10 IDE MENGISI BUKU BARU

by - September 02, 2019

10 ide mengisi buku baru


[Start Your Day With Ewafebri] Punya banyak buku baru yang kosong, tapi bingung mau dipakai buat apa saja ? Berikut ini ada 10 ide mengisi buku barumu biar makin tambah kece dan gak terbengkalai. Hihihi.. 

10 IDE MENGISI BUKU BARU


Mengisi buku bagi sebagian orang bukan menjadi masalah, tapi bagi yang lainnya terasa membuat bingung. Apalagi bagi yang lebih suka spontanitas dibanding yang direncanakan. 

Bagi saya, semenjak sering mengalami gangguan lupa, buku menjadi alat utama yang dibawa kemanapun. Memang sih ada Gadget, namun karena beberapa kali sering mengalami masalah, saya lebih mengandalkan buku dibandingkan smartphone.

Dan berikut ini 10 ide yang bisa kalian gunakan untuk mengisi buku barumu. 

BULLET JOURNAL


Ingin mengisi buku sekaligus produktif ? Jawabannya gampang banget kalian bisa memanfaatkannya untuk Bullet Journal. Gak cuma membantu kita bisa fokus loh, Bullet Journal juga membuat kita bisa lebih kreatif.

Kok bisa ? Ya bisa !

Kalian bisa menambahkan doodle lucu untuk membuat dekorasi yang cantik dalam layoutnya. Kalopun gak bisa Doodle juga gak masalah kok. Bisa kalian buat seperti model scrapbooking layout. Mau tahu contohnya seperti apa ? kalian bisa melihatnya di dalam postingan 4 tipe Bullet Journal.


IDEAS JOURNAL


Gak mau ribet bikin journaling kayak Bullet Journal, tapi butuh media untuk menuangkan semua ide ?  Kalo yang ingi kalian bisa memanfaatkannya untuk ideas journal. Biar ide kalian ngumpul dalam 1 buku, jadi gak bingung nyari buku catatan yang mana. Hihihi..

QURAN JOURNALING


Journaling sekaligus ingin mempertebal keimanan kita terhadap sang Pencipta ? Bisa banget ! Manfaatkan saja bukunya untuk membuat Quran Journaling. Kalian bisa mengisinya tentang curhata yang dan solusi berdasarkan Al Quran, ataupun bisa juga digunakan untuk mencatat proses belajar Agama Islam.

DOODLE JOURNAL


Ingin bisa Doodle, atau justru ingin mengumpulkan ide doodlingnya ? Buat saja Doodle Journal. Dengan begitu kalian bisa menyimpan hasil doodlenya, sekaligus bisa mengetahu progress perkembangan dalam membuat doodle.

BOOK JOURNAL


contoh book journal
Sakah Satu Isi Book Journal


Suka membuat review buku, dan tidak ingin ilmunya menguap begitu saja. Atau justru baru banget belajar mereview buku dan ingin menampilkannya di Blog kamu ? Solusinya bisa dengan membuat journal khusus tentang review buku.

Dulu, sebelum akhirnya saya memberanikan diri menampilkan review buku di Blog, saya memiliki Journal khusus untuk buku yang saya beri nama Book Journal. Tujuannya supaya saat saya menuliskan reviewnya di Blog, saya masih mengingat poin-poin yang saya dapatkan. Maklum, setiap selesai membaca buku, saya tak langsung menuliskan review di Blog.

Cara bagaimana saya membuat review buku juga sudah pernah saya bahas di Blog ini. Itu bisa menjadi patokan saya setiap kali saya ingin membuat resensi terhadap buku yang sudah saya baca.

FINANCIAL TRACKER


Punya buku baru dan masalah keuangan di saat yang bersamaan ? Gak usah kuatir, yang terpenting cari tahu dulu kelemahannya dengan menggunakan Financial Tracker atau pembukuan keuangan. Hihihi..

Hak cuma instansi loh yang melakukannya, personalpun tak masalah. Ini penting banget supaya kita paham kemana larinya uang kita. Jika kita sudah tahu permasalahannya dengan data keuangan yang jelas, baru kita bisa menentuka solusi yang tepat. 

BLOGGING JOURNAL


Kamu Blogger yang memiliki banyak ide dan bingung bagaimana cara menyimpan idenya ? Hahaha.. Wah gampang kok, kalian bisa membuat Blogging Journal. Apalagi nie, kalo kalian berencana rebranding ataupun redesign Blog. Paling tidak bisa mencatat semua ide dan task yang akan dilakukan pada Journal khusus tentang Blogging.

Saya juga memiliki journal tipe ini. Biasanya saya manfaatkan untuk mencari, mencatat, dan merencanakan ide seputar Blogging. Dengan begitu saya bisa lebih terarah dan terorganisir dalam membuat postingan maupun maintance Blog saya.

RECIPE JOURNAL


contoh recipe journal
contoh recipe journal


Suka masak dan selalu punya ide baru dalam membuat masakan ? Atau punya impian menjadi Food Blogger yang terkenal, hihihi. Supaya kalian tak kehilangan ide resep yang pernah dimasak, lebih baik catat semuanya dalam journal kamu. 

ART JOURNAL


Feeling Creative everyday ? Tapi males kalo harus bikin painting yang besar dan ribet, hmmm.. Coba manfaatkan buku baru kamu untuk menjadi art Journal. Kalian bisa mengisinya dengan illustasi, doodle, drawing, sketsa ataupun colage dengan berbagi macam media.

Gak cuma membuat obyek aja loh, Art journal juga bisa berisi tentang lettering, eksperimen art material, ataupun mengumpulkan memori yang didekorasi sedemikian rupa supaya terlihat menarik dan indah. Uppss... Bisa buat terapi juga kalo digunakan secara rutin dan jangka panjang. Kalian akan merasakan manfaatnya. 

TRAVEL JOURNAL


Sering bepergian dan tak ingin kehilangan moment ? Tak harus pusing dengan Vlog ataupun motret. Kalian juga bisa menulisanya dalam Journal khusus perjalanan, atau sering disebut Travel Journal.

Materinya memang apa saja yang bisa dicatat ? 


Banyak kok gaes, misalnya saja kalian menuliskan moment menarik yang di dapat saat mengunjungi tempat tertentu. Kalo perlu lengkapi juga dengan map atau selebaran yang kalian dapatkan selama perjalanan. Contohnya, menu restoran yang menurut kalian terenak, lalu ada selebarannya, kalian bisa menyimpannya sekaligus membuat journalnya. 

Itulah beberapa ide yang bisa kalian isi pada buku barunya. Hihihi... Sebenarnya masih banyak ide yang bisa kalian gunakan. Misalnya saja Journal tentang pertumbuhan si kecil, Journal tentang tanaman yana kalian miliki, journal tentang obyek khusus seperti Wine, Coklat atau apapun.

Saya sendiri banyak memiliki buku catatan yang saya gunakan untuk banyak keperluan. Hihihi.. Pokoknya menulislah setiap hari, atau setidaknya jangan lupa untuk menulis walau 1 minggu 1 cerita.

slothilda.com


HAPPY JOURNALING

You May Also Like

0 comments