15 MANFAAT JOURNALING DAN CARA MEMBUATNYA !

manfaat journal dan cara membuatnya



Belakangan ini saya disibukkan dengan kegiatan journaling. Aktivitas yang selain menjadi wadah aspirasi juga menjadi alat terapi. Journaling barangkali kegiatan yang terlihat sepele. Padahal sebenarnya memiliki banyak kelebihan. Pada kesempatan hari ini, saya ingin berbagi informasi tentang 15 Manfaat Journaling dan Cara Membuatnya dalam kehidupan kita sehari - hari.

15 MANFAAT JOURNALING DAN CARA MEMBUATNYA


Pernah mendengar istilah journaling ? Atau malah kalian sekarang juga lagi demen journaling ? Hihihi... Kalo kalian suka dengan kegiatan ini, wah bisa "toss dulu kita", tapi jika asing dengan istilah ini, mari kita bahas apa sih journaling yang saya maksud ? 

PENGERTIAN JOURNALING


Kala mendengar kata journal, persepsi saya langsung pada dunia jurnalistik. Atau hal-hal yang bersangkutan dengan media cetak. Akan Tapi jika melihat arti kata journal yang berasal dari terjemahan Bahasa Inggris, tidak melulu tentang jurnalistik. 

noun 

1. A newspaper or magazine that deals with a particular subject or professional activity.
2. A  daily record of news and events of a personal nature; a diary.
3. The part of a shaft or axle that rests on bearings.

Hari ini saya akan membahas journal, versi bahasa Inggris yang point nomor 2. Yaitu peranan journal sebagai media untuk merekam jejak kegiatan yang dilakukan sehari-hari atau semacam diary.

KENAPA JOURNALING ? 


Kenapa kita membuat journal ?


Journal meski merupakan aktivitas biasa, tapi menjadi salah satu cara untuk mengekspresikan diri. Ada banyak jenis journal yang berkembang, dengan konsep yang berbeda. Dan kesemuanya memiliki manfaat yang luar biasa.

Saya sendiri menggunakan journal sebagai alat terapi dan produktifitas. Manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari journaling adalah :

Ada 15 Manfaat Journaling yang bisa kamu dapatkan seperti berikut ini : 


  • Menjernihkan pikiran kita.
  • Memahami diri kita sendiri dengan lebih baik.
  • Menenangkan hati atau perasaan kita
  • Mengurangi stress yang berlebihan (terapi)
  • Mampu memecahkan masalah kita dengan efektif
  • Bisa menyelesaikan perbedaan pandangan dengan orang lain
  • Fokus mencapai target yang ditentukan
  • Mengasah disiplin diri
  • Metode penyembuhan terutama yang berhubungan dengan kesehatan mental (healing)
  • Memory keeper (tempat menyimpan kenangan)
  • Meningkatkan kemampuan menulis (bahasa dan tulisan tangan/handwriting)
  • Media brainstorming ide
  • Menambah kreativitas
  • Alat refleksi diri
  • Hidup bisa lebih teratur

Banyak manfaatnya kan Gaes ? Dengan journaling secara teratur, kita bisa menjernihkan atau mengurai pikiran kita. Kemudian kita bisa melihat hal-hal dengan cara yang berbeda dari sebelumnya. 

Semakin sering kita melakukan journaling, semakin kita mampu memahami diri kita sendiri. Seolah kita mampu menyelami apa yang terpendam dalam diri kita. Bahkan bisa menampakan potensi kita yang tersembunyi.

HOW TO JOURNALING ? 



cara membuat journal


Cara membuat journal itu mudah banget. Kita hanya perlu menyiapkan alat tulis, kreativitas dan tentu saja, niat yang kuat. Meski terlihat gampang, journaling membutuhkan ketekunan. Sehingga kita bisa merasakan manfaatnya dalam jangka panjang.

Dari sekian banyak manfaat jurnal yang sudah saya sebutkan, tentu bisa diterapkan pada jenis jurnal yang berbeda-beda.

Misalnya : Doodle Journal, Gratitude Journal, Quran Journal, Morning Journal, Ideas Journal ataupun Bullet Journal.

Proses pembuatannya sendiri juga pernah saya bahas di setiap postingannya. Karena setiap jenis journal membutuhkan kelengkapan yang berbeda-beda. Namun yang pasti, hal yang mutlak kita miliki hanyalah buku dan alat tulisnya, serta ide yang ada dalam pikiran kita.

Selanjutnya kita hanya perlu menuliskan apapun yang kita inginkan ke dalam buku journal kita. Jika kalian memiliki jiwa artsy, kalian bisa menambahkan dekorasi untuk mempercantik journalnya.

Namun jika kalian hanya butuh untuk merekam kenangan, yang perlu dilakukan cukup menyiapkan alat tulis, cari tempat yang nyaman dan rekam semua pikiran ke dalam catatan.

Jadi, kegiatan journaling ini meski biasa saja tapi bisa memberikan dampak pada kehidupan kita. Jika teman-teman sudah mulai melakukan journaling, boleh berbagi di kolom komentar loh. Terutama tentang apa manfaat yang dirasakan selama journaling.

Buat yang belum pernah mencoba journaling, lekaslah ambil buku, pulpen, siapkan waktu, dan menulislah ! 


journaling adalah


HAPPY JOURNALING !