TUTORIAL BULLET JOURNAL INDONESIAUNTUK PELAJAR

by - August 19, 2019

tutorial bullet journal indonesia untuk pelajar


[Start Your Day With Ewafebri] Apa saja isi Bullet Journal Untuk Pelajar ? Kalo kamu seorang pelajar, mungkin sering mencari inspirasi tentang isi Bullet Journal. Sebenarnya banyak hal yang bisa kalian gunakan untuk mengisi Bullet Journal. Tapi bagi yang bingung mengisinya tentang apa saja, mungkin beberapa ide di bawah ini bisa digunakan.

TUTORIAL BULLET JOURNAL INDONESIA UNTUK PELAJAR


Kalo ngomngin Bullet Journal secara spesifik seperti saat ini, artinya kita sedang membahas tentang collectionnya Bullet Journal. Karena metode Bullet Journalnya sendiri sama saja kok. Mau pelajar, Blogger, maupun pekerja, cara setupnya ya itu-itu aja.

Tentang bagaimana tutorial membuat Bullet Journal, saya sering membahasnya di kumpulan artikel Bullet Journal. Tapi jika ingin artikel yang lebih spesifik, saya membuatnya di artikel Panduan Lengkap Bullet Journal 2019.

Yang terpenting dalam Bullet Journal adalah menguasai metodenya terlebih dahulu. Oleh karena itu, saat kalian pertama kali mencoba Bullet Journal, cobalah untuk membuat basicnya terlebih dahulu. Jika sudah terbiasa kalian bisa mulai membuat sesuai dengan apa yang kalian inginkan.

Bullet Journal untuk pelajar sebenarnya hampir sama dengan Bullet Journal Untuk Blogger maupun untuk yang lainnya. Namun beberapa collection berikut ini bisa kalian jadikan referensi untuk membuatnya.

COLLECTION BULLET JOURNAL UNTUK PELAJAR


Collection untuk Bullet Journal sebenarnya bisa apa saja tergantung kebutuhan kita. Ada yang berhubungan tentang pelajaran maupun tentang hal lain yang menarik minat kita. Tapi beberapa collection berikut ini bisa jadi collection yang digunakan oleh siswa untuk memaksimalkan proses belajarnya.

Sebelum kalian membuat Collection Sekundernya, jangan lupa untuk membuat Collection Primernya lebih dulu. Di antaranya adalah :


TIME TABLE ATAU DAFTAR MATA PELAJARAN



cara membuat bullet journal untuk pelajar


Buat yang masih pelajar mungkin tak asing dengan time table atau bisa disebut juga dengan daftar mata pelajaran. Kalo jaman dulu waktu saya sekolah, biasanya dalam 1 minggu dipilah-pilah kan mata pelajarannya ? Kalo jaman sekarang, saya juga kurang paham sih modelnya kayak apa. hihihi..

Yang pasti kalian bisa membuat daftar pelajaran sebagai reminder selama kegiatan belajar. Buat yang sudah kuliah kalian bisa mengisinya dengan silabus yang sudah ditentukan. Bedanya sama anak sekolah kan biasanya silabusnya (Sistem Kredit semesternya) harinya loncat-loncat alias gak selalu sama.

Kalo orang kerja jadi content creator, mungkin ini semacam schedule post gitulah kira-kira. Hihihi..  

GOAL TRACKER


Supaya kalian fokus, buatlah Goal yang ingin dicapai. Misalnya saja seberapa tinggi nilai yang ingin kalian raih di mata pelajaran tertentu. Dengan begitu kalian bisa mencari cara maupun solusi bagaimana cara meningkatkan nilai tersebut nantinya.

Goal ini, gak cuma tentang nilai. Bisa saja tentang kegiatan lainnya juga. Misalnya saja kalian ingin mengikuti lomba olimpiade dan mentargetkan menjadi juara. Dengan menuliskan target kalian bisa lebih fokus untuk mengejarnya. 

TUGAS/PR TRACKER

 
Contoh layout untuk tugas tracker maupun assigment


Gak ingin dapet nilai jelek karena sering lupa ngerjain tugas ? Mendingan bikin layout khusus tentang tugas atau PR tracker. Dengan begitu kalian bisa mengetahui apa saja tugas yang harus dikerjakan dan diselesaikan terlebih dahulu.

Saranb saya jangan lupa untuk menuliskan tenggat waktunya juga, jadi kalian tahu kapan deadline supaya gak ketinggalan ngumpulinnya. 

STUDY TRACKER

 

Contoh study tracker layout pada bagian sebelah kanan

Ingin tahu berapa banyak waktu yang telah kalian manfaatkan untuk belajar ? Mungkin bisa mencoba menggunakan time tracker / study tracker. Gunanya sebenarnya untuk merekan seberapa produktif kamu.

Apakah kamu memanfaatkan waktu dengan baik atau justru banyak buang waktu untuk hal yang kurang bermanfaat ? hahaha.. (ini saya banget waktu jaman dulu, dan saya sekarang menyesal kenapa saya banyak menyia-nyiakan waktu percuma ? )

READING TRACKER

 

Contoh reading tracker (kalian bisa menggantinya dengan sylabus/mata pelajaran)

 


Membaca bagi sebagian orang tidak selalu menyenangkan. Tapi sebagai siswa kan memang seharusnya kita lebih banyak membaca supaya lebih banyak informasi yang kita dapatkan. Reaing Tracker bisa menjadi pilihan supaya kalian semangat untuk membacanya.

Dengan Reading tracker kalian bisa membagi beberapa materi untuk dibaca, jadi tak dibaca semua langsung. Tapi sesuai dengan keinginan saja. Mau lebih seru dan gak membosankan, kalian bisa menerapkan The Power OF 15 Minutes untuk membaca. Jadi kalian hanya membutuhkan 15 menit saja untuk membacanya, kalo sanggup lebih ya gak masalah. Hihihi.. 

STUDY PLANNING

 

Menentukan sistem planning yang tepat.

Cara ampuh mengatur waktu adalah dengan membuat study planning. Selain time table yang kalian gunakan untuk di sekolah atau universitas, Study Planning adalah rencana yang kalian gunakan untuk belajar di rumah atau di luar waktu sekolah.

Collection ini juga bisa kalian manfaat jika kalian sedang menjalani Homeschooling. Buatlah jadwal belajar yang menurut kalian waktu ternyaman dan cocok untuk belajar. Kenapa harus nyaman ? Belajar dengan nyaman bisa membuat kita lebih cepat paham daripada terpaksa. Hihihi..

Study Planning bisa dimulai dengan membuat rutinitas harian. Jam berapa saja waktu yang bisa kalian manfaatkan untuk belajar ? Misalnya saja bagi yang bersekolah :

  • kalian bisa membuat planning belajar 15 - 30 menit mengulang pelajaran setelah pulang sekolah
  • 15 membaca pelajaran yang akan dibahas keesokan harinya, menyiapkan waktu tertentu untuk mennngerjakan tugas ataupun PR.
  • Memanfaatkan libur sekolah untuk hal yang bermanfaat, misalnya mengasah kreatifitas, dll. 
  • Review sistem planning kalian setiap semester. Apa yang harus diperbaiki, apa yang harus diganti dan ditambahkan, dst.

Pada intinya study palnning adalah mengatur waktu sebaik-baiknya untuk bisa mencapai Goal yang sudah kamu tetapkan sebelumnya.

WEEKLY RAPID LOGGING




Kalo yang satu ini memang nyawanya Bullet Journal gaes. Rapid Logging bisa berbentuk macam-macam sebebnarnya. Bisa berbasis harian bahkan mingguan. Nah buat yang sering bingung bagaimana mengisi Bullet Journalnya, berikut ini tips membuat rapid logging versi simple dan gak ribet untuk pelajar.

  • Susunlah Rapid loggingmu di awal minggu, bisa dibuat saat hari minggu.
  • Tentukan to do list atau task apa saja yang ingin kalian selesaikan minggu depan. (kalian bisa mencatatnya di the task page atau braindump supaya tidak lupa)
  • Buatlah dalam bentuk list dari atas ke bawah tanpa ada tanggalnnya. 
  • Pada kolom paling kiri, buatlah dalam bentuk sederet nama hari. Dari Senin hingga Minggu (kalo saya sering menyusunnya dimulai dari hari Minggu dan berakhir hari Sabtu).
  • Jika to do list atau task list sudah kalian lakukan, tinggal beri tanda mark pada harinya, dan juga beri silang sebagai penanda pekerjaan sudah dilakukan. 

Keuntungan menggunakan rapid logging versi weekly spread di atas adalah kita gak perlu bingung tentang menentukan harinya. namun, di saat yang bersamaan kita bisa fokus terhadap pekerjaan apa saja yang harus di selesaikan.

KESIMPULAN


Collection ini bersifat tidak mutlak ya Gaes, kalian bisa membuat sendiri collection lainnya. Ini hanya beberapa contoh yang bisa kalian gunakan untuk referensi dalam membuat Bullet Journal khusus untuk pelajar.

Kalian juga bisa menginput Collection seperti Book To Read, Expense Tracker, Assignment Project, dll. Apapun yang kalian butuhkan untuk bisa mencapai target yang sudha ditentukan boleh banget ditambahkan di Bullet Journalnya.

Baiklah, sekian ide tentang Bullet Journal Untuk Pelajar. Semoga setelah membaca postingan ini kalian bisa terinspirasi untuk membuatnya sendiri. dan semoga dengan memanfaatkan Bullet Journal, makin banyak achivement yang kalian dapatkan.

Untuk ide Bullet Journal Lainnya, kalian bisa mencarinya di Start Here Bullet Journalist. Jika ada ide atau permintaan yang ingin dibahas seputar BuJo, kalian bisa menuliskannya di kolom komentar disquss di bawah ini.


HAPPY BUJOING !









You May Also Like

0 comments