ART THERAPY IDEAS | SERBA SERBI CAT MINYAK

by - May 12, 2014

BAGAIMANA MEMILIH MATERIAL DAN BAHAN UNTUK LUKISAN CAT MINYAK ? 


Mumpung lagi ada mood buat ngeblog, so saya pingin ngeshare sedikit hal yang saya tahu tentang cat minyak..

Ada yang hobbi melukis, dan ingin mencoba cat minyak tapi bingung gimana caranya ? 

Kali ini saya ingin berbagi pengetahuan serba serbi tentang cat minyak . Simak terus sampai habis ya.. ?

©ewafebri


Cat minyak ini adalah salah satu jenis cat untuk membuat lukisan yang bersifat oil based (berdasarkan minyak), bersifat lama kering, dan memiliki bau yang cukup menyengat.

Bagi yang suka melukis menggunakan cat minyak atau ingin mencoba menggunakan cat minyak, saya sarankan untuk melukis diluar ruangan atau di tempat yang sirkulasi udaranya bagus. (Lah.. ? Malah ngatur ! ) 😁.

Nah, apa saja yang diperlukan untuk melukis menggunakan cat minyak.. ?

Berikut ini penjelasannya.


CAT MINYAK 


© ewafebri



Sudah pasti ini adalah barang wajib yang digunakan untuk melukis cat minyak hehe.. Sebelum membeli bahannya, ada baiknya mengetahui pengetahuan berikut ini : 

Ada beberapa jenis kualitas produk yang beredar dipasaran (Indonesia).


A. Artist' quality


Artist' quality ini adalah cat minyak dengan kualitas terbaik. Dari segi pigmentasi warna menggunakan kualitas pigmen murni (hampir pure pigmen), ketahanan cat pada suhu udara tergolong baik sehingga tidak mudah pudar, sampai jumlah range warna yang dihasilkan lumayan banyak ragam. Jadi jangan heran jika harga cat minyak artist quality tergolong mahal. 

Contoh Brand dari artist quality ini adalah Rembrandt Oil Color dari Royal Talens, Artisan dari Winsor and Newton, Le Franc oil color dari Lefranc and BorjouiseDan masih banyak lagi..


© ewafebri


B. Fine quality


Fine quality ini adalah kualitas nomor dua dibawah artist quality dari cat minyak, perbedaannya terletak pada kadar pigmen yang terkandung dalam tiap-tiap tube yang ada, ketahanan cat pada suhu udara, dan tentu saja harga yang relatif terjangkau.

Contoh cat minyak dengan fine quality itu adalah Van gogh dari Royal Talens, Winton dari Winsor and Newton, Georgian dari Daler Rowney. Dan masih banyak yang lainnya..

C. Studio quality


Studio quality ini adalah cat minyak dengan kadar pigmen yang sedikit dibandingkan dua kualitas diatas, tidak terlalu jelek untuk pemula, dan harganya relatif murah. Apalagi untuk  yang mulai belajar.

Perbedaan yang paling signifikan selain harganya adalah ketahanan warna cat pada suhu udara.
Jika fine quality dan artist quality mampu bertahan hingga 20 tahun ke atas (kecemerlangannya), maka studio quality harus di-treat supaya bertahan cukup lama.

Contoh studio quality ini adalah Maries, Reeves, Louvre, Greco dll.

PENGENCER MINYAK (DILUTE)


Nah pengencer minyak ini macam-macam jenisnya, ada yang namanya Painting Medium, Refined Linseed oil, Stand Oil, Bleached Linseed oil, Purified Linseed oil, Liquin, Poppy Oil, Siccative dan lainnya.

© ewafebri


Perbedaan masing-masing pengencer ini selain pada harga dan brandnya, juga pada lama dan  tidaknya waktu pada saat proses pengeringan.. 😁

Refined linseed oil adalah pengencer minyak yang paling lama kering dibandingkan yang lainnya, Poppy oil adalah pengencer minyak dengan hasil yang lebih mengkilap (glossy) dibandingkan pengencer lainya. 

©ewafebri

Jadi sebelum membeli, alangkah lebih baiknya jika membaca keterangan dibelakang botolnya terlebih dahulu..  😊
Karena setiap medium memiliki ciri khas sendiri, meskipun fungsinya sama.

MEDIA LUKIS


Media ini adalah alat/bahan yang akan digunakan sebagai dasar untuk melukis.

Misalnya kanvas, kayu, cardboard, tembok (mural), dsb.

PERALATAN MELUKIS


Peralatan melukis ini banyak macamnya. Ada kuas, pisau palet (painting knife), palet buat pencampur warna, pencil untuk sketch, clip on deeper (tempat minyak yang dipasang pada palet pencampur), brush washer (tempat cuci kuas), dll.

PEMBERSIH KUAS


Karena bahan yang digunakan bersifat oil based, maka untuk membersihkan kuas-kuas/peralatan yang sudah dipake tidak cukup hanya menggunakan air saja. Ada pembersih khusus yang diperlukan untuk membantu supaya peralatan yang sudah digunakan bersih kembali.

Turpentine : cairan bening berbau sedikit menyengat seperti minyak kayu putih (belilah turpentine yang berbahan dasar dari tumbuhan, bukan mineral, karena membantu menyelamatkan kualitas pigmen dan kesehatan).

Art gell : gell pembersih yang digunakan seperti sabun cair,
Bahkan ada pembersih yang berbentuk sabun, produk ini keluaran dari masters, amerika.

White spirit : serupa turpentine hanya saja bahan dasarnya dari mineral.

VARNISH


Varnish adalah bahan material yang terakhir, yang kita butuhkan. Fungsi varnish itu sendiri adalah untuk melindungi lukisan dari debu dan menjaga perubahan warna pada pigment untuk jangka waktu tertentu. 

Varnish bisa berupa cairan (dikuas) atau aerosol (spray). Biasanya terdapat beberapa jenis pilihan varnish. Diantaranya Retouching Varnish, Glossy Varnish ataupun Matt Varnish. 

© ewafebri


IDE GAMBAR


Hahaha.. Ini sudah pasti harus ada lah yah.. ? Harusnya sih ada diurutan setelah niat melukis muncul nie.. Hehheheehe.. Sumber gambar untuk referensipun banyak kok. Ada yang dari Pinterest atau Google (tapi pastikan membaca aturan copyrightnya)


Nah itulah tadi beberapa serba serbi seputaran bahan material cat minyak yang harus kalian ketahui sebelum membeli dan membuat lukisan cat minyak. Semoga informasi ini bisa membantu teman - temen yang ingin melukis cat minyak. 

Jangan lupa untuk subscribe diblog, untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.


HAPPY PAINTING ! 





You May Also Like

4 comments

  1. Apa cat minyak ini aman nggak mbak kalau kita pakai untuk kegiatan stimulasi anak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo anak dibawah tujuh tahun jangan bun, karena kandungan pigmen cat minyak ada yang toxic (seperti cadmium dan prussian). Barangkali kalo anak-anak lebih aman menggunakan tempera (washable/mudah hilang) atau acrylic (waterbased).

      Delete
  2. Wah lengkap pembahasannyaa. Mantap niiih. Aku pribpri lebih suka gunain cat vanish. Makasih sharingnya mbk. Salam, muthihauradotcom

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. terima kasih kembali mbak.. ❤️ . Senang bisa bermanfaat 😍

      Delete

Hi Gaes.. Jika kalian tak menemukan kolom komentar, mohon untuk mencari artikel yang ingin dikomentari melalui Home , atau pilih label, kemudian klik " Link Komentar " , yang berwarna salmon (peach pastel). Akan muncul kolom komentar baru. Mohon maaf ketidaknyamanannya.. 🙏