ART THERAPY IDEAS | HOW TO CREATE DOODLE VOCABULARIES

by - October 21, 2018

HOW TO CREATE YOUR OWN CHARACTERS

" Cara menciptakan karakter (chibi) dan bagaimana cara meningkatkan kemampuan membentuk karakter tersebut menjadi ciri khas kita sendiri ?. Wah kalo yang ini ada beberapa cara yang bisa kita gunakan loh. Ada yang mudah ada juga yang perlu niat dan konsistensi yang tinggi. " 

----------***----------

Hari ini saya akan berbagi pengalaman tentang bagaimana saya menciptakan si bowgel. Seringkali saya mendapatkan pertanyaan tentang :



Sebelum saya menjawab semua rasa penasaran itu, saya mesti memberikan Disclaimer tentang hal ini : 

  • Setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda dalam membentuk dan membangun karakternya. Dan saya menghormati setiap proses yang dialami oleh kreatornya. 
  • Postingan ini bukan tentang benar dan salah dalam membuat karakter, karena ulasan ini hanya salah satu cara saya berbagi pengalaman kepada pembaca.
  • Perlu digaris bawahi (hihihi.. ), meskipun saya membagikan pengalaman ini, bukan berarti saya merasa " ahli ", ulasan ini hanya untuk menjawab beberapa rasa penasaran teman-teman yang ingin tahu bagaimana proses saya membuat karakter si Bowgel. 

Poin ke 3 harus digaris bawahi Gaes.. hahaha.. Saya bukan ahli tapi saya gak keberatan dalam berbagi pengalaman saya selama ini. Lanjuuut.

Ewastickers



BAGAIMANA MEMBUAT KARAKTER ? 


A. NIAT 


Apapun tujuannya, awali dengan niat. Hihi.. Saat saya membuat si bowgel, di dalam hati, " saya ingin membuat karakter yang mendeskripsikan diri saya". Jadi kalo orang ngeliat gambar saya , dia akan bilang " owh itu gambarnya si evva ". Hehehe... 

Contoh ewastickers


B. BELAJAR DARI ARTIST ATAU ILLUSTRATOR LAINNYA. 


Pasti bingung donk saat pertama kali kita membuat gambar harus bagaimana ?. Pertama kali saya membuat si bowgel saya terinpirasi dari journaler asal Jepang Amidwinternd. Cerita ini udah pernah saya sampaikan di postingan tentang Sejarah Ewafebri. 

Selain itu saya juga mencoba membuat gambar berdasarkan gaya dari artists lainnya , seperti Kessedjian, Coniglio dll. Tuhan itu menciptakan tangan manusia dengan efek luar biasa. Meskipun kita mencoba menggambar karakter orang lain, akan tetap ada goresan yang mencirikan bahwa itu adalah buatan kita. 

Nah proses menemukan jati diri ini yang tergolong cukup lama untuk bisa menjadikan karakter tersebut menjadi karakter asli kita. Mencoba dan mencoba trus. Jangan bosan.... ! Di awal jelek ? No Problem.. ! Karena kita akan selalu melewati yang namanya Tahap Pertama atau Starting Point. Jadi ya gak masalah. 

C. BEREKSPERIMEN 


Mencoba berbagai gaya, karakter, dan bahan material. Ada banyak Artists yang proses pembuatan karakternya langsung menggunakan pensil warna ataupun watercolor. Tanpa melewati proses sketching. Ini juga perlu dicoba, sampai kita menemukan proses seperti apa yang cocok kita gunakan dalam membentuk karakter. Saya pribadi selalu menggunakan proses sketching lebih dahulu dalam membuat gambar sebelum akhirnya saya tambahkan detail didalamnya. 

BAGAIMANA CARA MEMBENTUK EKSPRESI YANG BERBEDA-BEDA ? 


A. DOODLE VOCABULARIES


Kesalahan awal saya saat pertama kali belajar seni adalah tidak memiliki tempat khusus yang bisa kita gunakan untuk menyimpan hasil karya kita. Dulu sebelum mengenal journaling, saya sering membuat gambar dengan beberapa obyek berbeda di atas sketch yang berbentuk lembaran (bukan buku), nah begitu sekarang ingin membandingkan progres yang saya capai, karya-karyanya entah hilang kemana.. huhuhu. .

Macem-macem ekspresi ewa chara 


Memiliki Doodle Vocabularies hukumnya " wajib " bagi doodler pemula. Hihihi.. Dengan memiliki doodle vocabularies kita bisa mendapatkan beberapa keuntungan :

  • Doodle Vocabularies berfungsi sebagai arsip seni kita atau semacam portofolio (untuk diri sendiri) hihi..
  • Dengan doodle vocabularies, kita bisa melacak atau mentracking sejauh mana progress kita dalam belajar. 
  • Dengan doodle vocabularies kita bisa menjadikannya sebagai sumber ide dikemudia hari. 
  • Dengan doodle vocabularies kita jadi tahu mana yang sudah dicoba dan mana yang harus dicoba. 
  • Sebagai memori keeper dikemudian hari. Hehehe.. 
  • Karya kita jadi tersimpan lebih rapi dan bisa kita lihat-lihat lagi dikemudian hari. 


B. BELAJAR  MENCIPTAKAN EKSPRESI SECARA BERULANG-ULANG 


Salah satu cara meningkatkan kemampuan kita menciptakan ekspresi adalah dengan membuatnya secara berulang-ulang. Selain bertujuan untuk melatih gerak tangan, menciptakan ekspresi yang berulang-ulang juga mampu meningkatkan ingatan kita dalam membentuk ekspresi  tersebut dikemudian hari.

Macam-macam ekspresi


C. BELAJAR MENGAPLIKASIKAN EKSPRESI PADA KARAKTER YANG BERBEDA-BEDA


Membuat ekspresi berulang tak hanya dilakukan pada satu karakter saja. Untuk mengurangi tingkat kebosanan, kalian bisa menggunakannya dan mengaplikasikannya pada karakter yang berbeda-beda. Contoh gambar saya adalah pada karakter Bowgel dan Iwawa.

Ewachara


Dengan cara seperti ini, akan mengurangi rasa bosan kita dalam membuat ekspresi yang kesannya gitu-gitu aja. Hehhee..

Baca juga : Doodle Journal

DARIMANA MENDAPATKAN INSPIRASI KARAKTER


Inspirasi itu sebenarnya bisa datang dari mana aja. Bisa dari sekitar kita, dari buku, dari film atau bahkan dari social media. Di jaman milenial seperti sekarang ini, sumber inspirasi bisa datang dari mana saja.

Contohnya adalah Iwawa. Karakter yang saya buat berdasarkan kesukaan saya terhadap Bakso. Hihi.. Atau Brainy dan Hearty, karakter yang saya buat karena kebiasaannya saya berkomunikasi dengan diri sendiri.


Iwawa


Pinterest adalah salah satu sumber utama saya dalam mencari inspirasi dari social media. Ada begitu banyak ide yang bisa saya jadikan sebagai referensi untuk karya saya. Selain pinterest saya juga menggunakan platform Instagram untuk mendapatkan sumber ide dalam berkarya.

Baca juga : Seni Sebagai Alat Terapi 

Sumber lain yang tak kalah bermanfaat, tentu saja Youtube. Nah.. yang paling saya suka dari Youtube, selain inspirasi kita juga bisa belajar tentang prosesnya sekaligus.

Me and Iwawa


Itulah beberapa cara yang masih saya gunakan (hingga sekarang) untuk meningkatkan kualitas gambar saya. Buat teman-teman yang memiliki proses berbeda, boleh sharing di kolom komentar. Atau jika teman-teman merasa informasi ini memang bermanfaat bisa dibagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih sudah membaca blog ini, sampai jumpa dipostingan selanjutnya.

HAPPY PAINTING ! 

You May Also Like

8 comments

  1. Gambarnya baguuss... saya dulu pernah tertarik belajar gambar2 gini tapi entah kenapa saya merasa tdk berbakat😁 apakah bakat berpengaruh pada hasil gambaran seseorang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak juga mbak.. konsistensi yang ngaruh. Dulupun hasil gambar saya juga gak sedetail sekarang, tapi karena sering saya coba, lama2 ada perkembangan.. di coba terus aja mbak.. semangArt

      Delete
  2. ternyata tahapannya tidak sesederhana yang saya kira ya. padahal kalo saya menggunakan karatkter karakter seperti itu tinggal copas saja. mungkin itulah kenapa da yang berbayar ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitulah kira-kira kak.. hihi.. banyak menghabiskan waktu dan tenaga. Paling tidak memberi kredit ke pemiliknya. Hehehe.. terima kasih sudah mampir.

      Delete
  3. wah pintar bikin gambar bisa untuk komik juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mbak.. sayangnya sy misqueen ide.. huhuhu..

      Delete
  4. Dari dulu saya pengen banget punya karakter yang 'gw banget' tapi belum kesampean. Efek hobinya loncat-loncat, terutama design dan nulis. Kalau lagi semangat nulis, bisa lupa nge-design, begitu juga sebaliknya, huhuhu...
    Padahal lucu dan orisinil banget kan punya karakter yang kita banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa lucu banget mbak.. dulu saya pake doodle journal buat mengakomodir nulis dan gambar. Isi tulisannya sih daily activities , tapi lumayan bagus untuk meningkatkan skill gambar kita.

      Delete

Hi Gaes.. Jika kalian tak menemukan kolom komentar, mohon untuk mencari artikel yang ingin dikomentari melalui Home , atau pilih label, kemudian klik " Link Komentar " , yang berwarna salmon (peach pastel). Akan muncul kolom komentar baru. Mohon maaf ketidaknyamanannya.. 🙏