dalam bujo kita isinya itu-itu aja, hihi.. Tak ada salahnya kita mencoba sesuatu yang baru yang kita sesuaikan dengan kebutuhan kita. Selain untuk menjajal kemampuan kita, kita juga bisa menggunakannya sebagai motivasi untuk menjadi lebih baik lagi.

Masih ingat tentang 12 MONTHS BUJO CHALLENGE yang saya perkenalkan awal tahun ini? . di bujo challenge bulan Mei kita diberi tantangan untuk membuat SELF IMPROVEMENT CHALLENGE. Berhubung, bertepatan dengan bulan Ramadan yang akan jatuh dipertengahan bulan ini, saya membuat RAMADAN SELF IMPROVEMENT CHALLENGE. 

BEBERAPA HAL YANG INGIN SAYA JALANKAN UNTUK MENJADI MANUSIA YANG LEBIH BAIK LAGI

Ada beberapa hal yang ingin saya perbaiki dalam kehidupan saya, terutama saat Ramadan nanti, sehingga Ibadah kita bisa lebih lengkap ya.. ? hihi...

WHOLE SPREAD

Untuk memudahkan dalam pelaksanaannya, kegiatan tersebut saya bagi ke dalam beberapa bagian waktu, sehingga saya gak merasa terlalu berat ngejalaninnya.




Sama seperti konsep The Power Of 15 Minutes , saya bagi kegiatan tersebut kedalam beberapa waktu p seperti gambar diatas, dengan begitu saya tetep bisa menjalankan kegiatan tersebut dengan rutin (semoga 🙏 )

Beberapa waktu lalu saya juga sempat memposting spreadnya ke grup Minimalist Bullet Journal. Alhamdulilah responnya luar biasa.


Gambar ini adalah SS pada grup Minimalist Bullet Journal dan respon mereka tentang  Ramadan Self Improvement Challenge.

Alhamdulillah responnya sangat baik, bahkan ada juga yang penasaran tentang kapan dimulainya Ramadan dan memberikan selamat menjalankan ibadah Ramadan.


Bahagia banget bisa berguna buat orang lain ya.. ? hihi...






4. WADAH BERKREATIVITAS


Tak semua orang memiliki bakat menggambar atau menulis indah, tapi dengan tekad dan ketekunan tentu kita bisa mempelajari dan mengembangkannya. Jika mengingat kembali tentang kemampuan saya menggambar beberapa tahun silam itu sangat menggelikan, hihi... untuk menyelesaikan 1 gambar kartun saya butuh waktu lama. Tentu berbeda sekali dengan yang sekarang.


Baca juga : ART JOURNAL ( dimana pertama kali ewasticker tercipta.. hihi.. bandingkan dengan sekarang ! jelas beda banget ! hahaha...)
Jika saya membuat illustrasi seperti diatas beberapa tahun silam mungkin butuh 1 minggu untuk menyelesaikannya.. hihi.. Dengan terus berlatih kita bisa membuatnya lebih baik dan lebih cepat.

HANDRAWN STICKERS 
Doodle dan menggambar adalah salah satu hiburan sekaligus hal yang saya sukai, tapi juga harus saya pelajari karena saya gak terlalu pintar soal yang begini, hihi,, karena itu selain sebagai journal dan planner, saya manfaatkan bujo saya untuk melatih kemampuan saya dalam hal menggambar dan mendoodle.



Salah satu hasil corat coret dimana ada ruang kosong dalam bullet journal saya. hihi...
Selain Gambar kalian juga bisa memanfaatkan bujo kalian untuk belajar lettering (yang ini saya gak pernah berhasil.. hahaha.. )



Atau bisa juga untuk menyalurkan hobi mendekorasi dengan sticker yang sudah ada..

BACA JUGA : 10 TIPS MENGISI BULLET JOURNAL 


5.  - YOUR BUJO IS YOURS - 'S RULE


Memandang Bullet journal orang lain itu memang selalu terlihat lebih indah, tapi ingat bahwa Bullet journal itu diciptakan fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Jangan terbebani dengan karya orang lain, buatlah bujo sesuai dengan apa yang kalian inginkan, dengan begitu bujo kalian bisa lebih terasa manfaatnya untuk kalian sendiri.



Itulah tadi beberapa cara menghadapi keputusasaan dalam berbujo,

PAHAMI MANFAATNYA , MAKA KALIAN AKAN JATUH CINTA


See ya... ! hahaha....

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada pertanyaan atau ide , silahkan tinggalkan di kolom komentar. Jangan Lupa Subsscribe supaya tidak ketinggalan tips dan cerita seru !

Newer Post Older Post Home
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

SUBSCRIBE