TIPS CARA MEMBUAT JOURNALING BAGI PEMULA

 

TIPS CARA MEMBUAT JOURNALING BAGI PEMULA




ewafebri.com | TIPS CARA MEMBUAT JOURNALING BAGI PEMULA.

Apakah kalian sedang tertarik untuk membuat journal ? Jika iya, kalian mengunjungi Blog yang tepat. Hehehe.. Kali ini saya akan berbagi dengan kalian semua tentang bagaimana membuat journal, apa manfaatnya dan jenisnya apa saja ?

 
TIPS CARA MEMBUAT JOURNALING BAGI PEMULA


Belakangan ini aktivitas journaling sedang digandrungi oleh banyak orang ya ? Selaian bisa kita manfaatkan sebagai hobbi, journaling juga berdampak positif pada kehidupan kita loh. Selain itu journaling juga bisa berfungsi sebagai alat terapi kesehatan mental. Kalian penasaran gak seperti apa caranya ?

MANFAAT JOURNALING 





Sebelum kita membahas tentang bagaiamana cara membuatnya, lebih dulu saya bagikan beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan ketika melakukan journaling. Seperti berikut ini : 

  • Membantu menjernihkan pikiran kita.
  • Menenangkan hati dan perasaan kita.
  • Mengurangi stres yang berlebihan.
  • Mengasah disiplin diri.
  • Memory Keeper.
  • Meningkatkan kualitas menulis. 
  • Meningkatkan kreatifitas. 
  • Sebagai hobbi.
Dan masih banyak lagi yang lainnya. Kalian bisa membaca sisanya di sini

JENIS JOURNAL


Setelah mengetahui manfaatnya, saya akan membagikan jenis-jenis journal yang bisa kalian buat. Ada sekitar 10 tipe journal yang bisa kalian buat . Pada dasarnya 10 jenis journal tersebut dibedakan pada target yang ingin dicapai. 

Adapun target tersebut di antaranya adalah : 

  • Ingin meningkatkan kreativitas
  • Ingin mengingkatkan produktivitas
  • Ingin meningkatkat fokus dan kualitas menulis. 

Penting untuk mengetahui target yang ingin kalian capai do masa amendatang, karena Journaling merupakan sebuah perjalanan yang butuh kesinambungan untuk mendapatkan hasil yang baik. Artinya kalian baru bisa merasakan manfaatknay jika dilakukan dalam jangka panjang. Minimal 3 bulan. Dengan begitu kalian bisa mereview dampak sebelum dan sesudah menggunakan journal. 

MENINGKATKAN KREATIVITAS






Jika kalian ingin meningkatkan kreativitas, kalian bisa menggunakan jenis journal berikut ini : 

  • DOODLE JOURNAL : Ingin bisa menggambar dengan garis-garis sederhana ? coba saja membuat journal khusus untuk doodle. Pengalaman saya, si Bowgel muncul karena hal ini. hehehe.. 
  • ART JOURNAL : Kalian suka membuat kolase ? memadukan banyak material yang bersifat artistik ? Buatlah art journal. Isinyapun bisa macam-macam kok. Kalian bisa memasukan proses drawing, eksperimen gambar maupun media yang sedang kalian pelajari. 
  • JUNK JOURNAL : Punya material yang ingin kalian simpan sebagai memori keeper atau sayang banget mau dibuang karena lucu dan langka ? Nah kalian bisa mengumpulkannya dan membuatnya lebih berharga dengan Junk journal. 

Itulah beberapa tipe journal yang bisa kalian gunakan untuk meningkatkan kreatifitas yang kalian miliki. 

MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS 


Jenis journal lainnya adalah untuk meningkatkan produktivitas kalian. Entah itu dalam proses belajar ataupun berfungsi sebagai alat prodiktivitas. Dan berikut ini beberapa journal yang bisa kalian gunakan : 

  • BULLET JOURNAL : Sudah tak asing dengan Bullet Journal ? Journal ini bisa membantu kalian untuk produktif karena bisa membantu untuk memilih prioritas task yang harus diselesaikan. Selain itu, Bujo juga berpotensi membantu kalian untuk menjadi kreatif loh. Kalo kalian sering mencari inspirasi di Pinterest maupun Instagram, kalian akan menemukan Bujo-Bujo keren yang tak ahanya sebagai alat produktivitas tapi juga media menyalurkan kreativitas. 
  • IDEAS JOURNAL : Nah journal yang satu ini, fokus pada merekam ide yang kalian miliki dalam bentuk buku. Ide tersebut bisa kalian tulisa dalam bentuk paragraf, Sketchnote maupun mindmap. Fungsi utamanya adalah suapay ide kalian tidak hilang dan tidak tercecer, sehingga jika suatu hari kalian membutuhkannya, kalian bisa mencarinya dengan mudah. 
  • QURAN JOURNALING : Ingin belajar tentang isi Alquran maupun meningkatkan kemampuan menulis kaligrafinya ? Kalianya bisa menggunakan Quran Journaling. Kalian bisa merekam kembali ayat apa saja yang sangat penting dalam kehidupan kalian, atau bahkan kalian bisa merelasikan dengan peristiwa yang kalian hadapi.  

MENINGKATKAN FOKUS DAN KUALITAS MENULIS 


Ingin membiasakan menulis ? atau ingin meningkatkan kemampuan dalam kosakata kalian ? Step awal yang perlu dilakukan adalah dengan membuat Journaling. Percayalah, dulu awala saya membuat Blog, saya bingung bagaimana cara menyampaikan informasi pada pembaca, padahal ide yang ingin saya sampaikan banyak sekali. 

Beruntung saya memutuskan untuk memulai Journaling, sehingga saya terlatih untuk menulis kosakata dalam buku sebelum akhirnya saya terbiasa membuat tulisan di Blog. Beberapa Journal yang bisa membantu kalian untuk meningkatkan kualitas menulis dan bisa fokus terhadap salah satu topik adalah sebagai berikut : 

  • GRATITUDE JOURNAL : Apakah kalian pernah merasa bahwa pikiran kalian lebih banyak dipenuhi hal-hal negatif dibandingkan hal positif ? Jika iya, maka membuat Gratitude Journal menjadi pilihan yang tepat. Dengan journal jeni ini, kita dilatih untuk merekam peristiwa maupun hal-hal positif yang kita syukuri dalam kehidupan kita. Dengan begitu, pikiran kita yang tadinya dipenuhi hal negatif, perlahan akan tergantikan dengan hal positif.
  • MORNING JOURNAL : Ingin menguji disiplin dalam menulis ? Gunakan Morning Journal. Journal ini bisa berisi tentang apa saja , alias bebas. Apapun yang kalian pikirkan pada pagi hari itu, kalian bisa menuliskannnya. Mengapa Morning Journal ? Karena dilakukannya pada saat pagi hari. Hehhe.. Journal ini juga berfungsi untuk merangsang pikiran sebelum kita melakukan aktivitas harian. 
  • BOOK JOURNAL : Apakah kalian seorang pecinta buku ? Suka membaca dan ingin membuat Blog buku tapi bingung gimana cara nulisnya ? Yup.. Kalo boleh saya sarankan, yang pertama kalian lakukan adalah dengan membuat Book Journal. Dengan membiasakan diri menulis di buku akan membantu kalian dalam membuat struktur kalimat di Blog. Kadang kan kita merasa gak pede kalo langsung nulis di Blog kan yah ? Jadi gak ada salahnya untuk melatih kebiasaan kita melalui journal lebih dulu. 
  • TRADITIONAL JOURNAL : Kalo jenis journal yang satu ini, bebas banget isinya. Intinya mah menulis apa saja yang terlintas di dalam pikiran. Buat kalian yang belum pernah membuat journal sama sekali, saya sarankan untuk membuat traditional journal dengan bantuan menggunakan prompt tema. Dulu ketika awal membuat journal, saya menggunakan metode ini, hingga otak saya mampu merangkai kalimat dengan mudah. Buat kalian yang terbiasa membuat tulisan tentu bukan menjadi masalah, tapi bagi yang tak suka menulis, hal ini bisa menjadi halangan. 

Banyak kan jenis journal yang bisa kalian coba ? Gak perlu semua dibuat, kalian bisa membuat 1 atau lebih jenis journal yang kalian butuhkan saja. Hehehe.. Biar yang lainnya gak terbengkalai. Hahaha.. 

CARA MEMBUAT JOURNAL 


Jadi bagaimana ? apakah kalian masih ragu-ragu untuk membuat Journal ? heheh.. Gampang kok Gaes, yang terpenting hal wajib yang harus kalian persiapkan adalah : Niat, Peralatan dan Waktu. Pada dasarnya journaling itu murah banget loh, kecuali Art Journal ya ? karena kalian butuh material dan media lainnya. 

  • Persiapkan niat karena Journaling itu butuh komitmen dan proses panjang untuk bisa mendapatkan manfaatnya. hehehe.. Meskipun begitu tetap fleksibel kok. Gak perlu merasa terbebani juga. hihihi.. Karena fungsi utama Journaling adalah mengurangi stress bukan malah bikin stress hehehe.
  • Tentukan jenis journal yang ingin kalian buat. Dengan mengetahui jenis journal apa saja, kalian akan lebih mudah mempersiapkan peralatan yang akan dibutuhkan nantinya. 
  • Persiapkan peralatan yang dibutuhkan. Jika kalian hanya ingin untuk meningkatkan produktivitas, fokus maupun kualitas menulis, maka peralatan yang dibutuhkan gak terlalu rumit. Akan tetapi jika untuk meningkatkan kreativitas, kemungkinan besar kebutuhan peralatannya akan lebih variatif. 
  • Buatlah target untuk membangun habit. Misalnya saja kalian membuat target, seminggu menulis journal tanpa putus. Atau membuat schedule waktu tertentu. Dengan begitu kalian bisa lebih mudah menyesuaikan diri untuk perjalanan jangka panjangnya. 
  • Lakukan ! 

Gampang kan ? hehehe.. Hal terpenting dalam journaling adalah niat dan konsisten. Saya yakin dalam kurun waktu 3 bulan jika kalian menggunakannya secara terus menerus akan ada perubahan dalam hidup kalian. Entah itu perubahan besar maupun kecil. Misalnya saya tentang perubahan mindeset dari yang negatif ke positif. 

3 Bulan adalah waktui yang cukup untuk mereview apa yang kita alami. Buat kalian yang ingin mengubah perjalanan hidup kalian. yuk coba journaling ! Apapun jenisnya, saya yakin kalian bisa mengubah hidup kalian dengan baik. 

Selamat mencoba !



Share
Tweet
Pin

OTHER ARTICLES :