BLOGGER NIGHTMARES

blogger nightmares


[ewafebri.com] BLOGGER NIGHTMARES. Punya pengalaman yang bikin geregetan selama menjadi Blogger ? Tenang , kalian tak sendiri. Berikut ini beberapa pengalaman yang pernah saya alami (dan bisa saja) terjadi pada Blogger lainnya.


BLOGGER NIGHTMARES



Seperti kata Nadine Amizah, " kita selalu berharap, mimpi menjadi kenyataan, tapi jangan lupa, ada mimpi buruk di dalamnya." Hihihi..

Dalam segala aspek kehidupan, selalu ada hal baik dan selalu ada juga tantangan. Saya tidak mengatakan hal buruk tapi lebih memilih mengatakannya dengan sebutan " tantangan ". Karena saya berharap, apa yang sulit saya lakukan hari ini, akan mudah saya jinakkan di masa mendatang. Hahaha..


TIME CONSUMING



alasan ngeblog



Jujur menulis bagi saya saat ini adalah untuk terapi dan juga berbagi. Meski beberapa waktu lalu saya sempet bersemangat untuk menjadikannya "profesi" sampingan, namun rasa itu sekarang sudah tidak dominan.

Ada banyak alasan kenapa saya kembali ke tujuan awal menjadi penulis di Blog ini. Salah satunya adalah lelah secara mental. Hahaha.. 

Sebagai seseorang yang menulis Blog sebagai hobbi (yang berharap menghasilkan) ini, ada banyak hal yang harus saya pelajari dan lalui jika ingin menjadi Blogger profesional.  Dan itu sangat melelahkan ! 

Menjadikan Blog sebagai sumber pendapatan butuh waktu yang tak sedikit Gaes. Kalian harus menginvestasikan waktu untuk hal-hal berikut ini : 

  • Mengumpulkan trafik Blog. Kalo gak ada pengunjung yang datang, gimana kalian mau monetasi Blog, yekan ? Klien juga pinginnya iklan mereka dibawa sama pengunjung. Iya tho ?
  • Membangun branding. Perlu juga kita membranding Blog, supaya pengunjung dan pembaca tahu, Blog kita itu menyuguhkan apa saja sih ? 
  • Rajin Research. Research dalam dunia Blogging itu sangat dibutuhkan. Entah itu tentang kata kunci yang akan digunakan, maupun materi yang akan dibagikan. Jangan sampai kita memberikan informasi yang salah, yekan ? 
  • Maintenance. Percaya deh, kalo Blog kalian udah oke banget trus gak di-maintenance sama sekali, dalam beberapa waktu saja trafik yang terkumpul akan menghilang. Hahhaa.. itu sering saya alami. Tak hanya soal publish artikel, tapi seluk beluk performa Blog juga harus diperhatikan. 


BELAJAR SEO DAN TEKNIK LAINNYA


Saat pertama kali saya ingin serius mengelola Blog, saya pikir yang dibutuhkan hanya "Minat Menulis Yang Tinggi". Tapi ternyata modal tersebut tak cukup membuat Blog kita dikunjungi pembaca. Hahaha...

Ada banyak teknik yang perlu kita pelajari dan aplikasikan supaya pembaca mengenali Blog kita. Sehingga mereka tahu artikel apa saja yang pernah kita bahas. 

Hal ini berhubungan dengan teknik SEO dan performa Blog lainnya. Dan hal tersebut tidak bisa kita hiraukan begitu saja. Terlebih jika kalian punya niat serius mengelola Blog. 

Hal-hal mendasar yang perlu dipelajari, di antaranya :

  • Indexing Blog. Penting untuk mendaftakan Blog kita di Webmaster supaya banyak pembaca yang berdatangan. 
  • Penerapan kata kunci untuk meraih posisi di page one Google.
  • Memahami sumber trafik untuk peningkatan Blog lebih lanjut. 
  • Menyusun artikel yang menarik dan informatif.
  • Mengerti kinerja link (internal, eksternal maupun broken link).
  • Memahami tentang penempatan gambar.


Tips lainnya, kalian bisa membaca di Blogging Corner


KONSISTEN 


Dan ini yang terpenting dalam dunia Blogging, Konsistensi !

Mungkin di awal (saat kita baru membuat Blog), rasanya kita bakalan bisa bertahan lama untuk terus menulis. Tapi berjalannya waktu, rasa bosan dan jenuh itu akan menghampirimu. Hihihi.. 

Walhasil Blog akan terbengkalai dan menjadi sarang virtual laba-laba. 

Padahal, untuk menjadikan Blog kita besar atau tetap hidup, dibutuhkan konsistensi dalam membuat postingan. Hal ini bisa meningkatkan Trust dari pengunjung juga Google. 

Soal konsisten menulis Blog, saya memanfaatkan fitur schedule post supaya jeda waktu publish bisa diatur. Ini sangat penting dilakukan apalagi jika kita tipikal orang yang moody. 

Misalnya saja kalo lagi rajin menulis, kalian bisa menghasilkan 5 hingga 10 tulisan dalam seminggu. Tapi kalo moodnya hilang, bahkan satu bulan pun belum tentu menghasilkan satu tulisan pun. 

Untuk mengatur ritme publish itulah kita bisa memanfaatkan schedule post. Misalnya saja kita punya target 1 Minggu 1 tulisan. Jadi jika kita punya banyak cadangan tulisan, bisa kita publish di minggu-minggu berikutnya. 

Dengan cara ini, Blog kita dimata pengunjung dan Google terlihat konsisten dalam hal publikasi. Dan bisa meningkatkan trafik sehat untuk Blog kita tercinta. 


MARKETING 


Gak cuma usaha yang butuh marketing, Blog pun butuh dipasarkan supaya banyak orang yang mengetahui keberadaannya. Hehehhe.. 

Jika sebelumnya kita butuh mendaftar ke webmaster, selanjutnya kita perlu memasarkan dengan cara lainnya : 

  • Blogwalking. Cara ini bisa membantu memasarkan Blog kita pada orang lain. Kita bisa meninggalkan jejak di Blog lain, yang pada akhirnya membuat calon pembaca baru mengenali keberadaan Blog kita. 
  • Sharing di media sosial. Ini mungkin yang sering kita lakukan ya ? Membagikan link tulisan kita di sosmed. Entah itu twitter, facebook bahkan whatsapp.
  • Mengikuti Komunitas. Ingin belajar ngeBlog ? Atau ingin membangun network ? Apapun alasannya, penting juga mengikuti komunitas Blog. Dengan begitu keberadaan Blog kita akan dikenali oleh para anggota. Dulu, saya mengganggap cara ini sia-sia, namun sekarang saya bersyukur memutuskan untuk ikut bergabung bareng mereka. 
  • Mengumpulkan database. Memiliki database pengunjung juga bisa menjadi salah satu trik marketing Blog kita loh. Sehingga setiap bulan (atau waktu tertentu), kita bisa mengirimkan kepada mereka informasi maupun artikel baru terkait materi yang sudah di-publish.

Setidaknya ada 4 cara marketing untuk meningkatkan performa Blog kita Gaes, kalian pilih cara yang mana ? Hehehe... 


PENDAPATAN TAK BISA INSTANT 


" Apakah kalian bermimpi mendapat penghasilan dari Blog setelah dirilis ? Hihihihi.. "

Bermimpi sih tidak apa-apa, karena kenyataan tak semudah itu Gaes !

Untuk bisa menghasilkan uang, kita perlu membangun Blog kita menjadi lebih besar lagi. Dari mulai trafik hingga brandingnya, sehingga klien memiliki rasa percaya pada Blog kita. 

Hal ini butuh waktu yang lama dan tidak bisa instant dalam kurun waktu satu bulan saja. Minimal 3 bulan lah hahha.. 

Bahkan Adsense pun memiliki peraturan bahwa minimal umur Blog yang bisa memasang iklan adalah 3 bulan berjalan. 

" Apakah kalian berpikir setelah di-approve Adsense maka uang akan berlimpah ? "

Sayangnya kenyataan tak seperti itu. Untuk bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan dari Adsense, kalian harus menggunakan strategi. Dan lagi-lagi, trafik menjadi modal utamanya !

Tentang cara meningkatkan pendapatan Adsense, saya juga pernah membahasnya. 

" Apakah dengan rajin menulis kita otomatis ditawari penempatan iklan oleh advertiser ?

Tidak juga ! Bagi advertiser mereka butuh data Blog kita mencapai tingkat tertentu. Misalnya saja, trafik setiap hari minimal 1000 pageview, Domain Authority di atas 15 dsb. Lagi-lagi, trafik menjadi salah satu Koentji-nya. 


DUPLIKASI KONTEN 



Saya pernah mengalami mimpi buruk ini. Banyak artikel saya yang terkena duplikasi karena sistem Auto Generate. Sebel banget rasanya, tapi ya sudahlah... ! Hahaa.. 

Saat itu saya lapor ke Google tentang masalah ini. Syukurlah akhirnya tulisan-tulisan itu di-takedown oleh Google. Hihihi.. 

Awal saya membuat Blog ini, ada beberapa tulisan yang saya ambil dari Blog lain. Saat itu saya tidak paham tentang duplikasi konten. Namun berjalannya waktu, tulisan tersebut akhirnya saya edit ulang dengan gaya bahasa unik ciri khas ewafebri. 

Belakangan saya juga mengalami hal yang sama. Hahhaa... Ini yang disebut karma.

Tulisan saya tentang Kulwap, diduplikasi pihak lain (meski tidak 100% sih), tapi saya tahu dia menduplikasi karena ada poin pembahasan dan gambar yang berasal dari Blog ini.

Lucunya, image yang dia gunakan itu terpampang muka saya 🤣🤣🤣. Sayangnya dia bahkan tidak memberikan link kredit ke Blog ini. Nah kan saya jadinya tahu mbaknya nyuri gambar tanpa kredit. Hahaha.. 

Rasanya kok lucu ya.. muka saya ada di Blog orang lain, tapi orangnya dengan polosnya tidak memberikan kredit link ke sini. Mungkin si Mbaknya masih newbie kayak saya jaman dulu. 😂😂😂😂

Semoga dengan berjalannya waktu, mbaknya sadar dan diberi pencerahan kayak saya. Bahwa untuk menghargai kerja keras orang lain itu bisa dengan cara yang sederhana, cukup dengan menambahkan link kreditnya saja. Hihihi.. 


KESIMPULAN 


Menjadikan Blog kita dikenali orang, ternyata butuh usaha yang tidak sederhana. Hahha.. Gak cuma selesai bikin postingan kemudian diterbitkan begitu saja. 

Ada banyak hal yang harus kita terapkan dalam Blog kita. Eh tapi ini hanya untuk mereka yang ingin meningkatkan performa Blognya saja ya ? 

Karena ada sebagian orang yang cuek terhadap masalah ini. Mereka berprinsip, " gak masalah gak ada yang baca, yang penting saya punya media buat curhat saja ". 

Pikiran itu pernah saya miliki, jauh sebelum saya memutuskan untuk mengelola Blog ini lebih serius lagi. Percayalah, jika ingin menjadikan Blog bermanfaat dan menghasilkan, butuh usaha yang tak sedikit pula. Seperti pepatah, "usaha tak mengkhianati hasil" . 

Kalian punya Nightmare apa tentang Blogging ? Share di kolom komentar yuk ! Hahhaa.. kira-kira hal apa yang dulunya kalian remehkan, eh ternyata dibutuhkan untuk membangun Blog kalian ?