PERBEDAAN ZINE DAN MAGAZINE [MAJALAH] !

by - April 05, 2019

perbedaan zine dan magazine [majalah]


Pernah membaca tentang artikel di ewafebri, tentang mengenal dan cara membuat Zine ? Hari ini saya akan membuat postingan lanjutannya. Hihi.. Dengan tema Majalah, saya akan coba membuat perbedaan antara Zine dan Magazine [majalah] pada umumnya. Postingan ini sekaligus untuk memenuhi tema challenge yang dilakukan oleh 1 Minggu 1 Cerita tiap bulannya. 😂😂


PERBEDAAN ZINE DAN MAGAZINE [MAJALAH] ! 


Buat member 1 Minggu 1 Cerita, minggu tematik adalah waktu tantangan menulis. Dan ini berlaku juga buat saya, karena saya "dipaksa" menulis sesuai tema yang disepakati bersama. Yang menjadi masalah kalo saya tidak mendapatkan ide sesuai dengan tema yang sudah ditentukan. Pinginnya sih bolos, tapi kok ya sayang banget. 🤣🤣🤣🤣


zine indonesia


Dengan kekuatan Bowgel, akhirnya saya menemukan ide membuat tulisan berdasarkan tema Minggu ke 14 , 2019. Yaitu yang masih berhubungan dengan artikel yang pernah saya buat beberapa bulan yang lalu, Zine. Postingan kali ini saya ingin menyoroti perbedaan antara Zine dan majalah. Meski sebenarnya Zine juga diambil dari kata majalah dalam bahasa Inggris, Fan Magazine.

Sejarah dan tatacaranya sudah pernah saya tulis, oleh karena itu kali ini saya langsung membuat poin perbedaannya saja. Apa sih bedanya Zine dan Majalah ? :

Zine 


zine vs magazine


  • Zine umumnya berukuran lebih kecil dibandingan Majalah pada umumnya. Biasanya hanya berukuran kurang dari A5.
  • Zine bisa dipublikasikan oleh perorangan tanpa harus melewati proses publikasi yang rumit. 
  • Zine memiliki konten yang lebih spesifik. Dalam satu zine biasanya menggunakan 1 topik atau tema tertentu. 
  • Zine bisa dibuat dengan metode DIY alias Do It Yourself, meski tak sekeren layout majalah, asal informatif, tetap layak disebut Zine. 
  • Zine biasanya tidak diperjualbelikan, karena tidak memiliki unsur komersial. 
  • Zine memang memiliki topik yang bervariasi, bisa berupa politik, pergerakan, informasi, buadaya bahkan seni. Namun, biasanya satu Zine tidak memiliki banyak topik layaknya Majalah. 
  • Mengingat Zine bisa diproduksi sendiri, biasanya cara publishnya cukup menggunakan mesin fotokopi. 
  • Zine bisa diterbitkan secara periodik maupun tidak. 

Saya juga pernah membuat contoh Zine. Beberapa Zine yang saya buat berkaitan erat dengan Niche Blog ewafebri, yaitu Art Zine. Bahkan saya membuat Artzine sesuai dengan topik yang dibuat, Diantaranya tentang Artzine Bunga, dan Artzine Bowgels.

Majalah 


difference zine vs magazine

  • Majalah umumnya berukuran lebih dari A5. 
  • Majalah juga dipublikasikan dengan proses yang panjang, seperti melewati proses pembuatan artikel, editing oleh editor, percetakan, pendistribusian, pemasaran dll
  • Majalah memiliki konten dengan ragam tema dalam setiap publikasinya. Ada yang satu topik seperti Trubus, Homestyle, dll. Tapi umumnya beragam.
  • Majalah biasanya memiliki layout yang lebih artistik dan dinamis.
  • Majalah diterbitkan untuk dijual atau ada sisi komersialnya, tak heran segala sesuatu memang harus diperhitungkan dengan baik.
  • Majalah diterbitkan secara periodik, setiap minggu ataupun bulan. 

Buat teman-teman yang ingin membuat Zine sendiri, caranya juga gampang kok Gaes. Kalian bisa menggunakan layout seperti dalam contoh video berikut ini. Lagipula Zine bisa juga menggunakan cukup dengan 1 lembar saja [tanpa ribet urusan binding buku], itupun maksimal bisa 16 halaman. Gak percaya ? Lihat ini deh ! Hihi.. 



Video Cara Membuat Zine

Itulah beberapa perbedaan yang mendasar tentang Zine dan majalah. Saat ini Zine maupun Magazine tak lagi berbentuk media cetak seperti awal tahun 2000an, mereka sudah berevolusi menjadi digital dengan istilah E-Zine maupun E-Magazine. Bahkan udah ada yang berbentuk Aplikasi loh, dan bisa didownload. Biasanya menggunakan format seperti epub maupun pdf. Tak hanya itu Gaes, bahkan Blog pun bisa bertranformasi layaknya e-magazine, yang sering dikenal dengan nama Blogzine. untuk memahami artikelnya, bisa langsung ke beranda Abang Ichal aja. hehehe.. 

Di jaman seperti sekarang ini, kira-kira kalo disuruh milih, kalian lebih suka membaca Majalah yang seperti apa ? Yang model digital atau media cetak ? Share di kolom komentar yuk ! hehehe...  

You May Also Like

0 comments

OTHER ARTICLES :