7 TIPS MEMILIH NAMA BLOG SUPAYA DIREKOMENDASIKAN OLEH GOOGLE

by - November 22, 2018

7 Tips Memilih Nama Blog Supaya Direkomendasikan Google


Hmmm.. Kalo ditanya kenapa Blog ini namanya Ewafebri ? Jawabannya karena Ewafebri Julukan nama saya yang awalnya saya benci. Hahaha..  Ewafebri adalah nama yang saya ambil dari nama pribadi Evva Febri. Dulu.. waktu jaman sekolah, rasanya sebel banget kalo ada temen yang ngledek manggil nama Evva menjadi Ewa. Tapi kesininya Ewa menjadi nama keberuntungan. Hihihi.. 

*****

7 TIPS MEMILIH NAMA BLOG SUPAYA DIREKOMENDASIKAN OLEH GOOGLE


Pemilihan nama Blog ini sebenarnya berawal dari alasan yang klise. Jadi.. pas bikin account sosial media dengan nama Evva, rasanya pas dicari banyak banget yang muncul. Bahasa mudahnya " Nama Pasaran ". Hahaa..  Akhirnya kepikiran untuk mengganti nama yang unik dan jarang digunakan orang lain (padahal kalo sekarang  udah banyak banget  yang menggunakan nama Ewa bermunculan). 

ALASAN KENAPA SAYA MEMILIH EWAFEBRI 



Ewafebri Bullet Journal Indonesia


Setelah saya pikir-pikir, saya ingin julukan nama saya yang paling saya sebelin.. Ewa, menjadi nama unik untuk media sosial saya. Tapi kan username harus lebih dari 3 huruf kan ya.. ? Jadinya saya tambahkan Febri di belakangnya, menjadi Ewafebri. Hehe.. 

Gak pernah menyangka, kalo Ewafebri sekarang menjadi Branding saya sendiri. Hampir semua akun saya menggunakan nama itu. Alhamdulilahnya, dulu nama Ewafebri tidak digunakan oleh banyak orang untuk membuat akun. Seneng rasanya, akhirnya saya punya nama yang sama hampir disemua media sosial saya, dengan begitu saya gak akan lupa tentang nama username saya. Hihi..  Dari nama yang paling saya sebelin kini menjadi nama yang saya banggain. Hehehe..

Baca Juga : Cara Memilih Niche Blog 

7 TIPS MEMILIH NAMA BLOG 


Memilih nama Blog itu gampang-gampang susah. Apalagi jika kita menjadikan nama tersebut sebagai nama Branding kita sendiri. Karena itu, memilih nama Blog juga menjadi hal penting yang harus kita pikirkan.

Penting gak sih nama Blog kita itu ?


" Hmmm... Kalo menurut para ahli yang tulisannya selalu berada di Page One. Nama Blog dan Domain itu penting banget. " 



Ewafebri Bullet Journalist Indonesia



Perjalanan saya dengan nama Ewafebri ini juga terinspirasi setelah melihat ulasan di Youtube Ahrefs tentang bagaimana cara menempatkan nama kita di SEARCH ENGINE. Menurut , Sam Oh. Jika kalian ingin membidik peringkat satu di PAGE ONE, Pilih nama yang berhubungan erat dengan kata kunci Niche Blog kalian atau jadikan sebagai deskripsi Blognya.

Misalnya, pemilihan nama saya kan Ewafebri. Orang belum tentu mencari kata Ewafebri di Search Enginenya. Karena kan gak semua orang mengenal kita. Iya kaan.. ? Nah.. harus ada elemen pendukung lainnya, yang bisa membuat nama Ewafebri berada pada mesin pencari.

Lalu Bagaimana cara supaya orang lain tahu dan mudah mencari Blog kita.. ?

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan :


  • Pilih nama domain yang pendek, catchy dan mudah diingat. 
  • Pilih nama yang akan kita gunakan sebagai Branding kita. Entah itu nama kita sendiri, atau produk/jasa yang kita sediakan.
  • Manfaatkan Deskripsi Blog [dibawah Judul Blog] dengan baik. Tahukah kamu bahwa deskripsi pada Blog kita itu ngaruh banget dan berguna banget pada search engine. Jadi jangan asal ngasih deskripsinya ya Gaes. Buat Deskripsi yang se-spesifik mungkin.

Pilih deskripsi Blog yang mencerminkan Blog kita. Nah dibagian ini, bagi yang memiliki Niche Blog lebih mudah. Tapi bagi Blog yang memiliki Niche secara umum (misalnya Lifestyle, atau Beauty Blogger) yang banyak banget penggemarnya, disarankan memiliki deskripsi yang spesifik untuk mengangkat tema Blognya di mesin pencari. Misalnya saja, Beauty Blogger Jakarta , Lifestyle Indonesia dll. (Selain konten dan optimasi SEO lainnya).

  • Jika kita ingin menggunakan nama kita sebagai Domain, sekaligus sebagai Nama Blog, Jangan lupa untuk memanfaatkan Meta deskripsi dengan maksimal. Misalnya nie. Blog Ewafebri adalah Blog tentang Bullet Journal. Tapi judul Blog saya ini kan gak ada ada hubungannya dengan nama Bullet Journal, nah disinilah yang harus diperhatikan. Tambahkan nama Bullet Journal pada meta deskripsinya. 

Tetapi jika saya hanya menuliskan kata Bullet Journal, maka yang muncul pada mesin pencarian adalah (banyak) Blog dari luar negeri. Untuk mengatasi hal ini, saya menambahkan " Indonesia ", di belakang nama Bullet Journal. Maka hasilnya akan berbeda jika ada yang menuliskan di mesin pencarian dengan nama Bullet Journal Indonesia. Hehe.. paling tidak Blog saya bisa muncul ke permukaan. [ Contoh : Bullet Journal : Deskripsi yang terlalu umum. Sementara Bullet Journal " Indonesia " : lebih spesifik. ]


Bullet Journal Indonesia


  • Atau teman-teman bisa juga menggunakan Nama Blog uniknya, yang berhubungan dengan mayoritas isi konten. Dengan begitu, visitor bisa mengenali Blog kita ini membahas tentang apa. 
  • Bisa juga menggunakan bantuan Blog Name Generator. Dengan bantuan Generator, barangkali kita bisa mendapatkan ide yang cocok untuk nama Domain kita, atau Nama Blog kita. 
  • Nama Domain dan Judul Blog boleh saja berbeda, tapi yang perlu diingat tetap disesuaikan dengan konten Blog kita ya Gaes. Hehehe.. 



Jika kita mengoptimalkan hal tersebut diatas, mesin pencari akan lebih mudah untuk mengarahkan rekomendasi ke Blog. Ujung-ujungnya sih tetep traffic yang kita dapet. Hihi.. 

Beruntung saya menemukan tutorial Ahrefs pada Youtube. Dengan begitu saya bisa mengaplikasikan ke Blog ini. Hasilnya, Alhamdulilah.. Ketika orang mencari Bullet Journal Indonesia atau Bullet Journalist Indonesia, halaman saya direkomendasikan oleh Google.


Bullet Journalist Indonesia


Bukan cuma itu, nama Blog kita juga bisa menjadi Branding buat kita loh. Terlebih kalo kita bisa mengoptimalkan semua teknik SEO dengan baik. Seperti yang baru ini saya temukan di Google Search. Ketika mencari kata kunci Bullet Journal Indonesia, nama ewafebri juga muncul ke permukaan. 


Ewafebri Bullet Journalist Indonesia


Tapi bisa jadi ini terjadi karena saya sering mencari nama Ewafebri di mesin pencari. Hahhaa.. (emang ngaruh ya.. ?!?).

Sejak awal saya memutuskan untuk meredesign Blog ini, saya mencoba banyak cara untuk membuatnya  mudah ditemukan di mesin pencari. Selain konten, tampilan, Nama Blog, Alamat Blog dan Deskripsi juga merupakan hal yang penting untuk dipertimbangkan.

Nah itu tadi alasan dan bagaimana saya membuat Nama Blog ini. Buat teman-teman yang ingin membuat Nama Domain TLD (Top Level Domain). Jangan cuma sekedar nama saja ya Gaes tapi juga perlu memperhatikan bagaimana menjadikan Blog kita mudah di cari oleh mesin pencari.



HAPPY BLOGGING ! 

You May Also Like

45 comments

ANNOUNCEMENT



Untuk menyambut Ultah Blog Ewafebri yang ke 2 tanggal 16 Agustus 2019, ikuti kesempatan memenangkan giveaway yuk. Ada Tottebag Mingce, Watercolor Pad Ring 300 gsm, dan juga macem - macem sticker.

Caranya gampang banget kok, kalian cukup subscribe Blog ini aja.

Selain kesempatan menang Giveaway, nantinya setiap Minggu inbox kamu dapet update dari ewafebri.com

Periode subscribe per tanggal 1 Agustus - 31 Agustus 2019 ya ! Pemenang akan diinformasikan melalui email secara langsung.

Giveaway hanya berlaku untuk wilayah Indonesia saja. Hihi..