5 MANFAAT MENGIKUTI BLOG CHALLENGE

by - November 23, 2018



Belajar memajukan Blog itu semata-mata tak hanya memikirkan teknik SEO, tapi juga aspek lainnya yang mendukung. Tentang Alasan ngeblog, pemilihan Nama Blog, membuat konten yang berkualitas, bahkan juga tentang konsistensi dalam membangun Blog kita sendiri. Dan ingat, semua aspek tersebut saling berkesinambungan satu sama lainnya. 

*****

5 MANFAAT MENGIKUTI BLOG CHALLENGE 


Menjaga konsistensi Blog itu memang perjuangan Gaes, ada titik dimana rasa bosan menyerang. Entah membuat postingannya, menengok tampilannya, apalagi sekedar mikirin tema kontennya. Pokoknya selalu ada masa dimana kita " Males Ngeblog ! ". 

Kadang, ada juga ide Blog yang bejibun tapi eksekusi males-malesan banget. Nah disinilah harus ada inovasi dalam hal Blogging yang bisa membuat kita semangat dalam mengupdate konten Blog kita. Jangan mengharapkan Visitor yang stabil setiap hari, jika dalam 1 bulan saja, kita tidak memposting satupun artikel. Lama-lama orang menyangka Blog kita mati. Atau mungkin si Robot juga berpikir begitu ? Entahlah.. hahaha..

Salah satu hal yang membuat saya senang dan bahagia ikut terlibat dalam komunitas Blog adalah adanya inovasi ini. Terutama yang saya rasakan pada Blogger Perempuan Network (BPN). Kalian pasti tahu Donk, kalo BPN sedang membuat Blogging Challenge. Salah satunya adalah 30 Days Blog Challenge. Tantangan ngeblog dalam 30 hari berturut-turut dengan tema yang sudah ditentukan melalui Promplist. 

Inovasi ini memiliki banyak keuntungan loh : 



POTENSI MENJADI HABIT



30 Days  Blog Challenge, memungkinkan kita untuk menciptakan kebiasaan baik atau Good Habit. Dari hal yang saya pelajari, minimal kita butuh 30 hari secara berturut-turut untuk melakukan aktivitas yang ingin kita jadikan sebagai Habit. Apalagi kalo kita bisa menyelesaikan tanpa bolong satu haripun. Metode ini sering disebut dengan nama Seinfield Method dan bisa menjadi salah satu alat untuk meningkatkan produktivitas kita, terutama dalam dunia Blogging




SOLUSI SAAT MENGALAMI WRITING BLOCK




Menjadi seorang Blogger tentu harus menulis di Blog. Apapun materinya. Iya kan.. ? Lah kalo pas kita gak punya ide buat ngeBlog gimana ?. 30 Days Blog Challenge bisa menjadi referensi kita untuk masalah ini. Kalian bisa membuat list tentang tema yang akan kita gunakan dalam hal Ngeblog. Entah itu 7 tema untuk 7 hari , 30 tema dalam 30 hari, atau 365 tema untuk 365 hari. Apapun challenge yang kita gunakan, dengan metode Blog Challenge akan bisa membantu kita mengatasi masalah ini. Soal ide Challenge, kalian bisa menemukannya di Pinterest ataupun Google.



MENINGKATKAN PA (PAGE AUTHORITY) DAN DA (DOMAIN AUTHORITY)




Konsisten menulis Blog, mampu meningkatkan PA dan DA kita. Karena robot Google mengindex artikel baru kita dan bisa mendeteksi aktivitas dalam Blog kita. Bisa juga untuk meningkatkan traffic loh. Saya menggunakan Seo Tool untuk mengeceknya. Alhamdulilah Minggu ini meningkat. Hihi..






Ternyata salah satu efek meningkatkan Page Authority dan Domain Authority adalah dengan rutin membuat konten dan meninggalkan jejak kita (menanam backlink) di Blog lain. Jadi jangan malas Blogwalking ya Gaes, hahhaa... (Saya juga baru memahami, manfaat Blogwalking) 😁😁😁 . Untuk mengetahui Page authority dan Domain Authority, kalian bisa mengeceknya di SMALL SEOTOOLS. Hanya dengan cara memasukan URL Blog kita ke dalam kolom yang sudah disediakan.






Rutinitas membuat konten juga berdampak pada Page View kita.  Siapa yang menyangka traffic saya bisa melesat setelah posting BPN #1 | 10 ALASAN KENAPA KAMU HARUS NGEBLOG . Dari yang biasanya 500 visitor sehari, langsung melonjak ke 1000 visitor. Gak bahagia gimana coba.. uwuwuww...



Hmm.. Blog Challenge kali ini memberi banyak banget pelajaran berharga. Terima kasih Blogger Perempuan. Yang sudah berinisiatif membuat Challenge untuk mensupport para membernya. 


MENINGKATKAN KEMAMPUAN KITA DALAM HAL MENULIS




Tiap hari menulis dan membahas tema yang berbeda-beda tentu mampu meningkatkan kematangan bahasa kita dalam hal menulis Blog. Biar makin Afdol kita tuh. Gak cuma tentang perbendaharaan katanya, tapi juga tata bahasanya.

Beberapa kali saya mencoba menulis dengan menggunakan bahasa sehari-hari (yang gak perlu banyak belajar tata bahasa, hahaha.. ), hingga kemudian saya membaca sebuah artikel tentang Blogging.

Kenapa kita dianjurnya menggunakan bahasa baku (EYD) ? 

Karena robot Google, saat peng-index-an , lebih mengenal bahasan yang menggunakan bahasa baku untuk dijadikan rekomendasinya. Meskipun terdengar sangat kaku,  Huhu.. ealaaah... Belajar menulis lagi saya tuh. Meskipun, kadang saya sisipin bahasa ala kadarnya eike sehari-hari cynt.. ! (Looh.. ? Eh.. !))



MENINGKATKAN KEPEKAAN KITA TERHADAP INFORMASI DAN LINGKUNGAN SEKITAR



Konsisten menulis Blog membuat kita bisa peka terhadap lingkungan sekitar. Seringkali dalam hal mencari ide tulisan, kita mencari hal menarik di sekitar kita. Jadi kita bisa buka mata, buka telinga lebar-lebar dan menerima informasi sebanyak - banyaknya. Gunanya untuk apa ? Untuk mendapatkan ide materi Blog kita. Hihi..

Terlebih kalo udah mentok sama tema ini, hahaha.. Membuat 3 tulisan berbeda dengan menggunakan satu tema misalnya. Inikan harus bisa peka terhadap hal yang belum dibahas di tulisan-tulisan sebelumnya.


*****


    Seperti yang sedang saya lakukan sekarang ini. Hihi... Sebelum mengikuti 30 days Blog Challenge, tema seperti hari ke-empat ini sudah pernah saya tulis di postingan Belajar Blogging dengan Komunitas Blogger Perempuan. Ada juga 3 Komunitas terbaik Indonesia. Yang di dalam postingan tersebut, juga sudah pernah saya kemukakan tentang Alasan saya ingin menjadi anggota komunitas mereka

    Nah, pas saya baca tentang tema hari Ke - 4 saya sempet bingung tentang bagaimana saya menyampaikan tema challenge tanpa harus menulis ulang hal yang saya pernah posting sebelumnya. Akhirnya saya menggunakan sudut pandang yang berbeda.

    PR banget ini sebenarnya. Hahhaa.. Promptlistnya mah sederhana, tapi cara menyusun materinya yang luar biasa berat. Bayangkan berapa member Blogger Perempuan yang ikut berpartisipasi dengan tema materi yang sama.

    Nah biar gak disangka plagiat ataupun Copas, tentu kita harus berusaha mengambil cerita dari sudut pandang yang berbeda donk ya.. ? Di sinilah letak Challenge itu sesungguhnya.. !

    Sabar kalian semua ! Ini hanya ujian ! 

    Bagaimana kabar Challenge kalian hari ini ? Apa masih tetap semangaaat ?..


    HAPPY WRITING ! 

    You May Also Like

    23 comments

    ANNOUNCEMENT



    Untuk menyambut Ultah Blog Ewafebri yang ke 2 tanggal 16 Agustus 2019, ikuti kesempatan memenangkan giveaway yuk. Ada Tottebag Mingce, Watercolor Pad Ring 300 gsm, dan juga macem - macem sticker.

    Caranya gampang banget kok, kalian cukup subscribe Blog ini aja.

    Selain kesempatan menang Giveaway, nantinya setiap Minggu inbox kamu dapet update dari ewafebri.com

    Periode subscribe per tanggal 1 Agustus - 31 Agustus 2019 ya ! Pemenang akan diinformasikan melalui email secara langsung.

    Giveaway hanya berlaku untuk wilayah Indonesia saja. Hihi..