CARA MENGGUNAKAN MAILCHIMP UNTUK OPT-IN EMAIL

cara menggunakan mailchimp untuk opt-in email


[ewafebri.com] CARA MENGGUNAKAN MAILCHIMP UNTUK OPT-IN EMAIL. Adakah yang tertarik mempromosikan Blognya melalui email marketing ? Apakah kalian bingung bagaimana caranya ? Hmm.. Jangan kuatir, hari ini saya akan berbagi pengalaman bagaimana cara membuat email secara otomatis menyertakan freebie di dalamnya.


CARA MENGGUNAKAN MAILCHIMP UNTUK OPT-IN EMAIL






Promosi Blog untuk mendapatkan pengunjung bisa kita lakukan dengan berbagai macam cara. Salah satunya memanfaatkan email marketing. Apalagi banyak yang ingin membaca update tulisan kita tapi gak ada reminder-nya, nah email marketing bisa menjadi pilihannya.

LAYANAN NEWSLETTER


Sebelumnya saya pernah membahas tentang layanan newsletter Mailchimp. Ada beberapa poin yang saya bahas di sana. Di antaranya tentang alasan kenapa kita memanfaatkan layanan ini. Selain mudah didesain, layanan mailchimp juga ada pilihan gratis dan berbayarnya. Cocok untuk pemula seperti saya. hahaha..

Selain Mailchimp, ada juga beberapa layanan newsletter lainnya yang lebih mudah tanpa ribet mendesain. Sebut saaja Feedburner. Sementara Convert Kit, lebih terlihat untuk profesional. hihihi

JENIS LAYANAN 


Ada banyak jenis layanan yang disediakan oleh Mailchimp. Di antaranya :


  • Landing Page : Layanan yang digunakan sebagai tujuan utama ketika orang mem-browsing halaman Blog kita.
  • Sign Up : Layanan yang digunakan oleh pembaca untuk mendaftar sebagai pelanggan di Blog kita
  • Email : Layanan surat elektronik kepada pelanggan yang berisi tentang informasi dari produk atau tulisan kita.
  • Social Post : Layanan yang dimanfaatkan untuk promosi di sosial media tanpa harus memiliki Blog.

Tapi kali ini kita gak akan membahas tentang layanannya satu persatu ya ? Saya hanya akan membahas tentang bagaimana cara membuat Opt-in email dengan layanan Signup. Namun sebelum itu kita harus mengetahui tentang apa maksud Opt-In lebih dulu.


PENGERTIAN OPT-IN EMAIL 


Secara sederhana yang disebut Opt-In Email adalah menambahkan contact list email pembaca untuk Blog kita. Di mana Contact List tersebut nantinya akan kita gunakan untuk mengirimkan email tentang informasi yang kita miliki. 

OPT-In Email memiliki beberapa jenis. Di antaranya ada single Opt-in, Confirm Opt-in. dan Double Opt-In. Untuk masing masing penjelasannya, kalian bisa membacanya di sini.

Salah satu kelebihan memanfaatkan layanan ini adalah kita bisa mengirimkan informasi berupa produk, layanan atau yang lainnya pada pembaca yang memang bersedia mendaftarkan dirinya secara sukarela. Jadi gak main kirim email sembarangan gitu. hehehe..

Sementara kelemahannya adalah agak ribet, karena prosesnya panjang . Hahaha...

Jadi, bagaimana caranya kita mengumpulkan email tersebut ? Tentu saja dengan membuat Sign Up Form yang nantinya kita pasang linknya dalam Blog kita. 

CARA MEMBUAT OPT-IN EMAIL




Dalam membuat Opt-in dibutuhkan form yang kita gunakan untuk mendaftar. Blogspot sendiri sebenarnya juga sudah menyediakan layanan ini dengan widget send via email-nya.

Widget ini terhubung dengan Rss Feed yang nantinya secara otomatis akan mengirimkan notifikasi email apabila ada artikel baru yang di-publish.

Berhubung saya menggunakan Mailchimp, maka hari ini saya akan membuat tips cara membuatnya. Semoga teman-teman yang dulu sempat mencari tahu (seperti saya) terbantu dengan tulisan ini.

CARA MEMBUAT OPT-IN SIGNUP FORM


  • Langkah pertama tentu saja Sign In ke akun Mailchimp kamu. Jika kalian belum punya, bisa membuatnya di sini.
  • Selanjutnya Pilih menu Create >> Sign Up Form 
  • Pilih jenis sign up form yang kalian inginkan. Bisa Embbed Form >> Pop Up Form ataupun Sign Up Landing Page.  Blog ewafebri menggunakan Sign Up Landing Page dan (Modifikasi) Embed Form yang ada di bagian Widget. 
  • Setelah kalian memilih salah satu jenisnya, kalian akan dibawa ke tahapan desain. Di sanalah kita kan mendesain tampilan sign up yang diinginkan. 
  • Jika pilihan kalian Embbed Form, setelah kalian menyelesaikan desainnya, akan terdapat kode htm yang nantinya kita copy ke dalam Blog kita. Kalian bisa menempatkan pada sidebar, maupun page. Contohnya ada di bagian Contact Me. Jika kalian ingin desain yang sesuai dan lebih menarik, masuklah ke menu yang saya jelaskan di bawah ini.
  • Pada bagian menu ini, kalian akan mendapati menu navigasi di atasnya lagi. Menu tersebut terdiri dari Stats | Manage Contacts | Add Contacts | Signup Forms | Setting | Conversation. 
  • Pilih bagian Signup Form >> Form Builder >> desain sesuai keinginanmu.
  • Jika sudah selesai mendesain. Jangan lupa dipreview lebih dulu sebelum diluncurkan. Owh iya, kalian akan mendapatkan link, yang bisa kalian share ke sosial media, internal link maupun untuk kebutuhan lainnya. Seperti Linktree, dll.
  • Dan.. Sign Up Opt-in kalian pun sudah berhasil. 


Tunggulah email yang mendaftar ke Blog kamu. Untuk menarik minat para pembaca, tak ada salahnya memberikan Freebies seperti Ebook gratis, maupun printable. 

Jika sudah selesai. Saatnya kalian membuat desain email yang dikirimkan ke subscribers. 


KESIMPULAN


Pada dasarnya email marketing itu berfungsi untuk membantu publisher, sekaligus memberikan user-experience terbaik. Oleh karena itu, gunakan kesempatan dan kepercayaan ini sebaik-baiknya. Mentang-mentang kita punya list emailnya, jangan digunakan untuk tindak kejahatan. 

Tips lainnya lagi. Jangan pernah menyebarkan spam pada contact list yang kalian dapatkan. Kirimlah email yang berisi informasi bermanfaat dan berguna kepada pembaca. Heheh.. Jangan lupa juga, sediakan layanan untuk unsubscribe. Bagimanapun user-experienced tetap harus dijunjung tinggi. hahahaa.. 

Itulah step by step membuat Opt-In email. Ke depannya nanti, mungkin kita bisa membahas bagaimana membuat email secara otomatis di Mailchimp ya ? Tetap tunggu informasi selanjutnya. Hehehe..

Ingin tahu contoh memanfaatkan sign up untuk Mailchimp ? Ini dia contohnya :


Biar makin lengkap lagi, jangan lupa ikutan gabung bareng teman-teman lainnya untuk mendapatkan informasi melalui newsletter tiap bulan.

Gak cuma tentang update artikel, tapi juga ada freebie dan tips lainnya. Caranya dengan mengklik tombol gabung berikut ini !