BPN #3 | 7 TIPS MEMILIH NAMA BLOG SUPAYA DIREKOMENDASIKAN OLEH GOOGLE

by - November 22, 2018

7 Tips Memilih Nama Blog Supaya Direkomendasikan Google


Hmmm.. Kalo ditanya kenapa Blog ini namanya Ewafebri ? Jawabannya karena Ewafebri Julukan nama saya yang awalnya saya benci. Hahaha..  Ewafebri adalah nama yang saya ambil dari nama pribadi Evva Febri. Dulu.. waktu jaman sekolah, rasanya sebel banget kalo ada temen yang ngledek manggil nama Evva menjadi Ewa. Tapi kesininya Ewa menjadi nama keberuntungan. Hihihi.. 

*****

7 TIPS MEMILIH NAMA BLOG SUPAYA DIREKOMENDASIKAN OLEH GOOGLE


Pemilihan nama Blog ini sebenarnya berawal dari alasan yang klise. Jadi.. pas bikin account sosial media dengan nama Evva, rasanya pas dicari banyak banget yang muncul. Bahasa mudahnya " Nama Pasaran ". Hahaa..  Akhirnya kepikiran untuk mengganti nama yang unik dan jarang digunakan orang lain (padahal kalo sekarang  udah banyak banget  yang menggunakan nama Ewa bermunculan). 

ALASAN KENAPA SAYA MEMILIH EWAFEBRI 



Ewafebri Bullet Journal Indonesia


Setelah saya pikir-pikir, saya ingin julukan nama saya yang paling saya sebelin.. Ewa, menjadi nama unik untuk media sosial saya. Tapi kan username harus lebih dari 3 huruf kan ya.. ? Jadinya saya tambahkan Febri di belakangnya, menjadi Ewafebri. Hehe.. 

Gak pernah menyangka, kalo Ewafebri sekarang menjadi Branding saya sendiri. Hampir semua akun saya menggunakan nama itu. Alhamdulilahnya, dulu nama Ewafebri tidak digunakan oleh banyak orang untuk membuat akun. Seneng rasanya, akhirnya saya punya nama yang sama hampir disemua media sosial saya, dengan begitu saya gak akan lupa tentang nama username saya. Hihi..  Dari nama yang paling saya sebelin kini menjadi nama yang saya banggain. Hehehe..

Baca Juga : Cara Memilih Niche Blog 

7 TIPS MEMILIH NAMA BLOG 


Memilih nama Blog itu gampang-gampang susah. Apalagi jika kita menjadikan nama tersebut sebagai nama Branding kita sendiri. Karena itu, memilih nama Blog juga menjadi hal penting yang harus kita pikirkan.

Penting gak sih nama Blog kita itu ?


" Hmmm... Kalo menurut para ahli yang tulisannya selalu berada di Page One. Nama Blog dan Domain itu penting banget. " 



Ewafebri Bullet Journalist Indonesia



Perjalanan saya dengan nama Ewafebri ini juga terinspirasi setelah melihat ulasan di Youtube Ahrefs tentang bagaimana cara menempatkan nama kita di SEARCH ENGINE. Menurut , Sam Oh. Jika kalian ingin membidik peringkat satu di PAGE ONE, Pilih nama yang berhubungan erat dengan kata kunci Niche Blog kalian atau jadikan sebagai deskripsi Blognya.

Misalnya, pemilihan nama saya kan Ewafebri. Orang belum tentu mencari kata Ewafebri di Search Enginenya. Karena kan gak semua orang mengenal kita. Iya kaan.. ? Nah.. harus ada elemen pendukung lainnya, yang bisa membuat nama Ewafebri berada pada mesin pencari.

Lalu Bagaimana cara supaya orang lain tahu dan mudah mencari Blog kita.. ?

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan :


  • Pilih nama domain yang pendek, catchy dan mudah diingat. 
  • Pilih nama yang akan kita gunakan sebagai Branding kita. Entah itu nama kita sendiri, atau produk/jasa yang kita sediakan.
  • Manfaatkan Deskripsi Blog [dibawah Judul Blog] dengan baik. Tahukah kamu bahwa deskripsi pada Blog kita itu ngaruh banget dan berguna banget pada search engine. Jadi jangan asal ngasih deskripsinya ya Gaes. Buat Deskripsi yang se-spesifik mungkin.

Pilih deskripsi Blog yang mencerminkan Blog kita. Nah dibagian ini, bagi yang memiliki Niche Blog lebih mudah. Tapi bagi Blog yang memiliki Niche secara umum (misalnya Lifestyle, atau Beauty Blogger) yang banyak banget penggemarnya, disarankan memiliki deskripsi yang spesifik untuk mengangkat tema Blognya di mesin pencari. Misalnya saja, Beauty Blogger Jakarta , Lifestyle Indonesia dll. (Selain konten dan optimasi SEO lainnya).

  • Jika kita ingin menggunakan nama kita sebagai Domain, sekaligus sebagai Nama Blog, Jangan lupa untuk memanfaatkan Meta deskripsi dengan maksimal. Misalnya nie. Blog Ewafebri adalah Blog tentang Bullet Journal. Tapi judul Blog saya ini kan gak ada ada hubungannya dengan nama Bullet Journal, nah disinilah yang harus diperhatikan. Tambahkan nama Bullet Journal pada meta deskripsinya. 

Tetapi jika saya hanya menuliskan kata Bullet Journal, maka yang muncul pada mesin pencarian adalah (banyak) Blog dari luar negeri. Untuk mengatasi hal ini, saya menambahkan " Indonesia ", di belakang nama Bullet Journal. Maka hasilnya akan berbeda jika ada yang menuliskan di mesin pencarian dengan nama Bullet Journal Indonesia. Hehe.. paling tidak Blog saya bisa muncul ke permukaan. [ Contoh : Bullet Journal : Deskripsi yang terlalu umum. Sementara Bullet Journal " Indonesia " : lebih spesifik. ]


Bullet Journal Indonesia


  • Atau teman-teman bisa juga menggunakan Nama Blog uniknya, yang berhubungan dengan mayoritas isi konten. Dengan begitu, visitor bisa mengenali Blog kita ini membahas tentang apa. 
  • Bisa juga menggunakan bantuan Blog Name Generator. Dengan bantuan Generator, barangkali kita bisa mendapatkan ide yang cocok untuk nama Domain kita, atau Nama Blog kita. 
  • Nama Domain dan Judul Blog boleh saja berbeda, tapi yang perlu diingat tetap disesuaikan dengan konten Blog kita ya Gaes. Hehehe.. 



Jika kita mengoptimalkan hal tersebut diatas, mesin pencari akan lebih mudah untuk mengarahkan rekomendasi ke Blog. Ujung-ujungnya sih tetep traffic yang kita dapet. Hihi.. 

Beruntung saya menemukan tutorial Ahrefs pada Youtube. Dengan begitu saya bisa mengaplikasikan ke Blog ini. Hasilnya, Alhamdulilah.. Ketika orang mencari Bullet Journal Indonesia atau Bullet Journalist Indonesia, halaman saya direkomendasikan oleh Google.


Bullet Journalist Indonesia


Bukan cuma itu, nama Blog kita juga bisa menjadi Branding buat kita loh. Terlebih kalo kita bisa mengoptimalkan semua teknik SEO dengan baik. Seperti yang baru ini saya temukan di Google Search. Ketika mencari kata kunci Bullet Journal Indonesia, nama ewafebri juga muncul ke permukaan. 


Ewafebri Bullet Journalist Indonesia


Tapi bisa jadi ini terjadi karena saya sering mencari nama Ewafebri di mesin pencari. Hahhaa.. (emang ngaruh ya.. ?!?).

Sejak awal saya memutuskan untuk meredesign Blog ini, saya mencoba banyak cara untuk membuatnya  mudah ditemukan di mesin pencari. Selain konten, tampilan, Nama Blog dan Deskripsi juga merupakan hal yang penting untuk dipertimbangkan.

Nah itu tadi alasan dan bagaimana saya membuat Nama Blog ini. Buat teman-teman yang ingin membuat Nama Domain TLD (Top Level Domain). Jangan cuma sekedar nama saja ya Gaes tapi juga perlu memperhatikan bagaimana menjadikan Blog kita mudah di cari oleh mesin pencari.



HAPPY BLOGGING ! 

You May Also Like

45 comments

  1. Wahhh terima kasih infonya, ternyata meta deskripsi perlu sekali yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak.. biar mudah dikenali, Blog kita itu ngebahas apa sih sebenarnya.. hihi... ❤️❤️❤️

      Delete
  2. Setelah membaca ini jadi mikir lagi untuk ngeberin blog sendiri yang seacak adut itu.. Tapi bingung mulai darimana... Tks mba pencerahannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaa.. jangan banyak mikir mbak.. dijalanin pelan-pelan masih nanti makin dikenal.. ❤️❤️

      Delete
  3. nama blog saya hasil rembukan berdua sama kangmas tapi ga pake riset dulu, alhasil pesen domain dulu baru riset, salah step euy...
    pas searching, nama honeymoonjournal itu umum banget, sempet agak desprate loh saya... tapi berarti masih bisa diakalin dengan otak-atik meta description yah, mba :D

    makasih mbaewa infonyaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mbak.. maksimalin Meta deskripsinya. Biar makin fokus, Blog kita seperti apa.. hihi..

      Delete
  4. Ya ampun pantesan blog saya lama dibaca gugel, mungkin karena saya ga masukin meta deskripsi soalnya saya juga gatau harus isi apa di meta deskripsi...
    brb langsung isi meta deskripsi...

    malahan deskripsi bawah nama blog awalnya spesifik malah saya ganti personal blog ampuuun deh wkwkwk kemunduran ini. Makasih ya mbaaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa. Ternyata ngaruh banget.. 3 Bulan saya memperbaiki strukturnya, akhirnya sekarang udah bisa dikenali mbah Google.. hihihi..

      Delete
  5. Abis baca ini langsung pengen ganti nama domain dan nama blog saya yang..... T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhaa.. Gpp mbak.. manfaatin Meta Deskripsinya aja.. semoga sukseees selalu ! ❤️❤️❤️

      Delete
  6. Keren kali mbak info infonya. Semoga blogku juga bisa seketje punya Mbak evva ya..hehehe.. meta deskripsiku kurang panjang ternyata, harus dipanjangin lagi!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Panjang dan spesifik sekarang mbak.. Biar makin makin informatif Blognya.

      Delete
  7. mbak, kok keren sih. saya search beberapa kunci di blog saya belum bisa muncul kayak mbak gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di optimalin Meta deskripsinya mbak.. bikin Keyword tailnya juga (ke image jangan lupa dikasih Alt text). Biar makin Fokus Blog kita.. semangaaat ❤️❤️❤️

      Delete
  8. di mikir ulang, apa nama blog saya kepanjangan ya ,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak apa2 mbak.. asal jelas dan informatif bakalan dikenal juga..

      Delete
  9. Ahhhh love banget tulisan ini. Pas banget lagi blank soal meta deskripsi. Krn hasil si seoreviewtools nya rekomen utk pasang meta deskripsi. Apa lah itu aku blank maksimal hahaha
    Setelah baca postingan yg ini lgs belajar pintar sedikit πŸ˜‚πŸ˜‚
    Thanks for sharing this mba Ewa. Banyak ilmu SEO aku belajar dari blog nya mba. eniwei, aku dulu rajin bikin bullet joural. Inspired by happiescrappie, but lately, lg jenuh ngejurnal. Gara2 blogwalk di blog ewafebri skrg jadi kepikiran ngejurnal lagi😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru mbak ngejurnal hihi.. jadi terapi juga. Hehe..

      Delete
  10. aku salfok sama animasi-nya kak, lucu bangetttt<3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you kakaaaak.. ❤️❤️❤️❤️

      Delete
  11. Kaa, meta deskripsinya yang di dasbor apa di kode script?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya cukup pake yg di dashboard aja.. jangan lupa, jadikan kata kunci juga setiap bikin postingan. (Tapi natural ya.. ?)

      Delete
  12. Nah ini dia penjelasan yg sangat kumplit (kayak Indomie, hihi) yg harus diketahui banyak blogger! Intinya kalau mau punya nama blog yang self-branding gitu, sebenarnya masih bisa didongkrak SEO-nya lewat meta description itu ya Mbak. Sama kontennya.

    Pas banget aku lagi gak paham apa maksudnya meta description krn penilaian SEO-ku drop gara-gara itu huhu. Masalahnya aku gak ngerti cara masukin meta description di platform Squarespace. Mbak pake Blogger ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, saya pake platformnya Google. Tinggal manfaatin di Search preference dan setiap postingan sebenarnya.. hihi.

      Delete
  13. Uuuh gemas.. jadi nambah 1 lagi panutanku di dunia perbloggingan.. sama2 suka gambar pula.. jadi makin cocook.. 😭😭😍 makasih kak ewaaa.. sukses selaluu..insyaAllah makin sering main ke sini deh buat belajar.. mangaaat.. πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ❤

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbaknya suka gambar juga ya.. ihir.. hihi.. bakalan sering-sering main ke Blognya ini.. hahaha..

      Delete
  14. Makasih sharingnya, mbak! Gak nyangka pemilihan nama juga pengaruh ke SEO.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo fokus ke Branding iya mbak.. hihi.. pokoknya Robot Google harus tahu mbak Dewi ini siapa.. ? Jadi kalo ada ada yang nyari informasi di mesin pencarian, bisa rekomndassin blognya mbak Dewi. Hihi..

      Delete
  15. Hihihi, nama Ewa jadi beken bangeett.
    Saya juga awalnya pikir Ewa itu nama asli mba :D

    Ketauannya pas di Blogger Perempuan hahaha.
    Tapi keren emang, blognya punya punya niche yang tetap.

    Kalau saya hingga hari ini saya gak tau niche nya apa, jadinya pakai yang universe dan semilyar di Google hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahhaa.... Selama saldo terus bertambah mah, amaaan mbaak Reyne 😁😁😁😁🀭 .

      Delete
  16. Halo Kaka mau tanya, penempatan meta deskripsinya yang dimana? Di dasbor atau di kode html?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dashboard cukup.. kalo bisa dua2 nya gak masalah.bjihi

      Delete
  17. Wah blognya bagus, tulisan yang ini juga bagus banget. Selain menjelaskan kenapa pilih nama Ewafebri, juga banyak informasi-informasi penting. Aaah suka.

    Btw mbak Ewa juga anggota 1M1C ya, dulu aku juga gabung di situ, tapi udah di kick karena bolos berminggu-minggu, hehe.

    Salam kenal ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Dian.. hihi.. salam kenal juga.. 😁

      Delete
  18. Kalau nanti pakai domain sendiri mau tetap pakai Tuteh, nama yang secara tidak sengaja diceletuk sama teman mIRC. Pos blog ini menghadirkan satu ide menulis untuk blog saya haha. Mantap!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Branding ya mbak.. ❤️❤️❤️

      Delete
  19. Wah keren banget mbak blognya udah dikenal search engine
    Kalo saya gak ngerti seo-seo an mbak, asal nulis aja, untung main kemari jadi tau deh.
    Thanks tipsnya juga lengkap banget,



    salam kenal.. baru tau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dih kok ada tulisan "baru tau"nya.. hahaha maaf mba lupa hapus keduluan kepencet send, mungkin mba jadi bingung bacanya :))

      Delete
    2. Hahhaa.. Gpp mbak.. kadang saya suka begitu. Terima kasih udah mengkoreksi kembali 🀣🀣❤️❤️

      Delete
  20. jadi banyak belajar lg ewwa, tapi saya sudah mantap dgn self branding keluargapanda:D padahal ya ga miara panda hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keluarga panda bakalan mudah diinget mbaak.. hihihi.. siapa sih yang gsk cinta sama pandaa ? Uwuwuwuwu..

      Delete
  21. Wah hampir sama kaya aku haha. Aku pakai nama blog ummi gayo berawal julukan candaan dari paksu yang awalnya aku gak suka. Tp kesini mikir kayaknya ear catching juga nih kalo dipake nama blog. Hehehe. Mbak namanya cantik yaa...evva salam kenal aku novi yang lahir dibulan ini..he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mbak Novi yang lahir di Bulan ini.. hahahhaa.. salam kenal juga. Saya sering baca tulisannya loh.. hehhe.. Pantesan, saya agak penasaran Nama Blog sama nama Mbaknya kayaknya gak ada hubungannya . Hihihi. Ternyata oh ternyata.. kita jadi bisa jatuh cinta sama julukan itu ya.. ? πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Delete
  22. Uhhhh😍😍😍
    Panutan. Untuk blogku yang masih di pintu ketidak.jelasan.

    ReplyDelete

Hi Gaes.. Jika kalian tak menemukan kolom komentar, mohon untuk mencari artikel yang ingin dikomentari melalui Home , atau pilih label, kemudian klik " Link Komentar " , yang berwarna salmon (peach pastel). Akan muncul kolom komentar baru. Mohon maaf ketidaknyamanannya.. πŸ™