CARA BLOGWALKING YANG BAIK

by - August 30, 2019

cara blogwalking yang baik


Blogwalking memang kegiatan yang menguntungkan bagi para Blogger. Tapi bukan berarti tak ada sisi negatif yang ditimbulkannya. Alih-alih memberi keuntungan, jika tak dilakukan dengan cara yang benar, Blogwalking justru sangat merugikan. Untuk menghindari dampak tersebut, hari ini saya akan membagikan tips cara blogwalking yang baik. 🤭🤭🤭 Supaya pembaca dan pemilik Blog sama-sama tidak dirugikan.

CARA BLOGWALKING YANG BAIK


Kalo dipikir-pikir ngeblog aja kok ya banyak banget aturannya ya ? jadi bikin males gak sih ? Etapi gak boleh begitu juga. Demi Blog kita menjadi baik dan sehat, serta bermanfaat untuk orang lain, kita memang harus sedikit berusaha merawatnya. Hahaha..

Tapi tahu gak sih gaes, Blogwalking itu ternyata istilah yang populer di Indonesia saja. Saat saya research tentang masalah Blogwalking ini, tak banyak artikel dari luar negeri yang membahasnya. Tapi bukan berarti mereka tak melakukannya, hanya saja gempita istilah ini terkenalnya cuma di Negara +62 #JulidAlaNetizen 🤭🤭🤭.

Ngomong-ngomong, Blogwalking yang tidak dilakukan secara benar, justru bisa merugikan loh. Bukan cuma untuk pemiliki Blog tapi juga buat kita sendiri. Ada dampak tak kasat mata yang terjadi akibat Blogwalking sembarangan "halaaah.. Hahaha.." langsung kita bahas kerugiannya aja deh, kuy !.

KERUGIAN BLOGWALKING


credit : slothilda.com


Jika sebelumnya saya pernah membahas tentang manfaat Blogwalking. Kali ini saya ingin menyoroti kekurangannya, apabila dilakukan dengan cara yang kurang tepat.

Apa saja dampak yang ditimbulkan akibat aktivitas Blogwalking yang tidak baik ?

Meningkatnya Nilai Bounce Rate


Blogwalking yang tidak natural alias dipaksakan, menyebabkan Bounce Rate yang tinggi bagi pemilik Blog. Kondisi ini bisa timbul, misalnya : Ada suatu event yang pesertanya diharuskan melakukan Blogwalking ke sesama member, kemudian diberi batas waktu tertentu untuk bisa menyelesaikan tugas Blogwalkingnya.

Tanpa disadari, saking banyaknya member yang ikutan, ditambah adanya batas waktu, menyebabkan mereka blogwalking dengan cara secepat kilat. Bisa saja hanya meninggalkan jejak di komentar dengan bahasa sekenanya. Lalu berseluncur ke Blog lainnya.

Menurut Google kunjungan yang terlalu singkat ini justru menjadikan Blog yang dikunjungi seolah tak menarik. Dan meningkatlah si Bounce ini (Duh Bonceeeu ! Meuni geuleuh).

Dianggap Spammer


Berhati-hatilah apabila melakukan Blogwalking. Alih-alih mendapatkan feedback (kunjungan balik) dari sang pemiliki, malah dianggap sebagai spammer oleh Google. Kan Zeubeul !

Jangan panik dulu ! atribut spammer hanya terjadi apabila kita melakukan aktivitas yang ngasal.

Pernah tahu kan ada komentar yang cuma " nice.. " aja. Hihihi.. Sebenarnya sih gak masalah juga tapi bisa-bisa akun kita disangka spam sama Google.

Mungkin si Google mikirnya, "ini pasti cuma pingin nanem backlink aja nih. kagak mau usaha dikit. Dasar Bambaaaaannkk !".

Jadi, berkomentarlah yang sesuai dengan apa yang sedang dibahas oleh penulisnya. Itung-itung komentar kita akan menjadi sumber backlink yang baik. Bukan hanya itu, kalo yang lain ikutan baca komentar kita siapa tahu jadi tertarik mengunjungi Blog kita with sincerity. Yekan ? Hehehe..

Menurunkan Traffic Organik


Pernah gak sih merasa bahwa pageview kita hanya akan meningkat jika kita melakukan Blogwalking saja, sisanya ya begitu-begitu aja. Ini mungkin terjadi karena adanya feedback dari narablog lain yang sudah kita kunjungi.

Atau kasus lainnya adalah kita ikutan Blogwalking pada suatu komunitas. Nanti sesama member akan saling bertandang ke Blog masing-masing. Hal ini hanya akan menambahkan trafik secara referral saja, bukan secara organik.

Pada dasarnya tak ada salahnya dengan jenis traffic ini, tapi akan lebih afdol kalo traffic yang kita dapatkan justru yang organik. Mengingat kita gak setiap saat bisa Blogwalking kan ? ya masa kalo kita berhenti Blogwalking, njuk kemudian trafik ikutan anjlog.

Kondisi  ini pernah terjadi saat saya ikutan Blog challenge kemarin hihihi..  Begitu challengenya selesai, selesai juga peningkatan grafik trafiknya. Alias trafik merosot tajam sodaaaraaa... !


Giphy

Supaya kejadian serupa tak terjadi pada kalian semua, pastikan untuk membuat artikel yang memang akan dibaca maupun dibutuhkan oleh orang lain. Semacam konten pillar gitu. 🤭🤭

Dengan begitu kalian akan mendapatkan trafik organik.  Dan jangan lupa untuk memaksimalkan kontennya dengan beberapa cara berikut ini :



Masih banyak lagi tips lainnya tentang meningkatkan traffic Blog kamu di Blogging Corner

Ketiga kerugian akibat Blogwalking di atas bisa terhindarkan apabila kita melakukan beberapa cara Blogwalking dengan benar. Adapun etika Blogwalking yang baik dan bisa menguntungkan kedua belah pihak adalah sebagai berikut : 

TIPS BLOGWALKING DAN ETIKANYA !




Memang sih rasanya agak konyol banget, masa Blogwalking aja harus ada etikanya, hihihi.. Etapi demi keuntungan bersama kenapa tidak. Yekan ? Berikut ini beberapa tips BW yang aman dan saling menguntungkan. 

  • Tinggalkanlah komentar yang sesuai dengan arikel yang sedang dibahas. Setidaknya itu memberikan apresiasi kepada penulisnya. Hihihi.. Seneng banget kan kalo tulisan yang dibuat dengan susah payah mendapat feedback yang baik dari pembaca. 
  • Hindarilah kebiasaan meninggalkan link hidup di kolom komentar. Ini bisa mempengaruhi Blog pemilik pun Blog kita. Bayangkan jika Blog yang kita komentari dengan menyertakan link hidup tersebut mendadak hilang atau dihapus. Maka link kita akan menjadi Broken link.
  • Manfaatkan area link yang ada. Misalnya saja jika kalian menggunakan Blogspot, kalian bisa memanfaatkan fitur penggunaan url pada namanya. 
  • Atau kalian bisa memberikan hint nama blog dengan memberikan spasi di antara nama blog dan .com nya. Bisa juga dengan cara mengetik semua huruf. misalnya ewafebriart dot com.
  • Usahakan menyempatkan beberapa saat, jangan langsung pergi. Supaya tidak menyisakan Bounce Rate bagi Blog pemilik. (inilah salah satu kenapa kita perlu menghindari click bait, supaya Blog kita gak menghasilkan bounce rate tinggi). Kalo artikel kita gak sesuai dengan judul pasti bikin orang kecewa dan langsung kaabuuuuur... !
  • Berkomentarlah dengan bijak, saya yakin kalian akan mendapatkan feedback yang sama dari para pembaca. Hehehe.. 

Jadi begitulah bahasan tentang tips blogwalking kali ini. Kesimpulannya, Blogwalking itu bisa sangat bermanfaat dan bisa menjadi boomerang disaat yang bersamaan. Jadi manfaatkan dengan penuh kehati-hatian dan tanggung jawab, hihihi.. Semoga tips saya kali ini tentang Blogwalking bisa bermanfaat. 

Buat teman-teman yang sering datang ke Blog ini dan belum saya Blogwalking balik. jangan kuatir ! saya pasti mengunjungi Blog kamu, meski gak melakukannya saat itu juga. Mengingat kadang saya  hanya Blogwalking di saat memiliki waktu senggang saja. Pastikan meninggalkan komentar jika ingin saya kunjungi balik.

Owh iya, ngomong-ngomong ini minggu terakhir kalian mendapatkan kesempatan menang giveaway loh. Hahaha.. Jangan lupa ikutan subscribe siapa tahu bisa menjadi pemenangnya. Heheheh.. Semangat... !



HAPPY BLOGGING !

You May Also Like

0 comments