---------------------------------------------------------------------------------------------------- advertisement --------------------------------------------------------------------------------------------------------

DIY : MENGENAL DAN CARA MEMBUAT ZINE

Z  I  N  E 


Pernah mendengar istilah ini ? Jika belum, tenang, saya pun baru tahu istilah ini. Hihi..
Sebelumnya saya pernah mendapatkan lembaran layout serupa zine, hanya saja waktu itu saya belum tahu namanya. Haha..


Credit : @ewafebri

Lalu apa itu zine.. ?


Zine adalah singkatan dari Magazine atau fanzine yang bertujuan sebagai publikasi karya pribadi (self-published). Dan biasanya bukan untuk diperjualbelikan atau non profit.  

Atau kalo kita cari di wikipedia zine adalah

The word zine is short for magazine or fanzine, and refers to "self-publications, motivated by a desire for self-expression, not for profit"

Sejarah Zine

Di abad 18 , Benjamin Franklin mulai membuat sebuah majalah untuk pasien kejiwaan di Rumah Sakit Pennsylvania. Majalah ini hanya didistribusikan untuk pasien dan staff rumah sakit saja. Moment inilah yang kemudian dianggap sebagai cikal bakal filosofi dan nilai dari keistimewaan/manfaat zine. 
Pada Tahun 1970an Zine tidak hanya sebagai media informasi saja tapi juga merupakan sebuat "statement" dari pergerakan atau "movement". Di tandai dengan munculnya Punk Zine.  

Kontennya... ?


Kontennya bisa bermacam-macam. Bisa tentang gambar (visual), tulisan (karya tulis), cerita, artwork, doodle, dan lainnya.
Tema dan topiknya pun bermacam-macam, seperti punkzine yang membahas segala sesuatu tentang punk, ada juga isu politik, rasisme, feminisme, komunitas, abusive, dan masih banyak yang lainnya.

Pada dasarnya Zine ini adalah mini magazine. Mini... ? Ya, karena biasanya tidak memiliki banyak halaman, dan ukurannya yang lebih kecil dibandingkan majalah pada umumnya. Zine dipublikasikan oleh perorangan ataupun grup atau semacam local store dengan skala kecil dan biasanya menggunakan photokopi untuk media produksinya. Jika kalian pernah membeli moleskine, dan mendapati kisah sejarah nya dalam lembaran yang terlipat-lipat, itulah Zine.

Tak mau ketinggalan, sebagai salah satu untuk memenuhi tema pedoman hidup di tahun 2018, COMPETE WITH MY SELF. Kali ini saya juga mencoba membuat Zine.

Berhubung yang saya pahami adalah tentang journal, maka kali ini temanyapun tak jauh-jauh tentang urusan journal. Hihi..

1. BULLET JOURNAL ZINE




Mengangkat tema warna hijau, yang juga saya gunakan untuk mempresentasikan blog tercinta saya ini. Saya membuat zine untuk bullet journal dengan konten berbahasa Indonesia. Hehe...

Supaya terkesan memiliki cerita dan konten yang menarik serta bermanfaat, saya membuat tentang definisi bullet journal dan sejarahnya pada halaman ke 2 dan 3.



Halaman selanjutnya adalah Bagaimana saya membuat bullet journal seperti yang pernah saya posting disini.



Diawali dengan Key Bullets dan Index , kemudian berlanjut pada halaman future log dan monthly log.



Dan baru halaman selanjutnya adalah penutup. Dihalaman ini saya tuliskan tentang perjalanan kita dalam bullet journal. Tentang bagaimana mengeksplorasi layoutnya, collectionnya, atau bahkan sistemnya seperti aplikasi GTD dalam bullet journal , Duolingo dalam bullet journal. Dan lainnya.



Haha.. Sedikit kan ya.. ? Hanya ada 8 halaman saja dalam satu Zine. Hihihi..

2. IDEAS JOURNAL ZINE


Nah kalo yang ini yang paling saya suka, hihi.. Karena memang ide sendiri.



Masih dengan karakter bowgel saya sebagai covernya. (Hmm.. Dia memang cocok untuk cover mini magazine ya..  ? Hihi...)
Saya membuat zine tentang ideas journal. Konsep dibalik cover ini sebenernya adalah karena memang sampul ideas journal saya serupa illustrasi ini. Hihi..



Halaman selanjutnya adalah tentang definisi dan manfaat ideas journal itu sendiri. Untuk lengkapnya kalian juga bisa baca tentang postingannya disini



Halaman selanjutnya adalah tahapan cara membuat ideas journal. Tentang apa saja yang diperlukan dan diperhatikan.
Lanjut ke halaman selanjutnya..



Ada 9 metode pencatatan yang bisa kita gunakan dalam ideas journal. Diantaranya adalah cornell system dan mindmapping. 7 lainnya kalian bisa simak video ini 



Dan yang terakhir adalah penutupnya yang saya beri kuasan cat air ala amanda michele art.



Itulah tadi bagaimana saya membuat konten zine. Untuk layoutnya sendiri ada banyak macam. Tapi mungkin yang umum seperti ini



(Resource : pinterest )

Seru kan.. ? Hihi.. Kita jadi bisa mempublikasikan karya kita secara mandiri.
Pastinya seru juga nie kalo bikin zine komik ala si bowgel. Hihi.. (Input ideas journal dulu, eksekusi kemudian). Hihi..

Baiklah.. Sebagai freebie.. Saya bagikan DIY Zine saya ini..

Semoga bisa didownload dan diprint hehe..

Atau klik link berikut ini.


Sampai jumpa lagi dipostinga seru lainnya..

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada pertanyaan atau ide , silahkan tinggalkan di kolom komentar. Jangan Lupa Subsscribe supaya tidak ketinggalan tips dan cerita seru !

Newer Post Older Post Home
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

SUBSCRIBE