FAKTA TENTANG GOOGLE ADSENSE PUBLISHER YANG HARUS KAMU KETAHUI !

by - May 08, 2019

fakta tentang published adsense yang harus kamu ketahui


Memiliki pendapatan dari Adsense pasti sangat menggiurkan. Pun dulu saat saya belum diapprove oleh Adsense, saya begitu menggebu-gebu membayangkan dapat gaji tambahan setiap bulan. Eiiits... ! Tapi ternyata.. ! Tak semudah itu Gaes ! Ini bukan menakuti-nakuti, tapi ini adalah fakta yang terjadi ketika sudah menjadi Publisher Adsense.

FAKTA TENTANG GOOGLE ADSENSE PUBLISHER YANG HARUS KAMU KETAHUI !


Saat saya belum menggunakan layanan Adsense, mimpi saya tentang mendapatkan uang tanpa kerja keras itu besar sekali. Bayangin aja, cuma duduk diam sambil sesekali update artikel, kemudian digaji tiap bulan. [etapi asal ada yang ngeklik sih ! Hahhaa... ]

Mimpi tak seindah kenyataan. Itu yang sekarang saya rasakan. Genap satu tahun saya menjadi Publisher Adsense. Sejujurnya, berapa nominal yang saya dapatkan saat ini ? Hahhaa.. Hanya Rp. 133.000,- Gaes ! 

Saya sign up Adsense pertama kali pada tanggal 7 May 2018. Kebayangkan kan dalam 1 tahun itu cuma gitu-gitu aja. Hadeh, cuma berapa orang yang ngeklik tiap harinya ? 

FAKTA - FAKTA GOOGLE ADSENSE


Oleh karena itu, hari ini saya ingin membahas tentang fakta - fakta saat kita sudah menjadi Publisher Adsense. Apa saja sih yang harus kita perhatikan ? dan apa saja yang bisa mempengaruhi Adsense kita.

TRAFIK BLOG 


Ngomongin Adsense itu seperti kita membahas rantai makanan. Ujung-ujungnya kita memang harus mengoptimalkan konten Blog. Mau tidak mau, karena gaji Adsense tergantung banyaknya pengunjung yang ngeklik iklan. Sedikit pengunjung artinya kesempatan iklan untuk diklik juga lebih kecil. Hahaha..




Nah itulah kenapa kita harus mengoptimalkan SEO, kualitas konten, kualitas gambar, dan sharing ke sosial media. Sebagai contoh nie Gaes, 2 Bulan belakangan ini Facebook saya uninstall. Apa yang terjadi ? Visitor turun ! Ini karena sumber visitor saya berkurang. Hihihi.

CONTENT IS THE KING


content ewafebri is the king


Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya. Kualitas konten mempengaruhi jumlah pengunjung Blog. Ibaratnya tuh kalo konten kita kurang menarik dibaca, otomatis yang berminat jadi lebih sedikit. Pada akhirnya yang ngeklik iklanpun juga lebih kecil.

Setelah aktif ngeblog hampir satu tahun belakangan ini, saya jadi bisa menarik kesimpulan bahwa, artikel saya yang paling sering dikunjungi adalah yang memiliki ciri seperti berikut ini :

  • Informatif. Kebanyakan orang berselancar di dunia maya karena mencari informasi ya Gaes ? Oleh karena itu, saya mencoba menyuguhkan informasi sesuai niche blog yang saya miliki.
  • Lengkap. Informasi yang kita sampaikan lengkap. Misalnya saya membahas tentang Bullet Journal, saya mencoba memberikan informasi selengkapnya. Dari mulai cara membuat, material yang dibutuhkan bahkan tips atau pengalaman pribadi yang bisa membantu orang lain.
  • Judul dan isi selaras. Entah berapa banyak konten lama yang sudah saya update informasinya. Ini karena judul dan isi kadang kurang sinkron. Maklum, dulu saya terlalu fokus belajar kata kunci. Sayangnya, tak disertai dengan perbaikan artikelnya.
  • Permalink mengandung kata kunci. Ini penting ! saat kita menjelajah internet, hal pertama yang sering kita ketik di browser adalah kata kunci. Jika artikel kalian ingin ditemukan oleh pembaca, jangan lupa untuk menyertakan kata kunci pada permalinknya. 
  • Terstruktur. tak bosan-bosan saya mengingatkan ini. Supaya mudah dipahami oleh pembaca, usahakan membuat tulisan yang terstruktur. Manfaatkan heading, subheading, minor heading dll. 
  • Optimasi gambar. Gambar pada Blog memiliki banyak manfaat, bukan cuma sebagai pemanis semata. Manfaatnya apa ? Saya sudah pernah membahasnya di 10 Tips Mengoptimalkan Gambar Pada Blog
  • Kreatif. Biar pembaca gak bosan, kita juga bisa membuat tampilan Blog dengan berbagai macam cara loh. Setidaknya ada 10 Jenis Konten Blog yang bisa kalian coba. 

Wah itu saja udah ada 7 poin yang perlu kita perhatikan. Belum lagi menyangkut optimasi SEO, yang walaupun ujung-ujungnya kita tetap nyari trafik juga. Karena bagaimana pun kalo namanya ingin memonetasi Blog, kita memang harus memperbaiki banyak aspek dalam Blog. Tak hanya sekedar daftar Adsense saja. 

BATAS MINIMAL REVENUE


fakta publisher google adsense


Ternyata jika kalian sudah mendapatkan penghasilan bulanan dari Adsense, masih ada yang harus diperhatikan lagi. Yaitu Batas Minimal Revenue yang bisa kita klaim ke Adsense. Intinya mah, meski setiap bulan kita dapat laporan pendapatan selama belum mencapai batas revenue-nya, kita belum bisa mengambil uang tersebut. Hihihi

Minimal Revenue yang diterapkan oleh Adsense saat ini adalah Rp. 1.300.000. Rasanya butuh 10 tahun lagi biar bisa mencapai batas revenue. Atau minimal saya bisa mendatangkan traffic setiap harinya 100.000 pengunjung biar bisa cepet gajian Adsense. Hahaha..

Kayaknya sih nie, perbandingan bayar domain dan mencapai batas revenue, bakalan tekor. Tapi tak apa-apa. Niat awal saya adalah ingin menyuguhkan Blog seinformatif mungkin. Dulu saya pernah membaca artikel dari wartawan yang punya Blog, bahkan dia menyarankan untuk tidak menggunakan Adsense bagi pemilik Personal Blog. [ Kenapa saya gak ngikutin saran dia aja dulu, huhuhu... ].

TIPS BAGI YANG INGIN MENJADI PUBLISHER ADSENSE


Buat teman-teman yang pingin banget menjadi publisher Adsense, saya memiliki sedikit tips supaya kalian bisa mempertimbangkan dengan baik. Ada beberapa poin yang ingin saya sampaikan. Di antaranya :


  • Saat kalian memulai mendaftar Adsense, jangan langsung berfikir yang manis-manis terlebih dahulu. Karena perjalanan menjadi Publisher Adsense tak berhenti saat kita di setujui saja. Masih banyak hal yang kalian perlu lakukan untuk hasil terbaik. 
  • Fokus pada konten bukan revenue. Begitu mengetahui pendapatan Adsense yang ternyata lebih kecil dari pada saya jualan sticker, akhirnya saya memutuskan untuk fokus membangun Blog dari segi kontennya saja. Hahaha.. Konten bagus otomatis trafik bagus, pada akhirnya revenue juga akan bagus. Rasanya saya udah berulang kali mengingatkan pentingnya kualitas konten ya  ? hahaha.. Tapi memang itu kenyataannya. 
  • Jika kalian ingin memonetasi Blog, caranya tak harus menggunakan layanan Adsense saja. Ada banyak cara yang bisa dilakukan. Misalnya menjadi brand ambasador, content writer, jual jasa dll. Alhamdulilah Goal saya tahun ini, ingin memonetasi Blog juga sudah berhasil. Yeay ! saya mendapatkan tawaran menjadi conten writer di situs my-best.id.
  • Praktikal. Buatlah konten yang praktikal seperti tutorial, tips dan how to sebanyak mungkin. Ini karena banyak pengunjung yang browsing di internet untuk mencari informasi tentang bagaimana melakukan sesuatu. Siapa tahu artikel kita bisa jadi evergreen. Hehehe..
  • Fokus pada Branding Blog kamu supaya ada yang mengajak bekerja sama. Usahakan saat kalian membuat About Me page memberikan infomasi yang lengkap. Jika ada yang ingin bekerja sama, bisa dengan mudah menghubungi kamu. 

Itulah beberapa tips yang bisa saya berikan bagi yang ingin menjadi publisher Adsense. Tak ada salahnya mendaftar, asalkan kalian mengetahu fakta-fakta setelah menjadi Publisher Adsense. Sehingga kalian bisa lebih siap saat nanti sudah diterima oleh Adsense. Hahaha... 

Infomasi tentang Adsense lainnya, sudah pernah saya bahas di Google Adsense TutorialCara Cepat Mendapatkan Macthed Content Adsense. Untuk Informasi seputar Blogging kalian bisa membaca kumpulan artikel pilihan di HOW TO BLOG WITH BOWGEL. Terima Kasih sudah membaca, silahkan di-share, di-like ataupun dikomentari. (berasa kayak bikin status Facebook, hahaha.. )






You May Also Like

0 comments

ANNOUNCEMENT


Hi Gaes ! Pengumuman Singkat aja nie.. !

Berhubung sekarang saya memiliki Blog khusus tentang Art, maka Art Therapy Idea gak akan saya posting di sini lagi. Saya akan membuat postingannya ewafebriart.com.

Blog ini khusus untuk Journaling, Buku Dan Self Development saja. Terima kasih atas perhatiannya.