CARA MEMBUAT NEWSLETTER MENGGUNAKAN MAILCHIMP [EMAIL MARKETING]

by - September 13, 2019

cara membuat newsletter dengan mailchimp


[Start Your Day With Ewafebri] Adakah yang belum tahu tentang newsletter ? Itu loh, email yang sering kita terima saat kita sign up di website atau Blog tertentu. Kalo kita subscribe, kita akan mendapatkan update terbaru ke inbox. Nah, kali ini saya akan membahas tentang cara membuat Newsletter Mailchimp email marketing buat pelanggan Blog kita. Simak kuy !

CARA MEMBUAT NEWSLETTER MENGGUNAKAN MAILCHIMP EMAIL MARKETING 


Dari banyak tips blogging yang saya baca, email marketing ternyata memiliki peranan penting untuk kemajuan Blog kita tercinta. Sebenarnya saya sudah penasaran tentang hal ini sejak lama. Tetapi karena gak paham dan gak ngerti cara penggunaannya, walhasil keinginan itu hanya sebatas wacana.

PENGERTIAN NEWSLETTER


Newsletter adalah alat komunikasi yang dikirimkan oleh seseorang atau humas kepada pelanggan yang berisi tentang informasi seputar produk maupun jasa yang ditawarkan.

Gak cuma tentang masalah produk atau jasa aja dink. Bisa apa saja, yang pasti informasi yang bisa membantu publik/pelanggan untuk saling berkomunikasi. 

ALASAN KITA MENGGUNAKANNYA


Konon katanya, email marketing itu menjadi salah satu strategi jitu untuk pemasaran produk maupun jasa yang kita miliki. Termasuk juga yang berhubungan dengan dunia Blogging.

Kita bisa menyampaikan secara langsung kepada pembaca melalui inbox email tentang artikel apa saja yang sudah kita publish. Gak cuma tentang arikel, tapi juga bisa tentang promosi produk atau hal menarik lainnya. 

APA MANFAATNYA ?


Secara umum Newsletter memiliki beberapa manfaat seperti di bawah ini :

  • Marketing. Memasarkan apa yang kita miliki. Entah itu produk, informasi maupun jasa yang kita tawarkan kepada pembaca. 
  • Arsip. Jika ada suatu kasus kita ganti nama domain, pembaca kita terdahulu belum mengetahui nama domain barunya, atau misalnya platform yang kita gunakan mendadak ditutup, paling tidak bila kita memiliki list email mereka, kita masih bisa menjangkaunya kembali. 
  • Media branding dan promosi tentang produk baru yang kita miliki. 
  • Engagement dengan pembaca Blog kita.

MENGAPA MAILCHIMP ?



mailchimp logo


Bagi yang awam seperti saya, Mailchimp merupakan layanan newsletter yang mudah diterapkan pada Blog.

Kita bisa membuat desain layout sign-upnya dengan mudah dan cantik, serta mensetup newsletternya dengan gaya dan kebutuhan kita sendiri.

Ada beberapa template yang ditawarkan yang bisa kita edit sesuka hati, atau kita bisa membuat desain layout sendiri.

Alasan saya menggunakan Mailchimp, jujur ingin mengumpulkan email list sebanyak mungkin. Dengan begitu saya bisa mengirimkan informasi secara uptodate langsung ke inbox kalian.

CARA MEMBUATNYA


Cara membuatnya mudah, hanya saja saya butuh satu tahun memahami cara kerjanya 🤣🤣. Ya mungkin karena saya kurang banyak membaca tutorial penggunaan Mailchimp. 🤭

SIGN UP FORM


Sign Up Form adalah form registrasi yang akan kita gunakan untuk mengumpulkan email para pembaca sehingga kita bisa langsung mengirimkan informasi ke inbox mereka. Bentuknya juga bermacam-macam, Ada yang pop up, simple atau classic, embedded yang bisa kalian desain sendiri.

Berikut ini step by step bagaimana kita memanfaatkan layanan Mailchimp :


  • Daftar terlebih dahulu dan buatlah akun. Jika kalian ingin mencobanya, silahkan klik Sign Up Mailchimp.
  • Setup profile kalian. 
  • Buatlah sign up form yang akan digunakan oleh para pembaca untuk berlangganan di Blog kamu. 
  • Caranya dengan mengklik create a campaign
  • Buat Judul untuk list nama/grup yang akan kita kirimi newsletter.
  • Desain layoutnya sesuai dengan yang kamu inginkan. 
  • Ada beberapa pilihan tipe sign up. Pilihlah seseuai dengan yang kamu inginkan. Copy linknya ataupun htmlnya, pasang di Blog kamu.

WELCOME MESSAGE


Welcome Message adalah email khusus setelah seseorang melakukan subscribe ke Blog kamu. Email ini ibarat penyambutan secara personal kepada pembaca yang bersedia menjadi member dari email list kita.

Supaya menarik minat subscriber baru, biasanya pada bagian welcome message mereka juga menyertakan semacam Giveaway Ebook atau Free Printable gambar maupun sticker.

Caranya membuat Welcome Message mudah kok :


  • Pilih create campaign, lanjut pilih Email.
  • Pilih Automation.
  • Pilih Subscribe Activity
  • Pilih Welcome New Subscriber
  • Pilih single email
  • Design email kamu. Kalian bisa menambahkan link Giveaway atau File free printablenya.
  • Send A Campaign.

Email akan dikirim ke setiap member baru yang daftar ke Blog kamu. Dan mereka bisa mendapatkan Printable yang kalian tawarkan dengan cara mendownloadnya. Pastikan memberikan beberapa penjelasan supaya mereka bisa menggunaknnya.

NEWSLETTER CAMPAIGN


Nah saatnya kalian mensetup newsletter campaignnya. Kalian bisa memilih kapan waktu yang tepat untuk mengirimkan update emailnya. Saran saya jangan terlalu spamming.

Jika dalam seminggu ada banyak artikel yang kalian publish (misalnya ODOP nie, berarti tiap minggu ada minimal 7 artikel  yang dibuat kan ?) Kalian bisa memilih mengirimkannya setiap minggu.

Tapi apabila dalam satu minggu tak terlalu banyak artikel yang dipublish, kalian bisa memilih setup Bulanan. Dengan begitu teman-teman yang sudah mendaftar menjadi subscriber tidak ketinggalan update artikel yang kita buat.

  • Selanjutnya kalian bisa membuat template untuk newsletter kamu. Ada 2 pilihan yang bisa kita gunakan. Yang pertama membuat template secara manual. Kedua bila ingin otomatis dan sistematis kita bisa memanfaatkan RSS feed.
  • Saya memilih newsletter yang memanfaatkan RSS feed. Supaya saya tidak repot untuk mendesainnya secara berulang. Dengan RSS feed kita bisa secara otomatis menampilkan judul dan snippet artikel pada Blog kita yang akan dikirimkan ke inbox pembaca. Mudahnya lagi, kita bisa mengatur/schedulling kapan waktu yang tepat untuk mengirimkan email tersebut.
  • Caranya sama seperti membuat Welcome message di atas. Kalian masuk ke dalam Create Campaign dan pilih yang Automation, lanjut ke Share Update Post. 
  • Setup nama, waktu, dan subject yang dibutuhkan untuk newsletter kalian. 
  • Lanjut masuk ke area design newsletternya. Ada banyak pilihan fitur yang bisa kita manfaatkan. Ada logo, image, text artikel, button, dan juga footer. 
  • Perlu diperhatikan, biasanya bagian footer sudah dibuat kode khusus yang secara otomatis akan memunculkan informasi dari Blog kamu. Jadi pastikan saat mengisi profile kita, berikan informasi yang baik dan benar. 
  • Sebelum kalian kirim sebagai campaign, pastikan untuk mengecek tampilannya lebih dulu dengan cara mengirimkan test email atau preview, perbaiki jika ada kesalahan. Dan Click send. 

Begitu kalian mengklik tombol send campaign, maka secara otomatis Mailchimp akan mengirimkan Newsletter kepada pembaca kamu, sesuai waktu yang telah kamu tentukan.  

    Perlu diketahui juga bahwa layanan Mailchimp ini ada yang gratis ada juga yang berbayar (langganan). Terutama jika kalian ingin menggunakan banyak fitur yang ditawarkan. Atau jika subscriber kalian sudah mencapai 2000 orang.

    KESIMPULAN 


    Yang menarik dari Mailchimp bagi saya adalah newsletter mudah didesain sesuai keinginan kita. Sementara newsletter melalui RSS feed, mungkin terlihat biasa saja ya ? hihihi..

    Nah, tapi ada salah satu kekurangan dari Mailchimp Ini, Yaitu widgetnya bisa mempengaruhi kecepatan loading Blog kita karena Mailchimp merupakan layanan dari pihak ketiga atau 3rd Party.

    So.. sebelum kalian memutuskan menggunakannya, mantapkan jiwa dulu untuk menggunakannnya.

    Postingan ini juga saya buat untuk memberikan informasi yang sebaik-baiknya, karena saya tidak ingin menjerumuskan kalian ke dalam keputusan yang salah. hahaha...

    Bagaimana ? Apakah kalian ingin memanfaatkan Mailchimp ? Jika kalian penasaran seperti apa penampakannya ? kalian bisa mencobanya dengan mendaftarkan email kalian menjadi subscriber ewafebri.com dengan cara mengklik image di bawah ini.


    tips blogging ewafebri


    Owh iya, kalian juga bisa unsubscribe kapanpun kok. tak perlu kuatir ! saya tidak akan membuat spamming di email kalian setiap hari. Hihihi.. Dan jika kalian tidak menemukan update dari Blog ewafebri, pastikan untuk mengecek bagian SPAM ya ? dan simpan emailnya supaya kelak gak masuk ke spam lagi.

    HAPPY BLOGGING !

    You May Also Like

    0 comments