ART THERAPY IDEAS | SEJARAH EWAFEBRI ART

SEJARAH EWAFEBRI ART



Ewafebri art
EWAFEBRI ART



Apa kabar semua.. ? Masih bersemangat kan walaupun sudah berada di pertengahan bulan , hihi.. Saya pun demikian, selalu berusaha bersemangat apapun keadaannya.

Seperti minggu ini, semangatku berada di level yang hampir maksimal (karena saya gak tahu ukuran maksimal itu seperti apa..) hehee..

Yup.. Minggu ini adalah minggu produktif buat saya, entah kenapa saya bisa menyelesaikan beberapa task sekaligus project berbarengan. (bukan karena doping ya) hehe.. Ya.. Mungkin karena si moody yang kadang datang dan pergi sesuka hati ini mendadak memilih tinggal sedikit lama dari biasanya. "halah




EWASTICKERS


Diawali dengan ewasticker's commission (gambar diatas). Ewasticker adalah project tanpa sengaja sebenarnya. Karena saya sering membuat doodle journal, orang jadi tertarik dengan si Bowgel (karakter imut di dalam journal saya, yang tak lain adalah saya sendiri, hahhaa). Akhirnya mereka meminta saya untuk membuat karakter yang sama berupa sticker sehingga mereka bisa memasangnya di journal mereka sendiri. Adalah Bella yang pertama kali menyemangati saya untuk membuatnya. Maklum saya dulu kurang percaya diri dengan kemampuan sendiri. Hahhaa..


Ewafebri Art Stickers
ewastickers


Bahan yang saya gunakan adalah sticker transparant, merk Tom And Jerry, yang langsung saya gambar dengan karakter Bowgel diatas. Untuk melindungi supaya warna tidak mudah hilang, saya menggunakan Pylox Clear untuk hasil akhir. Biasanya sebelum saya kirim kw customer, saya potong sesuai dengan bentuknya. Nah cara mengaplikasikannya tinggal ditempel dan dipasang seperti contoh ewajournal berikut ini. 



ewafebri art
Ewajournal

EWAJOURNAL


Kalo teman-teman mengikuti Instagram saya dari awal, kalian pasti sudah mengikuti perkembangan saya dalam bereksperimen journal, sampai akhirnya saya jatuh cinta dengan Bullet journal.  Ewajournal adalah Journal yang saya buat dengan memori dan doodle sebagai illustrasi yang berbasis daily activities ( kegiataan sehari-hari). Saat proses inilah, Karakter Bowgel makin hari makin berkembang dan makin terbentuk ciri khasnya.


Ewajournal 


Pesan saya, jika kalian ingin mencoba membuat karakter yang identik dengan karya kalian, cobalah untuk membuat doodle journal dengan mengillustrasikan kegiatan sehari-hari, Cara ini akan membantu kalian dalam mengembangkan skill menggambar, mengolah ekspresi, bahkan aktivitas.  


ewafebri art
EWAFEBRI ILLUSTRATION


EWAFEBRI ILLUSTRATION


Membuat illustrasi adalah salah satu mimpi saya yang jadi kenyataan, walaupun sebelum secanggih illustrator lainnya. hehe.. Dengan membuat illustrasi saya bisa mengembangkan kemampuan saya dalam hal melukis. Tantangan yang saya dapatkan dalam membuat illustrasi adalah Detail Gambar. Hmm... disinilah letak kekurangan saya sesungguhnya. hahaha.. membuat detail pada gambar illustrasi.


ewa artwork

Watercolor atau cat air adalah media yang saya gunakan dalam membuat illustrasi, tak ketinggalan drawing pen yang saya gunakan untuk membuat line atau garis sketch gambar. Kenapa pilahn saya jatuh pada cat air ?. Karena Cat Air lebih mudah diaplikasikan ke atas kertas, dibandingkan menggunakan cat acrylic.


Ewafebri art
Watercolor 


EWAFEBRIART


EWAFEBRI ART adalah Dunia fantasy saya, yang didalamnya  terdapat krucil-krucil yang saya sebut dengan The Bowgel and Family. Menciptakan dunia fantasi membuat saya harus berpikir keras tentang bagaimana melengkapinya. Menambahkan karakter lainnya sebagai toko pendukung si Bowgel dalam berpetualang di dunia fantasinya ewafebri. hihi.. Ada bebrapa karakter baru yang sudah say buat untuk menambah ramainya EwafebriArt.

Berikut beberapa karakter yang saya buat untuk EWAFEBRI ART.  


EWA

Ewa ini adalah Tokoh utama dalam dunia fantasi Ewafebri Art. Terinspirasi dari diri sendiri (hihi.. saat dulu sebelum menggunakan kerudung). Rambut cepol, ndut, suka pake sandal (kemanapun), pipi tembem dan suka nyengir (kadang pas sendiri juga suka nyengir.. hahaha.. ).


EWA DAN IWAWA

Karakter ini awalnya saya gunakan untuk membuat doodle journal, dan makin kesini karakter ini makin gembul bentuknya (yang bikin juga.. haha..). Saya namai Ewa karena itu nama yang paling mudah saya dapatkan. Ewa sendiri adalah nama julukan kecil saya, karena nama saya boros huruf V (evva), teman-teman saya kemudian memanggil saya dengan sebutan Ewa. Dulu sempet sebel pas dipanggil dengan nama itu, makin kesini makin asyik buat Branding. Hahaha.. (Ya iyalah).

DREAMY 


Dreamy adalah karakter perempuan temennya si Bowgel. Tokoh ini saya buat setelah terinspirasi oleh sepupu saya sendiri. hahaha.. secara karakter mereka berbeda tapi secara fisik nyaris sama. Yang membedakan adalah sepupu saya tinggi semampai. hahaha.. Dreamy adalah karakter yang usil, gregetin, tapi jenaka. Dia selalu berupaya membuat Ewa (Bowgel) tertawa disaat sedang berduka. Biar gak setres ya gaes.. 


ewafebri art
DREAMY 

IWAWA


Iwawa adalah teman imajinari Ewa. Ciri khasnya adalah bulat dengan 2 telinga yang asimetris. Dia memiliki jambul berwarna merah dan gemar makan imajinari cookies. hihi.. Namanya juga dunia fantasi ya gaes, apa aja bisa terjadi disini. Haha.. segala ada cookie imajinari. sah-sah ajalah pokoknya. hihi.. 



IWAWA

Karakter Iwawa terinspirasi dari Bakso gaes.. (lha...?). haha.. Yup, saya suka banget yang namamya Bakso, hampir setiap minggu selalu makan bakso. Saya tahu itu kebiasaan buruk karena mengkonsumsi daging merah olahan terlalu sering, tapi harus bagaimana lagi, makanan yang paling bisa diterima oleh mulut dan perut nih.  (Malah curhat)

CHIKO 


Ada Chiko, Anjing lucu teman Ewafebri. Karakter ini terinspirasi oleh nama sebenarnya Chiko, anjing husky yang saya temui saat saya melakukan perjalanan ke Banyuwangi. Pada dasarnya saya takut dengan anjing, tapi entah kenapa saat itu rasa takut saya hilang (meskipun gak berani megang juga, hahahaha). Ada satu kejadian yang membuat saya nangis ketika Chiko diomeli sama pemiliknya. Sedih banget aku tuh !, dia dibentak-bentak karena saat itu Chiko memaksa ingin ikut pemiliknya pergi.


Ewafebri art
Chiko


BRAINY DAN HEARTY


Tokoh dalam Cerita Sore Hari yang membantu ewafebri menyelesaikan suatu masalah, bersama-sama dengan Hearty, mereka mencoba untuk mencari solusi dari setiap gejolak yang timbul, hihi, Karakter ini terinspirasi dari perang pikiran yang sering saya alami. Saya adalah tipikal orang banyak mikir alias over thinking, menciptakan Brainy dan Hearty itu menjadi salah satu cara bagaimana saya menyehatkan mental saya.

ewafebri art



Tak seperti cerita dan tokoh dalam cerita pada umumnya ( Comic ataupun Novel), karakter Heartt dan Brainy disini memang bisa bertukar peran menjadi antagonis ataupun protagonis. Tergantung sudut pandang cerita yang sedang saya sampaikan saat itu, dan tergantung bagaimana saya memandang persoalan tersebut melaui logika atau perasaan. Jadi pada kesimpulannya, Cerita pendek pada segmen Cerita Sore Hari adalah perbincangan yang terjadi dalam diri saya sendiri. Semacam Perang Batin gitu.


ewafebri art



NOJU 

NOJU adalah karakter yang terinspirasi oleh journal saya. Hahaha.. Sebagai Bullet Journalist sejati, hal yang tak pernah saya tinggal selain HP adalah Bullet Journal. Ibaratnya tuh NOJU adalah teman curhat yang tak terbantahkan. Bisa menjadi Boost productivity, menjadi Dokter Mental buat saya, dan menjadi teman seperjuangan yang setia menemani kapanpun. hihi.. 

ewafebri art



Itulah beberapa karakter yang saya buat untuk membuat Ewafebri Art menjadi dunia fantasi yang saya mimpikan. Goal saya adalah membuat illustrasi berdasarkan karakter-karakter tersebut diatas, biar sambil cerita, sambil mengasah skill illustrasi. hehehe.. 

Terima kasih sudah membaca sekelumit sejarah Ewafebri Art Gaes... semoga ke depannya saya bisa memposting konten Art yang lebih banyak lagi. 

HAPPY READING 


Post a Comment

4 Comments

  1. Watercolour paninting, keren. Haha, jadi pengin nyoba!

    ReplyDelete
  2. Keren kak sudah ciptain karakter sendiri wow😉 sukses ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulilah mbak.. ❤️🤭 .. ternyata kalo kita fokus dan berusaha bisa juga.. hihi..

      Delete

Hi Gaes.. Jika kalian tak menemukan kolom komentar, mohon untuk mencari artikel yang ingin dikomentari melalui Home , atau pilih label, kemudian klik " Link Komentar " , yang berwarna salmon (peach pastel). Akan muncul kolom komentar baru. Mohon maaf ketidaknyamanannya.. 🙏