ARTZINE VOLUME 1 | BOWGELS

by - February 16, 2018

art zine indonesia oleh ewafebri

Jika sebelumnya saya sudah membahas tentang Mengenal dan Cara Membuat Zine, kali ini saya akan membahas tentang pengalaman saya membuat Zine yang sarat akan pengalaman tentang art (seni). Oleh karena itu saya menyebutnya Artzine. Apa saja isi Artzine saya kali ini ? Simak yuk !

ARTZINE VOLUME 1 | BOWGELS


art zine indonesia bowgels dan iwawa
ARTZINE VOL. 1

Entah cuma terjadi sama saya saja, atau juga terjadi pada sebagian orang ? Jika kita belajar hal baru, rasanya seneng banget sampai ingin mengulangnya lagi. Pun kita saya saya mengenal Zine. Rasanya apa saja ingin saya buat dalam bentuk Zine. 🤭🤭🤭🤭

Belakangan ini selain saya seneng banget membuat Zine, juga karena saya sedang belajar mengeksplorasi cara teknik lukis serta obyek lukisnya. Pas banget nie kalo saya buat dalam bentuk Artzine. Selain hasil karya saya bisa dinikmati sekaligus juga bisa saya gunakan untuk metode penyimpanan semacam portofolio.

ISI ARTZINE VOLUME 1 - BOWGELS


Artzine saya kali ini di awali dengan membuat Covernya. Gambar covernya sendiri seperti contoh gambar di atas. Untuk membuat bagian tengah gambar tetap putih, saya menggunakan bantuan Liquid Masking Film. Ini saya lakukan supaya warna cat air lainnya tidak mengganggu bagian tengah yang berbentuk Love.

IWAWA DAN BOWGELS 1


EWA AND IWAWA

Selain Bowgels, Iwawa ini adalah karakter baru yang saya ciptakan dan terinspirasi dari bakso. 🤭🤭 Sebagai penggemar berat bakso yang kadang bisa 7 hari berturut-turut mengkonsumsinya, tak ada salahnya saya mengabadikannya dalam bentuk karakter. Iwawa dan Bowgel saya gunakan sebagai pembuka di halaman awal Artzine.

IWAWA DAN BOWGELS 2


teknik zine indonesia by ewafebri
EWA AND IWAWA

Halaman berikutnya masih tentang Bowgels dan Iwawa, kali ini setting tempat mereka di depan wastafel. 😂Jika kita lihat dari ArtZine vol. 1 ini, saya lebih fokus menggunakan cat air sebagai media utama untuk belajar. Jadi dari 8 gambar yang ada, hampir semuanya pewarnaannya menggunakan cat air.

TEKNIK SPLASH PADA CAT AIR


Illustrasi berikut ini saya mencoba menggunakan teknik splash pada watercolor. Caranyapun sebenarnya mudah, meski sedikit tricky. Berikut ini step by step saya membuatnya : 


zine indonesia artzine by ewafebri
EWA AND IWAWA


  • Buat sketsa obyeknya terlebih dahulu. Karena saya ingin Bowgels dan Iwawa tetap berwarna putih, sementara yang lain colorful, saya menggunakan liquid masking pada bagian karakter Bowgels, Iwawa dan Payungnya. 
  • Setelah Liquid maskingnya kering, saya membasahi area sekitarnya dengan air. Cara ini akan mempermudah kita saat ingin membuat efek splash di sekitar payung.
  • Pastikan warna cat airnya encer sehingga pada saat kita tiup dengan sedotan mempermudah laju warnanya bergerak bebas. 
  • Gunakan sedotan ataupun pipa kecil untuk efek splash di area sekitar payung.
  • Untuk mendapatkan kesan transparant atau tipis, sapukan kuas berbentuk spalter atau kotak. Dan ratakan pada area yang ingin kita buat tipis warnanya. 
  • Tambahkan detailnya, seperti outline, dll.


MIX MEDIA ALKOHOL PADA CAT AIR


Selain penggunaan cat air, dalam volume satu ini saya juga mencoba mengeksplorasi gaya dan tekniknya. Seperti penggunaan Liquid masking film, alkohol, dan mixed media dengan marker.


cara membuat zine indonesia
WATERCOLOR EXPERIMENTS USING ALCOHOL

Ada kisah dimana saya membuat kesalahan fatal pada saat mengeksplorasi cat air dan alkohol. Eksperimen pertama saya adalah menuangkan alkohol langsung diatas kertas. Dan kertaspun langsung menyerapnya dan menimbulkan bercak-bercak saat dituang cat air diatas. Hasilnya ? Gagal ! Panik ? Pasti !.. Tapi kemudian timbul ide memberikan detail diatasnya dengan doodle seperti gambar warna biru.

Eksperimen kedua, Berhasil ! Timbul spot-spot putih pada saat saya menuangkan alkohol diatas cat air. Seperti gambar warna merah. 😂😂😂
Selain menyenangkan, eksperimen juga proses pembelajaran. Kegagalan mengajarkan kita menjadi problem solver (pemecah permasalahan) bukan hanya complainer (pengeluh). Dari sini kita bisa belajar manjadi manusia seperti apa yang kita inginkan ?. Problem solver atau Complainer ?

WATERCOLOR DAN ACRYLIC PAINT


contoh bentuk zine indonesia
EWA AND IWAWA

Gambar diatas adalah contoh penggunaan cat air dan acrylic. Entah kenapa saya susah sekali menggunakan white pen untuk memberikan nuansa putih pada gambar. Kadang hasil warna putih dari white pen kurang seputih yang saya inginkan, jadi saya menyiasatinya dengan menambahkan cat acrylic warna putih.

Itulah tadi beberapa karya yang saya buat untuk compete with my self di aspek kreativitas. Semoga ke depannya banyak hal yang bisa saya pelajari dan eksplorasi lagi.

Terima kasih sudah membaca postingan ini, jika ada pertanyaan, silahkan meninggalkan di kolom komentar atau follow instagram saya untuk postingan paling update. Sampai ketemu dipostingan selanjutnya.

You May Also Like

0 comments

ANNOUNCEMENT



Untuk menyambut Ultah Blog Ewafebri yang ke 2 tanggal 16 Agustus 2019, ikuti kesempatan memenangkan giveaway yuk. Ada Tottebag Mingce, Watercolor Pad Ring 300 gsm, dan juga macem - macem sticker.

Caranya gampang banget kok, kalian cukup subscribe Blog ini aja.

Selain kesempatan menang Giveaway, nantinya setiap Minggu inbox kamu dapet update dari ewafebri.com

Periode subscribe per tanggal 1 Agustus - 31 Agustus 2019 ya ! Pemenang akan diinformasikan melalui email secara langsung.

Giveaway hanya berlaku untuk wilayah Indonesia saja. Hihi..