BULLET JOURNAL INDONESIA | SETUP JANUARY 2018 [Guide]

by - December 23, 2017

cara membuat bullet journal untuk pemula



Apakah ada yang ikutan 12 Months Bujo Challenge Ideas ? Kalo belum ada, yuk ikutan Gaes, siapa tahu bikin kamu makin kece Bullet Journalnya. Hihihi. Seringkali saya mendapat pertanyaan tentang bagaimana Cara Membuat Journal Untuk Pemula. Oleh karena itu, saya membuat Challenge tentang Bujo. Apa saja sih yang perlu kita siapkan dalam membuat Bullet Journal ? Berikut ini contoh layoutnya.

BULLET JOURNAL INDONESIA | SETUP JANUARY 2018 [Guide]


Di bulan Januari ini, Bujo Challenge kita awali dengan membuat Bullet Journal Back To Basic ya Gaes !. Maksudnya adalah kita membuat Bullet Journal dari yang paling dasar banget.


12 bujo challenge ideas january's guide


SETUP IDEA FOR JANUARY'S GUIDE


Apa saja sih yang harus kita persiapkan untuk Bujo Challenge ini ? Sebenarnya kita hanya mensetup 4 + 1 komponen dasar Bullet Journal. Gak perlu yang lain-lain dulu.

Kenapa kita hanya membuat 4 komponen utamanya ? Supaya kita bisa merasakan manfaat dari Bullet Journal itu sendiri. Jadi gak cuma sekedar alat terapi tapi juga bisa menjadi alat bantu produktivitas. Ke empat komponen wajib tersebut adalah :

MENENTUKAN KEY BULLET JOURNAL


Bagi teman - teman yang baru banget mencoba Bullet Journal, saya sarankan mengikuti key bullet asli dari Bullet Journal. Supaya kedepannya mudah kita hafalkan dan laksanakan.

THE INDEX 


Membuat halaman the Index juga merupakan komponen utama dalam membuat Bullet Journal. Karena The Index merupakan komponen pembeda Bullet Journal dengan sistem perencanaan lainnya.

FUTURE LOG 


Untuk membantu kamu dalam menyusun rencana satu tahun ke depan, jangan lupa untuk membuat Future Log. Future Log adalah halaman khusus dimana kalian bisa menempatkan schedule yang akan dilakukan dalam 3 bulan mendatang.

MONTHLY LOG


Sudah bikin Future Log, tapi masih bikin Monthly Log lagi ? Tentu saja ! Hehehe.. Jika kita berpedoman pada Back To Basic Bullet Journal, Future Log adalah halaman yang simpel tanpa banyak layout kalender.

Layout Future Log itu sebenarnya terdiri dari 1 halaman yang dibagi menjadi 3 atau 6 bagian . Di dalamnya diisi dengan schedule atau kegiatan dengan tanggalnya. Jadi bukan seperti contoh layout yang mulai banyak beredar seperti saat ini.




Karena kreativitas sebagian Bullet Journalist, maka bentuk Future Log saat ini lebih lengkap dengan adanya kalendar. Bagi yang menggunakan layout semacam ini (event + kalendar atau Year at A Glance), kalian tak perlu membuat Monthly Log pun tak masalah.

Akan tetapi, jika kalian ingin menggunakan Basic Bullet Journal, itu artinya Monthly Log Harus dibuat. Supaya kita mudah mengatur schedule 1 bulan ke depan.

RAPID LOGGING 


Rapid logging tidak selalu tentang to do list, tetapi bisa berupa expense tracker, mood tracker, weather tracker, food log, memories Dll. Intinya hal-hal yang ingin kalian tulis. Nah dianggap Rapid Logging, karena kita mengisinya rutin setiap hari, Rapid (berkali-kali).

Video di bawah ini adalah contoh penggunaan Rapid Logging pada Bullet Journal. Hehehe.. Simak ya, biar makin jelas seperti apa. Untuk tutorial yang versi bahasa Inggris kalian bisa ke website bulletjournal.com.





Yang perlu diingat adalah sifat Bullet Journal itu fleksibel dan memaafkan (mentoleransi kesalahan). Jika kalian gagal sekarang, bisa diperbaiki, dihentikan atau dicoba lagi lain kali. Jadi jangan merasa bersalah. Jika kalian tidak bisa doodle, tidak apa-apa. Kalo kalian tidak bisa lettering, sah-sah aja.

" Your journal is yours. "

Pada intinya Bullet Journal kalian adalah Bullet Journal versi kalian sendiri. Bisa berupa model minimalis, basic bahkan artsy. Apapun model Bullet Journal kalian, selama kalian merasa senang, lakukanlah ! Dan terutama Yang terpenting kalian bisa mengejar target atau progress yang sudah ditetapkan. Bukan cuma mempercantik bujonya. Hehe..

Itulah Bujo Challenge Guide untuk Bulan Januari. Sebagai informasi tambahan, supaya halaman ini lebih bermanfaat, mengedit sebagian isinya. Sehingga informasi yang saya sampaikan lebih jelas dan lengkap. Semangat bagi yang ikutan challenge, yang gak ikutan challenge, bisa juga memulai art therapy, semoga kita bisa memanfaatkan waktu melalui hobbi. 

You May Also Like

2 comments