BPN #2 | 7 TEMA BLOG FAVORITE VERSI EWAFEBRI

by - November 21, 2018

7 Tema Blog Favorite By Ewafebri


Sudah membaca postingan saya tentang bagaimana cara menentukan Niche Blog ? Dan apa kelebihan dan kekurangan memiliki Niche Blog ? Hehe.. Karena bahasannya tentang Niche Blog, hari ini saya juga akan membahas tentang Kenapa saya memilih Niche Blog ini, dan Tema Blog apa yang saya sukai ? Tapi sebelum itu, jangan lupa follow Blog Ewafebri, supaya gak kelupaan. Hihi.. 

*****

7 TEMA BLOG FAVORITE EWAFEBRI


Ngomongin Tema Blog, ada 2 definisi yang ada di kepala saya. Yang pertama Tema yang berhubungan dengan Kategori atau bahasa kerennya Niche. Yang kedua adalah tampilan blog atau templatenya (Theme). Mari kita bahas satu per satu. Hihi.  

Niche Blog Ewafebri 






Yang pertama ingin saya bahas adalah tema yang berhubungan dengan Niche Blog. Awal saya membuat Blog, saya gak menggunakan tema sama sekali. Isinya campur aduk yang penting saya suka. Tapi kemudian saya belajar Bullet Journal. Dan dari sanalah perubahan itu terjadi. 

Pinterest adalah surganya ide terutama untuk Bullet Journalist seperti saya, 3 tahun lalu, saat Bullet Journal belum seterkenal sekarang, sangat sulit mencari ide tentang Setup Idea layout-layoutnya kecuali di Instagram dan Pinterest. Kemudian muncullah Instragamers yang membahas Bullet Journal di Blog pribadi mereka, dan memposting ulasan Blognya ke Pinterest. Seperti Bohoberry, Decade Thirty, Tiny Ray Sunshine, dll. 

Dari sanalah kemudian muncul ide untuk membuat Blog khusus Bullet Journal tapi menggunakan Bahasa Indonesia. Tujuannya sih waktu itu untuk memperkenalkan sistem Bullet Journal ke pembaca Indonesia. Alasannya mah sederhana, belum ada Blog yang khusus membahas BuJo menggunakan Bahasa Indonesia. 

Setelah saya memutuskan meredesign Blog ini, saya jadi mulai fokus untuk mengembangkan Bullet Journal dan bahasan yang berkaitan dengannya. Seperti Self Development, Mental Health, Produktivitas, dan Edukasi ( Pendidikan). 

Karena saya juga seneng bikin gambar illustrasi, akhirnya saya memasukkan Art Therapy ke dalam Niche Blog ini juga. Mimpinya sih biar dikenal sebagai Art Blog. Tapi kemudian, saya membuat Blog baru yang saya khususkan untuk  hasil illustrasi saya di EwafebriArt

Punya Blog apapun Nichenya, gak lengkap kalo gak menyertakan Blogging Tips ya Gaes ?. Akhirnya saya menambahkan kategori Blogging Corner untuk berbagi pengalaman saya tentang tata cara membuat Blog. Terakhir saya membuat kategori campur-campur dengan nama Lifestyle, yang di dalamnya ada Cerita Sore Hari. 



Supaya terstruktur dan mudah diakses, saya sengaja membuat Niche Blog ini tentang Bullet Journal , Self Development, Produktivitas dan Art Therapy. Bukan tanpa alasan loh Gaes , tapi karena : 

  • Dengan mengutamakan salah satu kategori atau tema Blog, membuat Google Search Engine mudah mengenali Blog kita. Keuntungannya, bisa direkomendasikan oleh Google saat ada user yang ingin mencari informasi tertentu. 
  • Jelas karena ingin menambahkan Traffic juga sih.. hihi.. Biar bisa menjadi Page One (mimpi). Hahaha.. 
  • Tema lainnya sudah terlalu banyak dan pasti saya kalah saing, apalagi saya juga gak memahami pokok bahasannya. 
  • Karena dulu mengincar Adsense, jadi memang saya berusaha menghindari tema yang terlalu kelihatan campur-campur (walaupun isinya campur-campur) hahhaa...
  • Sebenernya banyak tema yang ada dalam Blog ini, tapi saya kategorikan ke dalam Label Lifestyle. Meskipun begitu , Bullet Journal dan Art Therapy tetap saya jadikan Diamondnya (((( D I A M O N D )))). Hahaha.. akal-akalan si Evva.
  • Saya memang suka dengan tema-tema yang ada di Blog ini. Terutama tentang Self Development. Karena itu saya saya ingin berbagi pengalaman tentang Self Development ini. 

Itu tadi adalah pilihan tema atau Niche Blog yang saya sukai dan alasan kenapa saya memilih tema tersebut. Kalo yang ini adalah tema yang paling saya suka dari Blogwalking teman-teman.



Ada 7 Tema Blog Terfavorite Versi Ewafebri Untuk Dikunjungi


  • Travelling - Saya suka membaca ulasan tentang traveling karena membuat saya bisa bermimpi. Hahaha (mimpi aja dulu). Apalagi ulasan tentang travelling di Luar Negeri. Seolah saya jari ikut dalam perjalanan itu. Hahhaa...
  • Blogging - Tema ini yang paling saya suka cari di Internet. Sekalian membuat saya terus belajar. 
  • Kuliner - Tema yang ini sering bikin ngiler emang.. Haha.. apalagi bacanya pas lagi Laper.. Hadeh.. Kadang pas makan nasi sama krupuk, saya betah ngeliat foto-foto review makanan. Biar bisa ngebayangin makan enak. 
  • Personal Experience (yang berhubungan dengan peristiwa) - Saya suka membaca tentang pengalaman Blogger, entah apapun itu. Membaca kisah mereka itu, menjadi pelajaran hidup buat saya.
  • How To / Tutorial - Tema How To atau tutorial, salah satu tema Blog yang paling sering saya kunjungi. Seperti WikiHow. 
  • Lifestyle - Tema Lifestyle juga paling menarik karena isinya campur-campur. Hehe.. Ada pengalaman hidup, Rumah, travelling dll.  
  • Tema yang menyerupai Blog ini juga tentunya. Hehe..


TEMPLATE BLOG


Setelah ngomongin Tema dalam artian Niche Blog. Kali ini kita bahas tentang tema yang berhubungan dengan tampilan Blog atau template.

Jika teman-teman membaca kisah saya saya tentang alasan Meredesign Blog, tentu sudah bisa menebak template apa yang saya sukai. Hehe... Yang pasti saya suka dengan Template dengan kategori berikut ini : 

  • Minimalist (biar kekinian)
  • Clean
  • SEO friendly
  • User Friendly
  • Ads Ready
  • Responsive
  • Mudah Di Edit layoutnya. 

Yes.. ketika saya memilih untuk membuat tema atau template yang saya gunakan, saya memilih berdasarkan kriteria diatas. Nah yang saya dapatkan adalah Template yang saat ini sedang saya gunakan ini. Hahhaha..

Template ini saya dapatkan dari Gooyaabitemplates, untuk menunjukan karakter saya, saya harus melakukan  beberapa pengeditan kode html dan menyesuaikan sesuai keinginan saya. Beberapa pengalaman tentang mengganti Template ini saya pernah bahas DISINI.

Sekian bahasan tema kali ini. Semoga postingan ini bermanfaat. Hahaha..



HAPPY BLOGGING ! 

You May Also Like

24 comments

  1. aku suka tampilan blognya dan berhubung lagi belajar ngejurnal pas banget ketemu blogger Indonesia yang bahas tentang jurnal.

    ReplyDelete
  2. salam kenal kakak, aku pengikut di instagram dan pas banget lagi mulai ngejurnal eh dapat blog Indonesia yang konsen disini jadi sering kesini deh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi... Selamat dataaang..dan selamat membaca di rumah digital ini.. hahhaa... ❤️❤️❤️

      Delete
  3. Gambar gambar lucunya buat sendiri Ewa? Lucu lucu banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mbaak hahaha... Belajar jadi children illustrator

      Delete
  4. saya juga suka banget baca pengalaman orang tema yang selalu saya buru hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi pelajaran hidup buat kita ya Mbak.. hihi..

      Delete
  5. saya juga suka mengunjungi yang tema blogging, biar ilmunya nambah. tapi kalau blognya mbak, saya suka karena ilustrasinya kece. lucuuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.. Saya kasih nama Bowgel mbak.. kalo dulu keluarga saya sering manggil saya Bowgel karena diantara saudara yang lain saya paling kecil. hahaha.. ndilalah bikin gambar kok ya bogel juga. hahaha...

      Delete
  6. Sebagian besar tema yang disukai sama dengan yang aku sukai.. Salam kenal ea mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mbaaak.. 😁😁 sama kita ternyata.. hihi.

      Delete
  7. Saya jadi penasaran tentang BuJo yg diusung Mba Ewafebri ini. Ntar deh kalo challenge ini kelar, khususon main kesini 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi... seru mbaak.. bisa artistik, bisa juga kreatif, bisa juga produktif. lengkap pokoknya. hihihi..

      Delete
  8. Eh jangan salah mbaaa...
    Blog saya itu gak SEO friendly sama sekali loh.
    Tapi ada beberapa postingan yang selalu muncul di page 1 serta bertahan lama banget.

    Kalau menurut saya, muncul di pejwan gak melulu soal SEO.
    Kadang juga kata kunci, dan info yang jarang orang tulis.

    Makanya saya sebisa mungkin menulis semua pengalaman saya, lengkap dengan detail dan harganya hahaha.
    Alhamdulillah beberapa nongkrong di pelwan dan setiap hari menyumbang organik traffic di blog saya.

    Lumayan membantu lah kalau seandainya saya bener-bener lagi gak bisa share artikel dan semacamnya.
    Masih lumayan lah traffic masuk hanya dari postingan tsb.

    Saya rasa, dari sekian banyak postingan mba Ewa ini, pasti ada juga yang masuk pejwan hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah.. nambah ilmu ini.. hihi.. sebisa mungkin saya mau buat infonya lebih detail lagi ah.. hahaha... Makasih mbak Rey ❤️

      Delete
  9. Sama nih Mbak aku juga suka template blog yang minimalis, hehe. Enak diliat dan kalau diakses juga gampang (nggak perlu loading lama).

    To be honest, yang aku suka dari blognya Mbak adalah temanya yg unik & jarang dijamah blogger Indo: art & bullet-journaling. Meski aku anaknya juga nggak terbilang artsy dan nggak bullet-journaling, selalu senang liat bujo yg artsy2. Aku suka gemes liat hasil bujo Mbak Ewa dengan ilustrasi2nya. Dan yg bikin aku betah utk terus blogwalking ke sini (hehe) adalah ilustrasi2 gemesnya ❤️

    Terus berkarya ya Mbak & thank you for sharing!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you mbak Ruth.. saya suka banget template mbak Ruth, apalagi kalo diliat versi desktopnya. Terlihat artistik gitu.. tulisan bisa 2 Kolom. (Hmm... Di Blogspot bisa gak ya.. ?)

      Delete
  10. Mbak Ewa, blognya keren bangetttt
    Saya bookmark tulisan redesign blog, tulisan yang saya cari

    Terimakasih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silaahkan.. semoga membantu. ❤️❤️❤️

      Delete
  11. Saya jadi keingetan pernah di 'labrak' seseorang gegara template yang saya gunakan sama persis dengan ybs. Pdhal sy gk tau kalo sama ya. Soalnya template yg saya ambil juga dari internet yg emang dipost secara bebas. LoL.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hah... serius mbak.. ? Hahaha.. harusnya kalo bukan murni bikinannya sendiri (sama2 download), gak perlu " marah " sih. Atau jangan2 designnya dia di ambil orang dan diposting downloadable.. 🤭

      Delete
  12. Kalau template untung template saya yang sekarnag dikasih sama orang dan dipasangin sekalian hahaha (pas saya yang pasang terjadi kesalahan apalah) dan suka sama templatenya. Btw soal niche blog dan tema tulisan, saya juga memilah2 dari Senin - Sabtu hanya supaya terkategori dengan baik saja :D tantangan hari ke 2 sudah terlaksana ya Kak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulilah. Hihihi.. templat mbak Tuteh baguuuus.. suka. Jadi lebih mudah mengakses infonya ❤️

      Delete

Hi Gaes.. Jika kalian tak menemukan kolom komentar, mohon untuk mencari artikel yang ingin dikomentari melalui Home , atau pilih label, kemudian klik " Link Komentar " , yang berwarna salmon (peach pastel). Akan muncul kolom komentar baru. Mohon maaf ketidaknyamanannya.. 🙏