BULLET JOURNAL IDEAS IN 2020

bullet journal ideas


[Start Your Day With Ewafebri] Apakah kalian masih butuh panduan Bullet Journal untuk tahun 2020 ? Jika iya, saya akan bantu membuat list Collection yang bisa kalian buat untuk mengisi Bullet Journalnya. Gimana ? Masih minat ? Hahaha..

BULLET JOURNAL IDEAS IN 2020


Tahun baru selalu menjadi awal yang pas untuk memulai sesuatu yang baru juga. Salah satunya Bullet Journal. Hayo siapa yang tahun 2020 berencana memiliki hidup yang lebih terorganisir dan fokus ? Kalo kamu salah satunya, jangan ragu untuk mencoba Bullet Journal.

Mungkin efek kebaikan Bullet Journal tak langsung bisa kita rasakan, tapi memang secara bertahap dan setelah konsisten menggunakannya. Minimal 3 bulan setelah mencobanya nie Gaes. Hehehe..

SETUP BULLET JOURNAL 2020


Buat kalian yang baru memulainya, jangan takut ! caranya gampang kok. Kalian cukup membuat komponen-komponen yang dibutuhkan saja. Tentang komponen apa saja, saya sudah membuat selengkapnya di Panduan Lengkap Bullet Journal 2019.

Secara garis besar, komponennya sama saja kok Gaes, ya cuma itu-itu saja. Tapi mungkin perbedaannya terjadi saat kalian membuat collectionnya saja.

Sebelum membuat collection Bullet Journal, ada baiknya kalian menentukan hal apa yang ingin kalian fokuskan di tahun 2020. Dengan begitu kalian bisa membuat collection khusus sebagai tool untuk mencapai target tersebut.

SETUP ANNUAL GOAL


Apakah kalian terbiasa menentukan target atau solusi setiap tahunnya ? jika iya, tentu membuat Goal bukanlah hal yang sulit ya ?

Tetapi akan berbeda apabila kita tak biasa menentukan target tahunan. Kadang untuk menentukan Goal bulanan, rasanya sulit banget ya ? hihihi.. apalagi tahunan, yekan ?

Tenang ! dulu saya juga seperti itu. Bingung gimana caranya menentukan target tahunan.

Untuk men-setup Goal kalian bisa menggunakan beberapa tips berikut ini : 



  • Tentukan apa saja yang ingin kalian capai di tahun 2020. Kalian bisa menentukan dari berbagai aspek kehidupan. Dari mulai keluarga, kesehatan, financial, kebahagian, karir bahkan spiritual. 
  • Buat daftar tentang hal-hal yang ingin dicapai tersebut di atas kertas. Semakin banyak semakin baik. Hihihi..
  • Dari semua daftar yang ada, pilihlah beberapa yang dijadikan prioritas utama, minimal 3 dulu deh. hehehe.. 
  • Tulis target kalian sebagai reminder, di bagian halaman depan Bullet Journal (optional), supaya mudah mengingat apa saja yang ingin dicapai tahun 2020.

Setelah kalian menentukan setup Goalnya, saatnya membuat Collection berdasarkan target tersebut sebagai alat bantu mencapainya. Contoh collection tersebut misalnya : 

COLLECTION TENTANG FINANCIAL 


Jika finansial menjadi aspek prioritas kalian, maka kalian bisa membuat collection untuk mencapai target tersebut. Misalnya saja, Tahun 2020 ingin menabung sebanyak 3x gaji bulanan di Bank. Maka buatlah Saving tracker untuk membantu mencatat progresnya. 

Apabila kalian ingin mengatur keuangan, bisa juga membuat expense tracker maupun Budgeting, supaya kalian bisa tahu kemana perginya uang kita. Hihihi.. Jika uang tersebut habis, untuk hal-hal yang tak berguna, nah mungkin sudah saatnya kita mengubah gaya hidup kita supaya terhindar dari jeratan hutang. hehehe..

Beberapa Collection Financial yang bisa kalian setup, di antaranya : 


  • SAVING TRACKER
  • EXPENSE TRACKER
  • BUDGETTING
  • BILL TRACKER
  • INCOME TRACKER
  • NO SPEND CHALLENGE, DLL.

Jika kalian butuh referensi layoutnya, kalian bisa melihat beberapa contoh Collection Tentang Financial ini. Saya juga pernah membahas tentang Bullet Journal Financial di postingan yang ini dan ini

COLLECTION TENTANG KESEHATAN


Selanjutnya kalian bisa membuat Collection yang berhubungan dengan kesehatan. Bisa kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Ataupun keduanya. Tergantung bagian mana yang ingin kalian prioritaskan. Beberapa Collection tentang kesehatan yang bisa kalian buat di antaranya : 

KESEHATAN MENTAL 


KESEHATAN FISIK 

  • Exercise Tracker
  • Meal Tracker
  • Sleep Tracker
  • Healthy Habits, dll.

Masih banyak contoh tracker kesehatan yang bisa kalian buat. Bisa saja tentang tracking meminum obat supaya, mungkin saja ada di antara kalian yang harus meminum obat untuk jangka waktu tertentu. Daripada ada salah satu hari yang skip, mendingan kan kita buat tracker sebagai remindernya.


COLLECTION TENTANG SPIRITUAL


Fokus saya di tahun 2020 adalah tentang Spiritual. Saya ingin fokus memperbaiki kualitas ibadah dan iman saya. Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah dengan membuat collection berikut ini : 


Untuk ibadah tracker kalian bisa menentukan sendiri ibadah mana yang ingin ditambah atau perbaiki. Misalnya ingin membaca Alquran minimal 10 lembar setiap hari, ingin membiasakan sholat sunnah tahajud setiap hari, sholat Dhuha atau bahkan memperbaiki kualitas waktu dalam sholat supaya lebih on time. hehehe.. 

Buat teman-teman yang Non Muslim juga bisa membuat hal serupa kok, collection tidak cuma diperuntukkan untuk salah satu saja. Barangkali ada yang ingin membuat tracker No Skip Ke Gereja (tempat ibadah), atau bikin Kitab Journaling, dll.


COLLECTION TENTANG KARIR 


Kalo yang satu ini, memang harus disesuaikan dengan pekerjaan kita masing-masing ya ? Misalnya saja saya ingin karir Blogging saya meningkat di tahun 2020 nanti, artinya saya harus membuat beberapa layout untuk mendukung target tersebut. 


  • Tracker tentang Google Analytic
  • Tracker tentang Adsense
  • Tracker tentang Afiliate Marketing
  • Collection tentang ide Blogpost.
  • Schedule Post, dll.

Itu tadi beberapa contoh collection tentang karir Blogging ya ? Kalian bisa membuatnya sesuai dengan fokus pekerjaan yang dimiliki. 


KESIMPULAN 


Pada dasarnya, yang membedakan Bullet Journal antara satu dengan yang lainnya terletak pada Collection masing-masing. Dan setiap Collection tentu berbeda-beda sesuai kebutuhan penggunanya. 

Oleh karena itu, apabila salah satu jenis collectin berhasil pada saya, belum tentu berhasil untuk yang lainnya. Pilihlah dan buatlah Collection sesuai kebutuhanmu sendiri. Karena setiap collection yang kalian miliki, bisa berpotensi membawa diri kita mencapai target yang kita tentukan. 

Selamat Tahun Baru, dan selamat Ber-Bullet Journaling. Semoga tahun ini kita bisa mendapatkan apa yang kita inginkan dan impikan. Sukses untuk kita semua. 


HAPPY BUJOING !