ART THERAPY IDEAS | MENGENAL DAN CARA MEMBUAT ZINE


bagaimana cara membuat zine ?


Z I N E ....! Pernah mendengar istilah ini ? Jika belum, tenang, saya pun baru tahu istilah ini. Hihi.. Sebelumnya saya pernah mendapatkan lembaran layout serupa Zine, hanya saja waktu itu saya belum tahu namanya. Kali ini saya akan berbagi cerita tentang bagaimana mengenal dan cara membuat Zine.

ART THERAPY IDEAS | MENGENAL DAN CARA MEMBUAT ZINE

Sebelum saya membahas tentang bagaimana membuat Zine, saya akan memperkenalkan dulu istilah yang bagi sebagian orang terdengar sangat asing ditelinga. Owh iya jangan lupa baca hingga habis ya. Karena di bagian bawah kalian bisa mendownload contoh zine yang sudah saya buat. 🤭🤭🤭

PENGERTIAN ZINE

Zine adalah singkatan dari Magazine atau fanzine yang bertujuan sebagai publikasi karya pribadi (self-published). Dan biasanya bukan untuk diperjualbelikan atau non profit.

Atau kalo kita cari di wikipedia zine adalah :

"The word zine is short for magazine or fanzine, and refers to "self-publications, motivated by a desire for self-expression, not for profit"

SEJARAH ZINE

Di abad 18 , Benjamin Franklin mulai membuat sebuah majalah untuk pasien kejiwaan di Rumah Sakit Pennsylvania. Majalah ini hanya didistribusikan untuk pasien dan staff rumah sakit saja. Moment inilah yang kemudian dianggap sebagai cikal bakal filosofi dan nilai dari keistimewaan/manfaat zine.

Pada Tahun 1970an Zine tidak hanya sebagai media informasi saja tapi juga merupakan sebuah "statement" dari pergerakan atau "movement". Di tandai dengan munculnya Punk Zine.

ISI ZINE 

Kontennya bisa bermacam-macam. Bisa tentang gambar (visual), tulisan (karya tulis), cerita, artwork, doodle, dan lainnya.

Tema dan topiknya pun bermacam-macam, seperti punkzine yang membahas segala sesuatu tentang punk, ada juga isu politik, rasisme, feminisme, komunitas, abusive, dan masih banyak yang lainnya.

Pada dasarnya Zine ini adalah mini magazine. Mini... ? Ya, karena biasanya tidak memiliki banyak halaman, dan ukurannya yang lebih kecil dibandingkan majalah pada umumnya. 

Zine dipublikasikan oleh perorangan ataupun grup atau semacam local store dengan skala kecil dan biasanya menggunakan photokopi untuk media produksinya. Jika kalian pernah membeli Moleskine, dan mendapati kisah sejarah nya dalam lembaran yang terlipat-lipat, itulah Zine.


CARA MEMBUAT ZINE

Tak mau ketinggalan, sebagai salah satu untuk memenuhi tema pedoman hidup di tahun 2018, COMPETE WITH MY SELF. Kali ini saya juga mencoba membuat Zine. Berhubung yang saya pahami adalah tentang journal, maka kali ini temanyapun tak jauh-jauh tentang urusan journal. Hihi..

1. BULLET JOURNAL ZINE


contoh zine untuk Bullet Journal


Mengangkat tema warna hijau, yang juga saya gunakan untuk mempresentasikan blog tercinta saya ini. Saya membuat zine untuk Bullet Journal dengan konten berbahasa Indonesia. Hehe...

Supaya terkesan memiliki cerita dan konten yang menarik serta bermanfaat, saya membuat tentang definisi bullet journal dan sejarahnya pada halaman ke 2 dan 3.



contoh isi zine


Halaman selanjutnya adalah Bagaimana saya membuat bullet journal seperti yang pernah saya posting di sini.




Diawali dengan Key Bullets dan Index , kemudian berlanjut pada halaman future log dan monthly log.


tips membuat zine


Dan baru halaman selanjutnya adalah penutup. Dihalaman ini saya tuliskan tentang perjalanan kita dalam bullet journal. Tentang bagaimana mengeksplorasi layoutnya, collectionnya, atau bahkan sistemnya seperti aplikasi GTD dalam bullet journal , Duolingo dalam bullet journal. Dan lainnya.


pengalaman membuat zine


Haha.. Sedikit kan ya.. ? Hanya ada 8 halaman saja dalam satu Zine. Hihihi.. Tapi jika kalian ingin membuat di baliknya lagi boleh juga kok Gaes. Gambar di atas hanya sebagai contoh aja.


2. IDEAS JOURNAL ZINE

Nah kalo yang ini yang paling saya suka, hihi.. Karena memang ide sendiri. Saya membuat Zine yang berhubungan dengan Ideas Journal.


contoh hasil zine tentang journaling


Masih dengan karakter bowgel saya sebagai covernya. (Hmm.. Dia memang cocok untuk cover mini magazine ya.. ? Hihi...). Saya membuat zine tentang ideas journal. Konsep dibalik cover ini sebenernya adalah karena memang sampul ideas journal saya serupa illustrasi ini. Hihi..


konten zine apa aja ?


Halaman selanjutnya adalah tentang definisi dan manfaat ideas journal itu sendiri. Untuk lengkapnya kalian juga bisa baca tentang postingannya disini.


isi konten zine

Halaman selanjutnya adalah tahapan cara membuat ideas journal. Tentang apa saja yang diperlukan dan diperhatikan. Lanjut ke halaman selanjutnya..

zine tentang metode pencatatan


Untuk mempercantik zine yang dibuat, jangan lupa memberikan aksen pada bagian belakangnya, sehingga hasil zine yang kita miliki tidak hanya bermanfaat tetapi juga estetik. 

art zine


Itulah tadi bagaimana saya membuat konten zine. Untuk layoutnya sendiri ada banyak macam. Tapi mungkin yang umum seperti ini.


LAYOUT ZINE



contoh layout zine


Layout di atas adalah yang paling umum digunakan untuk membuat Zine. Memang ada beberapa bentuk Zine yang menggunakan stapler pada bagian tengahnya. Tapi buat saya lebih mudah menggunakan model seperti contoh di atas.

Bahan yang kita butuhkan pun gak rumit dan sederhana. Kita hanya butuh :

  • Kertas 1 lembar (ukuran sesuai keinginan kita saja, usahakan minimal A4, kecuali jika hasilnya ingin lebih kecil lagi)
  • Gunting atau Cutter, sebagai alat bantu memotong bagian tengah kertas nantinya.
  • Ide (isi dari Zine itu sendiri) hihihi.. Kalian bisa memanfaatkan model drawing seperti saya, atau menambahkan banyak pernik.

VIDEO CARA MEMBUAT ZINE




Video di atas adalah tutorial cara membuat layout Zine. Meski hanya membutuhkan 1 lembar kertas saja, kita bisa mendapatkan 16 area yang bisa kita isi dengan segala macam informasi dan kreatifitas. Untuk contoh di atas saya menggunakan cat air dengan berbagai macam objek watercolor. 

Seru kan ? Buat kalian yang ingin mencobanya, silakan banget loh ! dengar-dengar zine juga bisa dijual seperti halnya majalah, hanya saja menggunakan self publish.