BPN #4 | 5 MANFAAT MENGIKUTI BLOG CHALLENGE

by - November 23, 2018



Belajar memajukan Blog itu semata-mata tak hanya memikirkan teknik SEO, tapi juga aspek lainnya yang mendukung. Tentang Alasan ngeblog, pemilihan Nama Blog, membuat konten yang berkualitas, bahkan juga tentang konsistensi dalam membangun Blog kita sendiri. Dan ingat, semua aspek tersebut saling berkesinambungan satu sama lainnya. 

*****

5 MANFAAT MENGIKUTI BLOG CHALLENGE 


Menjaga konsistensi Blog itu memang perjuangan Gaes, ada titik dimana rasa bosan menyerang. Entah membuat postingannya, menengok tampilannya, apalagi sekedar mikirin tema kontennya. Pokoknya selalu ada masa dimana kita " Males Ngeblog ! ". 

Kadang, ada juga ide Blog yang bejibun tapi eksekusi males-malesan banget. Nah disinilah harus ada inovasi dalam hal Blogging yang bisa membuat kita semangat dalam mengupdate konten Blog kita. Jangan mengharapkan Visitor yang stabil setiap hari, jika dalam 1 bulan saja, kita tidak memposting satupun artikel. Lama-lama orang menyangka Blog kita mati. Atau mungkin si Robot juga berpikir begitu ? Entahlah.. hahaha..

Salah satu hal yang membuat saya senang dan bahagia ikut terlibat dalam komunitas Blog adalah adanya inovasi ini. Terutama yang saya rasakan pada Blogger Perempuan Network (BPN). Kalian pasti tahu Donk, kalo BPN sedang membuat Blogging Challenge. Salah satunya adalah 30 Days Blog Challenge. Tantangan ngeblog dalam 30 hari berturut-turut dengan tema yang sudah ditentukan melalui Promplist. 

Inovasi ini memiliki banyak keuntungan loh : 



POTENSI MENJADI HABIT



30 Days  Blog Challenge, memungkinkan kita untuk menciptakan kebiasaan baik atau Good Habit. Dari hal yang saya pelajari, minimal kita butuh 30 hari secara berturut-turut untuk melakukan aktivitas yang ingin kita jadikan sebagai Habit. Apalagi kalo kita bisa menyelesaikan tanpa bolong satu haripun. Metode ini sering disebut dengan nama Seinfield Method dan bisa menjadi salah satu alat untuk meningkatkan produktivitas kita, terutama dalam dunia Blogging




SOLUSI SAAT MENGALAMI WRITING BLOCK




Menjadi seorang Blogger tentu harus menulis di Blog. Apapun materinya. Iya kan.. ? Lah kalo pas kita gak punya ide buat ngeBlog gimana ?. 30 Days Blog Challenge bisa menjadi referensi kita untuk masalah ini. Kalian bisa membuat list tentang tema yang akan kita gunakan dalam hal Ngeblog. Entah itu 7 tema untuk 7 hari , 30 tema dalam 30 hari, atau 365 tema untuk 365 hari. Apapun challenge yang kita gunakan, dengan metode Blog Challenge akan bisa membantu kita mengatasi masalah ini. Soal ide Challenge, kalian bisa menemukannya di Pinterest ataupun Google.



MENINGKATKAN PA (PAGE AUTHORITY) DAN DA (DOMAIN AUTHORITY)




Konsisten menulis Blog, mampu meningkatkan PA dan DA kita. Karena robot Google mengindex artikel baru kita dan bisa mendeteksi aktivitas dalam Blog kita. Bisa juga untuk meningkatkan traffic loh. Saya menggunakan Seo Tool untuk mengeceknya. Alhamdulilah Minggu ini meningkat. Hihi..






Ternyata salah satu efek meningkatkan Page Authority dan Domain Authority adalah dengan rutin membuat konten dan meninggalkan jejak kita (menanam backlink) di Blog lain. Jadi jangan malas Blogwalking ya Gaes, hahhaa... (Saya juga baru memahami, manfaat Blogwalking) 😁😁😁 . Untuk mengetahui Page authority dan Domain Authority, kalian bisa mengeceknya di SMALL SEOTOOLS. Hanya dengan cara memasukan URL Blog kita ke dalam kolom yang sudah disediakan.






Rutinitas membuat konten juga berdampak pada Page View kita.  Siapa yang menyangka traffic saya bisa melesat setelah posting BPN #1 | 10 ALASAN KENAPA KAMU HARUS NGEBLOG . Dari yang biasanya 500 visitor sehari, langsung melonjak ke 1000 visitor. Gak bahagia gimana coba.. uwuwuww...



Hmm.. Blog Challenge kali ini memberi banyak banget pelajaran berharga. Terima kasih Blogger Perempuan. Yang sudah berinisiatif membuat Challenge untuk mensupport para membernya. 


MENINGKATKAN KEMAMPUAN KITA DALAM HAL MENULIS




Tiap hari menulis dan membahas tema yang berbeda-beda tentu mampu meningkatkan kematangan bahasa kita dalam hal menulis Blog. Biar makin Afdol kita tuh. Gak cuma tentang perbendaharaan katanya, tapi juga tata bahasanya.

Beberapa kali saya mencoba menulis dengan menggunakan bahasa sehari-hari (yang gak perlu banyak belajar tata bahasa, hahaha.. ), hingga kemudian saya membaca sebuah artikel tentang Blogging.

Kenapa kita dianjurnya menggunakan bahasa baku (EYD) ? 

Karena robot Google, saat peng-index-an , lebih mengenal bahasan yang menggunakan bahasa baku untuk dijadikan rekomendasinya. Meskipun terdengar sangat kaku,  Huhu.. ealaaah... Belajar menulis lagi saya tuh. Meskipun, kadang saya sisipin bahasa ala kadarnya eike sehari-hari cynt.. ! (Looh.. ? Eh.. !))


MENINGKATKAN KEPEKAAN KITA TERHADAP INFORMASI DAN LINGKUNGAN SEKITAR


Konsisten menulis Blog membuat kita bisa peka terhadap lingkungan sekitar. Seringkali dalam hal mencari ide tulisan, kita mencari hal menarik di sekitar kita. Jadi kita bisa buka mata, buka telinga lebar-lebar dan menerima informasi sebanyak - banyaknya. Gunanya untuk apa ? Untuk mendapatkan ide materi Blog kita. Hihi..

Terlebih kalo udah mentok sama tema ini, hahaha.. Membuat 3 tulisan berbeda dengan menggunakan satu tema misalnya. Inikan harus bisa peka terhadap hal yang belum dibahas di tulisan-tulisan sebelumnya.


*****


    Seperti yang sedang saya lakukan sekarang ini. Hihi... Sebelum mengikuti 30 days Blog Challenge, tema seperti hari ke-empat ini sudah pernah saya tulis di postingan Belajar Blogging dengan Komunitas Blogger Perempuan. Ada juga 3 Komunitas terbaik Indonesia. Yang di dalam postingan tersebut, juga sudah pernah saya kemukakan tentang Alasan saya ingin menjadi anggota komunitas mereka

    Nah, pas saya baca tentang tema hari Ke - 4 saya sempet bingung tentang bagaimana saya menyampaikan tema challenge tanpa harus menulis ulang hal yang saya pernah posting sebelumnya. Akhirnya saya menggunakan sudut pandang yang berbeda.

    PR banget ini sebenarnya. Hahhaa.. Promptlistnya mah sederhana, tapi cara menyusun materinya yang luar biasa berat. Bayangkan berapa member Blogger Perempuan yang ikut berpartisipasi dengan tema materi yang sama.

    Nah biar gak disangka plagiat ataupun Copas, tentu kita harus berusaha mengambil cerita dari sudut pandang yang berbeda donk ya.. ? Di sinilah letak Challenge itu sesungguhnya.. !

    Sabar kalian semua ! Ini hanya ujian ! 

    Bagaimana kabar Challenge kalian hari ini ? Apa masih tetap semangaaat ?..


    HAPPY WRITING ! 

    You May Also Like

    23 comments

    1. Wow mbk..padahal saya baru baca yg BPN#3 tau-tau sudah nongol artikel baru(pagi-pagi buta)... KereeeeennnnnπŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      ReplyDelete
      Replies
      1. Hahaha.. saya schedule jam 12.00 Am mbak.. pagi buta udah muncul 😁😁😁

        Delete
    2. Meningkatkan kemampuan dalam menulis, setuju banget mba!

      ReplyDelete
      Replies
      1. Berasa dampaknya ya mbaak.. hihi. ❤️❤️❤️

        Delete
    3. Dudududdu yang juga menarik dari blog ini selain tulisannya/kontennya adalah ilustrasinya. Khaaaas sekali.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Hahaa.. Yang saya suka dari pembaca Blog ini, salah satunya karena bisa karakter sayaaa... Aaakkk.. makasih mbaaak...

        Delete
    4. mbak trafiknya keren banget.. ngiri deh. aku juga tak mau kalah ah

      ReplyDelete
      Replies
      1. Semangaat mbak.. semoga di Akhir challenge, melambunglah trafik kita.. hahaha..

        Delete
    5. Mb klo blogspot itu bisa ditinjau da pa ga si. Selama ini sku cm liat di statistik dashboard aja #maklum ku masi nubie ni
      Ga kbayang ygikut challenge 365 hari, 30 hari ku ngos ngosan ini huehe

      ReplyDelete
      Replies
      1. hahaaha.. 365 hari bisa jadi zombie kita hahaha... bisa kok mbak lewat Moz atau Small SEO tools. tinggal masukin url blog kita aja.

        Delete
    6. Iyaa betul sekali challenge sesungguhnya adalah melihat dari sisi yg lain, how to be extraordinary ya..

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iyaa.. sebenarnya sih gak masalah ya, mirip-mirip tapi kayaknya, harus ada sisi lain yang dikulik gtu.. hihi..

        Delete
    7. Semuaaa alasan2ny seolah mewakili hati saya mb
      Saya pun ikut ini biar bisa rutin isi blog
      Kalau rame2 enak
      Trus buat ngelemesin sebelum nulis buku heheh

      ReplyDelete
      Replies
      1. Asyiik.. semoga kelak saya sisa kayak mbaknya.. Bikin buku sendiri. ❤️❤️❤️❤️❤️ Amiin..

        Delete
    8. Kereeennnn banget traffic nya mbaaa, BPN emang membantu banget buat para membernya ya.
      Gak nyesal gabung BPN.
      Jadi makin semangat nulis juga :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iyaaa.. hahahaha.. semoga semangatnya gak kendooor.. 🀣🀣🀣

        Delete
    9. Ikutan challenge ini sangat menguji adrenalin sih. Selama sebulan rela deh begadang demi konten hahahaha.

      Btw, score DA/PA ku juga naik drastis lho, padahal baru 4 hari. Terharu T_T

      ReplyDelete
      Replies
      1. Hahaha.. iya... Bikin schedule ada mbak.. saya udah punya cadangan konten ampe minggu hahaha..

        Delete
    10. selalu suka dengan mbak evva selalu muncul dengan pov yang berbeda, "buka mata-buka telinga dengan sekitar kita" itu saya rasakan juga karena haus dengan informasi yg bisa jadi bahan nulis.

      btw, nulis 1d1p memang challenging banget yaaa disini dituntut kreativitas bangetttt

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya.. tak semudah baca list challengenya. Ternyata banyak yang harus di ekplorasi. Huhuhu..

        Delete
    11. yuk semangat bereng ikutan challenge bpn :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. Ayooo.. semangat mbak.. ! ❤️❤️❤️

        Delete

    Hi Gaes.. Jika kalian tak menemukan kolom komentar, mohon untuk mencari artikel yang ingin dikomentari melalui Home , atau pilih label, kemudian klik " Link Komentar " , yang berwarna salmon (peach pastel). Akan muncul kolom komentar baru. Mohon maaf ketidaknyamanannya.. πŸ™