HOW TO JOURNALING


HOW TO JOURNALING



[ewafebri.com] | HOW TO JOURNALING.

Journaling memberikan banyak manfaat bagi kehidupan kita. Salah satunya membantu kita bisa berpikir lebih jernih dan bisa mendapatkan solusi permasalahan dengan lebih mudah. Seperti apa caranya ? Baca tulisan ini sampai habis ya ? 

HOW TO JOURNALING 


Sudah hampir 7 tahun saya menggunakan journal dengan berbagai tipe. Dan dalam kurun waktu tersebut saya merasakan hasil perubahan sebelum dan sesudah menggunakan journal. 

Ada sekitar 15 manfaat journal yang bisa kita dapatkan. Dengan demikian Journaling tentu bukan hanya sekedar meningkatkan kualitas tulisan saja ya ? tapi juga memiliki manfaat lainnya. Ngomong-ngomong, gimana sih membuat journal ? terutama bagi yang belum pernah sama sekali mencoba. 

Tulisan berikut ini merupakan beberapa point yang bisa kalian gunakan untuk membuat journal dengan berbagai tujuan dan manfaat. 




PILIH JOURNAL YANG DIINGINKAN


Hal pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan cara menetapkan jenis journal yang akan digunakan. Ada 9 jenis journal yang bisa kalian gunakan dengan manfaat yang berbeda- beda. Di antaranya :


Dengan mengetahui jenis journal yang kita butuhkan, akan mempermudah untuk membuatnya. Terutama kita bisa menetapkan sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Misalnya saja kalian ingin mengembangkan sisi kreativitas, maka kalian bisa membuat doodle journal, junk journal ataupun art journal. 

SIAPKAN PERALATAN YANG DIBUTUHKAN 


Setelah kalina mengetahui journal apa yang ingin dibuat, saatnya kalian mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan. Untuk beberapa journal, peralatan yang dibutuhkan gak muluk-muluk kok, bahkan terkesan gampang banget. kita hanya membutuhkan buku, alat menulis dan waktu saja. hehehe.. 

Misalnya saja membuat Gratitude Journal, Morning Journal maupun traditional journal. Bahkan kalian juga bisa membuat Bullet Journal juga lho. Karena sejatinya, BuJo itu hanya butuh buku dan alat menulis saja. Yang lainnya adalah pilihan masing-masing Bullet Journalist. 

LAKUKAN 


Saatnya untuk mengeksekusi hehehe.. Jenis journal yang kalian butuhkan sudah diketahui, material yang dibutuhkan juga sudah ada, hal apa lagi yang harus ditunggu ? Langsung lakukan saja. hihihi.. Yekan ? Gak usah tunggu awal tahun atau awal bulan. Kapan pun bisa langsung dimulai. Ingat sesuatu yang ditunda biasanya berakhir dengan tidak dikerjakan. Hihihi...

Journaling itu semacam perjalanan. Ada kalanya kalian akan merasa lelah dan bosan lantas kemudian ditinggalkan. Ada juga yang konsisten melakukannya hingga bisa mendapatkan manfaat yang luar biasa. Ada juga yang gampang bosan dan berakhir dengan gonta-ganti jenis journal yang diinginkan (kayak saya, hihihi..).

Tapi tak masalah, dalam perjalanan ini nantinya kalian akan menemukan jenis journal yang cocok dan pada akhirnya kalian gunakan untuk jangka waktu yang lama. 




TIPS BAGI PEMULA


Buat kalian yang baru memulai membuat journal ada beberapa tips tambahan yang ingin saya bagikan buat kalian semua. Hehehe.. 

  • Ada begitu banyak contoh jenis journal di luar sana, saran saya adalah dengan mengenali manfaat dan fungsinya lebih dulu sebelum mencobanya. Dengan begitu kalian akan merasakan dampaknya. Seringkali kita mencoba sesuatu hanya karena ikut-ikutan, dan hal ini membuat kita jadi cepat lelah. 
  • Jika kalian ingin mencoba Bullet Journal, maka pahami sistem dasarnya lebih dulu sehingga apapun collection yang kalian hasilkan nanti sesuai dengan kebutuhan kalian sendiri. 
  • Apabila kalian merasa lelah dengan contoh-contoh di luar sana, maka buatlah sistem maupun gaya yang kalian sukai sendiri. Gak masalah kok kalo beda, kan malah punya karakter sendiri, yekan ? 
  • Salah satu tipe journaling yang paling sederhana tapi berdampak luar bisas adalah traditional journaling. Tipe journal ini merupakan media untuk memahami diri kita sendiri. Ibaratnya tuh media untuk berdialog dengan diri sendiri. Kalian akan kaget dengan hasilnya jika secara konsisten melakukan hal ini. Coba saja untuk 1 hingga 3 bulan. Apa dampak yang kalian rasakan ?
  • Jika kalian bingung bagaimana cara menulisnya ? Kalian bisa mengawalinya dengan membuat list pertanyaan untuk setiap harinya ? atau biasanya saya menyebutnya prompt list. Untuk permulaan kalian bisa mencoba menggunakan prompt list seperti di Journal Ideas ini.
  • Yang terpenting dari semuanya adalah kalian jangan lupa bahagia. Hehehe.. Do what you love !


KESIMPULAN


Journaling memiliki dampak yang signifikan apabila digunakan secara berulang dan tepat sasaran. Bahkan bisa membantu kita menjernihkan pikiran yang ruwet. Dengan journaling isi pikiran kita bisa lebih terfokus dan tertata, bahkan tanpa kita sadari bisa menjadi sumber solusi. 

Dampak journaling sedikit berbeda dengan status yang sering kita buat di sosial media, meskipun sama-sama bertujuan mengeluarkan unek-unek. Karena sifatnya lebih personal dan merupakan dialog bersama diri sendiri. 

Sementara status yang kita tulis di sosial media, sering berakibat blunder dan berakhir dengan mendapatkan feedback yang tidak kita inginkan. Hehehe.. 

Jadi bagaimana ? apakah kalian tertarik membuat journal ?

Post a Comment

0 Comments