ARTZINE | VOLUME 1

by - February 16, 2018

Finally..

Ewagiveaway sudah selesai. Dan udah ditentukan pemenangnya. Terima kasih banyak yang sudah berpartisipasi. Dan selamat untuk para pemenangnya.




Dan pemenangnya adalah..



Dan..



Lega juga rasanya setelah tugas selesai hihi.

Dan kali ini saya ingin membahas tentang challenge saya untuk memenuhi mantra COMPETE WITH MY SELF.

WEEKLY ILLUSTRATION CHALLENGE




Jika teman - teman sudah membaca tentang Goal saya di Tahun 2018, tentu kalian sudah membaca tentang challenge saya yang satu ini.

Yup.. Setiap minggu saya ingin membuat illustrasi atau gambar dengan setting atau latar belakang yang lebih detail.
Nah karena sebelumnya saya menemukan cara asyik untuk mempresentasikan sebuah karya dengan Zine. Kali ini, formatnya pun saya buat serupa. Dan saya menyebutnya ArtZine.

Berikut hasilnya.

ARTZINE VOL. 1

Ini adalah cover ArtZine saya di Volume 1.. Hihi.. Ada yang beda dengan bowgel kali ini. Karena dia sudah punya teman main. Namanya Iwawa..

EWA AND IWAWA

Iwawa ini adalah karakter baru yang saya ciptakan dan terinspirasi dari bakso. Hihi.. Sebagai penggemar berat bakso yang kadang bisa 7 hari berturut-turut mengkonsumsinya, tak ada salahnya saya mengabadikannya dalam bentuk karakter.

EWA AND IWAWA



Jika kita lihat dari ArtZine vol. 1 ini, saya lebih fokus menggunakan cat air sebagai media utama untuk belajar. Jadi dari 8 gambar yang ada, hampir semuanya pewarnaannya menggunakan cat air.

EWA AND IWAWA

Selain penggunaan cat air, dalam volume satu ini saya juga mencoba mengeksplorasi gaya dan tekniknya. Seperti penggunaan Liquid masking film, alkohol, dan mixed media dengan marker.

WATERCOLOR EXPERIMENTS USING ALCOHOL

Ada kisah dimana saya membuat kesalahan fatal pada saat mengeksplorasi cat air dan alkohol. Eksperimen pertama saya adalah menuangkan alkohol langsung diatas kertas. Dan kertaspun langsung menyerapnya dan menimbulkan bercak-bercak saat dituang cat air diatas. Hasilnya ? Gagal !
Panik ? Pasti !.. Tapi kemudian timbul ide memberikan detail diatasnya dengan doodle seperti gambar warna biru.

Eksperimen kedua, Berhasil ! Timbul spot-spot putih pada saat saya menuangkan alkohol diatas cat air. Seperti gambar warna merah. 😂😂😂
Selain menyenangkan, eksperimen juga proses pembelajaran. Kegagalan mengajarkan kita menjadi problem solver (pemecah permasalahan) bukan hanya complainer (pengeluh). Dari sini kita bisa belajar manjadi manusia seperti apa yang kita inginkan ?. Problem solver atau Complainer ?

EWA AND IWAWA

Gambar diatas adalah contoh penggunaan cat air dan acrylic. Entah kenapa saya susah sekali menggunakan white pen untuk memberikan nuansa putih pada gambar. Kadang hasil warna putih dari white pen kurang seputih yang saya inginkan, jadi saya menyiasatinya dengan menambahkan cat acrylic warna putih.

Itulah tadi beberapa karya yang saya buat untuk compete with my self di aspek kreativitas. Semoga ke depannya banyak hal yang bisa saya pelajari dan eksplorasi lagi.

Terima kasih sudah membaca postingan ini, jika ada pertanyaan, silahkan meninggalkan di kolom komentar atau follow instagram saya untuk postingan paling update. Sampai ketemu dipostingan selanjutnya.

You May Also Like

0 comments

Hi Gaes.. Jika kalian tak menemukan kolom komentar, mohon untuk mencari artikel yang ingin dikomentari melalui Home , atau pilih label, kemudian klik " Link Komentar " , yang berwarna salmon (peach pastel). Akan muncul kolom komentar baru. Mohon maaf ketidaknyamanannya.. 🙏