JOURNALING : CARA MUDAH DAN MENYENANGKAN UNTUK MENGENAL DIRI SENDIRI

Journaling : Cara Mudah dan Menyenangkan untuk Mengenal Diri Sendiri


[ewafebri.com] | Journaling: Cara Mudah dan Menyenangkan untuk Mengenal Diri Sendiri.

Adakah di antara kalian yang belum memahami dirinya sendiri ? Saya yakin banyak sekali, termasuk salah satunya adalah diri saya sendiri. Di mana setiap harinya saya berusaha mengenali dan memahami diri saya dengan menggunakan teknik journaling.

Mengenali diri sendiri tentu membutuhkan media yang tidak hanya berkaca pada cermin semata. Karena sejatinya yang perlu kita kenali bukanlah fisik saja tetapi juga cara berpikir yang mana akan mempengaruhi perilaku dan gaya hidup yang kita jalani.

Journaling: Cara Mudah dan Menyenangkan untuk Mengenal Diri Sendiri


Kita tahu bahwa journaling adalah media tulis yang memiliki banyak manfaat terutama yang berhubungan dengan kesehatan mental dan membangun mindset atau pun perspektif.

Ketika seseorang menuliskan apa yang ada di dalam pikirannya di atas buku, biasanya mereka akan mampu lebih jujur dibandingkan jika ia menuliskan di ranah publik. Feedback yang di dapat dari ranah publik tentu saja bisa mempengaruhi kehidupan seseorang terutama tentang apa yang dipikirkannya.

Sifat journaling yang lebih privasi dibandingkan curhatan di sosial media tentu akan memberikan pengaruh yang positif pada diri kita sendiri. Kita bisa meluapkan emosi yang kita rasakan dengan perasaan yang jujur namun dengan kapasitas yang lebih aman dibandingkan di tulis di medsos.

Cara Kerja Journaling Untuk Mengenal Diri

cara kerja journaling untuk mengenali diri

Untuk mengetahui bagaimana cara kerja journaling sehingga mampu mempengaruhi diri kita bahkan membuat seseorang mampu mengenali dirinya adalah sebagai berikut ini :
  • Pada saat seseorang menulis jurnal, ia akan berdialog dengan dirinya sendiri dan menyampaikan apa yang ada di dalam pikiran dan hatinya. Saat inilah seseorang mampu meluapkan emosi yang dimilikinya.
  • Di saat seseorang sedang menulis jurnal, maka ia akan melatih otaknya untuk merekam dan memproses informasi, serta meningkatkan keterampilan berbahasa dan berpikir.
  • Saat seseorang menulis jurnal, maka ia akan mengevaluasi dirinya sendiri dan mengetahui kekuatan, kelemahan, nilai, prinsip, mimpi, cita-cita, tantangan, hambatan, prestasi, dan kegagalan yang dialaminya dengan jujur dan terbuka.
  • Ketika seseorang menulis jurnal, maka ia akan merasakan manfaat bagi kesehatan mentalnya, seperti mengurangi depresi, kecemasan, dan stres, meningkatkan rasa syukur, kesadaran, kejujuran, dan bahkan kepercayaan dirinya.
  • Dengan cara kerja journaling yang mampu mempengaruhi cara berpikir manusia, maka secara tidak langsung juga bisa mengubah perilakunya. Karena bagaimana pun juga, perilaku itu buah dari cara berpikir manusia itu sendiri.

Saya menggunakan journaling untuk berbagai macam kebutuhan, seperti planning atau merencanakan sesuatu dengan membuat brainstorming bahkan to do list agar aktivitas tersebut bisa kita selesaikan. Di saat yang bersamaan saya juga mencatat pengalaman yang saya dapatkan selama hari tersebut yang saya tulis di area weekly review / journaling.

Bagaimana Cara Journaling Untuk Mengenali Diri ?

Bagaimana cara journaling mengenali diri sendiri ?

Lantas, bagaimana cara saya untuk bisa memanfaatkan journaling agar bisa lebih mengenali diri saya sendiri ? Ada beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk membuat prompt dan menuliskannya di buku journal. Di antaranya :
  1. Tulislah tentang perasaan dan pikiran yang kamu rasakan saat ini. Kalian bisa menggunakan tipe journal khusus seperti morning jurnal atau jurnal gado-gado seperti Bullet Journal yang saya miliki.
  2. Buatlah daftar atau ulasan tentang hal-hal yang kamu sukai dan tidak sukai. Pahami apa yang selama ini kamu rasakan, jujurlah saat membuat ini, karena kejujuran adalah kunci mengenali diri.
  3. Catat tentang kekuatan dan kelemahan yang kamu miliki. Pada saat proses mencatat ini pada dasarnya kita sedang melakukan penilaian terhadap diri sendiri, sehingga mau tidak mau kita akan belajar membaca diri.
  4. Tulislah tentang nilai-nilai dan prinsip yang kamu pegang. Seperti Quote atau pun personal mission statement yang kamu buat sehingga bisa menjadi panduan hidup ke depannya.
  5. Gak apa-apa kok kalo kita menulis tentang mimpi dan cita-cita yang diinginkan. Dengan begitu nantinya akan menjadi manifestasi bagi masa depan. Terkadang apa yang kita tulis dan tetapkan akan menjadi kenyataan di masa mendatang. Hal ini bisa saja terjadi terutama ketika kita imbangi dengan doa-doa.
  6. Jangan lupa untuk menulis tentang tantangan dan hambatan yang dihadapi. Bisa jadi hal ini akan membawa kita pada pikiran yang jernih sehingga bisa mendapatkan solusi.
  7. Membuat daftar tentang prestasi dan kegagalan yang dialami juga bisa menjadi salah satu cara kita mengevaluasi diri. Dengan memaparkan apa saja yang berhasil dan gagal akan membuat kita lebih sadar tentang apa yang sedang terjadi dalam kehidupan kita. Kegagalan yang kita dapatkan bisa menjadi kunci kesuksesan di masa mendatang. Pada dasarnya kegagalan merupakan proses belajar agar menjadi lebih baik dan lebih expert (ahli).
  8. Menulis tentang orang-orang yang berpengaruh dalam hidupmu akan membuat kita lebih memahami apa yang terjadi di sekeliling kita. Apakah selama ini kita sudah berada di lingkungan yang membawa kita pada ranah positif atau justru sebaliknya. Memahami siapa saja yang bersinggungan dengan kita beserta karakternya akan membuat kita lebih aware dengan hidup kita sendiri.

Tips Menulis Jurnal Untuk Pengenalan Diri

Tips menulis jurnal untuk mengenali diri

Mengenali diri dengan jurnal tentu membutuhkan tips dan trik agar apa yang kita tulis memiliki dampak dalam kehidupan kita sehari-hari. Jadi kita bisa mengetahui progres perubahan yang seperti apa yang sedang kita jalani.

Sejatinya saat kita membuat journaling dengan cara dan niat yang benar, kita sedang berupaya untuk mengevaluasi kehidupan kita agar selalu menjadi lebih baik dari hari ke hari. Dengan begitu kita tidak hanya dewasa secara fisik saja tetapi juga lebih dewasa dan bijaksana dalam hal pemikiran dan perilaku.

Ada pun hal yang bisa kita rasakan dampaknya dalam membuat journal adalah ketika kita bisa secara konsisten menulis jurnal tersebut. Sehingga dari waktu ke waktu kita bisa melihat dan mengevaluasi perubahan yang terjadi.

Selain itu, jujur dalam menulis dan terbuka pada diri sendiri juga merupakan kunci untuk mengetahui bagian mana yang harus diperbaiki, bagian mana yang harus ditingkatkan serta apa saja yang perlu ditinggalkan. Dengan begitu kualitas hidup kita akan semakin meningkat bahkan juga kesehatan mental kita tetap terjaga.

Buat teman-teman yang ingin merasakan perubahan hidup dalam segala aspek secara bertahap, yuk mulai mencoba bagaimana membuat journal itu. Hal ini juga akan melatih kita untuk konsisten tidak hanya dalam hal tulis menulis saja tetapi juga perihal positif lainnya.

Begitulah cara journaling membantu kita mengenali diri. Percayalah perubahan dunia tidak akan terjadi jika tidak diawali dengan perubahan diri. Dan perubahan diri tidak akan terjadi apabila kita tidak mengenali diri. Yuk berubah menjadi lebih baik dari versi kita sebelumnya dengan menggunakan jurnal !

Referensi

  1. 8 Manfaat Journaling, Cara Kreatif untuk Stabilkan Kesehatan Mental. Diakses pada 26 Desember 2023 dari https://www.ruangguru.com/blog/manfaat-journaling
  2. Manfaat journaling dan rekomendasi peralatan yang dibutuhkan. Diakses pada 26 Desember 2023 dari https://www.atome.id/blog/manfaat-journaling-dan-rekomendasi-peralatan-yang-dibutuhkan
  3. Seni Menulis untuk Kesehatan Mental, Ini Cara Journaling... Diakses pada 26 Desember 2023 dari Hipwee : https://www.hipwee.com/feature/manfaat-dan-langkah-journaling/
  4. Manfaat Journaling: Belajar Mengenal Diri Sendiri Lewat Tulisan. Diakses pada 26 Desember 2023 dari https://satupersen.net/blog/manfaat-journaling
  5. Journaling sebagai Kegiatan Mengenal Diri. Diakses pada 26 Desember 2023 dari Kompasiana. https://www.kompasiana.com/diana33970/6540d781ee794a2a221f7962/journaling-sebagai-kegiatan-mengenal-diri
  6. Kiat Journaling untuk Kenalan Ulang dengan Diri Sendiri. Diakses pada 26 Desember 2023 dari IDN Times. https://www.idntimes.com/life/inspiration/nishwalail-noor/kiat-journaling-untuk-mengenal-diri-sendiri-c1c2
  7. Manfaat Journaling bagi Kesehatan Mental yang Sayang untuk ... Diakses pada 26 Desember 2023 dari Alodokter. https://www.alodokter.com/manfaat-journaling-bagi-kesehatan-mental-yang-sayang-untuk-dilewatkan
  8. 7 Manfaat Journaling untuk Kesehatan Mental yang Luar Biasa. Diakses pada 26 Desember 2023 dari https://www.sehatq.com/artikel/journaling-adalah
  9. Credit Images : Dall E 3, Bing Chat. 

Post a Comment

0 Comments