TIPS BERHENTI MENGELUH ? INI DIA CARANYA !

tips berhenti mengeluh



[Start Your Day With Ewafebri] Tips Berhenti Mengeluh ? Ini dia caranya ! Beberapa waktu lalu saya membaca DM di Instagram. Dia menyampaikan rasa berterima kasih banyak, karena tulisan saya tentang Jangan Berhenti Di Tengah Jalan, membuatnya bisa mempertimbangkan keputusannya tentang kuliah.

Senang dan terharu, karena tulisan dan pengalaman saya bisa bermanfaat untuk orang lain. Kali ini pun sama, saya ingin berbagi pengalaman tentang bagaimana berhenti mengeluh, dan apa dampaknya dalam kehidupan saya saat ini. 

TIPS BERHENTI MENGELUH ? INI DIA CARANYA !



Awal (setelah memutuskan berhenti kuliah) ada banyak perubahan yang terjadi dalam hidup saya. Sayangnya perubahan ini bukan ke arah yang lebih baik, tapi justru ke arah yang tidak baik.

Dari mulai sulit mencari pekerjaan, hingga berasa sungkan numpang di tempat keluarga tanpa memiliki penghasilan. Pekerjaan pun tak ingin pilih-pilih. Apapun jenisnya, asal saya mampu dan halal, akan saya kerjakan.

Alhamdulilah, pada akhirnya saya mendapatkan pekerjaan. Sekitar tahun 2006, saya diterima bekerja di salah satu Toko yang khusus menjual peralatan lukis. Sayangnya, dulu saya tipikal orang yang tak pernah bersyukur. Udah dapet pekerjaan, udah dapat penghasilan, tapi bawaannya masih kurang aja.

Bahkan sempat saya mengalami masa dimana gali lubang tutup lubang itu merupakan hal yang lumrah. Hingga suatu hari saya diberi kesempatan untuk belajar oleh Tuhan dengan ujian dalam kehidupan saya.

MENGAPA KITA MENGELUH ?


Apa sebenarnya yang melatarbelakangi manusia menjadi seorang pengeluh ? 

Ada banyak penyebab mengapa kita menjadi orang yang suka mengeluh, di antaranya :


  • Seringkali kita gagal dalam melakukan sesuatu. Dan berakhir dengan kecewa dan marah-marah gak jelas. Ini awal timbulnya kebiasaan mengeluh.
  • Tidak percaya diri bahwa kita mampu menyelesaikan masalah yang ada. 
  • Kurang bisa bersyukur terhadap apa yang kita miliki. Nafsu keinginan mengalahkan segalanya.
  • Tidak bisa ikhlas dalam menghadapi ujian hidup.
  • Lari dari tanggung jawab atas apa yang terjadi dalam hidupnya. Terutama menyangkut permasalahan yang timbul. 
  • Kita seringkali merasa tidak puas dengan apa yang terjadi. Kita pinginnya begini, eh ternyata yang terjadi begitu. Alih-alih memandang dengan perspektif yang berbeda, kita justru memilih mengeluhkannya. 


Awalnya kita mengeluh sesekali. Karena sering dilakukan, lama-lama menjadi kebiasaan dan menetap menjadi mindset.

Ini yang berbahaya ! Kita lama-lama menggunakan keluhan sebagai solusi pada setiap masalah yang ada. 

Lucu ya manusia itu kadang-kadang, hahaha.. Kita sering kali baru belajar jika sudah mendapat teguran. Kok ya gak mengantipasi atau merencanakan lebih dulu gitu loh. hihihi..

Tapi untunglah. setelah mendapatkan tamparan telak dalam hidup, akhirnya saya sadar dan mulai mengubah cara pikir saya.


MENGUBAH MINDSET




Hal pertama yang saya lakukan untuk memperbaiki kualitas hidup adalah berhenti mengeluh. Saya baru menyadari, kebiasaan mengeluh saya itu justru membuat hidup semakin terpuruk. Hal negatif yang kita pikirkan dan lontarkan hampir setiap waktu, justru memperburuk keadaan, bukan menyelesaikan masalah sama sekali.

Dan semakin sering kita melakukannya, semakin mindset kita dipenuhi hal-hal yang seolah hanya masalah. Bahkan untuk membuat kita mendaftar hal yang kita syukuri saja, rasanya sulit banget. Ini karena otak kita sudah didominasi oleh hal yang negatif.





Menyadari diri bahwa sudah menjadi toxic people, membuat saya mencari jalan keluar supaya tidak terjerumus makin dalam. Di awali dengan memanfaatkan journaling dengan membuat gratitude journal, merupakan langkah pertama saya untuk menjadi manusia yang lebih baik.

Dengan journaling saya bisa lebih paham, bagaimana pikiran saya bekerja dan merespon suatu masalah. Dari sini kemudian saya mencari solusi dari setiap permasalahan yang terjadi dalam hidup.

Hamdalah setelah mengurangi kebiasaan mengeluh, saya mulai bisa mendapatkan solusi hidup dengan lebih mudah. Ini karena, dalam otak saya bisa menyediakan beberapa opsi solusi dibandingkan kalimat untuk mengeluh. Dan tentu saja, hal ini juga membuat hidup saya lebih produktif.

Jadi ibaratnya tuh gini, kalo dulu :

" Setiap kesalahan, selalu diakhiri dengan mengeluh dan mencari kambing hitam. Walhasil masalah utamanya justru tak pernah terselesaikan. "

Kalo sekarang :

" Setiap kesalahan yang saya lakukan, akan saya perbaiki dengan cara pertama, jika masih gagal, cara kedua dan seterusnya. Jadi saya gak sempat memikirkan kalimat keluhan yang serung saya utarakan. "

Nah, Solusi yang pernah gagal di permasalahan pertama, kadang bisa saya terapkan ke masalah lainnya. Jadi apapun caranya bisa menjadi pengalaman dan pelajaran hidup, daripada gak berbuat apa-apa kan ya ? hehehe..

BACA JUGA : 



KEUNTUNGAN BERHENTI MENGELUH


Di sinilah lambat laun ide kreatif saya makin bertambah dan makin banyak. Dan ini membuat saya lebih mudah menghadapi permasalahan selanjutnya.

Selain menghasilkan solusi dari permasalahan kita, berhenti mengeluh itu bisa memberi banyak keuntungan juga. Di Antaranya :


  • Lebih Efisien dan Produktif. Misalnya, kalo dulu saya selalu menyempatkan waktu untuk bercerita tentang keluhan saya pada orang lain, kalo sekarang, waktu tersebut malah digunakan untuk mencari solusinya. Bahkan kadang malah saya manfaatkan untuk membuat ide tulisan, dan berakhir menjadi postingan di Blog. Hahaha...
  • Hati lebih legowo, karena stress akibat hal negatif jadi berkurang. Ibaratnya gak nambahin beban baru dengan segala macam keluhan tadi. Ya kan dari pada mengumpulkan list-list hal negatif di kepala, mendingan menggantinya dengan bekerja. Yekan ?
  • Meningkatkan kreatifitas. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, berhenti mengeluh bisa membuat kita lebih kreatif loh. Karena kita selalu berusaha menemukan cara untuk mengatasi masalah yang ada.
  • Mengurangi vibe negatif. Bayangkan jika pagi hari, begitu sampai tempat kerja, lantas kita mengeluhkan segala hal bahkan transportasi, hampir setiap hari. Apa ya gak orang-orang sekitar jadi ikutan Bete, yekan ? Mereka jadi males karena pagi hari udah terpapar aura negatif. 
  • Menjaga kesehatan mental (bahkan fisik juga). Berhenti mengeluh, salah satu hal yang bisa menjaga kesehatan mental kita. Karena apa ? Otak kita tidak diasupi dengan hal negatif setiap waktu. Paling tidak dia bisa bernafas dengan lega, tanpa tekanan baru lainnya. 
  • Meminimalisir kesalahpahaman dengan orang lain. Hayoo.. kadang tanpa kita sadari, keluhan kita itu juga ada sangkut pautnya sama orang lain kan ya ? Kadang tanpa bermaksud menyindir orang lain pun, mereka yang mendengar keluhan kita bisa saja tersinggung. Walhasil hubungan pertemanan maupun keluarga jadi memburuk, yekan ? musuhan deh !


Itu beberapa keuntungan yang saya dapatkan setelah berhenti mengeluh. Lantas, bagaimana caranya supaya kita tidak mengeluh setiap saat dan setiap waktu ? (jangan sambil nyanyi bacanya, hihihi..) 

TIPS BERHENTI MENGELUH



Berikut ini ada beberapa cara yang saya gunakan untuk mengubah mood yang hancur dan terhindar dari masalah mengeluh. 

MENULIS


Jika saya mulai ingin mengeluhkan sesuatu, biasanya saya langsung mengambil buku ataupun menulis draft Blog. Menulis menjadi salah satu terapi terbaik saya saat ini. Apa yang saya tulis, bisa saja hal yang berhubungan dengan masalah yang ada. Ataupun materi yang gak ada hubungannya sama sekali. Paling tidak menulis bisa mengurai pikiran saya yang lagi ruwet. 

Terutama jika saya menulis hal yang berhubungan dengan permasalahan yang terjadi, biasanya saat menulis itulah saya bisa mendapatkan ide solusinya. Karena menuliskan kembali permasalahan yang ada, membuat saya bisa berfikir kembali dengan persperktif yang berbeda. Itulah kenapa Journaling bisa mengubah hidup saya menjadi lebih baik. 

MENDENGARKAN LAGU KESUKAAN


Musik juga bisa membuat pikiran kita jadi lebih tenang. Etapi ini tergantung masing-masing orang ya ? Ada musik Zen, atau malah dangdut. Apapun jenis musiknya, yang terpenting adalah yang kalian sukai. Iya kan ? Kalo saya sih udah pasti mendengarkan Playlist Lagu Wajib Saya

Meskipun musiknya terkesan "keras", berhubung saya menyukai dan menikmatinya, ya sah-sah saja. Hahaha.. yekan  ? Bisa bikin hati saya senang dan lupa ngeluh, karena saya sibuk mengikuti lirik lagunya. 

MENYIBUKKAN DIRI


Mengerjakan sesuatu seringkali membuat kita lupa akan hal yang ingin kita keluhkan tadi. Karena otak kita harus fokus pada apa yang sedang dikerjakan.

Daripada kalian ngomel-ngomel gak jelas, mendingan selesaikan pekerjaan yang ada aja, atau memperbaiki kesalahan sebelumnya. Kalo males, cari aja kesibukan lainnya. Pokoknya jangan sibuk ngeluh aja dah !

MENIKMATI UDARA LUAR


Saya tahu, udara jaman sekarang memang tak sesegar jaman dulu, tapi untuk mengembalikan mood yang sempat jeblok, tak apalah menikmati pemandangan diluar sebentar. Tapi kalo gak bisa keluar, ya pilih aja tips yang lainnya. Menulis misalnya, yang penting jangan ngeluh aja. hahahaa..

MELATIH POSITIVE AFFIRMATION


Apa sih Positive Affirmation ?

Affirmation dalam bahasa Indonesia berarti penguatan atau penegasan. Sementara Positive artinya positif (hihihi). Berarti jika digabungkan menjadi penegasan positif.

Namun istilah Positive Affirmation secara garis besar adalah mengubah state of mind kita, yang biasanya berpikiran negatif, menjadi lebih positif. Misalnya saja, kita sering meragukan kemampuan diri sendiri, " gw gak mampu ! ". Memberikan positif affirmation itu menegaskan diri kita bahwa kita mampu melakukannya. Misalnya saja, " Kalo saya coba pasti bisa nih, kalo pun gagal bisa pake cara lain. yang penting dicoba dulu !".

Intinya, memberikan asupan baik pada diri sendiri dengan kata-kata yang suportif dan memotivasi.

BACA JUGA :



KESIMPULAN


Jadi gimana ? Apakah kamu akan berhenti mengeluh ? 🤭🤭🤭 

Semua tergantung dari niatmu. Bagi saya, berhenti mengeluh itu bisa menciptakan peluang baru. Karena saya bisa melihat setiap masalah dengan berbagai sudut pandang.

Bahkan pameran 30 x 30 kemarin yang saya ikuti juga merupakan salah satu solusi supaya ke depannya saya tak mengeluh tentang masakah iklim lagi. Ya paling tidak mengingatkan sesama bahwa bumi kita sedang dalam keadaan krisis. 

Mengeluh lah sewajarnya, sambil mencari solusi tentunya. Jangan mengeluhkan hal yang sama setiap hari jika kalian bahkan tak berusaha untuk mengubahnya.

Mengeluhkan layanan atau produk yang tak sesuai dengan penjelasannya, bisa membantu perusahaan untuk lebih meningkatkan kualitasnya. Tapi jika mengeluhkan hal yang tak sesuai dengan standart hidup, artinya kamu harus mencari layanan atau produk yang cocok untukmu. Sesimpel itu tidak mengeluh ! Yaitu lakukan sesuatu.

STOP COMPLAINING, DO SOMETHING !